Review Seminar bersama IndonesiaX

Fenni Bungsu (Finance) - Assalamualaikum,

Hai...jumpa lagi bersama saya yang kali ini akan membahas tentang gabungan kata "online".

Online? Iya, pastinya kamu sudah akrab banget nih sama yang namanya belanja online, game online, kuliah online, transportasi online, asuransi online. Kalau kursus online, finansial online sudah pernah dengar juga kan?



Sekilas tentang IndonesiaX

Kursus online yang saya bahas di sini adalah IndonesiaX (nulisnya tanpa spasi yah). Sebagaimana yang saya kutip dari website resminya, IndonesiaX merupakan organisasi non-profit yang menawarkan platform Massive Open Online Course (disingkat MOOC) dari universitas dan institusi terbaik.

Artinya adalah, kursus ini terbuka untuk siapa saja, mau dimana tinggalnya boleh. Nggak mesti datang ke tempat kursus, yang penting pastikan punya koneksi internet. Yah iya lah, namanya aja online kudu punya data internet (ya kan...ya kan...). Kursus ini gratis loh buat kamu. Iya, materi bisa diunggah gratis juga videonya. 


Nah, tepat di tanggal 27 Februari 2017, IndonesiaX mengadakan seminar di Mercantile Athletic Club, WTC Building Lt.18 Jakarta Selatan dengan tema "Fintech: What and How to Embrace it". Ini seminar ketiga yang diadakan oleh IndonesiaX. Seminar sebelumnya diadakan pada tanggal 22 Agustus 2016 dan 29 November 2016.

Pada seminar ketiga ini, IndonesiaX mengundang Komunitas Bloggercrony untuk berpartisipasi. Alhamdulillah, saya yang tergabung menjadi anggota, berkesempatan mengikuti kegiatan positif tersebut.



Sekilas tentang Seminar

Tema yang diangkat itu, ada satu kata yang sebenarnya adalah gabungan dua kata, Fintech, yaitu Finansial Technologi. Apa sih artinya? Teknologi untuk finansial yang mana adalah layanan keuangan bisa disajikan secara online. 

Narasumber di acara seminar yaitu:
1. Acting Head of BI Fintech Office : Bapak Junanto Herdiawan
2. Senior Researcher Executive (Perwakilan OJK) : Bapak Hendrikus Passagi
3. Co Founder & CEO Investree : Bapak Adrian A. Gunadi
4. Presiden PT Midtrans : Bapak Ryu Kawano Suliawan
5. CEO Mandiri Capital Indonesia : Bapak Eddi Danusaputro

Host acara yaitu Ibu Lucyanna M. Pandjaitan dengan Moderator yaitu Bapak Tri Djoko Santoso. Keynote speech oleh Bapak Dr. Soegeng, Deputy Gubernur Bank Indonesia.


Sekitar pukul 9, acara dibuka oleh Ibu Lucy dan kami yang semua yang hadir di tempat sama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya lalu dilanjutkan Keynote Speech oleh Bapak Soegeng. Usai itu, penandatanganan kerjasama mitra baru dan sesi foto. 

Ibu Lucy memperkenalkan moderator dan acara pun dilanjutkan dengan panel diskusi bersama kelima narasumber lebih kurang satu setengah jam lamanya.



Menjelang pukul 12 siang, para peserta seminar dibagi menjadi tiga grup untuk mengikuti sesi workshop. Ada tentang Regulations, Peer to Peer Lending and Payment System, dan Venture Capital. Saya ikutnya yang Peer to Peer (soalnya pernah sedikit tahu tentang layanan finansial karena pernah jadi mantan, eh..curcol)


Sekitar pukul 12:30, workshop pun selesai. Kami diarahkan untuk menuju ruang makan siang sekaligus mengambil sertifikat dan goodie bag. Ini menandakan acara seminar yang saya ikuti berakhir. 


Wah, saya senang banget bisa ikutan di acara seminar ini. Terima kasih Bloggercrony dan IndonesiaX. Semoga besok-besok ada lagi yah, hehehe.

Sampai jumpa, tetap #SemangatCiee
Wassalamualaikum.

Artikel Terkait

Komentar

Posting Komentar

Maaf, untuk yang komentar dengan menyelipkan link maupun alamat web, saya hapus 🙏