Makna Bulan Syawal, Keistimewaan, dan Hal yang Dilakukan

Dalam hitungan hari, kita akan memasuki bulan Syawal 1445 Hijriyah. Meski di satu sisi kesedihan menyertai pula karena berpisah dengan Bulan Ramadan. Terasa cepat ya? Sebab baru aja rasanya kita itu sedang menunggu hilal kapan akan memulai puasa, eh nggak disangka beberapa waktu kedepan hilal yang ditunggu pun adalah tanggal 1 Syawal.

Makna keistimewaan Bulan Syawal Keistimewaan dan Hal yang Dilakukan

Ini Makna dan Keistimewaan Bulan Syawal yang Perlu Kamu Tahu!

Kalau meninjau dari kalender Hijriyah, bulan Syawal yang berada di urutan kesepuluh setelah Ramadan dan sebelum Dzulkaidah ini, adalah salah satu bulan yang memiliki keistimewaan bagi kaum muslimin. Usai menyelesaikan ibadah puasa di bulan Ramadan kita pun menyambut kedatangan bulan Syawal dengan penuh sukacita dan syukur. Ini menjadi momen luar biasa, karena sebagai perayaan kemenangan spiritual dan moral setelah melewati ujian selama berpuasa, sekaligus sebagai anak tangga guna melanjutkan ibadah-ibadah yang telah dirutinkan selama di bulan Ramadan.

Makna dan keistimewaan bulan Syawal juga merupakan bulan penuh berkah, karena dianjurkan untuk kita terus meningkatkan amal ibadahnya, salah satunya dengan melakukan puasa 6 selama di bulan Syawal. Ini memang ujian yang berat sih ya, soalnya kan lagi bertabur aneka hidangan yang memanjakan mata dan menggugah selera, tetapi di situlah letaknya kenikmatan beribadah, agar nuansa Ramadan tidak serta merta hilang begitu saja.

Apa yang Dilakukan Ketika Memasuki Bulan Syawal?

Mungkin pembaca blog fennibungsu.com udah familiar banget nih dengan makna Syawal, yang berarti "naik" atau "terbit. Sehingga bila dikaitkan dengan bulan Ramadan, sebagai pertanda untuk kita yang usai menjalankan ibadah seperti puasa satu bulan penuh, tarawih, qiyamul lail, zakat fitrah, dan sebagainya, untuk naik menggapai kemenangan di 1 syawal yaitu Idul Fitri.

Oleh karenanya, kebahagiaan akan datangnya bulan Syawal untuk senantiasa terus menjalankan hal-hal baik selama di bulan Ramadan baik hablumminallah dan hablumminannas. Kita bisa menerapkan aktivitas positif di bulan Syawal seperti:

1. Melaksanakan Shalat Idul Fitri

Hukum melaksanakan Shalat Idul Fitri adalah sunnah yang dianjurkan atau sunnah muakkad. Kita dapat melakukannya dalam 2 rakaat, dimana pada rakaat pertama 7x takbir dan pada rakaat kedua 5x takbir. Umumnya dilakukan pada pagi hari setelah terbitnya matahari pada hari pertama bulan Syawal. Kalau di tempat saya, sekitar pukul 7 pagi WIB. Ini menjadi momen yang bagus untuk dilakukan baik oleh pria maupun wanita.

“Kami (semua perempuan) diperintahkan untuk keluar rumah, dan kami ajak keluar juga para perempuan yang sedang menstruasi, yang muda-muda, dan yang sedang dipingit. Namun, yang sedang menstruasi hanya ikut hadir dan berdoa bersama jama’ah, dan menjauhi tempat shalat mereka” (Sahih Bukhari, no. 989).

Makna keistimewaan Bulan Syawal Keistimewaan dan Hal yang Dilakukan
dok. freepik

2. Sambung Tali Silaturahmi

Pasti pada paham nih, kenapa kalau lebaran Idul Fitri identik dengan mudik lebaran? Nah iya tuh betul, agar bisa berkumpul dengan orangtua, keluarga dan sanak saudara lainnya guna menyambung tali silaturahmi. Pasalnya dengan berkumpul di momen lebaran ini, dapat mempererat tali persaudaraan, serta membawa keberkahan, apalagi disertai pula dengan ucapan dan tindakan yaitu “Maaf Lahir dan Batin”, makin haru lagi suasana yang dirasakan.

3. Berbagi Kebaikan dan Kebahagiaan

Umumnya jelang lebaran atau malah pada momen lebaran tersebut, kita tidak hanya berkumpul saja, tetapi juga bisa saling berbagi kebaikan dengan mengantarkan makanan. Pasalnya kita bisa saling mencicipi hidangan satu sama lain, sehingga dapat kebahagiaan makin terasa.

4. Semangat untuk Makin Tingkatkan Imtaq

Pada bulan Syawal menjadi momen berharga juga untuk kita tingkatkan IMTAQ alias Iman dan Taqwa. Istiqomah mendawamkan ibadah solat fardhu maupun sunah, membaca Al-Quran, perbanyak dzikir dan juga doa sebagai langkah untuk tetap mendekatkan diri kepada dalam bulan yang penuh berkah.

Makna keistimewaan Bulan Syawal Keistimewaan dan Hal yang Dilakukan
ilustrasi dari freepik

Baca Juga: Doa dan Harapan pada bulan Syawal

Bulan Syawal memang memiliki makna dan keistimewaan yang berkesan untuk kita. Ragam aktivitas yang bermanfaat dan ibadah yang dikerjakan menjadi kesadaran spiritual yang tinggi untuk jangan kita lewatkan. Semangat selalu memanfaatkan waktu sebaik mungkin, dan taqabbalallahu minna wa minkum, shiyamana wa shiyamakum, kullu 'amin wa antum bikhair artinya: semoga menerima (puasa) kita dan setiap tahun semoga kita senantiasa dalam kebaikan, aamiin

48 komentar

Yuk, komen terbaikmu. Jangan menyisipkan link ya, karena akan daku hapus dan tidak berkunjung balik
  1. Taqabbalallahu minna wa minkum taqabbal yaa kariim, wa ja'alanallahu wa iyyakum minal 'aidin wal faizin wal maqbulin kullu 'aamin wa antum bi khair.

    Semoga kita semua bisa samasama memasuki bulan Syawal sama baiknya dalam hal persiapan ibadah seperti di bulan Ramadan.

    Barakallahu fiik~

    BalasHapus
  2. MashaAllah. Terima kasih sudah mengingatkan ya Fen. Saya ingat dulu, saat masih dapat haid, biasanya saya puasa syawal sekaligus bayar utang puasa. Tapi semenjak meno, saya suka alpa dengan hal ini. Semoga syawal 1445H ini saya bisa puasa syawal. Diberikan kesehatan dan umur untuk melakukannya.

    BalasHapus
  3. Perasaan Ramadhan cepet banget ya. Sedih rasanya. Ada rasa kangen buat sahur yang tadinya berat. Ada yang kangen taraweh krn bisa sholat bareng2 dan masih banyak rasa kangen yg lain.

    BalasHapus
  4. Ramadan selalu ngebutttt
    eh bentar lagi udah Syawal ternyataaa
    Semogaaa amal.kita diterima Allah ya mba

    BalasHapus
  5. Syawal tuh seperti puncak ya?

    Puncak kegembiraan sekaligus kesedihan karena berpisah dengan Ramadan.
    Kalo saya Syawal berarti tantangan puasa Syawal 10 hari yang sering gak gagal saya jalani secara penuh

    BalasHapus
  6. ya Allah, gak terasa sudah mau syawal lagi dan ramadhan sudah mau berakhir hiks, kok cepet banget ya berlalunya huhu, sedih deh tapi juga di satu sisi juga menggembirakan, semoga kita jd pribadi yg lebih baik lagi

    BalasHapus
  7. Setelah anak mau lulus SD dan berniat melanjutkan ke pondok, Syawal sekarang memberi arti batu buat saya. Secara Syawal ini dimulai ya tahun ajaran di pondok yang diincar anak saya

    BalasHapus
  8. Taqabballahu minna wa minkum. Shiyamana wa shiyamakum.
    Selesai dengan Bulan Ramadhan ini, mari kita menyambut Bulan Syawal dan mengisinya dengan ibadah-ibadah di dalamnya. Termasuk di antaranya adalah Puasa Syawal.

    BalasHapus
  9. entah kenapa bulan ramadhan tahun ini terasa cepet banget... tau-tau udah idul fitri aja... :'(
    Taqabbalallahu minna wa minkum shiyamana wa shiyamakum, Minal aidzin walfaidzin ya mba

    BalasHapus
  10. dan saat ini bulan syawal sudah hampir habis
    rasanya cepat sekali. semoga kebaikan di bulan ramadhan dan syawal, bisa terus berlanjut di bulan-bulan lainnya

    BalasHapus
  11. Ngomongin bukan syawal ingetnya puasa syawal.. hehehehe. Eh iya ini masih bulan syawal kan ya? Masih bisa nihbnguber buat puasa syawal

    BalasHapus
  12. Bulan Syawal buat saya selalu istimewa. Selalu ada momen-momen yang tidak saya temukan di bulan-bulan lainnya. Sejak kecil hingga kini terpatri di memori.

    BalasHapus
  13. Betul. Saya pun merasakan bahwa waktu begitu cepat berlalu. Memang harus memanfaatkan waktu sebaik mungkin ya, terutama untuk beribadah dan mendekatkan diri pada Sang Pencipta.

    BalasHapus
  14. Bulan Syawal adalah salah satu bulan yang istimewa karena ada banyak sunah yang bernilai pahala. Di satu sisi sangat dinanti, di sisi lain rasanya berat karena harus berpisah dengan bulan Ramadan. Dan saat ini, bulan Syawal udah mau habis huhu..

    BalasHapus
  15. Taqabbalallahu minna wa minkum taqabbal yaa kariim, wa ja'alanallahu wa iyyakum minal 'aidin wal faizin wal maqbulin kullu 'aamin wa antum bi khair.

    Bukan sekadar ucapan Selamat Idulfitri, tetapi mengandung doa yang mendalam.
    Semoga bisa berjumpa lagi dengan Ramadan & Syawal tahun depan ya...

    BalasHapus
  16. Aamiin, semoga Allah menerima puasa kita dan setiap tahun kita semua senantiasa dalam kebaikan, ya, Mbak.

    BalasHapus
  17. Aamiin semoga bulan syawal yang lalu bisa memberikan kebaikan buat kita semua dan Allah menerima semua amal dan ibadah kita

    BalasHapus
  18. Taqabbalallahu minna wa minkum taqabbal yaa kariim, wa ja'alanallahu wa iyyakum minal 'aidin wal faizin. Terima kasih juga untuk pengetahuan tentang bulan Syawal, kak.

    BalasHapus
  19. Bulan syawal bulan penuh kemenangan, bulan yang dinanti nanti umat islam. Semoga kita bis diberikan umur lg untuk tahun depan ya

    BalasHapus
  20. Banyak sekali ya keistimewaan bulan syawal, kesempatan untuk lanjut berburu pahala setelah ramadan

    BalasHapus
  21. Ya Allah sudah lama tidak pernah ikut sholat idhul fitri, karena di turki perempuan tidak disarankan sholat dimasjid. Dan moment moment syawal ini memberikan kesan yang istimewa. Beda dengan suasana di Indonesia yang selalu ramai dengan kemeriahan menyambut 1 syawal

    BalasHapus
  22. Ya Allah sudah lama tidak pernah ikut sholat idhul fitri, karena di turki perempuan tidak disarankan sholat dimasjid. Dan moment moment syawal ini memberikan kesan yang istimewa. Beda dengan suasana di Indonesia yang selalu ramai dengan kemeriahan menyambut 1 syawal

    BalasHapus
  23. Masya Allah. Bulan Syawal begitu istimewa. Semoga puasa kita di bulan Ramadan diterima Allah SWT. Dan di bulan syawal ini, kita semakin meningkatkan ibadah kita. Aamiin aamiin.

    Maaf lahir dan batin ya, Mba Fenni. 😊

    BalasHapus
  24. Taqabbalallahu minna wa minkum, taqabbal ya karim
    Selamat Idulfitri Kak, semoga di bulan Syawal ini dan seterusnya ibadah yang sudah dilakukan bertahan dan meningkat
    Aamiin

    BalasHapus
  25. Mohon maaf lahir dan batin juga ya dari saya, Fahmi dan Kang Iwan di Cianjur
    ungkin saya telat ya
    Secara bulan Syawal malah akan segera berakhir...

    BalasHapus
  26. Ga ngerasa bulan syawal udah mau abis nih. Semoga bisa ketemu bulan Ramadan tahun depan, sekaligus bisa merayakan bulan Syawal lagi. Emg bulan penuh berkah ini selalu ditunggu. Bahkan yang di rantau sekalipun. Betapa susahnya akan dijalani dan diusahakan untuk mudik.

    BalasHapus
  27. Ya Allah. Kalau gak baca tulisan ini, saya gak bakan ngeh kalau bulan Syawal udah mau habis. Apa sudah habis. Duh... semoga tahun depan lebih baik dalam menjalani bulan Syawal.

    BalasHapus
  28. Gak terasa Syawal pun sudah mau selesai ini.
    Mohon maaf lahir dan batin ya Kak.
    Semoga di bulan2 selanjutnya bisa tetap meningkatkan imtaq kita semua.

    BalasHapus
  29. Bener banget nih, bulan Syawal tuh ngasih vibe positif banget setelah puasa sebulan penuh. Bikin kita ngerasa bersyukur dan semangat buat terus ngejaga ibadah. Puasa enam lagi di bulan Syawal tuh emang tantangan, tapi bisa jadi reminder buat terus berusaha meningkatkan kebaikan setelah Ramadan. Semoga kita semua bisa ambil manfaat maksimal dari momen spesial ini! 🌙✨

    BalasHapus
  30. taqabbalallahu minna wa minkum taqabbal ya karim juga mba fen. Saya ingat dengan ibu mertua mau shauw syawal kemarin, tapi tidak jadi karena ibu mertua sakit dan saya mengurus pasien juga dirumah, hehehe.insyallah lanjut setelah semua pulih total

    BalasHapus
  31. Bulan syawal ini memang bulan sangat baik. Seperti bulan baru lagi untuk memulai segalanya. Termasuk dianjurkan sekali berpuasa syawal selama 6 hari. Bulan syawal juga Banyak yang melaksanakan pernikahan.

    BalasHapus
  32. Tidak terasa ya bulan syawal hampir berlalu
    berharap banget tahun depan dipertemukan dengan bulan syawal kembali

    BalasHapus
  33. Taqabbal ya Kariiim. Dan tak terasa sekarang Syawal pun hampir usai ya. Semoga Allah selalu berkahi kita di sepanjang usia dan pertemukan lagi dengan bulan-bulan Ramadan yang akan datang.

    BalasHapus
  34. Bulan Syawal memang bulan baik. Selain ada puasa sunnah yang bisa dijalani, bulan Syawal kan identik dengan slaturrahmi juga ya. Jadi keingat deh kalau banyak yang merencanakan pernikahan juga di bulan Syawal.

    BalasHapus
  35. Hmmm... gak terasa ya, Ramadhan tahun ini sudah terlewati. Sedih tapi bahagia. Apalagi buat anak-anak, Momen yang selalu ditunggu yaitu masuk bulan syawal. Biasanya di akhir bulan Ramadhan suka nyiap-nyiapin datangnya bulan syawal bareng anak-anak...

    BalasHapus
  36. Hmmm... gak terasa ya, Ramadhan tahun ini sudah terlewati. Sedih tapi bahagia. Apalagi buat anak-anak, Momen yang selalu ditunggu yaitu masuk bulan syawal. Biasanya di akhir bulan Ramadhan suka nyiap-nyiapin datangnya bulan syawal bareng anak-anak...

    BalasHapus
  37. Waktu memang cepat banget ya jalannya, rasanya bagai berlari, tahu-tahu semua sudah berlalu dan tidak bisa kembali. Ah, semoga kita masih dipertemukan dengan Ramadan dan bulan Syawal di tahun depan

    BalasHapus
  38. Selain ramadhan bulan syawal juga menjadi salah satu bulan yang dinantikan setiap tahunnya.

    BalasHapus
  39. Taqobbal yaa Karimun.. alhamdulillah wa innalillahi. Bulan ramadhan udah lewat, berganti bulan syarat. Semoga kita masih diijinkan bertemu dengan ramadhan berikutnya ya mba

    BalasHapus
  40. Syawwal jadi semacam ujian lanjutan bagi kita ya, Kak. Apakah kita akan konsisten beribadah setelah ramadhan atau tidak.

    Selain itu ada banyak hal lain yang bisa dilakukan di bulan Syawal seperti puasa, dll.

    BalasHapus
  41. Bulan syawal tuh selalu memiliki tempat terbaik dihatiku. semoga bisa bertemu lagi dengan bulan syawal selanjutnya

    BalasHapus
  42. Ketika Ramadan usai, Syawal menjadi hari2 baru untuk melanjutkan apa yang sudah terbiasa kita lakukan di saat Ramadan. Semoga semangat beribadah selama Ramadan tidak luntur selepas bulan istimewa ini berlalu. Yuuk bisa yuuukk.. dari Syawal hingga menuju Ramadan berikutnya kita istiqomah dalam menjalankan ibadah sebaik2nya.

    BalasHapus
  43. Saya setuju sih Kak kalau puasa di bulan Syawal itu memang godaannya Berat soalnya itu masih banyak makanan-makanan dan baru selesai dari puasa Ramadan kan cuma kayak baru satu hari nggak puasa Terus besoknya puasa sampai 6 hari. Tapi pahalanya Emang gede Kalau bisa melewati dengan baik

    BalasHapus
  44. Di bulan Syawal justru menjadi momentum umat Islam untuk terus melanjutkan kebiasaan baik yang telah terbangun selama bulan Ramadan. Syawalku tahun ini diwarnai dengan mudik yang terlambat sehingga anak-anak kudu ijin sekolahnya sedikit lebih lama lagi.

    Selamat menjalankan ibadah shaum Shawal.

    BalasHapus
  45. Seringnya setelah syawal ya udah gitu ya. Kebiasaan baik di bulan Ramadhan kadang nggak dilanjut. Padahal mah harusnya terus dilanjutkan.

    BalasHapus
  46. selain Ramadan, Syawal juga jadi bulan baik yang ditunggu-tunggu ya. biasanya banyak yang jadiin hari pernikahan juga di bulan Syawal.

    BalasHapus
  47. Bukan Syawal memang banyak kebaikannya. Tp ko jadi sedih ya jd pengen Ramadan terus

    BalasHapus
  48. taqabalallahu minna wa minkum mba Fenni..bulan syawal memang banyak suka citanya ya, terutama jadi bulan lamaran dan nikahan nih hehe, banyak undangan dirumah

    BalasHapus
Mengenai Saya
Fenni Bungsu
Hi, #SemangatCiee jumpa dengan daku Fenni - si Milenial yang suka menulis tentang hal yang bermanfaat. Untuk bekerjasama bisa melalui email ke: fenni(dot)bungsu(at)gmail(dot)com ��Terima kasih��
Cari Blog Ini
BPN
BPN
Logo Komunitas BRT Network
Bplus
Bplus
Bloggerhub
Bloggerhub
KEB
KEB
MBC
MBC
KSB
KSB
Intellifluence
Intellifluence
Postingan Terpopuler Tahun Ini