Langsung ke konten utama

Review Korean Movie Midnight (2021)

Review Korean movie Midnight (2021) ini membuat saya terkejut karena ternyata ada si karakter Baek Yoon-Young (Jin Ki-Joo) di drakor My Perfect Stranger dan si Hwang Jun-Ho (Wi Ha-Joon) nya Squid Game. Iyes kedua cast utama tersebut beradu akting di film Korea yang rilis pada tanggal 30 Juni 2021 ini. Cuss langsung kita ke ulasan film Midnight atau Mideunaiteu ini.

review korean movie midnight 2021

Sinopsis Korean Movie Midnight

Pada suatu malam, seorang gadis tuna rungu, Kyung Mi (Jin Ki-Joo) baru saja pulang dari pekerjaannya sebagai customer service khusus berbahasa isyarat. Setelah memarkirkan kendaraannya di tempat parkir dan hendak bertemu dengan ibundanya yang sudah menunggu di ujung jalan, Kyung Mi menemukan sebuah sepatu wanita dan suara yang mencurigakan.

Tak dinyana ia melihat So-Jung (Kim Hye-Yoon) di dalam sebuah mobil yang telah bersimbah darah. So-Jung berhasil bersembunyi, tetapi Kyung Mi harus lekas berlari cepat, karena Do-Sik (Wi Ha-Joon) si psikopat yang melihat hal tersebut dari kejauhan, langsung memburunya.

Review Korean Movie Midnight
adegan So-Jung minta tolong ke Kyung-Mi (Sumber: IMDb)

Kyung Mi sementara berhasil lolos dari kejaran Do-Sik. Ia bergegas mendekati ibunya dan menyalakan lampu darurat yang terhubung langsung dengan petugas polisi patrol. Dalam keadaan tersebut, Do-Sik pun mengganti pakaiannya yang lebih rapi, mendekati ibu dan anak itu lalu berpura-pura sebagai kakaknya So-Jung. Di saat yang bersamaan petugas patroli datang dan mereka pun ke kantor polisi agar Kyung Mi bisa menyampaikan kesaksiannya karena mengetahui keberadaan So-Jung.

Baca Juga: Episode 1071 One Piece

Konyolnya, di kantor polisi itu, Jong-Tae (Park Hoon) kakak kandung So-Jung yang asli tiba melaporkan keberadaan adiknya yang sudah larut malam itu belum juga kembali. Ibunda Kyung Mi yang punya firasat bahwa Jong-Tae lah kakak kandung asli So-Jung setelah melihat isi tas si Do-Sik itu berisi kapak, dan senjata tajam lainnya.

Review Korean Movie Midnight film thriller
adegan Do-Sik memperlihatkan isi tasnya ke ibundanya Kyung-Mi (Sumber: IMDb)

Suasana malam yang makin mencekam dan kondisi para petugas patroli tidak di dalam ruangan, membuat Do-Sik tak sabaran, hingga akhirnya ia pun menyerang Jong-Tae. Ibu dan anak itu berlari keluar memberi tahu ke petugas. Eh petugasnya bukan memihak Jong-Tae, malah si Do-Sik yang dibebaskan dan Jong-Tae yang diborgol.

Cepet-cepet ibu dan anak itu kabur buat balik ke rumahnya. Mereka tidak tahu bahwa di sisi lain, si Do-Sik sudah memantau di mana Kyung Mi tinggal. Bagaimana cara Kyung-Mi biar bebas dari Do-Sik? Dan berhasilkah Jong-Tae bisa bertemu kembali dengan So-Jung?

Baca Juga: Review Film Iran Sun Children

Ending Mengesankan dari Film Midnight, tetapi..

Sebelum membicarakan ending-nya, ada hal yang membagongkan sih, yaitu pas suasana di kantor petugas patrol, kok ya sepi banget? Petugasnya itu hanya 2 saja yang berjaga. Bukannya kantor patroli itu bisa lebih banyakan lagi ya jumlahnya, apalagi pas malam gitu? Entahlah.. menurut kamu gimana?

Ada yang saya suka di sini adalah teknologi yang digunakan di mobil dan rumah Kyung Mi. Terlahir sebagai gadis tuna rungu dan ibundanya yang juga tuna rungu (kehilangan kemampuan mendengar), membuat mereka mengandalkan teknologi sebagai upaya menjaga diri. Misalnya, ketika si Do-Sik datang ke rumah Kyung-Mi langsung deh alat detektornya kedap-kedip pertanda ada seseorang yang datang.

Untuk kualitas akting para cast-nya udah gak diragukan lagi. Sebagaimana yang saya ungkap di paragraf awal di mana 2 tokoh utamanya ada di drakor ternama. Selain itu juga Kim Hye-Yoon yang berperan sebagai So-Jung, adalah si gadis hebat pengendara bulldozer di film The Girl on a Bulldozer.

Nah buat ending-nya terbilang mengesankan. Kyung Mi tidak hanya bisa mengalahkan si psikopat Do-Sik melalui senjata saja, tetapi juga cerdas dengan perhitungan yang cakap. Ia mengarahkan Do-Sik ke tengah kota alias dalam keramaian… dan, dan ya, nonton saja sendiri ending film berdurasi 103 menit ini hehe.

Review Korean Movie Midnight film thriller
Poster film Midnight (2021) - sumber: IMDb

Kalau diberi rating untuk film bergenre thriller yang disutradarai sekaligus penulis naskah Kwon Oh-Seung ini, hmm bisa untuk 4/5. Suasana mencekamnya, deg-degan dan kesalnya dapat karena banyak adegan berlari dan setting waktu larut malam sehingga kudu diselesaikan di malam itu juga.

Baca Juga: Review Film American Girl

Jadi, selalulah berhati-hati di mana pun berada dan jangan lupa berdoa. Sebisa mungkin terus terhubung dengan keluarga di rumah. Apalagi buat kamu yang kerap pulang malam, kewaspadaan diharuskan. Semoga kita semua selalu dalam lindungan aamiin. 

Komentar

Nurul Mutiara R.A mengatakan…
Gregetan aku pas nonton ini tuh. Kan si cewek gak bisa bicara jadi ketika dikejar-kejat sama si penjahat rasanya ikutan pengen lari wkwkkw
Putu Felisia mengatakan…
Filmnya terkesan dark, ya. Saya biasanya kurang suka kalau film Korea mainin sisi gelap manusia. Hasilnya bikin parno :(
Okti Li mengatakan…
Saya juga sudah nonton film midnight ini. Kirain awal awal sang tokoh bukan difabel. Seru emang cukup menegangkan
Bambang Irwanto mengatakan…
Berbagai pertanyaan yang hadir, membuat semakin penasaran ingin menonton film ini, Mbak. Salah satunya, apa alasannya sampai Do-Sik menganiaya So-Jung. Terus petugas patroli itu, maunya mendengar saksi ibu Kyung-Mi kalau di dalam tas Do-Sik ada kapak?
Paetugas ronda saja lebih dari 2 orang, masa patroli cuma 2 orang hehehe.
Haryadi Yansyah mengatakan…
Sempet kecele tadi. Kukira ini film yang sama yang aktornya menang Baeksang, eh ternyata itu judulnya The Night Owl. Yang Midnight ini baca ulasannya khas film-film thriller Korea. Butuh waktu khusus buat nonton. Kudu pas moodnya haha.
deamerina mengatakan…
Weeehhh, yang main Wi Ha-joon!! Wajib ntn sih ini haha tp udh ntn blm yaa aku. Agak lupa soalnya judulnya kayak familiar
HendraDigital mengatakan…
Pasti bakalan seru nih kalo ada dua aktor populer yang beradu akting dalam satu film yang sama. Ya sudah seharusnya jumlah personel di kantor petugas patrol diperbanyak ya. Entahlah Mba, mungkin cuma dalam film aja. Aslinya kan pasti banyak orang, selain petugas, pasti ada juga orang lainnya misalnya aja tukang parkir, tukang gorengan depan gedung, warung rokok dan tukang ojek, hahahaha...

Film Midnight ini termasuk genre favorit saya nih, thriller. Apalagi kalo plot twistnya susah ditebak, hemmmm keren banget sih film kayak gini....
Yonal Regen mengatakan…
Saya juga sudah nonton film midnight ini. Suka banget dengan alurnya dan bikin deg-degan hampir di sepanjang cerita. Sempet hopeless dengan endingnya, ternyata happy juga
ANGGITA RAMANI mengatakan…
Jadi penasaran sama nasib Kyung Mi, Ibunya, sama kakak beradik itu deh. Kok ngeri ya kalo sudah berurusan sama psikopat
Jalan-Jalan KeNai mengatakan…
Baca paragraf terakhirnya jadi langsung mikir kalau nonton film ini bakal bikin parno atau enggak hihihi. Cerita ttg psikopat memang suka seru dan bikin deg-degan.
Didik Purwanto mengatakan…
Wi ha joon emang cakep dan cocok bgt buat peranin sosok antagonis. Aku berharap dia jd bintang tp yg antagonis. Akan berasa seru aja gt. Yg jd antagonisnya malah yg cakep2 wkwkw.

Penasaran nih nonton filmnya. Apalagi ini film, bkn series. Jd 2 jam an kelar deh. Cusss ah tengok ke Loklok ada ga ya? Hehe
Shinta Shyntako mengatakan…
pas liat poster dan trailernya, emang udh feeling kalo yang satu ini tuh bakalah menarik untuk ditonton, apalagi abis baca reviewnya ini, makin yakin mantap deh buat nonton weekend ini
lendyagasshi mengatakan…
Aku nonton film Midnight ini juga karena mas Wi Ha Joon.
Aku yakin banget ni wajah-wajah kayak mas Wi ini cocok buat karakter antagonis. Dan bener iih.. sumpah serem banget. Aku merinding liat dia keukeuh pen nyelakain Jin Ki Joo yang disabilitas.

Memang endingnya menurutku masih so so sih ya..
Artinya gak banyak plot twist yang diberikan. Tapi oke lah.. sebagai fans genre thriller, aku suka tiap ketegangan yang ditampilkan.
Penasaran nontonnya
Apalagi pemainnya lumayan ganteng hehe
Cuss ah nyari channel yang nayangin
www.kisahsejati.com mengatakan…
Film yang mengesankan ya Fen.Apalagi tokohnya sama-sama keterbatasan sebagai tuna rungu.Cukup menegangkan,film dengan tokoh psikopat memang selalu membuat penasaran ya.

Salam:Dennise Sihombing
Retno Septyorini mengatakan…
Pertama kali lihat film ini tuh rasanya ikutan dag dig dug banget. Ditambah sepanjang film kita dibuat kesel banget sama pemeran utama cowok yg psikopat itu. Yang aku suķa dari film ini tuh endingnya tipe yang memuaskan dahaga kekesalan penonton. Habis liat kayak auto bilang: "Sukurin, lo"! Wkwkwk.
Adi mengatakan…
Udah perna liat ini dan asli menegangkan banget. Salut sih sama penulis skrip dan sutradaranya. Asli top banget!
Emma Malika mengatakan…
Asli ini mah review-nya bikin penasaran jadi mau jadwalin nonton ini deh nanti klo drakor yang kutonton sudah habis lanjut nonton ini aahh
Maria G Soemitro mengatakan…
Wah Wi Ha-Joon jadi psikopat?

Tapi saya suka aktor/aktris yang mau mengeksplorasi akting, gak selalu peran protagonis

Dan Wi Ha-Joon emang aktor serba bisa

Ups termasuk Jin Ki-Joo, dalam drama "Misty" dia berperan antagonis
Annie Nugraha mengatakan…
Salah satu film suspense thriller Korea yang saya suka. Ketegangannya instense dan bikin penonton gemas plus benci maksimal pada si pelaku. Penonton jadi sering berdebar-debar apalagi dua korban yang diincar ini tuna rungu. Gak bisa teriak dan hanya bisa berlari sekuat mungkin dan mencari persembunyian yang aman.
Aprillia Ekasari mengatakan…
Wah emanrik kyknya fkilmnya nih,Aku kalau thriller2 gin sukanya film aja drpd drama malah penasaran ma pelaku dan edningnya haha.
Dari film ini jd tahu kalau di Korea buat alat pendukung disabilitas tu lumayan udah canggih dan sangat emmbantu disabilitas menjalani hari2 jg yaa.
nurul rahma mengatakan…
wah menarik nih. mumpung ada momen liburan sekolah keknya seruuu buat nonton
bs jadi quality time
Okti Li mengatakan…
Meski udah nonton tapi emang gak bosen ya kalau genre sama jalan ceritanya kita suka. Saya udah lebih tiga kali nonton midnight ini. Hehehe
Dee_Arif mengatakan…
Wah bagus nih filmnya
Pas ditonton saat weekend nih
Ceritanya seru juga
Ida Wahyuni mengatakan…
Makasih kak udah memberikan ulasan tentang film Korea "Midnight". Bisa jadi next film nih... hehehe
lendyagasshi mengatakan…
Biasanya polisi jaga di pos pas malem bukannya memang sedikit ya, kak Fen?
Keknya pas nonton Filmnya Kang Ha-neul "Forgotten" juga petugas jaga malem sepiii banget. Mungkin juga terbagi ama yang kudu patroli jalan keliling ya..
Baca sinopsisnya aja udah serem. Suka takut nonton film thiller Korea. Kebayang2 sama alurnya yang nyeremin, bisa kebawa mimpi 🤭

Tapi kok penasaran ya, gara-gara dibilang endingnya bagus? Duh galau wkwk
Shinta Shyntako mengatakan…
ini aku sempat nonton cuplikannya nih berseliweran di fyp media sosialku, kayanya boleh bgt nih ya ditonton, menegangkan gimana gituuuuu