#AyoHijrah bareng Bank Muamalat Sekarang Juga!


Fenni Bungsu (Finansial) -- Assalamualaikum semua, kembali hadir dengan saya di edisi kali ini membahas tentang suatu perubahan. Ya berubah ke arah yang lebih baik pasti diinginkan oleh setiap orang, misalnya yang tadinya hanya menggunakan sepatu saja, kini bisa ditambah dengan kaus kaki. Selain lebih tertutup, ternyata menjadi lebih nyaman karena kulit tidak terkena langsung angin dan debu yang berterbangan. Seperti halnya itu pula kita dapat berubah dengan #AyoHijrah bareng Bank Muamalat Indonesia. Kok bisa? Simak ulasan berikut ini.


Berubah dan pindah seringkali dikaitkan dengan makna hijrah. Berubah dalam artian menjadi lebih baik dari sebelumnya, dimana misalnya semula adalah orang yang malas beribadah berubah menjadi lebih rajin atau bila semula lebih senang menghabiskan harta dengan berfoya-foya atau kalap membelanjakan ke arah yang kurang bermanfaat, kini menjadi rajin bersedekah dan menginfakkan di jalan-NYA. Begitupula dengan hal pindah, misalnya tadinya berada di lingkungan yang kurang bersahabat lalu berpindah tempat ke lingkungan yang lebih menenangkan.


Hal di atas juga mendasari saya untuk memanfaatkan momen #AyoHijrah selagi nafas masih berhembus, yaitu dengan mengupayakan blog menjadi ladang dakwah. Artinya adalah saya sebagai nara blog (blogger) tidak hanya sekadar menuliskan sesuatu yang menghibur saja, melainkan disertai pula dengan memberikan manfaat kepada orang banyak. Sebab, bukankah tulisan yang telah kita tulis merupakan perbuatan yang juga akan dimintai pertanggungjawabannya kelak?

Sebagaimana Firman Allah Subhanahu Wataala dalam Surat Al Muddatstsir ayat 38: Setiap orang bertanggungjawab atas apa yang telah dilakukannya.



Image by pixabay

Tak disangka prinsip #AyoHijrah saya tersebut sejalan pula dengan #AyoHijrah yang diusung oleh Bank Muamalat Indonesia. Bank yang menggunakan prinsip syariah ini telah berdiri semenjak tahun 1992 lalu dan belum lama ini juga mengampanyekan Ayo Hijrah dalam urusan keuangan agar hidup ini lebih berkah dan tenang karena sesuai dengan ketentuan islami, sebab tak dapat dipungkiri bahwa perbankan memang identik dengan bunga. Dan bunga sendiri yang terkait erat dengan riba, dan riba pun amat dilarang oleh agama manapun. 


Dalam islam disampaikan melalui firman Allah Subhanahu Wataala surat Ali-Imran ayat 130, yaitu Wahai orang-orang yang beriman Janganlah kamu memakan riba dengan berlipat ganda dan bertakwalah kepada Allah agar kamu beruntung.



Maka dari itulah, kampanye #AyoHijrah ini dapat memberikan kesempatan kepada kita untuk dapat berubah lebih baik lagi dalam urusan keuangan melalui layanan produk pilihan dari Bank Muamalat seperti Tabungan iB Hijrah, Deposito iB Hijrah, Tabungan iB Hijrah Haji dan Umrah, Tabungan iB Hijrah Rencana, Tabungan iB Hijrah Prima, Tabungan iB Hijrah Prima Berhadiah, dan Giro iB Hijrah. 

Image by pixabay


Kamu perlu tahu juga nih, akad yang digunakan oleh Bank Muamalat Indonesia yaitu:

  • Akad Wadiah untuk produk giro
  • Akad Murabahah untuk produk tabungan
  • Kamu yang ingin ambil KPR terdapat dua pilihan akad yaitu murabahah dan musyarakah mutanaqisah (kerjasama sewa)
  • Buat yang ingin punya modal usaha atau kerja terdapat tiga pilihan akad yaitu murabahah, musyarakah, dan mudharabah.


Nah, mengapa mesti ke Bank Muamalat sih? 
Alasannya adalah jaringan ATM dan kantor cabangnya tersebar alias nggak susah mencarinya. Ini pernah menjadi pengalaman saya tatkala berbelanja pakaian lewat toko online. Hmm, cukup unik saat itu, karena penjualnya hanya punya dua akun bank, yang satu adalah konvensional dan yang satu lagi adalah Bank Muamalat. Saya pun nggak punya kedua akun bank tersebut, dan mantap saja pilih Bank Muamalat. Tidak ada kesulitan meski saya belum memiliki akun bank yang memiliki visi "The Best Islamic Bank and Top 10 Bank in Indonesia with Strong Regional Presence" ini.

Image by Bank Muamalat Indonesia



Selain pengalaman saya itu Bank Muamalat ini tidak memiliki induk dari bank lain, maka murni syariahnya tentu sangat kental.  Nah melalui semangat #AyoHijrah bersama Bank Muamalat  Indonesia kita dapat melangkah dengan pasti karena hidup ini bukanlah saat ini saja dan pilihan menjadi baik ada di tangan kita. Semoga tulisan ini bermanfaat, dan wassalamualaikum

Artikel Terkait

Komentar

  1. Wuah kereeeen mba Fen, jadi makin semangat buat ng-blog nya yah. Dan ketika kita menulis untuk memberikan manfaat, sebenarnya kita ga perlu mengharapkan imbalan apa-apa ya

    BalasHapus
  2. Wah. Bener sekali, harus hijrah ke yang lebih baik termasuk memilih bank.

    BalasHapus
  3. Enak skrng nabung jd terasa lebih aman jiwa dan raga ya mbak. Sistemnya udh syariah jd ngak perlu khawatir.

    BalasHapus
  4. Muamalat ini bank pertama yang mendeklarasikan syariah ya, yang kian lama produknya makin beragam. Tinggal dipelajari produk dan akadnya agar hijrah ke yang lebih tepat

    BalasHapus
  5. Bank Muamalat ini yang pertama kali bank syariah ya. Semoga eksis terus, setelah sekian tahun berhasil membuktikan bank syariah bisa bertahan

    BalasHapus
  6. alhamdulillah, aku dah lama jadi nasabah muamalat dan menikmati fasilitas perbankannya :)
    simpan uang bikin tenang dan transaksi pun mudah dilakukan

    BalasHapus
  7. Kalau untuk bank Syariah, Bank Muamalat memang leadernya di Indonesia. Hijrah memang sebaiknya menyeluruh, ya. Termasuk ketika memilih bank

    BalasHapus
  8. Kalau sudah bank syariah, maka semuanya akan lebih adem, karena sesuai dengan syariat Islam ya, Mbak. Dan Bank Muamalat ini salah satu pelopor bank syariah di Indonesia.

    BalasHapus
  9. Eh ini yang dilombakan itu kan ya? Wah ulasannya komplit. Banyak ilmu dan pelajaran bisa saya ambil. Semoga berhasil ya Mbak.
    Btw ini kolom komentar kembali hanya Gugel saja ya? Ga ada pilihan nama/url?

    BalasHapus
  10. Senang banget sudah ada pilihan bank sesuai syriah seperti Bnak Muamalat ini...Program #AyoHijrah ini menarik sekali dan ternyata banyak pilihan ya...

    BalasHapus
  11. Bank syariah bernuansa ungu banyak juga program yg di usung melalui #AyoHijrah
    Akadnya juga variatif

    BalasHapus
  12. Insya Allah, menabung dan berinvestasi semakin tenang di Bank Muamalat ya Mba, produk syari'ahnya murni apalagi karena Muamalat adalah Bank Syari'ah pertama di Indonesia dan tentunya menjadi Pelopor.

    BalasHapus
  13. Pernah punya akun bank muamalat waktu bank ini baru pertama kali muncul di Indonesia. Bertahan nabung hanya 6 bulan, karena waktu itu agak sulit nyari ATM-nya. Berarti klo mau nabung lagi di bank Muamalat kudu buka baru ya Mbak ?

    BalasHapus
  14. Aku nih sudah lama sekali ingin hijrah ke Bank Muamalat untuk urusan transaksi perbankan tapi belum sempat ke banknya. Padahal bisa sekalian keluar rumah kalau lagi ada acara. Dan banyak juga beberapa teman yang sudah menggunakan tabungan dari bank Muamalat.

    BalasHapus
  15. sayang banget bank muamalat ini belum banyak atmnya di Indonesia yaaa, kl aku berhijrahnya mencari pasangan halal deh kaaak, eeeh

    BalasHapus
  16. Aku jadi nasabah di bank muamalat sejak masih SMA. Setiap muslim memang harus berhijrah ya dari gelap ke terang.

    BalasHapus
  17. dari dulu pingin buka rekening di bank Muamalat, tapi sampai sekarang masih belum aja. Semoga dalam waktu dekat bisa hijrah

    BalasHapus

Posting Komentar

Salam SemangatCiee, bertamulah yang santun, sebagaimana kamu datang berkunjung ke rumah sahabatmušŸ™

Postingan populer dari blog ini

The Mask Singer Indonesia 27 Desember

Resensi Buku: The Autobiography of Valentino Rossi

Review Wardah C-Defense Sleeping Mask

Juara The Mask Singer Indonesia Season 2

Juara The Cuts Indonesia