Doa dan Harapan di Bulan Syawal

Doa dan harapan di Bulan Syawal, harapan Ramadhan tahun depan, keistimewaan bulan Syawal, doa dan harapan di bulan Ramadhan, doa dan harapan bulan Syawal, apa saja keistimewaan bulan syawal, apa yang harus dipanjatkan di bulan syawal.

“Taqabalallahu Minna wa minkum, wa taqabbal yaa kariim," menjadi pembuka Doa dan harapan di Bulan Syawal nanti. Baru beberapa saat Ramadhan melangkah meninggalkan kita, seakan tidak terasa bahwa kita sudah tidak lagi menjalani ibadah di bulan penuh berkah tersebut, berganti dengan bulan baru, Syawal, bulan ke-10 tahun Hijriah. Apakah bulan Syawal juga memiliki keistimewaan seperti bulan Ramadhan? Lalu hal apa saja yang dapat dilakukan di bulan Syawal? Yuk simak ulasannya berikut.  

Lanjutkan Kebiasaan Baik 

Sebulan penuh kita menjalani ibadah di bulan Ramadhan, dengan penggemblengan jiwa dan raga, maka saat tiba bulan Syawal, menjadi langkah awal untuk melanjutkan kebiasaan baik. Sebab dengan pembiasaan akan terus berkesinambungan dilakukan pada bulan berikutnya. Misalnya, kita dapat terus sholat fardhu awal waktu, membaca Al-Quran, sholat sunnah, sodaqoh, dan melakukan puasa 6 di bulan Syawal.

Doa dan harapan di Bulan Syawal, harapan Ramadhan tahun depan, keistimewaan bulan Syawal, doa dan harapan di bulan Ramadhan, doa dan harapan bulan Syawal, apa saja keistimewaan bulan syawal, apa yang harus dipanjatkan di bulan syawal.

Waktu Melakukan Puasa Syawal 

Barangsiapa yang melaksanakan puasa Ramadhan, lalu berpuasa 6 hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh. (HR. Muslim). 

Tentunya kita sudah akrab dengan Sabda Rasulullah ﷺ di atas, menjadi keistimewaan untuk melakukan puasa 6 hari di bulan Syawal. Kita dapat melakukannya berurut-turut selama 6 hari, atau bisa dengan selang-seling yang penting berjumlah 6 hari di bulan Syawal. Hanya saja bila ternyata memiliki utang puasa Ramadhan, hendaknya untuk mengutamakan qadha puasa lebih dulu.  

[Baca Juga: Yakin, Sikat Gigi Saat Puasa Boleh?]

Doa dan harapan di Bulan Syawal, harapan Ramadhan tahun depan, keistimewaan bulan Syawal, doa dan harapan di bulan Ramadhan, doa dan harapan bulan Syawal, apa saja keistimewaan bulan syawal, apa yang harus dipanjatkan di bulan syawal.

Ceria dan Bersilaturrahmi

Keistimewaan bulan Syawal selanjutnya adalah menjadi bulan yang ceria dan bersilaturrahmi. Saat berkunjung atau menghubungi keluarga, kerabat, dan teman melalui sambungan telepon maupun virtual, kita dapat saling maaf-memaafkan, sehingga kebahagiaan hadir, karena sudah sama-sama terbebas dari ganjalan hati. Maka tak pelak, banyak yang memanfaatkan momen ini untuk saling membuka pintu maaf. Sebenarnya kan minta maaf bukan hanya pas lebaran Idul Fitri saja sih ya, hehe. Apapun itu kalau dipikirkan menjadi pembuka jalan juga, untuk menyambung lagi komunikasi yang mungkin sempat terputus. 

Doa dan harapan di Bulan Syawal, harapan Ramadhan tahun depan, keistimewaan bulan Syawal, doa dan harapan di bulan Ramadhan, doa dan harapan bulan Syawal, apa saja keistimewaan bulan syawal, apa yang harus dipanjatkan di bulan syawal.

Sebar Undangan Pernikahan

Kamu juga pasti familiar dengan kalimat, Kalau masuk bulan Syawal, banyak deh undangan kawinan, 😄

Tak dapat dipungkiri kalau di bulannya lebaran itu, menjadi keceriaan untuk menyelenggarakan walimatul urs. Walimatul berarti perkumpulan, sedangkan Urs berarti mempelai laki-laki dan perempuan. Jadi walimatul urs merupakan jamuan pernikahan kedua mempelai (sumber: dakwah.id)  

Loh kok bukan walimatul ursy pakai ya? Kata ursy berarti telinga. Masa ia jadinya perkumpulan telinga, heheh.. Ini seperti kata mahram dan muhrim kemarin ya, typo dalam penyebutan menjadikan salah pengertian. 

Nah, di bulan Syawal menjadi momen berkesan untuk mengadakan walimatul urs, karena terinspirasi dari kisah Nabi Muhammad ﷺ yang menikah dengan Aisyah r.a, putri Abu Bakar Ash-Shiddiq. Oleh karenanya dapat menjadi doa dan harapan di Bulan Syawal buat kamu, untuk menyelenggarakan pernikahan di waktu tersebut.  

Doa dan harapan di Bulan Syawal, harapan Ramadhan tahun depan, keistimewaan bulan Syawal, doa dan harapan di bulan Ramadhan, doa dan harapan bulan Syawal, apa saja keistimewaan bulan syawal, apa yang harus dipanjatkan di bulan syawal.

Harapan Setelah Bulan Syawal

Empat hal di atas dapat kita lakukan selama di bulan Syawal, sehingga bisa menambah pahala kebajikan tentunya. Selanjutnya, jangan lepas untuk bermunajat, agar setelah bulan Syawal dapat terus untuk istiqomah beribadah. Apalagi untuk doa terindah agar dapat berjumpa kembali bulan Ramadhan pada tahun berikutnya. Pastinya kan ya, ingin bersama dengan bulan ke-9 tahun Hijriah ini. 

trik konsisten setelah ramadhan, doa di bulan syawal, kiat agar konsisten ibadah pasca ramadhan

Oleh sebabnya, sebagai harapan Ramadhan tahun depan juga, semoga pandemi sudah selesai, dengan begitu dapat beribadah secara optimal tanpa muncul rasa khawatir akan virus covid-19. Yuk, tetap berpikiran positif dan semangat menggantungkan harapan kepada-NYA.

Komentar

Nurul bukanbocahbiasa mengatakan…
Mbaaa

Tau ga. Puasa apa.yg paling berat?
Menurut aku nih, PUASA SYAWAL 😆😆😆 aseliik berat bgt

Mana ga ada tmn sahur dan godaannya banyaakkk
Okti Li mengatakan…
Minal aidzin walfaidzin Mbak Fenny
Kami sekeluarga mohon maaf ya
Semoga pandemi ini segera berakhir. Biar kita bisa ketemu di bulan Ramadan tahun depan dengan kondisi lebih baik... Aamiin...
Keke Naima mengatakan…
Semoga setelah 1 bulan berpuasa, membuat kita semua menjadi lebih baik di 11 bulan ke depan. Bulan Syawal menjadi langkah awal . Aamiin
Maria G Soemitro mengatakan…
saya banget nih

paska Ramadan langsung puasa Syawal karena belum mau berpisah dengan khusyunya bulan suci :D

sekalian meneruskan minum banyak air putih yang di bulan bulan lain sering terlupa
Lia Yuliani mengatakan…
Mba Fenni ... Taqqobalallahu Minna Wa Minkum. Maaf lahir batin ya Mba Cantik. Moga semua harapannya tercapai termasuk sebar undangan eh ... aamiinkan saja ya hehe ...

Bener banget Bulan Syawal pun cukup banyak keutamaannya. Lanjutkan kebiasaan baik rutinin lagi tilawah, puasa 6 Hari di Bulan Syawal.
Mohon maaf lahir dan batin ya mba fen. Iya nggak kerasa udah beberapa hari ini kita meninggalkan bulan suci ramadhan. Kalau aku malah jadinya banyak bayar hutang puasa mba Fen karena kemarin aku cuma puasa 4 x huhuhu. Soalnya menyusui dan bayi masih ASI aja. Makanya mau siap-siap aku ganti nih. smga Allah msh ksih waktu untuk aku. Amin
Dee_Arif mengatakan…
ah iya y mbak
bulan syawal tetap harus semangat beribadah
dan tak lupa untuk selalu berdoa
semoga doa doa mbak fenni dikabulkan
deddyhuang.com mengatakan…
semoga selepas Ramadan dan lebaran punya kualitas yang lebih baik dari sisi spiritual dan hubungan antar sesama.
Annie Nugraha mengatakan…
Meskipun sudah 4 tahun ini puasa Ramadhan saya selalu full, saya selalu menyempatkan diri untuk ikutan puasa syawal sekaligus nemenin anak yang harus membayar hutan puasa Ramadan. Biasanya bisa sampe lebih dari 7hari.

Soal undangan nikahan tuh bener banget Fen hahaha. Mulai dari Syawal sampai menjelang Idul Adha, biasanya bererot nerima undangan. Tapi selama pandemi ini keliatannya tidak semua undangan akan saya hadiri. Khusus untuk yang sangat dekat aja. Itupun liat-liat dulu tempatnya.
Wahid Priyono,S.Pd. mengatakan…
Hallo kak Feni. Makasih infonya ya kak. Kemaren awal2 puasa karena sakit saya gak puasa beberapa hari. Berarti qodho puasa ramadhan dulu ya, oke deh siap...padahal sebenernya pengen puasa syawal juga...
Melalak Cantik mengatakan…
Sehabis bulan ramadhan pastinya kita tetap harus melanjutkan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat ya. Segala rutinitas baik harus terus dilanjutkan hingga syawal. Doa dan harapan baik semoga dikabulkan juga.
Irawati Hamid mengatakan…
Setelah lebaran ini, hampir setiap hari kami menerima undangan pernikahan. Di daerah kami, setelah lebaran memang menjadi waktu favorit untuk menikah, hehehe
Mporatne mengatakan…
Tingkatkan ibadah agar terus meningkat tidak hanya di bulan ramadan saja.