Langsung ke konten utama

Ini Dia Trik Mengatur Penggunaan Internet dalam Keluarga

Trik Mengatur Penggunaan Internet dalam Keluarga

Kalau kita pikirkan sampai sekarang ini, berkat internet yang selalu menemani kita, ternyata makin meluas berkembang dan telah terjadi juga perubahan dalam kehidupan, bekerja, serta tatkala berinteraksi dengan orang lain. Sebab jaringan internet sudah masuk ke segala bidang. Meski begitu, di era digital yang saling terhubung ini, penting buat kita dalam memahami bagaimana pengaturan internet yang digunakan dalam lingkungan keluarga. Pembatasan pemakaian internet yang bijak dapat membantu terciptanya kehidupan keluarga harmonis yang seimbang, dan sehat.

Mengapa Sangat Penting Mengatur Penggunaan Internet dalam Keluarga?

Sesuatu yang tidak terukur dengan baik, maka akan memberikan hal yang tidak baik pula. Seperti itu juga menggunakan internet dalam keluarga, jika tidak terkendali maka berdampak negatif yang signifikan. Contohnya, apabila anak-anak terlalu banyak terpaku menatap layar gadget, maka ia akan kehilangan waktu untuk berinteraksi secara langsung, tak hanya dengan anggota keluarga, tetapi juga dengan teman-temannya dan lingkungan.

Kemungkinan akan terpaparnya mereka pada konten yang tidak sesuai untuk usianya, atau terjerumus dalam pola perilaku tidak sehat misalnya kecanduan media sosial maupun game online. Selain itu, internet yang digunakan secara tidak terkendali bisa mengganggu keseimbangan dua kehidupan, yaitu online dan offline, bahkan dapat mengurangi waktu guna melakukan aktivitas fisik, membaca, atau bermain di luar ruangan. Oleh karena itu, mengatur penggunaan internet secara bijak penting dilakukan dalam keluarga.

Ini Manfaat Positif Mengatur Penggunaan Internet dalam Keluarga

Walaupun terdapat risiko dan dampak kurang baik, penggunaan internet dalam keluarga juga bisa memberikan manfaat positif yang signifikan bila pengaturannya dilakukan dengan bijak. Dalam jaman informasi sekarang ini, internet merupakan sumber pengetahuan dan wawasan yang tidak terbatas. Dengan pengaturan yang tepat dan bijak, semua anggota keluarga bisa memanfaatkannya untuk mengembangkan keterampilan baru, dan alat pembelajaran yang beraneka ragam. 

Anak-anak bisa mencari informasi yang benar dan terpercaya, belajar melalui video edukatif, atau mengikuti kursus yang relevan dengan minat dan bakat mereka secara daring. Di samping itu juga, internet dapat meningkatkan komunikasi dan hubungan antar anggota keluarga melalui saling berbagi ide, minat, dan pengalaman melalui panggilan video, obrolan kelompok, ataupun media sosial.

Tips Jitu Pengaturan Penggunaan Internet Keluarga
ilustrasi dari Pixabay/geralt

Empat Tips Jitu untuk Mengatur Penggunaan Internet dalam Keluarga

Dalam pengaturan menggunakan internet keluarga, tidak perlu yang rumit. Sebagaimana dilansir dari situs review gadget, ada beberapa tips praktis yang bisa membantu terciptanya lingkungan yang sehat dan seimbang, sebagai berikut:

1. Komunikasi yang Terbuka

Jadikan komunikasi yang terbuka sebagai landasan ketika mengatur penggunaan internet. Diskusikan apa saja pentingnya menggunakan internet secara bijak. Bila perlu adakan pula pertemuan keluarga rutin guna membahas harapan, kekhawatiran, dan kesepakatan bersama.

Baca Juga: Pilih Menjadi Mahasiswa atau Bekerja?

2. Menetapkan Aturan Keluarga

Tetapkan aturan keluarga yang jelas dan dengan kesepakatan bersama. Contohnya dalam menentukan batas waktu penggunaan internet, bagian ruangan mana saja di rumah yang bebas dari gadget, atau bisa juga pengaturan waktu bebas layar sebelum tidur.

3. Menggunakan Filter Konten

Memanfaatkan layanan fitur filter konten yang telah tersedia oleh penyedia layanan internet atau aplikasi keamanan. Hal ini dapat memberikan perlindungan kepada anak-anak dari konten yang tidak sesuai dengan usianya, dan menjadikan pengalaman menggunakan internet yang lebih positif, aman, dan terukur. Telkom Indonesia, melalui layanan internet terbaiknya yaitu IndiHome, menyediakan fitur keamanan yang bermanfaat untuk mengontrol akses ke situs web mana saja yang tidak kita inginkan.

4. Memberikan Apa Saja Alternatif Kegiatan

Selain kita mengatur batasan waktu penggunaan internet, berikan juga alternatif kegiatan apa saja yang menarik serta bermanfaat untuk anggota keluarga. Kita dapat mengajak mereka untuk melakukan aktivitas fisik, membaca beragam buku, bermain game keluarga, atau berinteraksi secara langsung. Hal ini berdampak positif untuk mengurangi rasa ketergantungan pada internet dan juga hubungan dalam keluarga semakin kuat.

manfaat internet keluarga IndiHome
ilustrasi dari pixabay/fancycrave1

Apa Saja Manfaat Internet IndiHome?

Dalam upaya pengaturan menggunakan internet dalam keluarga, memilih penyedia layanan internet yang terpercaya amat penting dilakukan. Salah satu pilihan yang dapat menjadi petimbangan kita adalah layanan IndiHome dari Telkom Indonesia.

IndiHome menawarkan koneksi internet cepat dan stabil sehingga memungkinkan keluarga menikmati berbagai aktivitas online yang lancar dan berkualitas. Selain itu, IndiHome juga melengkapi fitur keamanan dan kontrol pemakaian internet, sehingga pengaturan menggunakan internet lebih terkendali dan dapat melindungi keluarga dari konten yang tidak diinginkan. 

Baca Juga:

Komentar

Aldhi Fajar mengatakan…
Konten positif memang harus diedukasi untuk anggota keluarga. Karena dampak dari konten negatif bisa terasa sampai ke psikologis anak. Untungnya klao pake IndiHome dah dilengkapi fitur keamanan berinternet.
Deeva Collection mengatakan…
Terima kasih tips nya,Kak. Tipsnya penting semua nih, apalagi soal filter konten, ornag tua harus melek teknologi agar bisa mengatur dengan tepat dan bijak penggunaan internet
Yuni Bint Saniro mengatakan…
Sekarang tuh ya internet tuh penting banget buat kehidupan. Tapi ya, emang sih. Pengaturan waktu dalam penggunaannya kudu diperhatikan banget. Bisa berdampak negatif kalau udah berlebihan.
Suci mengatakan…
Sudah diatur sedemikian rupa tetep aja sebagai emak-emak masih was-was kalau anak anteng sama gadget. Mau ngga dikasi hp tapi ya perlu, Hehee
Hanya doa yang bisa menenangkan dan agar anak-anak dijauhkan dari hal-hal yang menyimpang...
Wahid Priyono mengatakan…
Alhamdulillah, sudah ada internet IndiHome yang bisa mengontrol kita untuk pemakaian internet. Jadi lebih hemat dan bisa digunakan sesuai kebutuhan. Fitur yang keren nih..
Bunda Saladin mengatakan…
Kalau anak2 berintenet wajib ada pengawasan dan bimbingan orang tua ya, gak bisa dibiarin gitu aja lalu malah jadi mahir berkata2 kotor, sedih deh.

Jangan sampai kecanduan sampai ngaruh ke arah negatif misalnya mata jadi minus atau punggungnya bungkuk. Keep balance.
Sabrina mengatakan…
kebetulan banget di rumah juga pasangnya IndiHome dari sisi keamanan memang sangat aman apalagi internetnya super cepat jadi helpful banget sama kegiatan sehari-hari dan ga perlu khawatir lagi sama sistem keamanannya
Tukang Jalan Jajan mengatakan…
Internet emang sudah jadi kebutuhan wajib dan semua anggota anggota keluarga membutuhkan. Perlu juga menjaga konten yang tidak cocok dengan anak ya kak, biar tetap baik dan bermanfaat
Yonal Regen mengatakan…
memasang internet di rumah bukan berarti semua anggota keluarga dapat menggunakannya sebebas mungkin, tapi memang perlu peraturan, baik tertulis atau tidak agar penggunaan internet di rumah tetap dapat digunakan secara bijak dan dengan tanggung jawab
Putu Felisia mengatakan…
Sebenere lebih susah ngatur orang tua. Papa saya tuh udah ngerusakin 3 hp gara2 hpnya dipakai internetan non stop. Dia tidur hpnya nyala muter yutub sambil dicharge lagi.
Kanianingsih mengatakan…
Adanya internet bisa bermanfaat banyak untuk keluarga jika digunakan dengan baik dan bijak ya kak, untuk hiburan dan pendidikan bisa. dan perlu juga aturan dlm penggunaannya agar seimbang dan bisa menyesuaikan dengan kebutuhan
Adi mengatakan…
Karena mencegah berinternet tidak mungkin, maka trik ini cukup penting. Apalagi internet dipakai bersaam dalam satu keluarga oleh anggota keluarga lainnya.
Annie Nugraha mengatakan…
Saya setuju dengan kalimat ini "Sesuatu yang tidak terukur akan mengakibatkan sesuatu yang tidak terukur juga." Paham ini menurut saya memang harus dijadikan acuan saat menentukan kebijakan penggunaan internet di rumah. Karena memang ya efek globalisasi, termasuk internet, kuat sekali ke generasi sekarang. Jadi jika orang tua tidak bijak, bisa jadi efek negatifnya akan lebih terasa ketimbang positifnya.

Tulisan yang bagus banget ini Fen. Well-written.
Emma Malika mengatakan…
Sebagai ortu yang punya anak sedang bertumbuh saya juga memfilter apa saja yang anak saya mainkan dengan internet dan Alhamdulillah masih baik-baik saja.
Akarui Cha mengatakan…
Penting banget memang pakai filter konten demi menjaga biar segala rupa yang dibuka di gawai anggota keluarga pun terjaga dari berbagai sajian internet yang nggak sepantasnya ya, Kak.
Yustrini mengatakan…
Segala sesuatu yang berlebihanmemang nggak baik ya. Termasuk internet pun jika berlebihan nggak baik. Kudu bijak memakainya.
Nabilla DP mengatakan…
kalau saya di rumah ngga ada batasan memakai ya kak, soalnya sudah pakai yang unlimited jadi enak aja gitu bisa bebas pakai sesuka hati
Nanik nara mengatakan…
Aturan yang dibuat dan disepakati serta ditaati oleh seluruh anggota keluarga tentunya bisa membantu anggota keluarga untuk memanfaatkan internet untuk hal-hal yang positif
Siti Mustiani mengatakan…
Penting banget untuk mengatur penggunaan internet keluarga kayak gini, biar gak kebablasan overtime pake internetnya, jadi tagihannya pun gak bengkak ya kan.
Deeva Collection mengatakan…
Manfaat internet untuk keluarga sangat dirasakan, khususnya dalam mencari informasi yang dibutuhkan. Mau informasi mata pelajaran, masakan, sampai info terkini semua bisa didapat dengan mudah
Okti Li mengatakan…
Mengkomunikasikan antara sesama anggota keluarga menjadikan penggunaan internet bisa terpantau dengan baik. Setidaknya bisa menangkal masuknya konten yg tidak seharusnya untuk anak.
lendyagasshi mengatakan…
Tetap kudu harus bijak dalam menggunakan internet ya..
Selain memang bisa mendapat informasi dengan mudah dan cepat, tapi juga kudu tetap jalani kehidupan sosial yang sehat dengan berinteraksi secara nyata.
Dee_Arif mengatakan…
Iya, mengatur penggunaan internet dalam keluarga itu penting
Kalau aku, pakai filter konten untuk akses internet anak-anak
Didik Purwanto mengatakan…
Penting banget nih filter konten. Apalagi buat anak2. Soalnya kan di internet banyak banget konten yg bkn utk anak2. Jd dengan filter tersebut, penggunaan internet bs disesuaikan dgn umurnya.
ANGGITA RAMANI mengatakan…
Biasanya aku selingi kegiatan si kecil dengan kegiatan outdoor atau indoor biar ga kebanyakan nonton YouTube. Biar bisa hemat juga sih hehe.
Shyntako mengatakan…
penggunaan internet untuk keluarga ada baiknya diperhatikan dan dipantau krn sesuatu yg berlebihan itu memang ga baik ya
lendyagasshi mengatakan…
Semoga dengan kemajuan teknnologi, membawa kita semua ke dalam kebaikan dan kemajuan ilmu pengetahuan. Paling seneng kalau ada keluarga yang bisa bener-bener menikmati waktu ngobrol dengan baik.
Bayu Fitri mengatakan…
Kalau penggunaan internet untuk keluarga harus diterapkan secara bijak ya kak apalgi kalau ada anak dibawah umur , mungkin bisa di filter dulu itu internetnya
Aisyah Dian mengatakan…
internet cepat dan stabil adalah suatu keharusan ya kak, apalagi buat kita yang bekerja dari rumah begini bersyukur nih ada indihome
Yayu Arundina mengatakan…
Wah asyik nih IndiHome ada filter keamananannya, bisa tenang internetannya, nonton IndiHome jadi semakin asyik
Emma Malika mengatakan…
Dengan internet cepat, semua urusan bisa lancar tinggal sat set sat set beres terutama segala tagihan bulanan kelar deh
Lia Lathifa mengatakan…
Kami sebagai orang tua memberikan kebebasan berinternet namun tetap harus ada syaratnya, tentunya dikomunikasikan bahkan kalau bisa didiskusikan supaya saling percaya dan gak sembarangan mengambil tayangan atau informasi yang ada
hiqudsstory mengatakan…
Kalo anakku yang bungsu pembatasan peakaian internetnya dengan memasang pembatasan di hapenya. Jadi konten apapun yang dia liat aku bisa tau krn ada reportnya di emailku.