Yakin Sikat Gigi Saat Puasa Boleh?



Fenni Bungsu (Kesehatan) – Hai, hai, semua. Telah tiba di hari kesembilan puasa Ramadhan, sudah pada berwisata takjil dan safari Ramadhan kemana saja nih? Atau ada yang malah tetap menikmati suasana bulan penuh berkah ini di rumah saja. Hendak ke mana maupun di mana safari Ramadhannya, yang utama adalah tetap puasa dan solat ya. Nggak keren dong, perginya sih ke tempat yang baru tapi ternyata nggak sanggup puasa dan solat karena alasan capek di jalan, ya kan.. kan. Bagaimana bila diminta untuk sikat gigi dulu sebelum solat? Tapi gimana kalau lagi pas puasa? Yakin Sikat Gigi Saat Puasa Boleh?


bolehkah sikat gigi saat puasa, apa hukum sikat gigi saat puasa, puasa batal karena sikat gigi, batalkah puasa karena sikat gigi, hal yang membatalkan puasa, apa saja yang membatalkan puasa, apa saja yang membatalkan solat, cara puasa, syarat sah puasa


Sebagaimana kita ketahui bahwa Puasa di bulan Ramadhan dan Solat 5 waktu merupakan hal yang wajib kita lakukan, karena dua hal tersebut bagian dari Rukun Islam. Pada pengertiannya pun puasa adalah menahan diri dari hal-hal yang membatalkan semenjak terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Dalam keadaan berpuasa tersebut tentu dilakukan pula 5 solat fardhu dan solat sunah, dimana ada yang menyertainya dengan menyikat giginya sebelum menunaikan solat. Kegiatan tersebut kerap menimbulkan pertanyaan apakah Sikat Gigi Saat Puasa dapat membuat batal?


Anjuran menyikat gigi terdapat pada Hadits Rasulullah
“Andaikan tidak memberatkan umatku, niscaya perintahkan mereka untuk bersiwak (gosok gigi) hendak shalat.”(HR Bukhari, No 887)


Nah dari sini, bila dikembalikan pada kebiasaan kita saat menyikat apakah ada yang menelannya atau tidak. Soalnya saya ada punya teman yang suka iseng menelan ketika menyikat gigi. Nggak mengerti sih manfaatnya apa, karena nggak saya tanyakan juga alasannya, hahah. Bila tidak menelan tentu Sikat Gigi Saat Puasa tidak akan membatalkan puasa. Namun bila menelannya, otomatis membatalkan puasa. 

bolehkah sikat gigi saat puasa, apa hukum sikat gigi saat puasa, puasa batal karena sikat gigi, batalkah puasa karena sikat gigi, hal yang membatalkan puasa, apa saja yang membatalkan puasa, apa saja yang membatalkan solat, cara puasa, syarat sah puasa
ilustrasi dari pixabay


Bila kita bisa berhati-hati baik saat menyikat gigi dan berkumur-kumur, maka Sikat Gigi Saat Puasa tidak akan membuat puasa batal. Jadi, jangan khawatir dan harus selalu tenang. Sebab ketenangan membawa ketenteraman batin sehingga apa yang dikerjakan menjadi teratur dan baik. Sampai jumpa di edisi selanjutnya, tetap #SemangatCiee.






Artikel Terkait

Komentar

  1. Aku sih lebih memilih tidak sikat gigi di siang hari. Berkumur aja. Cukup sikat gigi dilakukan saat abis sahur dan sebelum bobo. Soalnya kalo pake odol di siang hari, mulut udahnya berasa manis. Dan kalo gak pake odol malah suka jadi gusi berdarah. Takut batal deh

    BalasHapus
  2. Akh hati hati banget ya kalau sikat gigi pas puasa sayang kalau ketelan hahaha...aku sikat gigi pas mau jalan taraweh dan sebelum subuh. Aman buatku. Selebihnya adalah berkumur saat sholat

    BalasHapus
  3. Wah ini tampilan komentarnya berubah ya? Gak biasa ini. Sih tuh jadi salah fokus deh. Tadi mau komentarin artikel sikat gigi ini jadi komentar soal kolom komentar hehehe

    BalasHapus
  4. Saya sih saat siang hari memilih tidak sikat gigi. Saya lebih memilih sikat gigi saat buka dan habis sahur aja.

    BalasHapus
  5. tentu boleh loh mba tapi mang ga setiap saat, hanya pas mandi jadi mulut bisa lebih segar dan menghilangkan kuman

    BalasHapus
  6. aku kalau mau berangkat kerja pasti sikat gigi. Mau puasa pun sikat gigi. Ya kita yang rasakan ditelan apa ngga. Aku merasa ga pernah nelan apapun. Kalau ga sengaja, kan memang yang membatalkan adalah yang sengaja. Yakin aja. Sampe skrg masih sikat gigi tiap pagi sebelum berangkat kerja walaupun bulan puasa.

    BalasHapus
  7. Aku sikat gigi menjelang tidur sama sesudah makan sahur, niatnya ya bersihkan gigi setelah makan aja sih

    BalasHapus
  8. Saya jg lbh memilih engga gosok gigi siang2 sih...tp kalau kwpaksa juga ekstra Hati2

    BalasHapus
  9. Habis sahur aku pasti sikat Gigi, dan setelah berbuka, 😍 kalao siang Hari sikat Gigi pas puasa khawatir syubhat

    BalasHapus
  10. Pas puasa diriku malah makin sering sikat gigi. Biar mulut gak pahit

    BalasHapus
  11. Jadi boleh ya mba sikat gigi saat puasa.. mitos banget yang aku denger kalo puasa ngga boleh gosok gigi.. bersiwak saat jaman rasulullah saja ketika hendak shalat.. yang membatalkan puasa itu makan dan minum ya mba.. semoga niat baik hasilnya juga baik ya mba.. selamat berpuasa

    BalasHapus
  12. Jadwal sikat gigi tetap sama siy kalau saya...saat mandi pagi-sore dan sebelum tidur. Kalau abis saur paling kumur2 aja.

    BalasHapus
  13. Nah, ini. Jadi boleh ya puasa sikat gigi. Kemarenan masih abu-abu soal ini. Biasanya liat sikon dulu kalau mau sikat gigi, misalnya klo ada acara keluar, gosok gigi..

    BalasHapus
  14. Aku juga sependapat. Sikat gigi saat puasa diperbolehkan asal gak ditelan ya air aja atau odolnya. Hehehe.

    BalasHapus

Posting Komentar

Salam SemangatCiee, bertamulah yang santun, sebagaimana kamu datang berkunjung ke rumah sahabatmu🙏

Postingan populer dari blog ini

Review Wardah C-Defense Sleeping Mask

Resensi Buku: The Autobiography of Valentino Rossi

Review Wardah Lightening Micellar Gentle Wash

Perbedaan Wardah Lightening Loose Powder dan Everyday Luminous Face Powder

Review Wardah Lightening Day Niacinamide (Kemasan Baru)