Langsung ke konten utama

7 Teknik Dasar Belajar Renang untuk Pemula

Teknik Dasar Belajar Renang untuk Pemula

Cara belajar macam-macam gaya renang untuk pemula, mungkin bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Tak hanya memerlukan penguasaan dan memahami tekniknya saja, tetapi juga diperlukan keberanian dalam diri. Bila tidak memiliki kepercayaan diri untuk menaklukkan air, maka konsentrasi menjadi buyar dan proses belajar renang pun akan gagal.

Renang menjadi salah satu cabang olahraga yang bisa membawa harum nama bangsa. Banyak ajang kejuaraan dunia yang memasukkan olahraga akuatik ini beberapa di antaranya seperti Olimpiade, Asian Games, SEA Games, Kejuaraan Dunia FINA (Federasi Renang Internasional). Apalagi masih membekas dalam ingatan akan peraih medali emas Indonesia di ajang SEA Games 2023 Kamboja untuk olahraga renang, yaitu:

  • Siman Sudarta untuk nomor 50meter gaya punggung putera

  • Masniari Wolf untuk nomor 50meter gaya punggung puteri, sekaligus memecahkan rekor nasional dan SEA Games.

  • Felix Victor Iberle pada nomor 50meter gaya dada putera dan memecahkan rekor SEA Games.

 

siapa saja atlet renang pecahkan rekor dunia

Pastinya ikut geregetan tatkala melihat orang-orang maupun para atlet sangat luwes ketika berenang. Mereka bisa memperlihatkan skill macam-macam gaya renang. Terlebih lagi nih, kalau pas nonton kejuaraan renang untuk nomor estafet. Satu negara terdiri dari 4 atlet yang masing-masing akan membawakan macam-macam gaya renang. Ini sangat seru saat terjadinya pergantian orang dan gaya.

Manfaat Berenang untuk Tubuh

Renang menjadi olahraga yang membuat tubuh kita bugar, karena seluruh anggota tubuh bergerak, terutama bagian tangan dan kaki. Beberapa manfaat renang untuk kesehatan tubuh kita diantaranya adalah organ jantung dan paru-paru dapat meningkat menjadi lebih baik ketika berenang, serta bisa menghindari dari stres dan obesitas, sehingga tubuh menjadi lebih sehat. Insomnia juga bisa diatasi, dan bagi penderita asma berenang juga berdampak baik. Selain itu kepercayaan diri juga meningkat, karena aktivitas berenang membuat jiwa menjadi terasa menyenangkan.

Baca Juga: Bisakah Indonesia Juara Piala Sudirman 2023?

Tips Belajar Renang yang Perlu Diketahui Pemula

Mungkin timbul pertanyaan, berapa lama waktu yang dibutuhkan belajar renang? Umumnya dibutuhkan waktu 1 hingga 2 bulan untuk bisa memahami apa saja teknik dasar dalam renang. Namun pastinya berbeda tiap orang, karena disesuaikan dengan kemampuan masing-masing. Maka penting buat kamu, untuk mengetahui cara belajar renang untuk pemula sebagai berikut:

1. Perlengkapan Renang

Kamu bisa menggunakan pakaian renang yang nyaman, penutup kepala, maupun goggles agar saat mencoba melihat di dalam air tidak mengganggu matamu. Serta dapat memanfaatkan pelampung (ban atau papan pelampung) agar lebih berani.

2. Belajar dengan Pelatih/Saudara/Teman

Aturlah waktu kapan akan memulai belajar renang. Kamu bisa sewa pelatih renang, atau bisa dengan saudara maupun teman kamu yang sudah mahir berenang.

3. Semangati Diri, Hempaskan Rasa Takut Air

Perlahan cobalah untuk masuk ke dalam kolam renang yang dangkal. Mulailah bersahabat dengan air hingga merasa nyaman. Hilangkan rasa cemas dalam diri, karena kamu bersama dengan pelatih/saudara sehingga tidak perlu panik.

Cara belajar macam-macam gaya renang
dok. Wikihow

4. Coba untuk Belajar Mengambang atau Mengapung

Saat di pinggir kolam renang, cobalah untuk belajar mengapung baik telentang maupun telungkup. Pegang ujung kolam, lalu perlahan angkat dengan santai bagian kaki untuk mengambang. Biarkan hingga mulai terbiasa sampai pada bagian badan. Lalu gerakkan bagian kaki seperti menendang-nendang.

Baca Juga: Berita Olahraga Hari Ini

Bila belum berani menerapkan langkah di atas, kamu bisa menopang tubuh pada bagian siku, cobalah perlahan-lahan untuk membuat tubuh mundur beberapa langkah sehingga bagian yang menopang tubuh hanya pada tangan. dan bagian kaki menendang-nendang.

5. Belajar Mengatur Napas

Ketika di dalam air pengaturan napas diperlukan agar mengetahui kapan saatnya menghembuskan dan menghirup udara. Caranya dengan mengambil napas panjang, kemudian masukkan seluruh tubuhmu ke dalam air lalu cobalah perlahan menghembuskannya.

6. Pelajari Macam-macam Gaya Renang

Memahami macam-macam gaya renang dapat memudahkan kamu untuk makin nyaman mempelajarinya. Sebab memungkinkan ada salah satu gaya renang yang bisa cepat kamu kuasai misalnya freestyles (gaya bebas), breaststroke (gaya dada), backstroke (gaya punggung), butterflystroke (gaya kupu-kupu), dan lainnya.

7. Siap untuk Meluncur

Setelah memahami teknik dasar satu per satu di atas, maka kuatkan mentalmu siap untuk meluncur tanpa takut air. Bila masih harus menggunakan papan pelampung mini tak masalah, yang terpenting tubuh kamu sudah bisa mengapung dengan baik.

Apa saja teknik dasar dalam renang dan bagaimana caranya

Baca Juga: Aktivitas Nobar World Cup 2022 yang Seru

Saat kepercayaan diri meningkat, kamu bisa mulai dengan ambil napas panjang, lalu gerakkan kedua tanganmu untuk berenang tanpa perlu bantuan papan pelampung lagi. Jika masih gagal, terus ulangi teknik dasar belajar renang. Jangan merasa bosan ya, dan semangat! 

Komentar

Fionaz mengatakan…
sebagai anak kampung aq seneng dulu bisa belajar renang secara otodidak karena emang dekat dengan kali, kalo jaman sekarang mau belajar renang kudu ke kolam renang dan ada instrukturnya jadi lebih memudahkan plus ada teknik-tekniknya jadi lebih cepat bisa
Maria G Soemitro mengatakan…
yang penting ada niat, kolam renang yang dituju dan pelatih

Karena 3 hal ini saya bisa membantu anak2 saya belajar renang dan bisa renang

Hasilnya kerasa banget, mereka lebih percaya diri.
SElain itu, ujian olah raga pertama biasanya renang, kalo udah bisa renang, gak perlu test lainnya
Annie Nugraha mengatakan…
Saya paling menyukai gaya dada. Menurut saya lebih mudah dikuasai karena ritme tarik nafasnya teratur banget. Sejak divonis mengalami saraf kejepit di bagian badan belakang dari atas sampai bawah, dokter saraf sangat menganjurkan saya untuk rutin berenang. Katanya bisa membantu proses pemulihan. Setidaknya bisa menghindari kejadian kecetit lagi.
Lila mengatakan…
Saya suka banget berenang walalupun belum handal tapi terjun ke air itu bikin pikiran segar. Sepertinya saya akan mencoba untuk setiap bulannya belajar berenang. Terimakasih banyak mba tips2 berenangnya untuk pemula
Katerina mengatakan…
Teknik dasar yang disebutkan di atas wajib diketahui oleh mereka yang hendak belajar berenang. Tapi itu ga berlaku buatku. Dulu waktu SD pengen renang, tapi ga nyari guru. Akhirnya nyebur sendiri belajar otodidak, pernah berenang di kolam renang, danau, bahkan sungai. Ga ada guru renang. Tau-tau bisa haha. Tapi ya itu tadi, ga pakai gerakan seperti yang seharusnya perenang.
Gita Siwi mengatakan…
Anak anak mungkin akan lebih cepat kali ya dibanding orang dewasa yang baru belajar. Jadi ingat pernah tanya ke pelatih anakku mba , apakah orang dewasa tetap gampang juga latihan, ya seperti info di atas ya
Bambang Irwanto mengatakan…
Berenang ini salah sattu olahraga yang sangat dianjurkan, Mbak. Dan kalau tidak salah, bagus juga untuk penderita asma. Kalau saya dulu belajar renang memang di pinggir kolam renang dulu. Terus dengan bantuan papan renang plastik itu.
lendyagasshi mengatakan…
Iyaya, akutu lebih takut ada di air ketimbang di udara.
Eh, gimana bisa di udara yaak??
Jadi berasa air tuh temmpat paling gak aman. Bener nih, kudu belajar renang agar ketakutan dengan air bisa teratasi.
Nurul Mutiara R.A mengatakan…
Iya mbak. Kalau kepercayaan diri meningkat, belajar renang jadi semakin oke. Apalagi kalau ada perlengkapan lengkap yang menunjang, makin lancar deh belajarnya hehe
Yonal Regen mengatakan…
Pas banget nih, musim liburan sekolah gini anak-anak minta banyak jalan-jalan, bisa kali ya sekali-kali dibawa berenang dan mengajarkan renang dengan teknik yang benar untuk pemula, biar renangnya ga gaya batu mulu
Triani Retno A mengatakan…
Aku kalau nonton lomba renang, apalagi renang indah, udah melongo aja. Kok bisa sih seluwes itu di air. Kayak Deni Manusia Ikan aja.
Blognya Yuni mengatakan…
Sampe sekarang aku gak pinter renang. Sedari SD belajar sama guru olahraga, belum bisa gaya apapun. Bisanya cuma meluncur aja, haha..
Padahal pingin banget bisa bergaya, favorit saya gaya dada, senang gitu lihat orang rebahan di atas air. Yang kecipakan cuma kaki. Tapi aku gak bisa nirunya
Goresan hati mengatakan…
Belajar renang ini penting juga ya. Teknik yang diajarkan bagus semua untuk kesehatan, seperti mengatur napas, teknik berenang dll. Adikku pelatih renang jadi sedikit tahulah bagaimana berenang. Meskipun aku sendiri gak bisa renang
Han mengatakan…
Makasih banyak kak tipsnyaa, ini pas bangett liburan kali ini tuh mau ajakin anak berenang hihi dan mau mulai dirutinkan gituuu >.< seneng banget bisa baca tips2nyaa yang lengkap
Didik Purwanto mengatakan…
Sampe umur 30+ blm berani renang. Makanya ga lolos tes saat mau tes masuk diving. Soalnya syarat pertama ya hrs bs renang sih.

Wkt tes, aku lgsg trauma saat masuk kolam krn ada bagian kolam yg dlm bgt. Aku ada phobia soalnya.
Didik Purwanto mengatakan…
Sampe umur 30+ blm berani renang. Makanya ga lolos tes saat mau tes masuk diving. Soalnya syarat pertama ya hrs bs renang sih.

Wkt tes, aku lgsg trauma saat masuk kolam krn ada bagian kolam yg dlm bgt. Aku ada phobia soalnya.
ANGGITA RAMANI mengatakan…
Jadi ingat saya dulu punya trauma sama kolam renang. Akhirnya sekarang harus mulai lagi dari awal untuk kenalan dengan air hihi
lendyagasshi mengatakan…
Renang sebagai sunnah Rosul yang harus dipelajari, sehingga perlu banget mempelajari teknik dasar dan menekuni dengan cara berlatih bersama profesional agar minimal bisa laju... hihi.. aku kayanya bisa sii.. hanya gak lama durasinya.
Rey - reyneraea.com mengatakan…
Udah dari lama pengen ajak anak-anak les renang, sampai akhirnya pandemi, trus ga jadi. Setelah pandemi pun entar-entar mulu rasanya.
Padahal renang itu penting ya, biar anak-anak saya nggak kayak maknya yang ga bisa renang :D
Shinta Shyntako mengatakan…
saya jujurly masih gak bisa loh teknik mengapung or mengambang di air huhuhu, pengen sih les renang gitu kayanya, ga pernah ada telat buat belajar kan hihihi
Mechta mengatakan…
Aku masih blm bisa berenang nih . Sempat belajar lagi beberapa waktu lalu, tapi karena merasa tak banyak kemajuan lalu stop belajarnya. Padahal tahu banget bahwa berenang sangat baik utk tubuh kita. Membaca tulisan ini, jadi semangat mau mencoba lagi nih .. Terimakasih sharing pengalamannya ya...
Indah Nuria Savitri mengatakan…
Aku belajar berenang dari SD mba, di kolam renang dengan pelatihan dan sering ke laut juga. Jadi memang cinta banget sama air. Hal yang sama aku tukar kan ke anak - anak. Mereka juga senang berenang Alhamdulillah. Thanks untuk tipsnya ya
Lita Chan Lai mengatakan…
Pertama kali belajar renang yg aku lakukan adalah jangan takut air dan belajar ngambang dulu sama guruku. Setelah bisa belajar bernafas lanjut dengan gerakannya. Masing2 metodenya beda2 ya. Makasi tipsnya. Semoga bermamfaat buat yg baru belajar renang
Monica Anggen mengatakan…
Karena di depan rumahku sungai, dari kecil aku udah bisa berenang. Otodidak tapi. Pas sudah agak besar, baru belajar renang, dan yang paling susah itu memang gaya kupu-kupu. Berat banget itu angkat badan dengan dua tangan di air... hehehe
lendyagasshi mengatakan…
Berenang yang bagus untuk kesehatan ini bisa dipelajari dengan sungguh-sungguh dan dilakukan dengan rutin, bikin badan langsing, bagus untuk Kesehatan Jantung dan Paru-paru serta Mengendalikan Stres.
Fera Marentika mengatakan…
kalau kita tau tekniknya, semua bisa jauh lebih mudah yaa.. renang juga bagus untuk terapi, misalnya untuk terapi anak yang alergi dan orang tua yang terkena HNP. udah lama ga renang aku xD biasanya cuma dampingin anak aja main air ^^
Nabilla DP mengatakan…
sebenernya hal2 dasar ini bisa dipelajari sendiri yaa tapi emang lebih enak kalau ada pelatihya agar kita ga salah gerakan dan bisa dengan enak ambil nafas
Eka Rahmawati mengatakan…
Ya ampun bisa berenang tuh jadi salah satu wishlistku mbak. Jujur aku nggak bisa sama sekali berenang dan pas kecil juga nggak dajarin orang tua hehe. Tapi aku juga termasuk yang nggak punya keinginan gede sih buat bisa jadi ya gitu deh. Sekarang udah gede gini jadi nyesel dulu nggak coba minta les berenang aja hehe
Retroline Corner mengatakan…
Paling cepet emang belajar ngambang dulu..kalo udah bisa ngambang dan latihan pernafasan mau pake gaya apa aja jadi gsmpang..tinggal nyesuaiin aja..menurut pengalaman sih..
Tukang Jalan Jajan mengatakan…
Sebagai anak Kalimantan yang rumahnya deket sungai, dulunya belajar renang tinggal nyemplung nyemplung aja ama temen. Kok dulu berani banget ya. padahal resikonya luar biasa
Yanti Ani mengatakan…
Kalau aku kemarin belajar berenang dari keluarga nih, hasilnya udah mulai bisa hihi semoga nanti makin lancar berenang karena berenang penting bangetkan? Yang paling penting dari berenang tuh atur nafas.
Stafana Charis mengatakan…
Belum bisa renang sampe sekarang. Kemarin sempat tenggelam, makin takut.. Tapi semoga suatu saat aku bisa
Deeva Collection mengatakan…
Renangnya belum berani di laut lepas, di kolam renang aja beraninya jarak pendek. Dulu waktu sekolah pernah tenggelam,tapi akhirnya bisa belajar, ala kadarnya. Pokk bisa renang, itu pun hanya pake satu gaya
Lintang mengatakan…
Aku belajar renang malah diajarin suamiku hahaha. Tapi emang harus pantang menyerah, dan rajin latihan juga. Ini sekarang lagi ngeles-in anak-anak biar bisa renang juga. Soalnya renang emang skill dasar yang wajib dikuasai semua orang.
Luluk Sobari mengatakan…
Kadi ingat pas pertamakali belajar renang. Awalnya takut-takut dan cuma berani main di pinggiran kolam saja. Sampai akhirnya curi-curi dengar pelatih renang yang lagi ngajarin anak SMP renang sampai akhirnha saya bisa berenang, tapi cuma gaya dada saja. Soalnya si pelatih cuma ngajari gaya dada waktu itu. Hehehe... tapi emang bener sih ya. Belajar kalau ada tutornya bisa lenih cepat tahu dan terarah. Termasuk belajar renang.
Han mengatakan…
Pas banget yaak, renang ini jadi kegiatan kesukaan anak dan suamiku hihi.. aku sendiri ngga bisa renang wakakaka.. jadilaah ini aku bersyukur baca artikel ini pas liburan, bisa jadi kegiatan buat anak dan suami pas liburan akhir pekan ini
Sarah Jalan mengatakan…
Dari kecil aku sudah bisa renang, belajarnya otodidak berani aja loncat dari jembatan kesungai, saat itu pelampungnya masih kelapa kering..cuma skrng udah mulai cepat capek kalo renang, nafas dah tak kuat.
Purwanto mengatakan…
Nggak bisa renang adalah satu hal yang saya sesali. Padahal dulu rumah saya dekat sungai kecil dan sungai besar. Lumayan sering main di sungai tapi nggak bisa renang juga.
Adi Pradana mengatakan…
Secara keseluruhan, artikel ini adalah sumber informasi yang berharga bagi siapa pun yang ingin mempelajari teknik dasar renang dengan benar. Dengan mengikuti panduan ini, para pemula dapat meningkatkan keterampilan renang dengan lebih cepat dan efektif, serta merasakan manfaat kebugaran dan kepercayaan diri yang ditawarkan oleh olahraga renang. joss!

btw, saya sudah follow blognya. terimakasih.

best regard,
adipraa
sarrahgita mengatakan…
Berenang itu memang banyak sekali manfaatnya ya. Mulai dari untuk kesehatan fisik hingga bisa membantu penyakit sulit tidur (insomnia).
Naufal Al Rafsanjani mengatakan…
Entah mengapa, berenang adalah kegiatan yang sulit untuk saya pelajari. Maka dari itu ketika sekolah mengadakan praktik berenang, pasti saya akan mencoba mencari alasan supaya tidak ikut hehe. Alangkah lebih baik artikel ini disertai video, supaya lebih komprehensif :)
Nita mengatakan…
Renang memang olahraga yg menyenangkan dan mengasyikkan. Perlu banget mempelajari teknik2 nya biar bisa menikmati keseruan berenang. Sayangnya saua orang yg agak takut sama air, jadi keselek air aja lngsung nyerah, hehe. Semoga next punya keberanjan. Artikelnya sangat bermanfaat.
Bai Ruindra mengatakan…
Belajar renang memang nggak mudah tetapi harus bisa karena aktivitas renang adalah olahraga yang banyak gerak
Dita Indrihapsari mengatakan…
Terima kasih untuk tips-tipsnya ya kak. Aku sebenernya bisa berennag dikit-dikit, tapi memang masih suka bingung buat atur napas. Sama suka panikan euy kalau di kolam yang dalam. Nah, sekarang anakku yang mulai belajar berenang juga.. Semoga bisa lancar berenangnya.. :D
Ulfah Aulia mengatakan…
Setuju nihh, berenang tentunya butuh kepercayaan diri dan konsentrasi penuh bagi pemula atau pun sudah profesional.. Banyak teknik dan cara yang dapat dilakukan ya Kak tentunya gak mudah, namun semuanya butuh latihan..
Hastin Pratiwi mengatakan…
Aku gak tahu kenapa sampai sekarang gak bisa renang, padahal dari kecil sering main air. Orang tua juga pinter renang semuanya. Karena gak dilatih kali, ya? Padahal memang bagus untuk penderita asma kayak aku gini.
Puspita Wulandari mengatakan…
Wah mksh mb sharingnya , jujurly aku dulu sampe skr belum bisa renang yang lancar banget, malah baru kerja aku belajar renang wkwk pdhal seru banget kl bisa Renang hehe
Eka FL mengatakan…
saya belajar renang waktu SD, diajarin guru olahraga karena emang waktu itu rutin renang sebulan sekali dari sekolah. sekarang kalau mau belajar renang terutama untuk anak yang masih pemula, auto les. kadang saya ajarin juga kalau lagi main ke kolam renang atau waterboom. tapi ujungnya malah main air, hihihi
April Fatmasari mengatakan…
Masih punya ketakutan untuk mengambang. Tapi pingin juga latihan lagi yang betul-betul, karena manfaat berenang banyak sekali. Apalagi jadi salah satu olahraga yang dianjurkan kalau dalam Islam. Makasih tipsnya, Kak
Jastitah mengatakan…
Dulu pas kecil diajarin renang sama Ayah. Kayanya rutin, sebulan sekali deh. Alhamdulillah sedikitnya bisa renang sekarang :D semoga bisa ngajarin ke anak juga nantinya
Jastitah mengatakan…
Dulu pas kecil diajarin renang sama Ayah. Alhamdulillah sedikitnya bisa renang :D semoga bisa ngajarin itu juga nanti ke anak. Thanks ka sudah sharing
Shalikah mengatakan…
Berenang memang skill atau keahlian yang harus dimiliki setiap orang sepertinya ya. Setidaknya ketika bertemu dengan air, kita bisa mengapung dengan tenang. Meluncur bisa jadi salah satu dasar belajar berenang yang paling simpel.
Firmansyah mengatakan…
Saya termasuk yang tidak pandai berenang nih. Wkwkwk.
Tipsnya bisa lah saya terapin pas nanti mau coba-coba praktek berenang. Walaupun udah ketuaan buat belajar ya. Hahahaha. Thanks for the info, Mbak.
Ainun mengatakan…
aku dulu belajar renang dari SMA, tapi aku merasa nggak jago renang
Terus kuliah pengen les renang lagi, tapi biaya les waktu itu untuk anak kuliahan termasuk mahal juga
sekarang pengen memperdalam ilmu diving juga
dulu awal belajar renang kayak susah gitu, padahal kalau sering latihan akan terbiasa
YWidya mengatakan…
dari dulu sampai sekarang kemampuan renang aku nggak ada kemajuan kak hehe, meluncur terus. Mungkin karena masih ada rasa takut bakal tenggelam jadinya belajarnya ga optimal
Yayan Abdhi mengatakan…
Terimakasih atas tipsnya. Bisa jadi referensi buat ngajarin anak2 berenang.
Fitri | Matchadreamy.com mengatakan…
Jadi inget aku udh lama gak berenang mbak, hehe. Dulu aku termasuk yg diajarin sm temen mbak. Tapi cuma bs tempuh jarak2 meter doang hihi. Bermanfaat bgt ini artikelnya bwt yg mau belajar renang.
Jiah Al Jafara mengatakan…
Makasih tipsnya. Beberapa waktu lalu aku kepikiran buat belajar renang, cuma belum ketemu partnetnya. Belajar pernapasan dulu kali ya soalnya ini kan penting juga
Garis Senja Dinda mengatakan…
Di antara semua gaya, hanya gaya katak saja yang bisa. Tantangan dari berenang ini kalau kataku itu, lebih ke cari sela untuk ambil nafas. Setidaknya itu kata guru penjaskes dulu. Dan emang bener, tiap orang punya daya tahan nafas yang berbeda. Ada yang daya tahan nafasnya panjang dan yang nggak panjang. ❤️❤️
bu guru mengatakan…
Dari kapan tahuun pengen belajar renang, sampe umur dewasa gini belum bisa renang kak. Emang takut sama air jd trauma sendiri kak
Pipit ZL ceritaoryza.com mengatakan…
Wah tipsnya boleh nih nanti dipraktekkan sama anak saya, dia gak bisa2 tuh berenang.
Fandhy Achmad R mengatakan…
Dulu sewaktu kecil saya diajari cara berenang di sungai, dan diberi tahu bahwa sebelum berenang terpenting itu bisa terapung terlebih dahulu, dan belajar secara perlahan, mengimbangi kemampuan diri dalam berenang dan mengatur nafas secara perlahan, terpenting berlatih renang dengan senang gembira
Fandhy Achmad R mengatakan…
setelah mengetahui tips-tips berenang, maka bisa langsung praktek berlatih renang di kolam renang
kataresi mengatakan…
Renang masih jadi salah satu olahrga favoritku kak alhamdulilah seneng banget kalo lit air akutu. Belajar renang dari sd pas pelajaran olahraga.