7 Cara Mudah Belajar Bisnis untuk Pelajar dan Mahasiswa

cara belajar bisnis dengan mudah dan cepat untuk pemula

Cara mudah belajar bisnis untuk pelajar dan mahasiswa bisa diterapkan, mengingat masa kini kita bisa mengandalkan teknologi digital untuk memudahkannya. Dengan begitu baik pelajar maupun mahasiswa yang ingin berbisnis selepas lulus pendidikan, bisa terjun langsung untuk memulainya. Berikut, trik belajar berbisnis yang bisa dilakukan, yaitu:

1. Kelola Jadwal Kegiatan dengan Bijak

Pastikan untuk mengelola jadwal kegiatan berbisnis dengan baik. Atur waktu yang tepat kapan ketika akan memantau bisnis yang dijalankan dan kapan saat belajar di sekolah/kampus. Dengan begitu tidak mengganggu waktu studi, karena sudah terorganisir dengan baik.

2. Fokus pada Satu Bidang Bisnis

Fokuskan diri ingin berbisnis bidang apa, contohnya ingin bidang kuliner, bengkel, usaha salon, bisnis laundry rumahan, kafe, dan sebagainya. Sebab saat memilih satu fokus bidang, maka akan lebih mudah untuk dijalani sampai benar-benar mantap. Baru kemudian jika ingin merambah bisnis lain, maka sudah punya strategi jitunya.

3. Baca Buku terkait Bisnis

Banyak buku bacaan terkait bisnis yang bisa dijadikan sebagai referensi, beberapa diantaranya seperti Magic of Thinking Big karya David Schwartz, The 4-Hour Workweek karya Timothy Ferriss, dan What Great Brands Do karya Denise Lee Yohn. Dari baca buku terkait bisnis, khususnya yang sedang digeluti, bisa sebagai khasanah dalam memulai bisnis kedepannya.

cara belajar bisnis dengan mudah dan cepat untuk pelajar
ilustrasi dari Pixabay (089photoshootings)

4. Dengarkan Kisah dari Pebisnis

Belajar untuk memulai bisnis dapat pula melalui mendengarkan kisah. Baik dari pebisnis yang omsetnya masih kecil maupun sudah besar, sebab pastinya banyak hal yang bisa dijadikan pembelajaran, karena dalam berbisnis pasti ada jalan terjalnya.

5. Ikut Kursus Bisnis

Ikut kursus bisnis bisa menambah tak hanya pengetahuan saja, tetapi juga skill. Di sini, bisa diikuti kursus yang berbayar maupun yang gratis. Serta dapat pula mengikutinya secara online maupun offline.

6. Update Perkembangan Bisnis melalui Media Massa

Jangan lupa untuk mengikuti perkembangan bisnis update di media massa yang terpercaya. Bisa memasang bookmark, website bisnis mana saja yang dijadikan pilihan, sehingga akan cepat mendapatkan notifikasi saat ada berita terbaru. 

7. Belajar dari Games

Games tidak hanya sekadar melepas rasa penat dan hiburan saja, tetapi juga bisa menjadi cara belajar bisnis seperti yang bisa dilakukan melalui Mortgage Calculator – Money Games. Di sini, kita tidak perlu menginstall permainan, karena cukup dengan mengunjungi laman web Mortgage Calculator – Money Games tersedia banyak jenis games bisnis yang akan menambah khasanah kita.

Saya pun menjelajah untuk menjajal ragam games bisnis di sini, tersedia games tentang coding, bitcoin, toko bunga, perhiasan, konstruksi, dunia kerja (corporate), memilah sampah plastik, bertani, saham, NFT, kripto, penambang, belajar tentang kecepatan angin, belajar tentang dunia startup, kafe / tempat makan, dan forestry game. Dan, 3 games berikut yang membuat saya berulang memainkannya, yaitu:

cara main games mortgage grocery cashier

Grocery Cashier

Pada bisnis yang dijalankan, tentunya ada yang bertugas menjalankan transaksi keuangan atau kasir. Kamu bisa belajar memulainya di games Grocery Cashier. Pada permainan ini, dibutuhkan kemampuan berhitung penjumlahan dan pengurangan serta mengenal uang dengan mengoperasikan mesin kasir virtual.

Tantangannya di Grocery Cashier, terdapat level permainan yang berbeda menyesuaikan dengan pelanggan yang datang. Jika lama berhitung sedangkan jumlah barang banyak dan waktu terbatas, maka bersiaplah untuk memulai lagi di sesi awal. Di sini, dibutuhkan kecepatan dan ketepatan menghitung setiap barang dengan benar.

cara main games mortgage penguin cafe

Penguin Cafe

Ingin berbisnis kafe? Bisa mencoba games Penguin Cafe ini. Games ini tentang simulasi suasana kafe di mana kita sebagai penguin yang melayani semua orang. Caranya dengan mengantar pelanggan dengan cepat ke tempat duduknya, lalu ambil pesanan, antar makanan, kumpulkan pembayaran, dan bersihkan meja.

Setiap hari ada target penghasilan baru, dan serunya jumlah mejanya itu terus bertambah. Dengan total games ada 25 level yang menantang, meski lagi-lagi buat menyelesaikan tantangannya sangat seru, karena ada tenggat waktu. Nah asiknya, bisa upgrade dapur, dan upgrade sepatu roda yang dikenakan, biar lebih cepat.

cara main games mortgage open restaurant

Open Restaurant

Apakah bisnis yang kamu ingin adalah membuka restoran? Maka bisa menguliknya di games Open Restaurant ini. Tantangannya adalah, kita harus capai target pendapatan harian untuk restoran dengan batasan waktu 60 detik saja. Di sini kita bertindak sebagai kepala pelayan (atau Maître d'hôtel). Selain itu juga harus merangkap untuk mengantar tamu di mana posisi duduknya (untuk 1, 2 atau 4 orang), menerima order mereka, menyajikan makanan untuk mereka, memberi mereka tagihan & membersihkan meja untuk tamu berikutnya.

Pendapatan yang didapatkan, nantinya terus diakumulasikan untuk hari berikutnya. Lalu ketika sudah 7 hari membuka restoran, tingkat kesulitan games ini meningkat secara signifikan. Sangat seru bermain ini karena berpacu dengan waktu. Dan saya belum bisa memecahkan poin 4000 ini, hehe. Pelajaran bisnis yang didapatkan dari games Open Restoran ini adalah, bagaimana teknis membuka restoran dan pelayanan yang cepat, bersih, dan tepat serta menjalankan tugas sesuai prosedur.

cara mudah dan cepat belajar bisnis untuk mahasiswa
ilustrasi dari Pixabay (StartupStockPhotos)

Sayangnya di sini belum ada games tentang bengkel motor, SPBU, salon, dan bisnis laundry. Semoga kedepannya bisa ditambahkan dengan games tersebut, sehingga makin banyak lagi games bisnis yang menyenangkan sebagai referensi untuk memulai bisnisDari 7 tips mudah belajar bisnis untuk pelajar dan mahasiswa, semoga memberikan wawasan baru, untuk kamu yang ingin menjadi entrepreneur. Sudah siap, bukan?

38 komentar

Komen Blog fennibungsu.com
Rey - reyneraea.com mengatakan…
Saya suka yang grocery cashier itu, jadi merasakan gimana jadi kasir, harus cepat menghitung uang hahaha.
Games di mortgage itu menarik semua, jadi andalan banget buat mengisi waktu atau pas buat me time mamak-mamak yang memang suka ngegame ini hehehe
Komen Blog fennibungsu.com
Retno Kusumawardani mengatakan…
Aku juga mencoba beberapa game dari web ini, kakau ga salah coffeshop. Ternyata banyak faktor yang harus dioerhitingkan untuk membuat satu minuman kopi ya.. Menarik sih web ini kalau dikenalkan kepada anak anak atau remaja, biar belajar bisnis dengan cara yang menyenangkan...
Komen Blog fennibungsu.com
Emma Malika mengatakan…
Belajar bisnis dari game, tanpa disadari main game sudah belajar bisnis ya dik, jadi pengen main games terus nih😃
Komen Blog fennibungsu.com
Suci mengatakan…
Waah noted, nih.
Fokus pada satu bidang bisnis.
Selama ini suka sok multitalent ngelola beberapa bisnis, yang ada mandek semua
harus fokus sih yaa..
Thx shraringnya, mbak
Komen Blog fennibungsu.com
nurul rahma mengatakan…
seruuuu bgt pilihan games bisnisnyaaa

ini jg bs bantu ortu kenalkan uang pd anak ya

supaya financial literate
Komen Blog fennibungsu.com
www.kisahsejati.com mengatakan…
Kalau masih muda saja kita sudah belajar bisnis ke depannya bisa lebih sukses ya Fen.Apalagi fokus mempelajari ilmu bisnis.

Salam:Dennise Sihombing
Komen Blog fennibungsu.com
Maria G Soemitro mengatakan…
Wah keren nih ada games bisnis

Emang harus pakai cara yang fun agar mereka tertarik berbisnis

Saya ingat dulu ada tempat penyewaan DVD yang ternyata pemiliknya mahasiswa ITB, keren ya?
Komen Blog fennibungsu.com
Dian Restu Agustina mengatakan…
Wah iya ya, bisa belajar jadi enterpreuneur dari games mortgagecalculator money games ini. Bermain, terhibur sekalian terasah insting bisnis kita. Pilihan gamesnya pun banyak pula
Komen Blog fennibungsu.com
DokterTaura mengatakan…
Zaman now, dunia kerja gak melulu tentang berapa IPK mu, apa judul skripsimu... Tapi yang lebih penting justru pengalaman dan skill di luar akademis. Makanya buat job seeker (khususnya) saran Kak Fenny bisa dipertimbangkan nih buat ikutan kursus bisnis dan manajeman....
Komen Blog fennibungsu.com
Nanik nara mengatakan…
Belajar bisnis bisa dimulai sejak usia muda ya, banyak sarana yang bisa digunakan untuk belajar, bahkan dengan menyenangkan, seperti di money game ini
Komen Blog fennibungsu.com
Farida Pane mengatakan…
Keren sih kalau sejak muda udah semangat belajar bisnis. Apa lagi sekarang ada game yang membantu.
Komen Blog fennibungsu.com
lendyagasshi mengatakan…
Menarik yaa..
Bisnis buat yang kuliahnya gak ada latar belakangnya sama sekali dengan dunia ini, berasa baru dan menantang. Belajar di mortgagecalculator.org bisa jadi menjadi paham alurnya dan bisa modifikasi sesuai dengan bisnis yang dijalankan.
Komen Blog fennibungsu.com
Cindi mengatakan…
Belajar melalui games itu selain menyenangkan juga bisa lebih mudah untuk memahami. Saya juga seperti itu :-D
Komen Blog fennibungsu.com
Talif mengatakan…
Baru tahu kalau ada website seperti ini. Keren juga ya. Mulai dari bermain games, bisa memberikan insight tentang bisnis. Pilihan games nya juga banyak. Entar mampir ah.
Komen Blog fennibungsu.com
Bunda Saladin mengatakan…
Asyikk ya game gak sekedar gamw tapi bisa buat belajar bisnis juga.
Emang bener kalo bisnis sebaiknya dimulai sejak dini, sejak masa kuliah juga gakpapa. Asalkan gak ganggu kuliahnya sih, tetep ingat belajar.
Komen Blog fennibungsu.com
Yuni Bint Saniro mengatakan…
belajar bisnis dari game tentu akan jauh lebih menyenangkan. secara ya. siapa sih yang nggak suka main game? iya nggak sih? mana nggak perlu install aplikasi pula tuh. asyik banget nggak bikin berat HP.
Komen Blog fennibungsu.com
Bambang Irwanto mengatakan…
Zaman sekarang, kesempatan membuka bisnis atau usaha sejak masih pelajar atau mahasiswa semakin terbuka lebar ya, Mbak. Apalagi sekarang digitalisasi. Untuk belajar bisnis plus nanti jualannya bisa lewat online. Dan setuju sekali, harus bisa membagi waktu antara belajar dan bisnis, fokus pada 1 usaha jadi. Tidak tergoda untuk segera sukses dan menghasilkan banyak uang.
Komen Blog fennibungsu.com
Lintang mengatakan…
Emang mengelola bisnis sangat diperlukan buat nambah wang jajan para pelajar dan mahasiswa. Tapi ya harus tahu waktu dengan mengelola jadwal sih, terus fokus pada satu bidang dulu aja biar ngga bingunga. Keren nih bisa main games sambil belajar bisnis lewat Mortgage Calculator.
Komen Blog fennibungsu.com
Dizaz mengatakan…
Sebelum terjun langsung di dunia bisnis, harus pelajari semua strateginya dulu ya, baik dari buku dan media lainnya. Yang paling seru tentunya dengan bermain simulasi bisnis melalui game. Keren. Makasih infonya, kak.
Komen Blog fennibungsu.com
April Hatni mengatakan…
Di Mortgage ini memang banyak pilihan games, jadi nggak gampang bosen deh kalau dah main di sini.
Komen Blog fennibungsu.com
Didik Purwanto mengatakan…
Setuju sih kak. Bisnis emg mslh perhitungan. Kalo kita bs jeli melihat peluang dan bs perhitungan thd sesuatu, kalkulasi keuntungan bs diambil.

Penasaran nih dgn kalkulatornya. Mau buktiin deh kecanggihannya.
Komen Blog fennibungsu.com
Yonal Regen mengatakan…
Sekarang belajar bisnis enak banget karena banyak media yang bisa kita gunakan dan tidak harus selalu dalam bentuk formal, bahkan dalam games pun ada ya pembelajaran bisnis.
Inovasi Mortgage membuat games-games seru yang bisa memberikan pembelajaran di dunia bisnis akan membuat belajar bisnis jadi fun, ya
Komen Blog fennibungsu.com
Deeva Collection mengatakan…
Asik nih, sebelum terjun didunia bisnis beneran bisa sekalian simulasi dengan games. Setidaknya bisa tahu SOP dalam menjalankan sebuah bisnis
Komen Blog fennibungsu.com
deamerina mengatakan…
games nih sering banget ya dipandang sebelah mata. padahal manfaatnya juga banyak kalo waktunya juga nggak berlebihan hehe. selain buat hiburan ngebantu kita untuk lebih fokus
Komen Blog fennibungsu.com
ANGGITA RAMANI mengatakan…
Asyik-asyik ya gamesnya. Nggak dapat serunya bermain games, tapi juga ilmu manajemen keuangan ya
Komen Blog fennibungsu.com
Akarui Cha mengatakan…
Emang seru banget sih kalau belajarnya bisa sambil bermain gini, apalagi kalau games'-nya nggak cuma seru tapi ngasih insight buat belajar berbisnis.
Komen Blog fennibungsu.com
Kyndaerim mengatakan…
Belajar bisnis nggak melulu dari satu titik yah. Yg penting, kita bisa nerapin dengan baik dikehidupan. Aku juga demen nih belajar bisnis dari games khususnya di Money Games. Dan terpaporit sih Open Restaurant. Aslik udah kayak jalanin bisnis beneran, hihihi..
Komen Blog fennibungsu.com
Tukang jalan jajan mengatakan…
Emang perlu banget dipupuk sejak mua kemampuan bisnis. Kudu dilatih biar tahan mental dan kuat ngadepin masa depan
Komen Blog fennibungsu.com
Okti Li mengatakan…
Dunia bisnis tidak akan ada habisnya. Apapun bisa jadi ide bisnis dan berbagai kebutuhan hidup kita pun lahir dari bisnis bisnis kecil sampai skala besar. Belajar bisnis sejak dini dengan banyak faktor penunjang bisa jadi jalan menjadi pebisnis handal memang
Komen Blog fennibungsu.com
Monica Anggen mengatakan…
The 4-Hour Workweek ini aku pernah baca dan bagus isinya. Dan setuju banget tuh kalo pengen berbisnis, mesti pelajari segala sesuatu tentang bisnis dengan baik.
Komen Blog fennibungsu.com
Monica Anggen mengatakan…
The 4-Hour Workweek ini aku pernah baca dan bagus isinya. Dan setuju banget tuh kalo pengen berbisnis, mesti pelajari segala sesuatu tentang bisnis dengan baik.
Komen Blog fennibungsu.com
Shinta Shyntako mengatakan…
aku nih lagi belajar banget soal bisnis, nah belajar tentang keuangan tipis2 ternyata seru juga via games kaya gitu
Komen Blog fennibungsu.com
Goresan hati mengatakan…
Pebinis pemula itu biasanya kurang update dan suka bikin banyan ide bisnis. Aku banget sih ini. Makanya mampang di ide doang. Gak jalan jalan. Memang harus fokus ke satu bisnis dan rajin update. Semua poin di artikel ini memang harus ditandai biar gak luput dipelajari sama si pemula.
Komen Blog fennibungsu.com
Eka FL mengatakan…
Selain keenam poin yang disebutkan, berlajar bisnis dari games sih yang menurutku paling efektiv. karena bisa menerapkan teori dan pengetahuan bisnis yang kita miliki
Komen Blog fennibungsu.com
Eka FL mengatakan…
Selain keenam poin yang disebutkan, berlajar bisnis dari games sih yang menurutku paling efektiv. karena bisa menerapkan teori dan pengetahuan bisnis yang kita miliki
Komen Blog fennibungsu.com
Harus manfaatkan momen selagi belum banyak yang diurus dan pikiran masih jauh dari pikun
Semoga banyak yang berhasil
Komen Blog fennibungsu.com
Nabilla DP mengatakan…
bisnis itu seni juga sih mba.. kudu berani juga eksekusi untuk melakukan tindakan bisnisnya agar bisa belajar dari pengalaman. sukses terus buat bisnis2nya
Komen Blog fennibungsu.com
lendyagasshi mengatakan…
Belajar dari games ini termasuk cara belajar bisnis yang bisa ditekuni.
Karena selain menyenangkan, bermain games di Mortgage menemukan berbagai macam tingkat kesulitan.
Mengenai Saya
Fenni Bungsu
Hi, #SemangatCiee jumpa dengan daku Fenni - si Milenial yang suka menulis tentang hal yang bermanfaat. Untuk bekerjasama bisa melalui email ke: fenni(dot)bungsu(at)gmail(dot)com ��Terima kasih��
Cari Blog Ini
BPN
BPN
BCC
BCC
Logo Komunitas BRT Network
Bplus
Bplus
Bloggerhub
Bloggerhub
KEB
KEB
KSB
KSB