Langsung ke konten utama

Hal Mudah Mengisi Waktu Selama Ramadhan

Fenni Bungsu (Religi) – Eh kita jumpa lagi nih di blog nan #KetjeCiee ini. Bagaimana hari-harimu menjalani ibadah di 25 hari yang lalu? Senang dong pastinya, tidak merasa ada beban atau tanggungan. Sebab kegiatan positif yang dilakukan di bulan penuh berkah ini pasti akan memberikan manfaat luar biasa, baik kepada orang lain maupun untuk diri sendiri. 

Untuk itulah banyak orang berlomba-lomba mengisi waktu selama ramadhan dengan beragam kegiatan bermanfaat. Di sini, saya akan mengulas kegiatan yang paling mudah dan bisa kamu coba di luar solat dan mengaji Al Quran ya – Soalnya ini kan udah pasti kamu ketahui, hihi.


hal mudah mengisi waktu selama ramadhan, apa saja kegiatan selama ramadhan, cara mengisi waktu ketika ramadhan,

Menulis Artikel Bermanfaat 


Berbagi kepada sesama yang membutuhkan tidak hanya dalam bentuk uang ataupun barang saja. Kita dapat mengisi waktu selama Ramadhan dengan menulis artikel bermanfaat dari ragam bidang karena dicari banyak orang, contohnya seperti:

hal mudah mengisi waktu selama ramadhan, apa saja kegiatan selama ramadhan, cara mengisi waktu ketika ramadhan,

Beri Dukungan Melalui Media Sosial


Peran media sosial seperti melalui facebook maupun twitter bisa kamu jadikan ladang manfaat guna mengisi waktu selama Ramadhan. Kamu bisa membuat update status yang membuat para pembaca (baca: followers) menjadi bersemangat untuk beribadah di bulan Ramadhan, misalnya:
“Siang hari memang panas, tapi jangan membuat patah arang puasanya. Ademkan dengan berzikir dan selalu #SemangatCiee guys!” 
hal mudah mengisi waktu selama ramadhan, apa saja kegiatan selama ramadhan, cara mengisi waktu ketika ramadhan,


Namun begitu tetap bijak dengan media sosial yah, jangan kebablasan. Alias yang tadi awalnya ingin memberikan dukungan dalam rangka mengisi waktu selama Ramadhan, eh jadinya malah dipantengin itu hape, bolak balik lihat medsos, “Udah berapa nih yang like – komentar – share – retweet. Eh, eh enggagment-nya udah sekian belum yah, bla..bla..bla..” Jadi tetap tenang, kelola hati dan jiwa. Jangan biarkan niat baikmu berubah hanya dalam sepersekian detik godaan dunia yang datang. Baiklah sekian dulu ya.

Komentar

Tira Soekardi mengatakan…
banyak hal positif yang bisa kita kerjakan ya
Sam Leinad mengatakan…
Di bulan puasa kemarin, saya perhatikan banyak teman2 yg malah lebih produktif dalam menulis di blog. Tentu ini sangat bermanfaat
Arni mengatakan…
Banyak hal positif yang bisa kita lakukan sembari puasa ya
Biar gak bosan dan terus meratapi waktu berbuka yang masih lama hahaha
Catcilku mengatakan…
Wah, komentarnya unknown barusan :). Saya ulang saja ya mbak.
Alhamdulillah masih bisa buat postingan walau cuma 1, itu pun jelang lebaran :)
unggulcenter mengatakan…
paling enak memang nulis artikel.. ga kerasa waktu berlalu haha.. tiba2 pegal2 en sudah mau magrib :D :D
Sapa Dunia mengatakan…
Ramadan lalu, sya ikut tantangan dari Kompasiana, menulis selama 33 hari non syop dg tema ditentukan.
Lumayan hehehhe, sempat kecapekan, tapi tanggung kalau nggak dikelarin.
Satto Raji mengatakan…
Jangan sampai keenakan main sosmed, malah lupa ibadah.

Tapi main sosial media itu memang sangat membuang waktu sekaalleeehhh
Dita Indrihapsari mengatakan…
Nah, iya kadang suka kebablasan liat socmed. Hahaha... Mestinya waktu main socmed yang kebablasan bisa dipakai buat hal lain. Dan sekarang udah nggak mikirin lagi angka-angka di socmed. Santayyy... :D
METAMORPHOSIS mengatakan…
bermain medsos bisa positif juga, salah satunya untuk berbagi info dan dapet kerjaan :D
Marga Apsari mengatakan…
Dulu aku tipe yang habis posting merhatiin HP terus buat cek engagement. Makin ke sini makin yaudahlah hahaha. Main santai aja, yang penting main medsos tetap happy & bermanfaat~
Ramadan kemarin aku juga mengisi waktu dengan buat konten, foto produk membantu beberapa teman yang sedang bikin usaha barunya. Kalau sosmed yang update kayaknya instagram doang dan itu pun juga gak setiap hari kayaknya.
Nurul Dwi Larasati mengatakan…
Selama Ramadan kemarin aku manfaatin waktu dengan ibadah dan beberapa kali bukber. Alhamdulillah bisa bukber dengan keluarga dan teman-teman.
Monica Anggen mengatakan…
Boleh juga nih ide pengisi waktu luang dengan menulis artikel bermanfaat. Apalagi menulis katanya salah satu cara terbaik untuk melegakan hati, bebas stres dan sebagai hibutan ya
Anisah mengatakan…
Wah bener juga nih, gak puasa juga harus bijak bersosial media, ah jadi berasa ketampar nih, aku, sering heboh sendiri mikirin engagement dan rate, hehe.
Tika Samosir mengatakan…
Karena pas puasa dan libur lebaran terlalu panjang bikin hari-hari terasa bosan ya. Kalau aku sih lebih banyak lihat-lihat media sosial.