Langsung ke konten utama

Hari Keamanan Komputer: Sudahkah Menjaga PC-mu dengan Baik?

Momen Hari Keamanan Komputer menjadi pengingat untuk kita semua, sudahkah menjaga PC-mu dengan baik? Peringatan yang diadakan setiap tanggal 30 November ini, betapa pentingnya menjaga keamanan komputer dari hal-hal yang tidak diinginkan. Pastinya kita tidak mau, bila perangkat komputer yang biasa menemani dan menjadi media untuk bekerja tiba-tiba beralih tangan yang mengendalikan, tidak bisa digunakan karena aksesnya berubah, dan sebagainya. 

kapan hari keamanan komputer 30 november

Macam-macam Serangan Komputer yang Perlu Diwaspadai

Hari Keamanan Komputer Nasional bermula pada tahun 1988, di mana inspirasi itu dimulai setelah adanya kejadian terhadap ARPANET (Advanced Research Projects Agency Network berlokasi di Amerika Serikat), pendahulu internet yang membahayakan 10% komputer yang saat itu sedang terhubung. Dari situlah, peringatan akan keamanan komputer dilakukan. Serangan tidak baik ke komputer, menjadi serangan cyber yang tidak bisa kita abaikan. Berikut beberapa contoh serangan komputer, yang perlu kamu waspadai, yaitu:

1. Virus Komputer

Virus komputer mungkin bisa mirip dengan virus penyakit yang menjangkiti tubuh. Namun, lebih jelasnya, kalau kamu pernah menonton film So Close yang dibintangi Zhao Wei, dan Shu Qi yang menjadi Malaikat Komputer. Keduanya melakukan serangan melalui duplikasi ke dalam program komputer lawan.  

Cara pencegahannya, biasanya pada perangkat komputer terdapat antivirus bawaan, jangan lupa untuk scan antivirus tersebut secara berkala. Pastikan juga untuk mengupdatenya, agar proteksi perlindungan yang diberikan sudah lebih kekinian. Serta, tidak sembarangan menggunakan alat penyimpanan data seperti USB, terlebih bila alat tersebut digunakan untuk memindahkan data di berbagai perangkat.

hari keamanan komputer menjaga pc
ilustrasi gambar dari freepik (https://www.freepik.com/free-vector/data-analysis-isometric-infographics-layout_6371522.htm)

2. Trojan Horse

Jika sering memasang aplikasi di perangkat komputer, sebaiknya pilah-pilah lebih dulu, dan seringlah untuk memantaunya. Pasalnya Trojan Horse ini umumnya datang melalui software dari aplikasi yang kita unduh, dan mampu berkamuflase sehingga komputer kita tampak normal, padahal sebaliknya.

Cara pencegahan Trojan Horse bisa dengan memasang aplikasi antivirus terpercaya. Bila mendapatkan email, pastikan untuk lebih hati-hati khususnya bila ada permalink dan iming-iming tawaran yang tidak masuk akal.

3. Man in the Middle Attack

MitM atau Man in the Middle Attack merupakan serangan ke perangkat komputer melalui jaringan internet seperti wi-fi. Bila menggunakan wi-fi rumah pastikan untuk wi-fi yang kamu gunakan adalah memang dari provider terpercaya. Sebab, serangan MitM ini membuat wi-fi palsu sehingga seolah-olah berada di jaringan internet yang biasa kamu gunakan.

Untuk mengantisipasinya bisa dengan mengganti password wi-fi kamu secara berkala. Jangan gunakan yang sama seperti sebelumnya. Lalu ketika perangkat komputer hendak berselancar, pastikan protokolnya adalah https, karena lebih aman ketimbang http.

hari keamanan komputer macam-macam virus komputer
ilustrasi dari freepik (https://www.freepik.com/free-vector/modern-desktop-compute-concept-illustration_32318414.htm)

Konklusi

Ketika di kantor, memungkinkan saat bekerja menggunakan komputer kantor. Upayakan untuk lebih berhati-hati baik saat menerima email asing yang mencurigakan, soft file yang tidak dikenal, agar inventaris komputer kantormu tetap dalam keadaan baik.

Jadikan momen Hari Keamanan Komputer sebagai reminder untuk bisa waspada terhadap hal apapun. Bila tiga contoh serangan komputer di atas untuk software saja, perlu pula untuk antisipasi serangan komputer secara fisik. Misalnya adalah hardisk yang tiba-tiba rusak, korsleting pada listrik, hardware komputer yang tersiram air, dan sebagainya.

Baca Juga:

Pemakaian perangkat elektronik apapun, perlu kita menjaganya. Apalagi untuk komputer yang terbilang cukup kompleks, karena memiliki banyak komponen beberapa diantaranya seperti keyboard, mainboard, harddisk/SSD, optical drive, CPU, dan VGA Card. Selamat Hari Keamanan Komputer, yuk jaga komputermu dengan sebaik mungkin.

Komentar

Ainun mengatakan…
Aku baru tau ada hari keamanan komputer mbak
sejak aku tau kalau komputer bisa punya "virus", jadi waspada juga, kayaknya waktu kuliah, soalnya waktu itu bawa komputer sendiri, apalagi kalau data skripsi ilang bisa nangis bombay

jadi dulu waktu kuliah bisa dibilang rajin update anti virus, malah lebih rajin dibanding sekarang hahaha. Kayaknya kalau zaman dulu, ada pemberitahuan masa updatenya kapan berakhir, entah kenapa di laptopku sekarang malah ga ada info seperti itu
kalau ada masalah sama laptop, tinggal dibawa ke tukang servis langganan soalnya
Wahid Priyono, S.Pd mengatakan…
Jujur sih baru denger ada hari keamanan komputer. Tapi bagus ya, seenggaknya bisa mengingatkan kita akan pentingnya keamanan kompiter yang kita miliki, mengingat sekarang banyak sekali sekarang ini terkait dengan cyber crime, dimana banyak sekali manipulasi data yang dikirim ke target untuk merusak isi hosting, dan juga perangkat penting di laptop semacam phising, dll. Makasih ulasannya bagus sekali.
DokterTaura mengatakan…
Wah, baru tahu nih kalau ada hari keamanan komputer. Eh bener juga lho.... Komputer baik PC maupun laptop harus dijaga dengan seksama. Penga,laman pernah kena serang TROJAN... Duh kapok deh , habis itu rutin check up
Annie Nugraha mengatakan…
MashaAllah. Baru tahu kalau ada Hari Pengamanan Komputer. Idenya ada-ada aja ini.

Saya sudah lama gak menggunakan PC. Ada satu sih di studio kerja tapi udah jarang dipakai. Itupun biasanya untuk nyetel Youtube atau nonton Netflix pas lagi kerja di studio. Alhamdulillah, suami sudah pasang firewall supaya gak gampang terserang virus. Tapi memang dah jarang bener makenya. Lebih nyaman dengan laptop yang gampang dibawa-bawa dan dipindah-pindahkan.
blogger parenting mengatakan…
Waktu SMA dulu, kalo udah dengar virus trojan langsung deh takuttt..
Makanya wajib banget pake antivirus. Apalagi udah pake laptop wah gak bisa kasih kendor karena zaman dulu sering banget pake flashdisk buat tugas. Dari situ sih sering penyebarannya.
blogger parenting mengatakan…
Waktu SMA dulu, kalo udah dengar virus trojan langsung deh takuttt..
Makanya wajib banget pake antivirus. Apalagi udah pake laptop wah gak bisa kasih kendor karena zaman dulu sering banget pake flashdisk buat tugas. Dari situ sih sering penyebarannya.
dessy achieriny mengatakan…
Aku baru tau ada hari keamanan komputer, yang sering aku alami kendala virus Trojan karena unduh aplikasi tertentu. Sering2 scan antivirus biasanya pake Smadav klo aku. Harus aware memang mengenai kehati-hatian perihal data di komputer.
Nanik nara mengatakan…
wih beneran saya baru tahu ada hari keamanan komputer mbak.
Emang kita mesti menjaga perangkat yang sehari-hari menemani kerja ini ya, karena jaman sekarang tuh yang kerjaannya mengandalkan laptop/komputer, bakalan nggak berkutik kalau komputernya kena serangan virus maupun hal lain
Suci mengatakan…
Waduuuh, baru tau kalau komputer ada hari spesial yaa, mbak
"Hari Keamanan Komputer"

Saya yang gaptek ini taunya cuma make doang, ada trouble tinggal manggil ahlinya.
Tapi saya rajin kok ngelap debunya, biar mengkilap dan enak dipake kerja. Bagian dari menjaga kan ya, hehee
Maria G Soemitro mengatakan…
baru tau ada hari keamanan komputer

jadi inget dulu pertama kali beli laptop

karena takut kena virus, anak saya masang banyak antivirus

eh akibatnya malah setiap beberapa menit laptopnya mati :D
M. Rizki Riswandi, S.Kom mengatakan…
Wah, bener banget nih! Hari Keamanan Komputer jadi reminder penting buat lebih hati-hati, terutama di kantor. Jangan lupa, selain antisipasi dari serangan software, jaga juga kondisi fisik komputer. Kebiasaan baik ini bisa ngebantu menjaga data dan kelancaran kerja. Semoga semua perangkat elektronik kita tetap aman dan terhindar dari masalah, ya! 💻🔐#HariKeamananKomputer
Emma Malika mengatakan…
Duh duh jangan sampai deh komputer kena virus, soalnya auto rempong membersihkannya dan sayang banget klo sampai ada data yang hilang karena virus ye kan dik
Dee_Arif mengatakan…
Wah, ada ya Hari Keamanan Komputer
Momen yang tepat untuk selalu menjaga keamanan komputer kita ya mbak
Farida Pane mengatakan…
Baru tau ada hari keamanan komputer. Jadi makin melek nih soal berbagai serangan yang bisa dialami komputer.
GE MAULANI mengatakan…
Saya baru tahu kalau ada hari keamanan komputer mbak. Setiap tanggal 30 november ya peringatannya. Makasih udah diingetin. Saya paling benci sama trojan horse. Dulu laptop sampe sesak napas dibuatnya
lendyagasshi mengatakan…
Iya banget.
Aku juga gak bisa kalau gak ada laptop. Ini penting banget buatku karena leih cepet kerja melalui laptop daripada HP dan salah satu tanggungjawab sebagai pengguna adalah menjaga kesehatannya. Dengan maintenance yang tepat dan gak asal aja mindahin data, bisa menjaga kesehatan laptop secara paripurna.
GE MAULANI mengatakan…
Waaah man in the middle attack bahaya banget nih nyusupnya lewat jaringan wifi. Makasih mbak aku jadi makin aware nih soal keamanan jaringan komputer
Kyndaerim mengatakan…
Di usia segini baru tau ada hari keamanan komputer, haha.. tapi ini penting banget sih buat selalu ngingetin kita.
Didik Purwanto mengatakan…
Kalo pake Microsoft Windows emang harus rajin2 update antivirus sih. Biasanya masalahnya cuman di situ tuh. Apalagi kalo kita sering colok flashdisk/harddisk/SSD utk transfer data. Plus kalo laptop/PC kita sering dipinjam orang, masalah banget tuh di situ. Mknya ya kak kalo punya barang hrs dirawat dgn bener. Kalo salah, bisa bayar ke tukang service utk bersihin.
Eka FL mengatakan…
saya baru tahu loh ada hari keamanan komputer. bagus juga ada peringatan hari seperti ini, biar user PC atau laptop lebih aware dengan kesehatan PC nya. trojan tuh pada masanya pernah hit banget sebagai virus paling parah, sekarang juga ternyata masih ada ya
Eka FL mengatakan…
saya baru tahu loh ada hari keamanan komputer. bagus juga ada peringatan hari seperti ini, biar user PC atau laptop lebih aware dengan kesehatan PC nya. trojan tuh pada masanya pernah hit banget sebagai virus paling parah, sekarang juga ternyata masih ada ya
lendyagasshi mengatakan…
Buat yang gak ngerti IT, kudu meningkatkan kewaspadaan selalu yaa..
Minimal jangan melakukan transaksi banking menggunakan wifi di tempat umum. Rasanya penting banget megnetahui hal-hal basic untuk melindungi laptop dan gadget yang kita miliki.
Naqiibatin Nadliriyah mengatakan…
Ini beneran penting banget sih ya buat keamanan data kita, mbak. Pernah suatu ketika entah gimana ceritanya keinstal aplikasi sembarang atau gimana, tiba-tiba laptopku nghang, kena virus, gabis dibuka. datanya semua lenyap gbs diselamatkan. nangis bombay lah yang g ada backupnya
Shinta Shyntako mengatakan…
kejahatan siber makin aneh-aneh dan makin bikin alis berkerut aja ya, karena modusnya makin lama makin rapi dan makin meyakinkan, makanya penting sih utk punya software pelindung dari kejahatan siber gitu
Han mengatakan…
Jadi inget dulu tuh komputerku pernah kena Trojan Horse jugaa ya ampuuunn sumpah itu file pada gabisa dibaca semuaaa auto jadi shortcut. amit2 kalo kena lagi yaa semoga engga
Goresan hati mengatakan…
Aku pasti nangis kalau sampai pcku kena virus Trojan. Ngeri dan bikin data rusak.
fanny_dcatqueen mengatakan…
Aku baru tahu loh mba ada hari keamanan PC juga 😅. Makin banyak aja ya hari2 tertentu utk merayakan sesuatu. Prasaan zaman ku sekolah cuma dikit hari2 nya 😂.

Kalo udh bicara keamanan PC, dulu pas msh kerja di bank, udh diwanti2 jangan asal klik link apapun Krn takutnya phising.

Sampe2 training ya wajib diikuti setahun sekali. Trus team cyber nya juga ngetes random semua staff, dikirimin link, trus dilihat deh, si staff bakal gimana. Kalo dia aware dia bakal report ke IT. Kalo ga aware, dia pasti klik.

Dan siap2 aja dpt surat cinta dari HRD 😂😂😂. Atasan juga bakal diinterogasi, itu anak lu ga diajarin ttg phising atau gimanaaa?? Warning letternya ngaruh banget utk bonus tahunan . Bisa ga dapet.
Baru tahu aku ada hari Komputer nih
Mantap lah ya segala momen diingatkan
Supaya lebih berhati-hati
Siska Dwyta mengatakan…
Baru tahu 30 November diperingati sebagai Hari Keamanan Komputer. Nah, emang kudu hati2 banget ya dalam menjaga keamanan komputer karena rentan banget terkena serangan cyber seperti yang dijelaskan di artikel.
Goresan hati mengatakan…
Tim jarang bersihin komputer merasa tersindir nih. Padahal keamanan komputer itu penting banget. Gak kebayang kalau data di website hilang. Kerjaan di situ semua. Huaaaa... Harus bebenah nih biar keamanan komputerku makin terjaga.
GE MAULANI mengatakan…
laptopku yang dulu pernah kena torjan horse karena nginstal aplikasi gratisan kak. Habis itu jadi lebih hati2 kalau mau instal software. Waaaah yangewat wi-fi sungguh di luar dugaaan banget. Emang mesti hati-hati deh soal keamanan komputer itu
Lasmicika mengatakan…
Pernah pas pertama punya komputer sekitar tahun 2000-an, pulang dari rental tempat ngeprint tugas, aku penasaran kok ada file folder my love di disket. Kubuka dari komputer di rumah, nggak ada isinya, isi nya folder my love lagi. Aku buka lagi terus kaya gitu terus, tau2 kompi nge hang, hardisk full (dulu HDD 6GB udah top banget padahal). Taunya Si My Love itu virus. Bongkar total itu kompi akhirnya. Wkwkw...