Sebuah Kisah tentang Gitar

Apakah kamu ada yang tidak mengenal sebuah benda bernama gitar? Iya, alat musik yang bisa dimainkan dengan dipetik maupun digenjreng alias bahasa kerennya rhythm. Pastinya familiar ya sama bentuknya, alat pemutarnya (buat disetel biar gak fales), senarnya yang berjumlah 6 (tergantung juga dari si pemain gitarnya bisa lebih dari 6), serta bagian lubang suara gitar.

cerita tentang gitar

Kenapa pulak si Fenni Bungsu ngomongin gitar? Emangnya doi mau konser apa yak?

Hihi, pegimana mau konser, lah wong grup band-nya aja gak ada, eh, wkwkwk. Ada rasa kangen aja sama si alat musik yang satu ini. Terlebih kala melihat orang-orang lagi menggenjreng gitar.   

Macam Gitar Ada Berapa?

Kalau membicarakan jenis-jenis gitar, bisa simak di internet ada yang menyebut 6, 10, 15, dan sebagainya. Saya ambil yang mudah dihapal saja, hehe, yaitu:

Gitar Akustik

Jenis gitar ini sangat akrab sama kamu deh, terlebih kalau suka melihat para grup band yang mengadakan konser bertajuk “Unplugged”. Biasanya si gitar akustik ini bakal jadi primadonanya, karena petikan senar yang khas, makin menambah suasana merdu.

gitar akustik elektrik adalah
dok. merdeka.com

Gitar Akustik Elektrik

Dari bentuknya kurang lebih sama seperti si Gitar Akustik, hanya bedanya pada bagian bawah soundboard (atau sisi samping ketika menggenjreng), terdapat panel jack dan panel kontrol.

apa itu gitar hollow
dok. merdeka.com

Gitar Hollow

Gitar hollow ini memiliki dua macam yaitu hollow body dan semi-hollow. Gitar listrik ini kerap digunakan untuk musik jazz maupun blues.

harga gitar elektrik
dok. merdeka.com

Gitar Elektrik

Kamu yang gemar musik dan suka melihat grup band, bakal familiar sama jenis gitar ini. Bentuknya yang rupa-rupa dan kreatif, maka makin kreatif pula sang gitaris memainkannya.

Gitar 12 Senar

Sesuai dengan namanya, jumlah senar gitarnya ini ada 12. Bisa dikatakan gitar ini memiliki tantangan yang unik, karena tekanan jarinya haruslah tepat. Kamu bisa simak di video channel Youtube-nya Eiro Nareth di atas yang membawakan soundtrack dari film Titanic.

Baca Juga: Tentang Manset Merah

Saya dan Gitar

Gitar menjadi alat musik yang punya kenangan khusus dengan saya (ciee.. sesuatu dah). Betapa tidak (ya, betapa dong), keinginan saya untuk punya gitar itu sungguh luar biasa, karena pada saat itu: kepepet, demi memuluskan langkah agar nilai pelajaran seni musik saya di SMU bisa cakep. Soalnya setiap ujian di pelajaran ini, selalu ada chord musik gitar. Kalau pianika dan suling mah hapal dah (waktu itu yee..). Cuma kan pas chord gitar saya bimbang.

“Ini cara jawabnya bagaimana dah? Mana ada 5 soal dari 30 soal tentang chord gitar, huhu.”

Di waktu yang terdesak itu, akhirnya saya pun tidak hanya tebak-tebak kuis, tetapi juga kilik-kilik kakak kelas yang kebetulan ketika ujian saat itu duduknya bareng kakak kelas. Alhamdulillah-nya doi mau membantu, hihi (makasih ya kakak yang saya ingatnya dirimu ultah pas 17 Agustus hehe). Walaupun sih pas udahannya ada pelajaran yang doi lupa gantian tanya, jadi kayak barter gitu deh.

Baca Juga: Filosofi Arti Nama Blog

Di waktu yang berbeda, ayah saya kala itu lagi dapat bonus. Ceritanya mau bagi-bagi hadiah buat anak-anaknya. Nah kakak-kakak saya pada milih punya ponsel. Sedangkan saya, malah milih ingin punya gitar, hehe. Walaupun gak se-mahir Andra Ramadhan-nya Dewa 19, Richie Sambora ex gitarisnya Bon Jovi, Brad Delson-nya Linkin Park, maupun Eross Chandra-nya SO7 karena memang saya gak bisa metik gitar wkwkwk, tetapi seneng bisa menggenjreng. Minimal buat mengiringi kakak-kakak saya pas nyanyi nyambung lah.

sevuah kisah tentang gitar
sumber: wikipedia

Gara-gara Gitar

Ada yang unik juga nih gara-gara gitar dalam kehidupan saya. Salah satunya, ketika tahapan tes wawancara, gitar menjadi salah satu hal diterimanya saya bekerja di salah satu bank konvensional. Alasannya saat itu adalah karena di perusahaan tersebut, kerap mengadakan event gathering. Dengan bisanya saya menggenjreng gitar, ternyata itu jadi poin plus-nya.

Nuansa dengan alat musik yang disebut sehtar atau citar sekitar tahun 1500 SM (sumber: Wikipedia) ini, menjadikan saya selalu terkenang dengan gitar. Walaupun sekarang jarang memainkannya (karena Alhamdulillah sibuk berkelana yang tanpa gitar, tapi pakai internet hihi), tetapi sebuah kisah tentang gitar ini menjadi obat kerinduan di hati, eeecieeee.. Terus kamu punya kisah apa nih soal gitar? 

34 komentar

Komen Blog fennibungsu.com
YSalma mengatakan…
Keren mba Fenni euy, penasaran sama gitar dan berusaha mewujudkannya hingga bisa memainkannya. Saya dulu penasaran sm gitar tapi pas untuk pelajaran hanya semangat nebeng belajar ke rumah teman yg kakaknya punya gitar. Setelah itu hanya jadi pengagum yg bisa memainkan gitar. Rang orang suka grup band karena vokalisnya, saya ingatnya pemain gitarnya, uhuk.
Komen Blog fennibungsu.com
Alley Hardhiani mengatakan…
Keren loh Mba dirimu bisa main gitar. Dulu belajar gitar berapa lama Mba? Aku sempat belajar gitar. Tp dalam beberapa hari udah nyerah. Jari2ku lama2 nggak kuat menahan sakit metik senarnya hahaha...
Komen Blog fennibungsu.com
Elly Nurul mengatakan…
Keren ka bisa main gitar, aku ada dirumah, tapi punya suami dan aku ngga bisa dong mainnyaa.. bagiku yang bisa main gitar tuh keren lhoo.. semoga bisa kembali bermain gitar ya kaaa.. dan sesekali upload di IG ka kamu mau liat hehe
Komen Blog fennibungsu.com
Aprillia Ekasari mengatakan…
Aku suka banget kalau liat temenku bisa main gitar. Pernah mencoba latihan sayangnya jariku tu pendek2 makanya akhirnya nyerah deh, Ini cuma alesan atau gmn ya wkwk. Tapi emang effort sih kalau jarinya pendek, jd sekarang jadi penikmat gonjrengan orang ajaa :D
Komen Blog fennibungsu.com
Winda - dajourneys.com mengatakan…
saya pas SMA pernah niat belajar gitar mba, ternyata jari2 montokku ini sangat gemoy sampe ga bisa mencapai senarnya dengan baik wkwkwk batal deh belajar gitarnya
Komen Blog fennibungsu.com
duniaeni.com mengatakan…
Wah, keren
Banget hobby jadi membawa berkah dan menjadi value saat melamar kwrja.Aku belajar gitar dulu gak kuat di jarinya huhuhu, perih. Padahal pengen bisa main gitar
Komen Blog fennibungsu.com
Jiah Al Jafara mengatakan…
Dulu kalau lihat ada yang bisa genjreng gitar, kayanya keren banget. Ya gimana soalnya aku gak bisa main alat apa pun, hehehe. Senengnya ya keterima kerja karena punya hal lain yang sangat disenangi
Komen Blog fennibungsu.com
Novitania mengatakan…
Kok sama sih mba, dari SMP dulu aku pengen banget bisa main gitar. Ehh tapi belum kesampaian sampe skrg huhuhu sedih deh. Tapi gapapa, skrg mah nikmatin orang main gitar aja udah happy
Komen Blog fennibungsu.com
Indah Nuria Savitri mengatakan…
aku punya banyaaaak kenangan dengan gitar mbaa hahaha..termasuk saat belajar main gitas dengan gebetan yang sekarang jadi suami hehe. Kayaknya jodohnya karena musik dan belajar gitar juga nih.. rasanya deg - degan saat manggung bareng satu band dan aku pegang rhythm untuk 2 lagu. Aaaah sweet memories nih
Komen Blog fennibungsu.com
Eka Rahmawati mengatakan…
Sejujurnya, saya pengen banget bisa main gitar. Saya suka deh lihat perempuan yang mahir main gitar. Keren banget gitu. Padahal gitar ada di rumah. Terus kalau saya lagi latuhan, eh ibu saya bilang berisik. Jadilah nggak mahir-mahir hehe
Komen Blog fennibungsu.com
Eka Rahmawati mengatakan…
Sejujurnya skill bermain gitar adalah hal yang mau saya kuasai. Tapi sayang saat ini belum terwujud. Saya mau latihan gitar udah dibilang berisik sama Ibu saya. Jadilah nggak mahir-mahir hehe
Komen Blog fennibungsu.com
HendraDigital mengatakan…
Yang namanya rezeki emang nggak akan ke mana. Berbekal bisa main gitar, eh malah diterima bekerja di salah satu bank . Mantap dah. Saya nggak ada bakat sama sekali soal metik gitar. Bisanya metik mangga
Komen Blog fennibungsu.com
Rivai Hidayat mengatakan…
Kebetulan aku ga bisa main gitar. Pas smp dulu pernah belajar main gitar, walaupun ga lancar² juga. Tapi aku suka dengerin alunan musik, termasuk petikan gitar.
Jadi ingat dulu pas kelas 3 smp seorang temanku selalu bawa gitar ketika sekolah. Setiap jam istirahat kami selalh berkumpul dan bernyanyi dengan gitar sebagai pengiringnya. Lagu-lagu dari So7, peterpan,iwan fals jadi lagu yang biasa kami nyanyikan rame-rame.
Komen Blog fennibungsu.com
Dyah Ummu AuRa mengatakan…
Aku tahunya gitar itu ada 2, akustik dan elektrik. Ternyata ada jenis lainnya juga ya. Maklum dulu dari dulu sampe sekarang gak pernah bisa main gitar.
Komen Blog fennibungsu.com
Kanianingsih mengatakan…
Jadi ingat nih, anak saya bilang pengen gitar. Belum dibelikan karena ternyata bukan buat tugas sekolah dan ternyata harganya lumayan yaa
Komen Blog fennibungsu.com
Ayah Ugi mengatakan…
Kalau alat musik saya paling ga bisa memainkan karena yidak terbiasa. Apalagi gitar. Kalau istri saya kebih jago main gitarnya. Dia punya beberapa gitar, termasuk gitar listrik. Sayangnya gitar listrik ditinggal di rumah Malang. Pulang-pulang sudah tidak bisa dipakai, karena sudah dijadikan ornamen kursi sama adik ipar.

Padahal gitar-,gitarnya dari luar semua. Eh jadi curhat.

But beneran istri menang jauh kalau main gitar dibanding saya. Kalau 17 agustus sering diminta tampil.
Komen Blog fennibungsu.com
Farida Pane mengatakan…
Lucu juga ya diterima kerja gara2 bisa gitaran buat ngiringi pas gathering. Aku ga bisa gitaran, sih. Kalo dirayu pake gitar, banyak. Hihihi..
Komen Blog fennibungsu.com
Didik Purwanto mengatakan…
Ga nyangka ya kak hobi genjreng-genjreng malah diterima di sebuah perusahaan. Itu artinya rezeki kakak di situ. Aku sejak dulu mau belajar gitar malah ga jadi2. Akhirnya ya ga kesampaian main alat musik apapun. Cmn penikmat musik aja nih.
Komen Blog fennibungsu.com
deamerina mengatakan…
Baru tahu keahlian bermusik jadi pertimbangan interview. Aku dulu sempet belajar gitar waktu smp. Waktu itu mikirnya karena salah satu alat musik yg simple bawanya haha. Padahal aku lbh interest ke piano. Makanya skrg udh nggak lanjut belajar gitar hehe
Komen Blog fennibungsu.com
R Palupi mengatakan…
Baru aja Sabtu kemarin aku beli gitar listrik. Adikku hobi banget main gitar. Pas kelas 4 SD, dia udah bisa main Romance Diamor. Sementara aku, metik satu senar aja fals hehehe.
Komen Blog fennibungsu.com
ANGGITA RAMANI mengatakan…
Saya tahunya cuma gitar listrik, akustik, dan yang biasa. Ternyata ada banyak ya. Saya jadi dapat insight baru berkat kecintaan mba terhadap gitar
Komen Blog fennibungsu.com
Diaz Bela mengatakan…
Aku inget banget gaji pertamaku dulu pas di jakarta aku sisihkan untuk beli gitar mini (bukan ukulele) di gramed. Little did i know, senarnya fals parah dan aku gak bisa tune gitarnya hahaha
Komen Blog fennibungsu.com
Sabrina mengatakan…
jadi tahu banyak jenis-jenis gitar niy mba. Wah karena gitar mba keterima kerjaan ya, memang kita ga pernah ada yang tahu dari keahlian dalam memainkan alat musik bisa menjadi rezeki
Komen Blog fennibungsu.com
Dee_Arif mengatakan…
Sebuah kisah tentang gitar, gitar ternyata ada banyak jenis
Aku juga punya kenangan tentang gitar,
Pernah dinyanyiin mantan pacar di telepon sambil main gitar, haha
Komen Blog fennibungsu.com
Bambang Irwanto mengatakan…
Dua adik saya punya gitar, Mbak.Saya berulang kali belajar, tapi kok mentok, soalnya buku tangan saya kapalan hahaha. Akhirnya sampai sekarang, saya tidak bisa main gitar hehehe. Tapi saya paling suka mendengarkan gitar akustik. Apalagi mengiringi lalu tempo pelan.
Komen Blog fennibungsu.com
Yonal Regen mengatakan…
Kebetulan adik saya suka musik dan punya beberapa gitar, jadi agak familier dengan dunia pergitaran walaupun di rumah cuma ada dua jenis gitar, yang elektrik sama yang akustik
Komen Blog fennibungsu.com
Eko Prasetyo mengatakan…
Paling suka gitar akustik kak,
Musik akustik nemenin saya keseharian kerja loh.
Enak didenger dan nyaman
Komen Blog fennibungsu.com
Monica Anggen mengatakan…
Wah karena bisa main gitar jadi nilai tambah ya pas wawancara kerja. Bentuk gitar itu cantik-cantik menurutku dan lelaki yang bisa main gitar itu sekseeeh... hahaha. Dan Pewe-ku bisa main gitar (selain anak IT ya), makanya akhirnya nikahin dia
Komen Blog fennibungsu.com
Siska Dwyta mengatakan…
Keren ya bisa main gitar. Salut aja gitu kalau lihat cewek pintar main gitar. Jadi ingat dulu pernah juga belajar main alat musik yang satu ini, tapi cuma beberapa kali doang, gak intens makanya gak bisa2, hehe
Komen Blog fennibungsu.com
lendyagasshi mengatakan…
Sebenernya kalau nyimpen gitar terlalu lama ada efek ke string-nya gak, kak Fen?
Kalau hanya tinggal setting sih, aman lah ya.. Mau kembali memainkannya kapanpun, masih oke.

Masku dulu kayak kak Fen.
Hobi nongki sambil gitaran. Tapi kalok cewek, terlalu berat gak ya... bawa-bawa gitar? Atau ada loker di SMA-nya?
Komen Blog fennibungsu.com
Han mengatakan…
kalau aku bukan gitar sih kak, dlu ada cerita yang puanjaaang banget dan rasanya itu jadi pengalamanku paling menarik di SMA. Tapi sama drum hehehe, sampe ngejar2 artis gara2 sesukaaa ituu.
Komen Blog fennibungsu.com
Aku dulu bisa main satu lagu dengan gitar
Waktu SMA
Sekarang sudah lupa sama lagunya karena sejak menikah ga pernah pegang lagi
Komen Blog fennibungsu.com
Goresan hati mengatakan…
Baru tahu kalau gitar ada banyak macamnya. Tahunya gitar ya itu tok. Bisa dipetik dan dmainkan. Pengetahuan baru nih. Maklum saya gak bisa main gitar. Hehe.
Komen Blog fennibungsu.com
Erin Herlina mengatakan…
Aku juga punya kenangan khusus dengan gitar. Dulu waktu SMA karena tugas terpaksa belajar metik gitar, tangan sampai lecet-lecet, tapi seru. Cuman karena aku buta nada jadi lama banget belajar gitarnya gak bisa-bisa.
Mengenai Saya
Fenni Bungsu
Hi, #SemangatCiee jumpa dengan daku Fenni - si Milenial yang suka menulis tentang hal yang bermanfaat. Untuk bekerjasama bisa melalui email ke: fenni(dot)bungsu(at)gmail(dot)com ��Terima kasih��
Cari Blog Ini
BPN
BPN
BCC
BCC
Logo Komunitas BRT Network
Bplus
Bplus
Bloggerhub
Bloggerhub
KEB
KEB
KSB
KSB