Ini Pentingnya Service Motor Rutin yang Perlu Kamu Ketahui

Suara klakson motor terdengar di depan rumah dengan cat pagar berwarna hitam glossy itu. Si penghuni rumah pun keluar seketika. Ia tersenyum sambil membuka pintu pagarnya, menyambut seseorang yang sudah melepaskan helm-nya.

“Caca, gue baru beli motor nih,” ujar Enzy kepada sahabatnya Caca, sambil menunjukkan kendaraan roda dua berwarna merah itu.

Servis rutin motor berapa km

Congrats ya. Jadi juga lo beli kendaraan impian ini. Gue bisa diboncengin kan,” gurau Caca sambil duduk di belakang Enzy.

Enzy pun memasukkan motor tersebut depan teras rumah Caca. “Santuy, Ca. Kita bisa jalan ngampus bareng. Kan gue juga udah punya SIM,”

“Palingan sih ada yang harus lo inget sih kalau udah punya motor,” Caca beranjak dari motor tersebut.

“Apaan, Ca? Beli bensinnya maksud lo? Ah itu gampang,”

“Bukan soal bensinnya aja, tapi juga buat lebih apik memperhatikan bagian motor yang perlu di servis. Soalnya kan lo itu suka lupaan,”

“Nah iya juga, kayaknya gue harus cari tahu lebih banyak deh servis motor terdekat di mana, apalagi buat nyari oli motor matic ini. Ingetin gue ya, Ca,”

Caca mengangguk, lalu mengajak Enzy untuk mengobrol di teras rumahnya.

***

Lima Bagian Motor Perlu Diperhatikan Saat Service

Dari percakapan di atas, kalau punya kendaraan bermotor jangan melupakan jadwal kapan harus servis dan ganti oli motor. Ini penting untuk diperhatikan, karena terkait juga dengan keselamatan diri sebagai pengendara, dan juga pengguna di jalan raya. Maka dari itu, untuk service motor pertama dapat dilakukan sekitar 1 hingga 2 bulan. Sebaiknya dilakukan ketika sudah menempuh 2000km bagi motor keluaran lama, sedangkan untuk motor produksi baru saat mencapai 5000km.

Pasalnya, ini yang akan terjadi bila motor jarang di servis, yaitu: turunnya performa kendaraan. Penurunan tersebut, berpotensi rusak pada komponen kendaraan yang beberapa diantaranya seperti:

  • Aus pada bagian kanvas rem dan ban (luar depan/belakang),
  • Celah klep yang merenggang,
  • Rantai roda,
  • Kapasitas pada air radiator dan juga sistem pendingin.

akibat bila motor tidak diservis
Ilustrasi oli motor (sumber: CNN Indonesia)

Lima hal ini yang perlu diperhatikan ketika servis motor secara rutin untuk mengecek pada bagian:

  • Ban, agar jangan sampai bagian dari motor ini gundul. Kondisi ban perlu dipantau secara rutin, dengan melihat juga pada bagian dalam ban dimana tekanan udara di dalam masih dalam keadaan baik atau tidak.

  • Busi, perlu diperhatikan apakah masih berfungsi baik atau tidaknya. Bagian motor ini bermanfaat untuk membuat mesin motor menyala akibat aliran listrik koil berubah menjadi percikan api.

  • Kampas rem jangan sampai menipis, karena terkait keselamatan diri dan sekitar. Perhatikan pula kurang/tidak lagi pakemnya pengereman.

  • Tegangan pada aki usahakan tetap dalam kondisi ideal yaitu ketika mesin mati 12,3-12,6 volt, dan saat mesin menyala 13,7 - 14,2 volt. Jika ditemukan ada yang tidak sesuai misalnya terjadi kebocoran maka mekanik harus lebih detail melakukan pemeriksaan.

  • Oli motor baik oli gardan dan oli mesin yang berguna dalam melindungi mesin, pendingin, dan pelumas. Ada pabrikan/retailer otomotif dalam beberapa tahun terakhir ini memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km / 2x lebih lama dari oli biasa. Alasannya disebabkan oli yang dipasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Sehingga memungkinkan retailer ini kasih klaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena ini base oil paling tinggi di kelas oli.

Untuk memudahkan dan lebih nyaman kita bisa service motor di planet ban yang simple. Service motor di Jakarta dan tersebar di lokasi lainnya ini pun misalnya untuk tune up bisa dilengkapi juga dengan ganti oli gardan, ganti oli mesin, atau penggantian sparepart. Nantinya tinggal konsultasikan saja sama mekanik dari planet ban, kalau kitanya setuju baru deh dilanjutkan perbaikannya. Oleh karena saya tinggal di sekitaran Duren Sawit, Jakarta Timur, mencari lokasi servis motor ini tidaklah sulit, karena masih terjangkau.

lokasi harga servis motor di planet ban
Lokasi Planet Ban di dekat tempat tinggal saya

Sistem Servis Terpadu Ala Planet Ban

Servis motor di Planet Ban pada keseluruhan bagian atau part mesin akan dibersihkan hingga seperti baru. Di kepala silinder, throttle body, klep mesin blok CVT, dan piston, semuanya bersih dari kotoran, sisa-sisa pembakaran, dan juga debu sehingga kondisi mesin terlihat seperti baru. Hal ini menjadi nilai tambah, ketimbang servis kendaraan di lain tempat, karena memungkinkan masih terdapatnya sisa pembakaran pada bagian mesin motor. Seringnya, ditemukan kotoran dan debu di bagian blok CVT. Akibatnya, motor jadi terasa lebih berat.

Wah beneran nih motor bisa seperti baru?

Inilah asiknya servis motor di Planet Ban yang memperhatikan kualitas dan kenyamanan pengendara menggunakan sistem servis terpadu atau servis motor rasa baru, sehingga kondisi mesin tampak baru dan bersih, tarikan pun lebih enteng, lebih hemat bahan bakar, serta membuat emisi turun lebih dari 70% yang juga berdampak buat lingkungan, kan.

cara agar oli motor matic dingin planet ban
ilustrasi mesin motor (Sumber: Unsplash/nongasimo)

Sistem servis terpadu ini, berfokus pada perbaikan dan pemeriksaan bagian vital dari mesin motor yang posisinya tersembunyi, jarang dicek, jarang pula diservis. Selain itu, penggunaan oli dan cairan khusus dengan teknologi tinggi guna membantu mesin jarang rusak. Plusnya nih, ketika kendaraan kita menggunakan sparepart yang asli, makin membuat nyaman berkendara karena tarikan enteng dan mesin yang dingin.

Baca Juga: Resolusi Otomotif Tahun 2023 

Kisaran service motor di Planet Ban lengkap dan terjangkau. Misalnya service motor injeksi sekitar Rp20.000,- service CVT sekaligus rantainya kisaran Rp19.500,- bahkan Rp20.000,- untuk service throttle body.  Dengan memahami pentingnya service lengkap motor secara berkala memberikan rasa tenang baik ketika mengendarai motor maupun untuk kualitas mesin motor yang bisa lebih awet.

48 komentar

Komen Blog fennibungsu.com
Wahid Priyono, S.Pd mengatakan…
Sering banget beli ban motor di planet ban untuk motor matic. Planet ban emang menjual seputar peralatan kendaraan bermotor dengan kualitas premium dan ori. Setahu saya gak ada barang imitasi. Selain itu, pelayanan ramah, bisa service kendaraan juga.
Komen Blog fennibungsu.com
Maria G Soemitro mengatakan…
Jadi inget sepeda motor saya dulu
Digeber terus jarang dirawat, akibatnya sering ngadat

Mana yang pakai perempuan yang serba gak tau
Padahal seperti tulisan Fenni, apa pun toolsnya harus dirawat supaya lancar
Komen Blog fennibungsu.com
lisa nurliat mengatakan…
planet ban dengan sistem servis terpadunya jadi andalan buat gue sih.
servis motor bakalan gampang
Komen Blog fennibungsu.com
Dian Restu Agustina mengatakan…
Nah iya, punya motor enggak cuma ingat isi bensinnya saja tapi juga mesti rutin merawatnya. Dengan memenafaatkan layanan service terpadu di Planet Ban yang lengkap itu
Komen Blog fennibungsu.com
YSalma mengatakan…
Yang suka terlewatkan itu ganti oli motor.
Kalau dibawa servis berkala ke Planet Ban udah tinggal terima beres. Motor terawat dengan baik, berkendara jadi aman.
Komen Blog fennibungsu.com
Artha Amalia mengatakan…
Dulu jg ngira perhatian ke motor tuh cm dg gak telat isi bensin dan isinya pake Pertamax biar motor sehat. Eh ternyata ganti oli dg rutin jg perlu. Wkwkwk. Itu gara2 pernah ngadat di jalan terus pas dibawa ke bengkel, diomelin sama montirnya gegara telat ganti oli
Komen Blog fennibungsu.com
Farida Pane mengatakan…
harus banget rajin servis motor biar performa terjaga. motor juga lebih awet, ya
Komen Blog fennibungsu.com
Bambang Irwanto mengatakan…
Kalau punya motor, servis dan ganti oli rutin memang wajib, Mbak. Karena itulah yang membuat performa motor terus joss.
Saya kebetulan terakhir servis dan ganti oli di Planet Ban. Selain dekat rumah, pelayanannya juga prima.
Komen Blog fennibungsu.com
Lia Yuliani mengatakan…
Saya pernah ke planet ban buat ganti ban juga servis motor, pelayanannya bagus. Memang kalau perempuan biasanya kurang paham kalau soal servis tapi di planet ban emang hasilnya juga oke. Soalnya pernah dibawa ke bengkel lain pulang servis malah jadi banyak masalah.
Komen Blog fennibungsu.com
Deeva Collection mengatakan…
Pertama kali ganti oli di Planet Ban,dah Mau hari raya kemarin, biasanya di bengkel lain dah lumayan abisnya. Lah di sini, ganti oli mesin dan gardan di luar yang saya bayangkan. Bukan lagi terjangkau, tapi murah. Terus layanan dari masnya memuaskan juga ramah.
Komen Blog fennibungsu.com
Lila mengatakan…
Menarik banget nih tentang servis motor soalnya aku jarang banget jujur servis motor nanti aku kasih tau adekku. Makasih kak
Komen Blog fennibungsu.com
sarrahgita mengatakan…
Btw saya baru ngeh kalo di deket rumah juga ada Planet Ban, mau ah coba servis motor ke Planet Ban terdekat. Penasaran sama layanannya, biar motor saya berasa baru lagi hihi
Komen Blog fennibungsu.com
Antin Aprianti mengatakan…
Kirain di planet ban mahal, ternyata terjangkau juga ya kak. Emang penting banget rutin service kendaraan tuh biar kendaraan kita performanya tetap bagus
Komen Blog fennibungsu.com
Sandra Hamidah mengatakan…
Planet ban udah terkenal ya bisa jadi rekomendasi bengkel terbaik buat kendaraan ya kak
Komen Blog fennibungsu.com
lendyagasshi mengatakan…
Kudu jeli dan teliti pas bagian perawatan regular motor matic ya..
Apalagi pas musim hujan. Uda paling bener perawatannya di Planet Ban dan tetap mengikuti tips yang kak Fenni kasih di artikel ini agar motor matic awet dan tetap satset.
Komen Blog fennibungsu.com
sari widiarti mengatakan…
Komplit ya kalau service di planet ban, biasanya cuma ganti oli aja, padahal masih banyak layanan yg ditawarkan, suka nih di planet ban karena bengkelnya deket rumah, dan lumayan lengkap
Komen Blog fennibungsu.com
Triani Retno A mengatakan…
Bener Mbak, bukan cuma muka pemiliknya yang perlu dirawat. Motor juga perlu dirawat. Hehe.... Btw, biaya servis di Planet Ban ternyata terjangkau banget, ya.
Komen Blog fennibungsu.com
Kanianingsih mengatakan…
setuju kak Feni, kita punya barang apapun termasuk kendaraan bermotor harus dirawat ya salah satunya service rutin. biasanya perempuan mah taunya pake aja tapi kita juga harus pintar merawat juga jangan tergantung sama bapak2 :D
Komen Blog fennibungsu.com
Han mengatakan…
Duh bener banget ini, aku sendiri sblm berkeluarga paling takut kalo udah telatt service. Masalahnya soalnyaa motor jadi ga enak, ngefek ke rem2 jugaa., serem lah kalo ngga diservice berkala
Komen Blog fennibungsu.com
Bambang Irwanto mengatakan…
Saya juga sevis motor pulus ganti oli di Planet Ban, Mbak. Awalnya saya kira Planet Ban, sesuai namanya hanya menjual ban saja. Ternyata komplit. Dan faktor utama motor awet dan performa terjaga, memang servis rutin dan ganti oli.
Komen Blog fennibungsu.com
Farida Pane mengatakan…
Penting banget ya rutin servis ini. Di Planet Ban udah terpercaya deh, hasilnya
Komen Blog fennibungsu.com
Syarifani Mulyana mengatakan…
Baru tahu Planet Ban servis motornya macem-macem termasuk ganti oli juga.
Harganya juga bersaing sepertinya.
Komen Blog fennibungsu.com
Hallowulandari mengatakan…
mesin kendaraan tuh emang harus rajin dikontrol dan diservis ya biar aman dan tenang. planet ban bisa diandelin yaa, di Depok juga ada banyak nih
Komen Blog fennibungsu.com
Eka FL mengatakan…
jaga "kesehatan" motor itu penting banget ya mba, tapi saya biasanya menyenrahkan semua ke tukang service jadi gak tau apa aja yang di service. hehehe. Tapi gak ada salahnya tahu juga ya, kalau ada apa-pa dengan motor jadi bisa fats respon buruburu ke planet ban buat service bagian yang rusak atau harus di service
Komen Blog fennibungsu.com
Sabrina mengatakan…
akhirnya saya juga tahu apa saja yang wajib dicek saat servis motor pokoknya ngebantu banget niy mba informasinya, karena saya selama ini kalau urusan motor cuman tinggal pakai
Komen Blog fennibungsu.com
hani mengatakan…
Servis motor dah paling bener harus rutin deh.
Tapi...btw...aku rada trauma kalau bawa kendaraan ke bengkel untuk diservis. Mending aku bagian bawa ke car wash aja deh.
Kalau bengkel pernah ditipu sih, mentang-mentang aku perempuan. Jadi kapok deh...
Komen Blog fennibungsu.com
Yonal Regen mengatakan…
Beberapa kali ke Planet Ban untuk service, ganti ban, sampe ganti oli, selalu puas dengan pelayannya yang sat set, memuaskan. Harganya juga affordable, bisa cash dan juga digital untuk pembayarannya
Komen Blog fennibungsu.com
Triani Retno A mengatakan…
Memang penting banget servis rutin begini untuk meminimalkan kemungkinan yang tidak dikehendaki di jalan ketika bermotor. Nggak ngerti mesin ya serahkan ke Planet Ban biar ditangani denggan baik.
Komen Blog fennibungsu.com
Okti Li mengatakan…
Betul banget itu. Sepulang dari temu kangen Kompasianer 2023 kemarin kami langsung cek motor secara menyeluruh. Dua hari melakukan perjalanan sekitar 14 jam!
Komen Blog fennibungsu.com
Lita Lestianti mengatakan…
Asal nggak ada ganti sparepart ya jadi murah servisnya..motor kalo nggak sering diservis memang kerasa banget ga enaknya..
Komen Blog fennibungsu.com
Aldhi Fajar mengatakan…
Harus service rutin memang hehe... Motorku juga selalu service rutin, pokok ya kalo dirasa ga enak lgs masuk bengkel
Komen Blog fennibungsu.com
YSalma mengatakan…
Kebetulan rem motor udah berasa gak pakem ini, bawa servis ke Planet Ban aja, harga servisnya sangat terjangkau dengan mekanik terpercaya.
Komen Blog fennibungsu.com
Tukang Jalan Jajan mengatakan…
Sebagai pengguna kendaraan bermotor yang namanya ke service center sih emang kewajiban tiap bulan yes. Supaya mesin bisa tetep awet dan juga bisa maksimal digunakan. Kendaraan bisa teus dala, kondisi prima kalau perawatan rutin
Komen Blog fennibungsu.com
Tukang Jalan Jajan mengatakan…
Kalau diriku mah service motor selalu dibawa ke yang ahlinya, biar dicek semuanya dan diganti mana aja yang bermasalah, jadi gampang dan simpel
Komen Blog fennibungsu.com
Deeva Collection mengatakan…
Kalau udah pakai motor, hal penting yang kadang disepelekan itu ganti oli. Akhirnya pas ad atanda-tanda ga enak pada mesin, baru nyadar kalau oli belum diganti. Kalau punya kendaraan bermotor, perhatian pada perawatan harus memang
Komen Blog fennibungsu.com
Artha Amalia mengatakan…
Pernah punya pengalaman ganti ban di planet ban dan emang pelayanan segercep itu. Gak cuma itu, harga terjangkau dan jadi membernya. Hihi... Padahal saya cewek tapi kalo ada apa2 sama motor yaa ke planet ban aja deh, di sana tim service-nya baik2
Komen Blog fennibungsu.com
April Hatni mengatakan…
Penting banget tuh service motor secara rutin. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
Komen Blog fennibungsu.com
ANGGITA RAMANI mengatakan…
Service di planet ban cenderung murah menurutku. Pelayanannya juga oke. Kalau service rutin biasanya ganti oli sama cek2 aja gtu. Coba kalau service aku tanyakan poin2 di tulisan ini
Komen Blog fennibungsu.com
Didik Purwanto mengatakan…
Terjangkau banget ya kak harga service sepeda motornya. Ini buat kita2 yg nggak mau repot service motor sendiri sih. Lebih enak dicatat jadwal servicenya/pas sesuai pergerakan speedometer, khususnya untuk kilometernya.
Komen Blog fennibungsu.com
Diaz Bela mengatakan…
Ini sih yang sering dilupakan ya... sering dianggap sepele padahal kalau dilakukan secara teratur malah bisa hemat biaya kerusakan motor di kemudian hari ya
Komen Blog fennibungsu.com
Dee_Arif mengatakan…
Melakukan servis motor secara rutin itu penting ya kak
Agar motor tetap memiliki performa terbaiknya
Komen Blog fennibungsu.com
Siti Mustiani mengatakan…
Wah diingetin buat merawat motor lagi di artikel ini, saja jadi ingat-ingat kapan terakhir service motor ku juga yaaa. Dan memang gak cuma oli doang yg penting yaaa, part lainnya juga perlu diperhatikan, demi keamanan dan kenyamanan berkendara
Komen Blog fennibungsu.com
Nimas Achsani mengatakan…
meskipun aku cuma bonceng aja, tapi meman kerasa banget bedanya motor yang dirwat dengan baik sih ya mbak hahaha cuma memang harus ke bengkel terpercaya ya, karena nggak sedikit juga yang suka curang sama konsumennya
Komen Blog fennibungsu.com
lendyagasshi mengatakan…
kalau punya barang memang kudu dirawat sepenuh hati.
Dengan service secara rutin di Planet Ban, maka motor yang digunakan semakin nyaman dan awet.
Komen Blog fennibungsu.com
Witri Prasetyo Aji mengatakan…
Dulu ngiranya Planet Ban ini cuma menjual ban saja, tapi ternyata juga bisa service dan ganti oli. Beberapa hari yang lalu aku habis ganti oli di Planet Ban.
Komen Blog fennibungsu.com
sylvianayy mengatakan…
Soal service motor lebih baik percayakan pada ahlinya daripada makin rusak. Apalagi ibu ibu seperti saya yang kurang mengerti soal service motor
Komen Blog fennibungsu.com
eSQiu mengatakan…
Terimakasih sharing ilmunya mba, benar sekali mba, rutin servis oli memang kunci dari kondisi motor yang akan selalu prima, mesin tetap halus dan jarang ada masalah dimesin, sy masih ada motor beat 2017 yg sampai sekarang masih oke dan skrg malah turun membantu adik2nya utk jadi unit sewa motor di Pontianak. Harus ada catatan khusus utk mengingat waktu mereka saatnya ganti oli, biar ga lupa kapan tgl terakhir ganti oli dan servis.
Komen Blog fennibungsu.com
Triani Retno A mengatakan…
Kendaraan terawat tuh salah satu ikhtiar untuk selamat di perjalanan juga. Beberapa kali baca berita tentang kecelakaan gara-gara rem blong atau ban yang udah gundul.
Mengenai Saya
Fenni Bungsu
Hi, #SemangatCiee jumpa dengan daku Fenni - si Milenial yang suka menulis tentang hal yang bermanfaat. Untuk bekerjasama bisa melalui email ke: fenni(dot)bungsu(at)gmail(dot)com ��Terima kasih��
Cari Blog Ini
BPN
BPN
BCC
BCC
Logo Komunitas BRT Network
Bplus
Bplus
Bloggerhub
Bloggerhub
KEB
KEB
KSB
KSB