Langsung ke konten utama

7 Fakta Menarik Gelaran MotoGP 2020

 Juara moto GP, daftar juara moto gp, juara motogp 2020, tuan rumah moto gp 2021, juara motogp 2021, jadwal motogp 2021, jadwal motogp terbaru, GP Spanyol, Sirkuit Jerez, GP San Marino, Misano World Circuit Marco Simoncelli, sirkuit mandalika Indonesia, motogp Indonesia, GP Teruel, Ciudad del Motor de Aragon, Sirkuit Internasional Algarve,

7 Fakta Menarik Gelaran MotoGP 2020 memang asik untuk dikupas. Apalagi sudah lama juga nih saya tidak mengisi kanal olahraga otomotif ini, hehe. Meski gelaran MotoGP musim 2020 telah berakhir, tapi ada sesuatu hal nih, makanya saya ingin mengulas apa saja sih fakta menariknya olahraga dengan tunggangan besi dua roda tersebut, langsung kita simak ya: 

Diadakan Mulai 19 Juli 2020

Pandemi global yang menapaki puncaknya semenjak bulan Maret 2020 lalu, menjadikan gelaran olahraga mundur bahkan ada yang sementara ditiadakan dari jadwal semestinya. Kalau untuk sepakbolanya, seharusnya tahun ini memasuki Piala Eropa ya. Sedangkan untuk MotoGP baru bisa digelar untuk pertama kalinya pada tanggal 19 Juli 2020.

Hanya 14 Seri Balapan

Pada musim-musim sebelumnya, gelaran MotoGP diadakan sebanyak 18 seri. Khusus di tahun 2020 ini, hanya 14 seri balapan yang diertandingkan yaitu: 

  1. 19 Juli 2020: GP Spanyol, Sirkuit Jerez (Spanyol) 
  2. 26 Juli 2020: GP Andalusia, Sirkuit Jerez (Spanyol) 
  3. 9 Agustus 2020: GP Ceko, Sirkuit Automotodrom Brno (Ceko) 
  4. 16 Agustus 2020: GP Austria, Sirkuit Red Bull Ring (Austria) 
  5. 23 Agustus 2020: GP Styria, Sirkuit Red Bull Ring (Austria) 
  6. 13 September 2020: GP San Marino, Misano World Circuit Marco Simoncelli (Italia)  
  7. 20 September 2020: GP Emilia Romagna, Misano World Circuit Marco Simoncelli (Italia)
  8. 27 September 2020: GP Catalan, Sirkuit Catalunya (Spanyol) 
  9. 11 Oktober 2020: GP Perancis, Bugatti Citcuit (Perancis) 
  10. 18 Oktober 2020: GP Aragon, Ciudad del Motor de Aragon (Spanyol) 
  11. 25 Oktober 2020: GP Teruel, Ciudad del Motor de Aragon (Spanyol) 
  12. 8 November 2020: GP Eropa, Circuit Ricardo Tormo (Spanyol) 
  13. 15 November 2020: GP Valencia, Circuit Ricardo Tormo (Spanyol) 
  14. 22 November 2020: GP Portugal, Sirkuit Internasional Algarve (Portugal)

 

sumber gambar: Wikipedia

Kembalinya Portugal Menjadi Tuan Rumah MotoGP 

Kalau kamu ingat sirkuit Estoril, maka kenangan akan sirkuit di Portugal tersebut langsung melintas karena memang sudah lama juga Portugal tidak menjadi tuan rumah MotoGP, semenjak tahun 2012 lalu. Dengan kembalinya Portugal menggelar balapan di seri pamungkas tersebut di Sirkuit Internasional Algarve, akan menjadi momen cantik yang tidak akan terlupakan.

[Baca Juga: Perjalanan Tim Thomas Cup Indonesia 2022]


Juara moto GP, daftar juara moto gp, juara motogp 2020, tuan rumah moto gp 2021, juara motogp 2021, jadwal motogp 2021, jadwal motogp terbaru, GP Spanyol, Sirkuit Jerez, GP San Marino, Misano World Circuit Marco Simoncelli, sirkuit mandalika Indonesia, motogp Indonesia, GP Teruel, Ciudad del Motor de Aragon, Sirkuit Internasional Algarve,

Absennya Juara Dunia MotoGP 2019

Dilansir dari laman sport.tempo.co, Juara Dunia MotoGP 2019 Marc Marquez gagal meraih podium di musim awal balapan 2020 ini. Pasalnya cedera parah pada tulang lengan atas kanan yang dialaminya saat terjatuh di balapan perdana GP Spanyol. Oleh karena itu hingga seri ke-14 digelar mengantarkan The Baby Alien untuk absen balapan musim ini

Juara moto GP, daftar juara moto gp, juara motogp 2020, tuan rumah moto gp 2021, juara motogp 2021, jadwal motogp 2021, jadwal motogp terbaru, GP Spanyol, Sirkuit Jerez, GP San Marino, Misano World Circuit Marco Simoncelli, sirkuit mandalika Indonesia, motogp Indonesia, GP Teruel, Ciudad del Motor de Aragon, Sirkuit Internasional Algarve, 

Gagal Podium untuk Legenda Hidup MotoGP

Siapa yang tidak kenal Legenda Hidup MotoGP, Valentino Rossi. Rider dengan nomor 46 ini terpaksa untuk absen 2 seri karena virus covid-19 yang dialaminya. Pembalap asal Italia ini pun menjalani isolasi mandiri. Pada awal November, Rossi sempat dinyatakan pulih. Saat tes terakhir dilakukan pada minggu kedua, Valentino Rossi kembali positif covid-19.

Meski sepanjang musim 2020 ini Rossi gagal podium, namun semangatnya untuk menyelesaikan gelaran MotoGP dua seri terakhir yaitu di Valencia dan Portugal. Di seri terakhir tersebut sekaligus sebagai perpisahan terakhir rider dengan julukan The Doctor ini dengan pabrikan utama Yamaha, karena berpindah ke Petronas Yamaha SRT tim satelit.

 [Baca Juga: Seperti Apa Sih Drama dalam Olahraga]

 

3 Kali Rider Spanyol Sapu Bersih Podium

Usai menyentuh garis finis, para rider yang memenangi balapan akan naik ke podium satu, dua, dan tiga. Siapa nyana di musim 2020 ini, sebanyak 3 kali rider asal Spanyol menyapu bersih podium satu, dua, dan tiga, yaitu:

  • GP Emilia Romagna : Maverick Vinales, Joan Mir, P Espargaro
  • GP Aragon : Alex Rins, Alex Marquez, Joan Mir
  • GP Eropa : Joan Mir, Alex Rins, P Espargaro

Juara moto GP, daftar juara moto gp, juara motogp 2020, tuan rumah moto gp 2021, juara motogp 2021, jadwal motogp 2021, jadwal motogp terbaru, GP Spanyol, Sirkuit Jerez, GP San Marino, Misano World Circuit Marco Simoncelli, sirkuit mandalika Indonesia, motogp Indonesia, GP Teruel, Ciudad del Motor de Aragon, Sirkuit Internasional Algarve,

Kembali, Rider Spanyol Juara Dunia MotoGP 2020

Meski di GP Portugal, Joan Mir hanya finis di urutan ke 2, namun gelar juara dunia MotoGP 2020 telah disandangnya pasca GP Valencia digelar. Joan Mir yang merupakan rider asal Spanyol ini mengokohkan Spanyol dengan torehan 9 kali ridernya berturut-turut menjuarai MotoGP, dimulai dari:

  • Tahun 2012: Spanyol, Jorge Lorenzo (Yamaha)
  • Tahun 2013: Spanyol, Marc Marquez (Honda)
  • Tahun 2014: Spanyol, Marc Marquez (Honda)
  • Tahun 2015: Spanyol, Jorge Lorenzo (Yamaha)
  • Tahun 2016: Spanyol, Marc Marquez (Honda)
  • Tahun 2017: Spanyol, Marc Marquez (Honda)
  • Tahun 2018: Spanyol, Marc Marquez (Honda)
  • Tahun 2019: Spanyol, Marc Marquez (Honda)
  • Tahun 2020: Spanyol, Joan Mir (Suzuki)

[Baca Juga: 5 Kiper Sepakbola yang Ter- di tahun 2000-2010

 

Dari 7 Fakta Menarik Gelaran MotoGP 2020 ini, dapat diketahui bahwa MotoGP musim ini digelar di Negara-negara Eropa karena lebih memungkinkan mengingat kondisi pandemi yang belum kondusif dan jarak di berbagai wilayah. Semoga di musim 2021, gelaran MotoGP akan semakin menarik lagi, dan hmm, akankah muncul juara dunia baru atau… ah kita saksikan saja tahun depan ya gaess, sampai jumpa. Tetap #SemangatCiee dan lakukan 3M.

Komentar

Didik Purwanto mengatakan…
Kapan ya kontingen kita bisa masuk MotoGP. Semua didominasi orang luar nih. Semoga suatu saat nanti ada orang kita di sana. Mengharumkan nama bangsa.
wah sayang banget marc marquez gak bisa ikutan tahun ini ya mbak. padahal doi, kesukaan suami.
Dessy Achieriny mengatakan…
Aku awam banget sama info MotoGP, beda hal sama suami, ini tontonan wajib dia... 😁
Raja Lubis mengatakan…
Kayaknya Spanyol tahun depan juara lagi deh. Tapi ya semoga ada juara baru dari negara lain ya.
Jasmi Bakri mengatakan…
Iya nih, karna Pandemi jadi pada mundur semua yak. Olimpiade Tokyo juga diundur yak. Spanyol juara terus ini, jadi gemes deh!!!
BujangAdau mengatakan…
Wahh Moto GP. Kesukaan ku nih, aku paling suka kalau ridernya Honda tapi hehe
Dede Ariyanto mengatakan…
Sayang banget yah kalo Valentino Rossi absen dua seri karena kena virus Covid-19. 😭
Tukang Jalan Jajan mengatakan…
banya kejutan di 2020 ini ya dibalapan moto GP. banyak yang ngga berjalan mulus. Dan meanriknya lagi tim suzuki berada di Podium. keren sekali
efo.teo mengatakan…
Ku mengikuti banget nih motogp tahun ini. nga tau kenapa, jadi suka wkwkw

tapi rossi ya ampon, kenapa tida pensiun saja beliau ya :'
chairina bawazir mengatakan…
Paling seru menurut ku kalau valentina rossi sama mark main. Sayang banget gak bisa ikutan. Aku pikir kalau orang udah kena covid 1x gak bakal kenal lagi. Ternyata salah juga.
Inova Melisa mengatakan…
Valentino Rossi mantul ya kak, semoga beliau lekas sembuh dan bisa kembali berkarya ^^
Ciani Limaran mengatakan…
Aku kok ngeri ya setiap liat MotoGP, bukannya menikmati malah jantungan sendiri, hhaa. ga apa2 lah, baca beritanya aja tanpa harus nonton.
Han mengatakan…
Lama bangettt ya ngga nonton MOTOGP. Dulu ntnnya sambil geregetan. Kesukaan bapaknya anak2 nihh
Rizka Edmanda mengatakan…
Papaku ngikutin banget nih motoGP, sampe pengen nonton langsung katanya
Diah Woro Susanti mengatakan…
Aku tadinya ga paham sama MotoGP, gegara suamiku suka nonton jadi jiwa balapanku ikut deg degan dan akhirnya jadi keranjingan juga nonton haha
Susi Susindra mengatakan…
Hmm... ternyata tetap diadakan , ya, event balapan ini.
Saya baru tahu, padahal biasanya suami nonton. Jangan-jangan ia tidak tahu, tapi itu muskil banget dah. Suami hobi berat MotoGP.
Shyntako mengatakan…
Huhuu pandemi pun ternyata berdampak yaa ke motogp, rossi aja kena yaa kemarin
Lidya Fitrian mengatakan…
Jaman aku belum nika ini gak terlewat nonton MotoGP tapi sekarang ini udah gak ngerti banget mbak, paling beberapa aja aku baca infonya.
Kalau Rossi sih aku tau banget :)
Munasyaroh Fadhilah mengatakan…
Saya baru tau, Di masa pandemi ternyata MOTO GP masih digelar, beda dengan turnamen lain yang semuanya vakum.
Rudi G. Aswan mengatakan…
Aku ga terlalu ngikutin MotoGP, habis kalau nonton pala pusing kayaknya muter-muter aja motornya hehe. Tapi penasaran juga sih entah kalau nonton langsung di sirkuitnya bakalan asyik. Terutama mupeng Catalunya, Spanyol. Nama-nama yang kutahu selain Rossi cuma Lorenzo sama Marques. Sisanya blank. Semoga The Doctor segera balik lagi ya, legenda banget dia.
Para jawaranya absen semua ya mbak. Bisa jadi peluang besar buat yang lain nih.
Yuni Bint Saniro mengatakan…
Anyway, saya suka ngeri melihat motoGp. Dulu waktu ngekos, teman-teman pada suka dan saya suka intip-intip doang. Hehehe...
Andrew Pradana mengatakan…
Selain karena pandemi yang tak kunjung usai, absenya Marquez membuat saya males nonton mba. Dan ntah kenapa jadi kebiasaan ga ada nonton. Sama kaya liga inggris. Saya inginya sih taun depan Mandalika sudah bisa digunakan kwkww
Okti Li mengatakan…
Seru nih informasinya. Beneran saya malah baru tahu kalau Rossi kena covid-19 dua kali di musim balapan tahun ini.
admin/ hani mengatakan…
Mandalika di pulau Lombok belum jadi? Konon lagi disiapkan sirkuitnya...

Semoga sehat² semua deh...
Pringadi mengatakan…
tiap lihat tulisan blogger tentang motoGP
ada dua hal yang kuingat, pertama kak yayat
kedua kebohongan kalau mandalika siap tahun depan
sampe sembarangan menerjemahkan mandalika bebas menentukan kapan menggelar
padahal aslinya disurati, mandalika cadangan doang dan sudah ada dua saingan yg lebih kuat di cadangan
rella mengatakan…
Waaahh aku seneng nonton MotoGP nih, jagoanku Marc Marquez. Tahun ini agak kurang semangat memang karena absennya juara-juara, kaya nggak greget gitu. Semoga tahun depan kembali semarak lagiii...
andyhardiyanti mengatakan…
Udah lama banget gak nonton MotoGP ini. Di luar udah pada heboh sama pembangunan sirkuit Mandalika, saya di sini malah gak begitu tahu sama progresnya. wkwkwk. Dasar saya~
Fenni Bungsu mengatakan…
Tenang mbak, tulisan saya ini pun juga nggak menceritakan tentang progresnya 😂
Fenni Bungsu mengatakan…
aamiin.. Daku pun berharap demikian
Fenni Bungsu mengatakan…
Hmm, mas nya curhat 😁.. Yang penting semoga pandemi lekas berakhir sehingga gelaran MotoGP tahun depan bisa kembali normal 😊
Fenni Bungsu mengatakan…
Yang penting sehat-sehat ya semua
Fenni Bungsu mengatakan…
Daku tahu infonya dari fanpage dan berita juga Teh
Fenni Bungsu mengatakan…
Wah kayak kakak daku juga nih penggemar Marquez.. 👍
Fenni Bungsu mengatakan…
Hahah.. iya memang pas kalau lagi di tikungan dan mau membalap bikin deg degan nontonnya 😁
Fenni Bungsu mengatakan…
He em, pengen banget sebenernya dia naik podium lagi
Fenni Bungsu mengatakan…
Badminton, dan sepakbola masih ada digelar, walau memang nggak full
Fenni Bungsu mengatakan…
Asiik, mbak lidya penggemar Rossi juga nih sepertinya
Fenni Bungsu mengatakan…
He em Teh, sempat kena
Fenni Bungsu mengatakan…
Mantul Mbak diah 😁
Fenni Bungsu mengatakan…
Aamiin semoga tercapai impian papanya mbak Rizka
Fenni Bungsu mengatakan…
Hehe.. SemangatCiee mbak 😁
Fenni Bungsu mengatakan…
He em double kak, jadi juara dunia juga rider nya
Dee_Arif mengatakan…
wah suka moto gp juga mbak? sama dong...
aku juga biasanya selalu nonton klo ada moto gp
aku fans berat rossi
Fenni Bungsu mengatakan…
Biar bervariasi lagi ya kak
Fenni Bungsu mengatakan…
Aamiin untuk doanya Mas Dito
Fenni Bungsu mengatakan…
Asik mbak Dee suka juga, sama lagi nih suka Rossi juga 😊
Heizyi mengatakan…
Akutuh dari dulu gak pernah nyambung liat balapan gitu.

Kalau disuruh milih, aku mending nonton sepak bola aja deh. Tinggal teriak beres 😂
Dee_Arif mengatakan…
iya, denger denger indonesia mau jadi tuan rumah moto gp
sirkuitnya di mandalika
andyhardiyanti mengatakan…
wkwkwk sama..udah lama banget gak ngikutin. Terus tahunya, pembalapnya ya Valentino Rossi itu aja. Gak gawl emang saiyah~
Lina W. Sasmita mengatakan…
Dan Joan Mir membawa Suzuki menang sebagai juara di saat Suzuki berulang tahun yang ke-100. Ini merupakan kado terindah buat Suzuki setelah bertahun-tahun tidak mendapatkan podium.
arigetas.com mengatakan…
MotoGP ini tontonan favorit aku dan anak istri mba. Setiap minggu habis maghrib udah d depan TV sambil makan maeman yg enak, misalnya nasgor andalan. Eh, 2021 ini kudune makin nyus nih MotoGP ... Alex Marquez apakah bisa ngedobrak lagi seperti akhir 2020 ini.
Rani Yulianty mengatakan…
Saya bukan penonton mootgp, tapi inget dulu, motogp suka ditayangkan di salahsatu stasiun tv swasta pada jam prime, makanya kadang suka nonton, dan jadi tahu siapa Rossi
Maria G Soemitro mengatakan…
Duh udah lama gak ngikutin moto GP, dulu sering nonton bareng anak anak
Juga baca tulisannya Mbak Yayat, sekarang cuma bisa melongo 😀😀
K. Niken mengatakan…
adik nih yang doyan sama motogp, tiap hari pasti pasang channel ttg moto gp di tv, apalagi pas ada turnamen rider kesukaan dia.
Dwi Puspita mengatakan…
Sebenarnya gak favorit sih sama moto GP tapi kalau sudah bertanding dan sekeluarga pada nonton semua pada seru karena pada teriak kalau jagoan mereka menang...heheheh
Mei Daema mengatakan…
baca ini jadi ingat teman saya yang hobby banget nonton motoGP padahal dia tuh keliatannya cewek feminim dan hafal dong sama semua pemain dunia, dan dia ngefans banget sama marques sampe bela-belain dia nonton yang waktu di Sepang, tahun kapan lupa
Retno Kusumawardani mengatakan…
Dulu aku suka nonton siaran langsungnya, tapi entah akhir akhir ini kok tidak lagi. Padahal seru lo, sama anak anak bisa teriak teriak menyemangati pembalap jagoannya masing masing meskipun nontonnya di rumah aja 😀
nurul rahma mengatakan…
Seruuu banget MOTOGP ini.
apalagi yg ngikutin banget dan punya jagoan di ajang ini ya.
Terus semangaaatt!
Annie Nugraha mengatakan…
Woaaahhh penggemar Motor GP ternyata. Saya malah gak ngeh kalo balapan tahun ini masih tetap diadakan. Kirain total dibatalkan karena pandemi.
Nurhilmiyah mengatakan…
Kali buat mengobati event Piala Eropa, maka kejuaraan dunia MotoGP diadakan di benua Eropa semua ya Mbak, selamat deh buat Rider Spanyol juara dunia 2020 ya
tantiamelia.com mengatakan…
Huaaa ternayta dia penggemar MOTO GP dooong
kayak suami, kalo dah jadwal manggung VAlentino Rosi ga mau diganggu
Demia Kamil mengatakan…
waaa aku selama ini nggak pernah ngikutin moto GP nih, ternyata tetep diadakan yaa acaranya hihi,s emoga tetep lancar dan berjalan dengan baik
Hida mengatakan…
Sayang banget ya Rossi ga ikut ngaspal di musim kali ini. Semoga pandemi ini cepet berakhir jd semua event olahraga bisa berjalan spt sedia kala.
Rika Widiastuti Altair mengatakan…
Saya nggak suka no ton motoGP. Lebih suka nonton bola. Tapi tahu ttg Valentino Rosi karena adikku suka nonton ini di trans7. Dan dia heboh waktu Rosi kena C19😂
Wiwin Pratiwanggini mengatakan…
Nama-nama bintang MotoGP sih saya enggak asing, tapi hal-hal lainnya saya ga ngikutin. Nonton di tipi aja kalo pas adik lagi nyetel itu. :D
Fida mengatakan…
Aku nggak terlalu ngikutin MOTOGP ini, tapi aku pernah baca beberapa bulan lalu seorang atlit MOTOGP dari Indonesia, "Andi Gilang" mengalami kecelakaan di sirkuit MotoGP Austria.
Benarkah?
Annafi mengatakan…
Yg aku ngeh soal Valentino Rossi yg kecelakaan, pernah baca sedikit. Yg lainnya aku awam banget soal MotoGP
Nurhilmiyah mengatakan…
Adikku hobi banget nonton siaran langsungnya di TV nih MotoGP. Inget dl waktu masih punya TV satu, kl sedang ada motoGP gak ada harapan nonton yg lain deh, pasti dia nonton yg ini
Kurnia amelia mengatakan…
Aku fans berat Valentino Rossi dari SMP dan dulu itu suka beli poster dia dan bikin kliping gt pemberitaan dia hehe tapi pas punya anak wesss blasss ga pernah nontin motoGP lagi haha.
diane mengatakan…
kebetulan sempat nonton beberapa seri motogp 2020 ini..seru juga ya meski tanpa penonton yang heboh seperti sebelum pandemi...
Uniek Kaswarganti mengatakan…
Aku sama sekali nggak mudeng nih mba soal moto GP hehehee.. tapi banyak temanku yang suka nih. Saat mereka ngobrol aku perhatiin apa aja yang dibincangkan. Tetep ga paham tapinya. :)
Adriana Dian mengatakan…
seru banget ya emang moto GP iniii. Pertandingannya berasa beda karena lagi pandemi ngga sih mak?
Celoteh Dini Hari mengatakan…
aku dulu ank GP banget, ga bisa ketinggalan sedikitpun

aku Rossi sampe mati deh, haha tapi emang the doctor udah menurun bgt performanya dan heran nggk bisa nemu settingan yang coock selama beberpa tahun, eh kmren malah + juga kena corona, sad bgt
Yopi Saputra mengatakan…
Jujur aku ndak paham mengenai hal yang berkaitan otomotif apalagi balab. But, tapi terkadang di rumah kayak kakak ipar ku suka nonton balab motor aku jadi sepintas nonton juga soalnya menghibur dan bikin gemes gak sih? Aku cuma tahu pembalab motor valentino rosi aja wkwk Bener gak sih nulis namanya ?
Sudah lama banget ngga ngikutin motogp lagi, kayanya musim sekarang ngga kalah seru ya kak.
Putri Haneen mengatakan…
jujur saya sendiri tidak mengerti tentang moto gp, tapi setiap ada tayangan moto gp di TV, saya selalu menonton sampai habis. Walaupun tidak mengerti, tapi seru aja melihat motor muter-muter gitu trus nungguin siapa yang jadi juaranya.
Hermansyah mengatakan…

MotoGP tahun ini ngga begitu mengikuti dari 14 seri hanya nonton beberapa seri saja.
insi mengatakan…
yang paling menarik memang menonton acara MotoGP. aku memang gak mengikuti MotoGP, tapi seru banget melihat adegan berbeloknya hihihi
Monica Anggen mengatakan…
Wah, Kak Fenny suka nonton motogp ya? Dulu aku juga suka banget, bahkan mantanku kan juga pembalap. Tapi sejak si mantan meninggal, aku gak kuat lagi nonton yang berhubungan dengan balapan... hehehe