Langsung ke konten utama

Mudahkan Bisnis Laundry dengan Aplikasi Kasir iReap POS

Apa Itu Aplikasi Kasir iReap POS

Sempat terpikirkan untuk punya usaha laundry, sewaktu di rumah ada warung saat saya SMU hingga kuliah lalu. Pasalnya kala itu usaha laundry yang ada merupakan titipan dari pengusaha lain, alias bekerjasama ke warung atau toko kecil. Jadi baju-baju dari pelanggan dikumpulkan di rumah saya. Kemudian petugas laundry per dua hari akan datang berkunjung, untuk mengambil pakaian untuk dicuci atau menyerahkan pakaian yang selesai dicuci dan disetrika.

Waktu kolaborasi dengan warung yang dikelola mendiang mama saya itu, bisa dikatakan lumayan juga pendapatannya. Satu bulan saat itu bisa ratusan ribu. Pelanggannya masih di sekitar kompleks rumah, dan termasuk juga sayanya sendiri, yang suka kepepet kalau seragamnya belum dicuci, heheh. 

Prakiraan Perhitungan Bisnis Usaha Laundry ala Fenni Bungsu

Bila menilik masa sekarang, bisnis laundry masih menjanjikan sebagai usaha rumahan yang bisa dikelola dengan apik. Apalagi faktor cuaca yang tidak bisa diprediksi akan hujan atau tidaknya, menyebabkan orang galau untuk mencuci baju sendiri. Serta kepraktisan tinggal order pakaian untuk dicuci, mau yang versi reguler (2-3 hari) atau instan (dalam hitungan jam selesai), baju yang bersih, rapi, dan wangi pun sudah siap dikenakan.

Dari situ, saya terpikirkan lagi bila ingin memulainya, kira-kira perhitungan modal usaha laundry termasuk biaya operasional yang dibutuhkan itu, kurang lebih seperti ini:

  • Mesin cuci setidaknya 1 unit, kisaran harga Rp 2.500.000
  • Mesin pengering, minimal 1 unit, harga Rp 1.500.000
  • Setrika minimal 2 unit, harga Rp 400.000
  • Spanduk/banner (promosi), harga Rp 300.000
  • Rak untuk pakaian, harga Rp 250.000
  • Biaya listrik (termasuk air) 1 bulan, sekitar Rp 600.000
  • Deterjen dan Pengharum Pakaian (minimal 15kg), sekitar Rp 700.000
  • Bensin motor untuk pengiriman order, Rp 50.000
  • Total keseluruhan: Rp 6.300.000

Total modal tersebut, untuk pengerjaan dilakukan oleh saya dan semisal dibantu oleh saudara saya. Belum nantinya bila ingin merekrut karyawan, tentunya akan bertambah dengan biaya lainnya. Di samping itu, bila bisnis usaha laundry ini mulai berjalan nantinya, saya juga memerlukan pencatatan keuangan yang tepat melalui aplikasi POS. Tujuannya biar laporan perbulannya bisa gampang diketahui tanpa ada yang terlewat.


Modal Bisnis Laundry Cek Aplikasi Kasir Terbaik

Ya aplikasi POS (Point of Sale) atau aplikasi kasir menjadi media yang sangat diperlukan untuk pelaku usaha agar pencatatan transaksi keuangan lebih teratur. Bila semisal stok barang menipis akan cepat diketahui, sehingga bisa sigap restok barang kembali. Serta, user friendly dari aplikasi kasir memudahkan untuk dijalankan bagi pemula, seperti yang dihadirkan oleh iReap POS.

Berkenalan dengan Aplikasi iReap POS

iReap (integrated Retail Application) POS merupakan aplikasi kasir yang dikembangkan dan berada di bawah naungan PT Sterling Tulus Cemerlang. Tidak tersedianya iklan di dalam aplikasi, menjadikan aplikasi kasir ini nyaman untuk dioperasikan tanpa gangguan. Beragam jenis usaha yang dapat dibantu dengan aplikasi POS ini seperti warung makan/kafe, salon, bengkel, ritel warung, fashion, klinik & spa, profesional service, hingga grosir.

Aplikasi Point of Sale Terbaik
sumber: aplikasi iReap POS

Perbedaan iReap POS Lite dengan iReap POS Pro

Bagi pelaku usaha, bisa memanfaatkan aplikasi kasir ini, karena tersedia dua pilihan yaitu iReap POS Lite dan iReap POS Pro, sekaligus saya jabarkan juga apa saja perbedaan keduanya: 

iReap POS Lite

Penggunaan iReap POS Lite ditujukan untuk bisnis mikro, bisnis dengan single toko tanpa user administrator. Di sini tanpa adanya fitur piutang dan penerimaan pembayaran. Untuk penyimpanan data base internal bergabung dengan device yang digunakan termasuk laporan transaksi, tidak disertai fitur export laporan ke PDF/Excel/CSV, dan tanpa fitur laporan konsolidasi banyak toko. Penggunaan iReap POS Lite ini gratis dan bisa dioperasikan secara offline.

Baca Juga: Jika Target Tidak Tercapai, Lalu Bagaimana?

iReap POS Pro

Sedangkan iReap POS Pro dapat membantu bagi bisnis kecil hingga menengah, maupun bisnis dengan multiple toko dilengkapi fitur user administrator. Di sini tersedianya fitur piutang dan penerimaan pembayaran. Untuk penyimpanan data base internal bergabung dengan device yang digunakan dan tersedia fitur cloud penyimpanan. Disediakan juga fitur laporan transaksi dalam device dan web, fitur export laporan ke PDF/Excel/CSV, dan fitur laporan konsolidasi banyak toko. Penggunaan iReap POS PRO ini berbayar dan bisa dioperasikan secara offline maupun online.

Dari perbandingan di atas iReap POS Pro memiliki banyak keunggulan. Lebih lengkapnya perbandingan iReap POS PRO dan Lite bisa disimak dalam tabel berikut:

Aplikasi POS iReap Cara Penggunaan
design by fennibungsu.com by canva

Fitur-fitur bermanfaat dari iReap POS Pro di atas bisa mendukung usaha bisnis laundry agar tata kelola keuangan lebih baik, tipsnya dengan:

  • Cek laporan setiap hari, pada fitur Laporan (Report).
  • Pisahkan per hari laporan transaksi yang telah diexport ke PDF/Excel.
  • Ketika mencetak struk penjualan, penting untuk mengarsipkan struk tersebut dalam satu bundel.

Baca Juga: Ini Bukan tentang Bisnis di Tahun 2023 

Aplikasi kasir ini juga dapat menetapkan harga barang, dan scan barcode. Selain itu mendukung pembayaran baik tunai dan kredit juga melalui e-wallet OVO, Gopay, dan QRIS. Inilah kemudahan menggunakan aplikasi iReap Point of Sale yang memberikan kenyamanan bagi penggunanya. 

Bisnis Laundry dengan Aplikasi Kasir iReap POS
sumber: https://www.ireappos.com/

Jalankan bisnis rumahan maupun dalam lingkup besar, ketersediaan fitur-fitur di aplikasi kasir Point of Sale dari penerimaan barang, pengeluaran barang, master data, transaksi penjualan/retur, dan pengaturan sistem, semua dapat  dipantau melalui gawai yang dimiliki. Pengaturan bisnis dapat dikelola setiap saat. Andalkan aplikasi kasir iReap POS dalam menjalankan bisnis, bismillah, yuk bisa kita mulai usaha bisnis laundry. 

modal usaha laundry dengan iReap POS

Komentar

Bambang Irwanto mengatakan…
Bisns Laundry ini memang sangat menjanjikan, Mbak. Dulu tetangga saya yang salon, juga menerima titipan laundry. Kemudian sekarang malah rumah saya dikontrak jadi laundry hehehe. Dan memang harus sudah update dengan menggunakan aplikasi kasir yang akan memudahkan kita dan juga pelanggan.
Luluk Sobari mengatakan…
iReap ini memang keren Mbak. Kehadiran iReap sangat bisa membantu para pebisnis UKM. Bayangkan,hanya berbekal HP androis, sudah bisa mencatat dan mengontrol keuangan usaha dengan mudah. Bisa cek struk dan terhubung ke metode pembayaran non tunai.
Keke Naima mengatakan…
Saya belum kepikiran bisnis laundry, sih. Tapi, adanya usaha ini memang membantu banget. Dulu waktu baru pindah belum ada bisnis laundry rumahan. Padahal di tempat yang lama udah ada bisnis ini. Terkadang saya suka pakai jasa laundry buat mencuci dan menyetrika pakaian.
Lintang mengatakan…
Ini cita2ku banget buka usaha laundry lho. Apalagi prospek banget kalau di kawasan pendidikan, apalagi budgetnya juga bisa ditekan. Nanti pengelolaan keuangannya bisa pake aplikasi iReap biar lebih mudah.
Kanianingsih mengatakan…
dengan aplikasi kasir iREAP jadi sangat memudahkan bisnis ya kak, noted semoga aku jg punya bisnis one day jadi bisa aplikasi ini
Bunda Saladin mengatakan…
Bisnis laundry ini potensial banget walau masih skala rumahan. Karena pasti ada aja pelanggannya yg ga hanya naruh baju kotor tapi juga selimut,sprei, dll.

Syukurlah ada aplikasi iReap ya yg memudahkan bisnis laundry dan pebisnis ga bingung lagi.
Eka FL mengatakan…
udah nyobain dong aplikasinya Ireap POS yang lite tapi. penggunaan aplikasinya mudah dan fiturnya lengkap. kita bisa tau hasil penjualan setelah input kode artikel produl dan begitu penjualan mulai berjalan. memudahkan banget buat yang punya UMKM nih.
Yuni Bint Saniro mengatakan…
Meski usahanya di skala rumahan. Tapi urusan pencatatan keuangan dan operasional bisnis bisa dilakukan dengan lebih profesional. Salah satunya dengan bantuan iReap POS ini...
Triani Retno A mengatakan…
Usaha laundry masih prospeketif ya, Mbak. Apalagi dengan tingkat mobilitas dan kesibukan orang-orang, pasti aja ada yang butuh jasa laundry. Kalau pengelolaannya bener, terutama pengelolaan keuangan (dan ini terbantu sekali pakai aplikasi kasir), bisa terus berkembang tuh.
Blogger Surabaya mengatakan…
Nah yang saya lihat para pemilik laundry ini masih pada manual deh dalam melakukan pencatatan keuangan mereka. Aplikasi ini pas banget untuk pemilik usaha laundry catat laporan keuangan
Dian Restu Agustina mengatakan…
Lengkap nih perincian membuka bisnis laundry. Akan memudahkan pasti bagi operasional di keseharian jika memakai aplikasi iREAP Pos ya..praktis dan banyak manfaatnya
Maria G Soemitro mengatakan…
Solutif ya iREAP Pos?

Karena UMKM seperti UMKM laundry bisa menjadi pembukuan sederhana

Kelemahan UMKM Indonesia kan gak punya catatan, sehingga gak tau rugi/labanya

Eri Udiyawati mengatakan…
Bisnis laundry jaman sekarang kian menjamur dan menguntungkan. Pasalnya, kini banyak yang enggak sempet mencuci. Sama haknya dengan saya. Seringnya mencuci underwear aja sama pakaian anak. Baju sama dan suami tek laundry kan. Udah gak capek, hasik bersih, wangi, dan rapi.
Andi Telaumbanua mengatakan…
Aplikasinya ramah bagibpelanggan, karena tidak ada iklan yang biasanya sangat mengganggu kita. Apalagi kalau jenis iklannya pop-up yang buat layar tertutupi penuh. Belum lagi kalau pop-upnya berulang kali. Buat jadi kesal saja
deamerina mengatakan…
kalo ada aplikasi kasir emang semuanya jadi lebih mudah. kita juga bisa memantau transaksi masuk dan keluar. rekapan juga jadi simple hemat waktu hihi
lendyagasshi mengatakan…
Bisnis Laundry masa kini masih sangat disenangi karena memang semenguntungkan itu dan banyak masyarakat yang membutuhkannya. Apalagi di kota besar yang masyarakatnya kebanyakan sibuk. Laundry menjadu solusi cepat pakaian rapi tanpa perlu invest mesin cuci sendiri dengan segala rangkaian perawatan setelahnya.
Bisnis menguntungkan ini kudu diatur menggunakan iReeap Pos.
ANGGITA RAMANI mengatakan…
Aplikasi iReap POS Lite ini bisa memudahkan para pelaku bisnis kecil untuk untuk manajemen produk atau jasa ya. Cara installnya juga mudah, bahkan pengoperasiannya secara offline
Sefa mengatakan…
Bener cuan itu harus terlihat secara transparan ya apalagi untuk usaha dan berimbas pada pemasukan
Didik Purwanto mengatakan…
Ga banyak juga ya kak modalnya sebenarnya. Plus usaha laundry tuh peluang banget apalagi di kota besar.

Tp bisnis apapun yg pntg pengelolaan cashflownya sih. Termasuk urusan pencatatan keuangannya. Hrs bagus. Nah aplikasi kasir iReap ini emg bgs bgt sih buat catat smua transaksi usaha kita.
Kyndaerim mengatakan…
Estimasi total biaya bisnis laundry tanpa karyawan, ternyata cukup murah ya mbak. Awal² gpplah ya kerjain sendiri dulu. Dan plusnya sih, sekarang udah ada iReap POS, buat bantuin sistem pengasiran jadi lebih terstruktur.
Dee_Arif mengatakan…
Aplikasi kasir i reap ini bisa membantu bisnis laundry semakin berkembang ya mbak
Monica Anggen mengatakan…
Hmmm lengkap banget ini ada perhitungan modal yang dibutuhkan untuk buka laundry rumahan nih. Apalagi sekarang sudah ada aplikasi kasir yang membantu mengelola keuangan bisnisnya.
Hamimeha mengatakan…
Betul sekali nih kak. Binatu atau bisnis laundry cukup berpeluang lho apalagi jika lokasinya do area kampus atau kosan pekerja. iReap memang handal untuk membantu merekap dan sistem administrasi keuangan bisnis kita yak
lendyagasshi mengatakan…
Aplikasi POS yang bisa sangat membantu ketika baru aja memasuki dunia usaha. Karena kalau hitung-hitungan manual, pastinya belum ke gambar dengan teliti. Tapi memanfaatkan fitur dari iReap POS, mantap!
Laporan keuangannya detil sekali.
Susi Susindra mengatakan…
Saya sangat suka menyetrika. Sempat kepikiran mau bikin bisnis laundry karena modalnya tidak besar. Modal utama berupa hobi dan kesukaan juga besar, kan.... Tapi saya lebih suka jualan toko kelontong saja yang dibutuhkan setiap hari. Dan sudah bilang ke suami, kalau nanti buka toko harus pakai aplikasi keuangan agar tahu uang dan barang yang keluar masuk. Menurut saya ini penting karena tak sedikit pemilik toko atau pemilik usaha yang gulung tikar dengan status punya hutang gara-gara penghitungan manual.
GE MAULANI mengatakan…
Wah sekarang jadi gak perlu pusing lagi mikirin kasir dan laporan ya kak. Udah satset laporan transaksinya tercatat di Aplikasi iReap Pos. Btw keren banget yang versi lite pun bisa diakses secara offline.
Yanti Alif mengatakan…
Adanya Aplikasi kasir IReap Pos memudahkan para penjual dengan semua transaksinya lebih praktis dan mudah di era digitalisasi kaya sekarang ini
Nia K. Haryanto mengatakan…
Zaman sekarang ya, segala macam jadi semakin mudah. Apa-apa ada aplikasinya. Yang dulu dianggap susah dan ribet, kini jadi praktis. Kayak urusan perkasiran. Dulu kudu beli software yang mahal. Sekarang mah bisa pake aplikasi, kayak ireap POS ini. Terjangkau dan bahkan ada versi gratisnya. Kudu pake nih para pelaku usaha yang begini.
Maya Rumi mengatakan…
menurutku dengan kehadiran IReap POS tidak hanya mempermudah para pemilik usaha mba, apalagi ada pilihan yang lite dan pro, bisa disesuaikan dengan kebutuhan pemilik usaha, namun juga untuk para konsumen yang menggunakan jasa, dengan pemilik usaha sudah menggunakan IReap sehingga traksaksi berjalanjadi lebih baik
Indri mengatakan…
Pas banget nih aku mau rekomen keluarga besar aku yang hampir semuanya membuka usaha agar segera memanfaatkan IReap POS ini
Linda Puspita mengatakan…
bisnis loundry ini menguntungkan ya kak, banyak yang sibuk dan tidak sempat strika. Dibantu aplikasi Ireap Pos makin sukses dan menjanjikan untuk untung.
lendyagasshi mengatakan…
Strategi bisnisnya oke banget nih..
Dengan modal yang telah diperhitungkan dengan baik, jangan lupa juga mengatur kondisi keuangannya agar balance dan cepat balik modal menggunakan aplikasi iReap POS.
Dewi Setyowati mengatakan…
Zaman serba digital semuanya mesti tersistem ya Mbak. Termasuk pakai iReap POS ini. Bisnis laundry dan UMKM lain pasti sangat terbantu dengan adanya ini dan bisa fokus ke jualan/marketingnya karena udah punya dukungan sistemnya.
Meilia Wuryantati mengatakan…
Bagus banget yah dengan fitur2 yang banyak dan memudahkan, bikin bisnis makin lancar dan menguntungkan
Efa Butar butar mengatakan…
Terlepas dari iReap Pos Pro atau iReap Pos Lite, keduanya sama sama membantu mempermudah urusan hitung hitungan calon pengusaha ya, Mba. Senang inovasinya memudahkan banyak orang
Okti Li mengatakan…
Dengan terintegrasi nya beberapa fasilitas penghitungan dan juga e wallet pastinya aplikasi kasir ini sangat praktis dan membantu pekerjaan kita makin lebih mudah ya
Indah Nuria Savitri mengatakan…
memang berbagai bisnis yang dijalankan sekarang bisa banyak terbantu dengan aplikasi ini ya mba. Sepertinya memang user friendly sekali
Nabilla DP mengatakan…
aplikasi kasir emang penting banget untuk bisnis ya. tapi ternyata ga hanya bisnis retail, bisnis jasa pun juga bisa ya kak
Lita Chan Lai mengatakan…
Banyak nih usaha yang menggunakan apl. IReap untuk kelola bisnisnya. Hitungan usaha dan pos2nya sangat mudah untuk di maintanence ya. Sangat membantu sekali bagi pelaku umkm.
Cyntiayoga mengatakan…
Katanya bisa juga nih ide bisnis laundry
Nabung dulu ah biar bisa buka laundry plus punya banyak cabang aamiin
Cyntiayoga mengatakan…
Semoga ada rejeki mau buka bisnis laundry
Biar punya banyak cabang
Soalnya cuan banget nih buat emak2
Yuni Bint Saniro mengatakan…
bisnis laundry emang cukup menjanjikan ya. Secara, akan selalu ada keluarga yang membutuhkan. Entah karena memang sibuk atau sekedar malas mencuci sendiri. Tantangannya adalah soal pencatatan keuangan selain di marketing. Aplikasi iReap bisa membantu banget nih.
Era mengatakan…
Aku pernah dapat info tetang aplikasi iReap POS ini mba, tapi bener2 ngga kepikiran kalau ternyata bisa buat usaha laundry.
lendyagassi mengatakan…
Kuy memulai bisnis dengan modal yang sudah ada dan dengan pengaturan keuangan yang sehat, semoga usaha perlahan membawa keuntungan. Salah satu solusi pengaturan keuangan terbaik adalah menggunakan Aplikasi iReap Pos yang disarankan di artikel ini.
Indri mengatakan…
Buat mereka yg punya usaha tentunya sangat dimudahkan dengan adanya aplikasi digital ini, praktis dan gak perlu repor
bu guru mengatakan…
Sekarang banyak aplikasi yang membantu sesuatu yang rumit ya, era digital emang jempolan.