Langsung ke konten utama

Ketahui Cara Memasang Keran Air yang Benar

Kita perlu mengetahui cara memasang keran air yang benar dan bukan hal yang sulit untuk dilakukan. Sebab keran air sebagai peralatan yang akrab kita temukan baik di rumah maupun di berbagai tempat, seperti kantor, sekolah, mall, dan sebagainya. Namun memungkinkan ketika terjadi gangguan pada keran air, panik akan datang melanda. Di sini akan saya ulas mengenai kran air kamar mandi secara khusus.  

cara pasang keran, cara pasang keran air, cara memasang keran air, cara memasang keran, cara memasang keran yang mudah, cara memasang keran yang tepat, cara memasang keran yang benar, beli keran murah, harga keran air, harga keran air murah, cara pasang keran yang tepat, cara pasang keran yang gak repot, cara pasang keran yang gak ribet, tutorial pasang keran, tutorial cara pasang keran air,

Apa Itu Keran Air?

Keran air adalah salah satu alat yang dapat dibuka dan ditutup menggunakan tutup bergulir yang berfungsi mengatur keluarnya air dari penampung. Tentunya jangan sampai ada kendala yang terjadi, agar keluarnya air melalui keran lancar sesuai harapan.

Dengan begitu kamu tak perlu lagi memanggil tukang keran bila keran kamar mandi kamu rusak, karena cara pasang keran air sebenarnya cukup mudah. Apalagi misalnya sedang mandi tiba-tiba kerannya ada gangguan kan lebih cepat teratasi. Sebab kamu cukup mengetahui teknik memasangnya yang tepat dan anti ribet. Oleh karenanya trik berikut dapat membantu kamu untuk mengatasinya.

Baca Juga: Bisnis Laundry dengan Andalkan iReap POS

cara pasang keran, cara pasang keran air, cara memasang keran air, cara memasang keran, cara memasang keran yang mudah, cara memasang keran yang tepat, cara memasang keran yang benar, beli keran murah, harga keran air, harga keran air murah, cara pasang keran yang tepat, cara pasang keran yang gak repot, cara pasang keran yang gak ribet, tutorial pasang keran, tutorial cara pasang keran air,

Cara Memasang Keran Air

Sebelum ke proses pemasangan, kamu perlu menyiapkan alat dan juga bahan yang diperlukan dalam proses tersebut, seperti keran air yang cocok dengan kualitas terbaik, obeng, dan seal tape. Nah, setelah semua alat dan bahan siap, selanjutnya yang harus diperhatikan adalah cara memasang keran air yang benar. Yuk simak langkah-langkahnya berikut ini:

Matikan pipa air

Langkah pertama sebelum membuka kran air yang rusak yaitu matikan dahulu aliran pipa air hingga tak ada lagi air yang keluar.

Buka kran air yang rusak

Nah selanjutnya, bukalah keran air yang rusak. Cara membuka keran air bermacam-macam tergantung jenisnya. Ada yang cukup diputar saja dan ada yang harus melepaskan baut-bautnya.

Bersihkan area sekitar permukaan keran

Ketika kran air berhasil dilepas, biasanya area di sekitar permukaan keran nampak banyak kotoran yang bisa mengganggu proses pemasangan keran. Oleh sebab itu, pastikan semua jamur dan karat di permukaan keran bersih.

Lilitkan seal tape pada bagian drat keran

Sebelum memasang keran baru, kamu perlu melilitkan dahulu seal tape yang bertujuan untuk mencegah kebocoran air pada drat tersebut.

Pasang keran air baru ke dalam pipa

Cara memasang kran air yang tepat yaitu pasang searah dengan jarum jam dan putar dengan kuat hingga kran air benar-benar melekat. 

Keran air siap digunakan

Sekarang kamu dapat menyalakan pipa air dan pastikan tidak ada kebocoran. Bila terdapat kebocoran air, coba matikan keran dan periksa seal tape yang kamu pasang.

Temukan Keran Air Berkualitas di Kohler

Demikian informasi cara memasang kran kamar mandi yang benar. Keran air memang merupakan salah satu alat yang sangat berguna. Dengan keran air kamu bisa menyesuaikan kencangnya kucuran air yang mengalir. Nah, bagi kamu yang bingung atau belum tahu mencari produk kran air berkualitas, mulai sekarang kamu dapat mencarinya di Kohler.

cara pasang keran, cara pasang keran air, cara memasang keran air, cara memasang keran, cara memasang keran yang mudah, cara memasang keran yang tepat, cara memasang keran yang benar, beli keran murah, harga keran air, harga keran air murah, cara pasang keran yang tepat, cara pasang keran yang gak repot, cara pasang keran yang gak ribet, tutorial pasang keran, tutorial cara pasang keran air,

Kohler merupakan salah satu toko peralatan dapur dan kamar mandi terlengkap dengan kualitas terbaik dan harga yang cukup terjangkau. Memiliki desain yang unik dan finishing Kohler yang tahan noda dan korosi, dijamin kamu tak akan kecewa membeli keran air dari Kohler ini. Kohler, solusi lengkap kamar mandi kamu bersama keluarga. Jadi, tunggu apalagi? Beli produknya hanya di www.kohler.id Nggak perlu pakai ribet kan, pasang keran air nya.

Komentar

Deeva Collection mengatakan…
Masalah besar dari hal sepele adalah keran air rusak. Jadinya boros air, terlebuh kalau rusaknya pas hari libur. Toko dan depo bangunan pada tutup. Jadi harus sabar mematikan dan menghidupkan mesin air. Terima kasih tipsnya Kak.
kang ᗪirman mengatakan…
Saya sering juga mengalami kerusakan kran air, terutama kran yang dipakai untuk publik (kebetulan saya tinggal satu komplek dengan area kos-kosan). Nah, kebiasan buruk yang terjadi pada saya adalah tidak pernah menghafal ukuran kran. Jadi setiap ada kran yang rusak, pasti harus saya foto dulu, atau dibawa krannya, kalau bisa. :)
Katerina mengatakan…
Aku belum pernah pasang / perbaiki keran yang rusak. Biasanya suamiku. Aku kalau bantu, biasanya matiin air dari meteran doang 😂. Kalau lepas dan pasangnya enggak. Lewat tulisan Fenni jadi tahu langkah² pasang keran yang benar. Terima kasih info Kohler nya ya Fen.
Mechta mengatakan…
Waah..terima kasih ya.. Seumur-umur saya blm pernah memasang keran air sendiri.. Sepertinya cukup mudah bila ikuti tips2 yg ditulis kan di sini..
Ayu Natih Widhiarini mengatakan…
Ngomong-ngomong soal keran air, kebetulan banget keran air di kamar mandi saya rusak kemarin wkwkwk, airnya muncrat kemana-mana jadi lumayan buang2 air huhu..

Saya kepoin ah keran air Kohler siapa tau cocok..
terima kasih Mba Fenni
Raja Lubis mengatakan…
Persoalan sepele tapi bikin kesel sih kalau keran air rusak. Pernah kejadian, keburu panik karena airnya terus meleber. Thanks atas informasi tips nya.
MasyAllah Mba Fen. Hebat tulisannya beragam sampai hari ini membahasa cara pasang kran air. Banyak banget sih mba Fen ilmunya 😍. Aku pernah beberapa kali kran air aku rusak. Aku panik dong soalnya ayahnya anak anak lagi kerja. Akhirnya aku telpon dia dan dia suruh aku matiin dulu pipa airnya. Hihihi begitulah perempuan kalau ketemu kran bingung harus diapain
Didik Purwanto mengatakan…
Kohler ini merek paten loh. Ga kaleng2 nih produknya. Emang bener banget sih kran air harus banget diperhatikan. 5 bulan ini, aku udah ganti 2 kali. Soalnya paling sering dipake, khususnya untuk wastafel dan cuci2 piring.
Arif Abdurahman mengatakan…
Permasalahan keran air paling sering tuh antara copot sama bocor netes2. Buat penanganan darurat biasanya disumpel pake kresek. 😂😂

Kalau beli di Kohler kayaknya bakal tahan lama ya, dan desainnya elegan.
Agung Kharisma mengatakan…
Selama ini cuma tahu cara pakai keran air tapi kalo rusak kebingungan sendiri cara pasang keran baru kaya apa, ternyata semudah ini toh 😁
Saya kalau ada masalah sama kran air selalu bilang sama bapak mertua terus dibenerin deh 🙈 jadi malu karena gak bisa benerin sendiri hehehe. Tapi nanti kalau udah misah punya rumah sendiri harus paham juga nih biar gak panik. Makasih infonya yaa Kakk
Fitri | Matchadreamy.com mengatakan…
Kran airku jg dh lama ngadat2, tp males ganti dan gak tau merek kran air yg bagus. Baca ini jd ada referensi merk kran air.
Nuny Penguin mengatakan…
Saya banget nih kalau soal urusan keran rusak ga bisa benerin..keliatannya kadang mudah tapi pas udah di pasangin suka ngga kenceng atau kurang nempel ..kayknya krannya nih yang kudu ganti ke Kohler, biar cakepan 🤭
Henny mengatakan…
Hehe....iya sih. Salah memasang kran air malah bisa menimbulkan masalah. Tapi memang Kohler ahlinya dalam hal produk home living seperti kran air. Kalau mau awet ya mesti pilih yang terbaik.
nurul rahma mengatakan…
Yuhuu, makasii tipsnya mb Fenni.
Biasanya emak2 kayak diriku auto panggil tukang aja, kalo ada elemen rumah yg perlu diperbaiki.
ternyataaaa... ada tips jitunya nih.
Tukang jalan jajan mengatakan…
Keran air memang jadi alat penting. Kalau ngga ada keran pasti airntidak bisa dihidupkan dan dimatikan.
Harus dipilih yang baik supaya airnya ngga bocor halus.
Rizka Edmanda mengatakan…
Keliatannya sepele tapi kalau salah memasang dan salah pilih kran air bisa bocor dan malah repot
Han mengatakan…
Wah ini aku nihh mba team yang ngga bisa pasang keran air hahaha.
Nice deh. Jadi tahu gambarannya kalo pasang keran air gimana setelah baca ini
Mutia Ramadhani mengatakan…
Ngomongin keran air itu banyak bangettttt macemnya. Saya jadi ingat 2 tahun lalu pas masih rajin masuk keluar hotel yang jadi venue acara liputan saya, itu banyak banget model keran air. Ada yang model geser, model putar, model angkat, model tekan. Macem-macem deh pokoknya.

Kalo keran air rusak, wah, saya sendiri belum pernah mencoba memperbaikin sendiri. Biasanya suami yang beresin, atau mentok-mentok manggil tukang ledeng. Kekeke. Tipsnya berguna nih buat dadakan. Soalnya pandemi begini, kalo ada trouble dikit di rumah, seperti keran air bocor, kalo bisa diperbaiki sendiri ya kenapa gak ya mba.
Maria G Soemitro mengatakan…
semudah itu?

selama ini selalu menunggu tukang jika keran air rusak

mau coba ah, cari peralatannyanya di Kohler.id ya?

siap!
Amai Laila mengatakan…
Cocok nih sama kendala yang sering gue alami. Pas nggak ada orang, bingung deh pasang keran yang nyaris copot tempo hari. Gue bookmark ya artikelnya
Yustrini mengatakan…
Baca cara pasang keran air di atas sepertinya mudah. Bisa dicoba jika keran di rumah tiba-tiba bocor atau rusak.

Kebiasaan kalo perempuan liat keran bocor atau jebol malah panik ditinggal pergi. Haha..
tantiamelia.com mengatakan…
selama ini duduk manis terima beres mbak
tapi kalo gini aku coba deh sesekali jadi McGyver
diane mengatakan…
Memilih kran air juga penting banget ya.. kadang ada yang murah..tapi cepet rusak...Apalagi kayak di rumahku gini..tingkat penggunaannya cukup tinggi..
Kolase mengatakan…
Penggunaan keran air dan pemasangan dengan benar akan membantu kita semua
Rhoshandhayani KT mengatakan…
iya nih, kalau masang keran air nggak bisa asal
ternyata ada tekniknya sendiri biar kerannya kuat dan nggak bocor
Nurul Sufitri mengatakan…
AKu kalau ada masalah kran air kenapa2, biasanya suka minta tolong papahku aja hahaha :) Tergantung sih, kalau masih bisa dikerjakan oleh suami, pasti dia yang repot. Papahku serba bisa, apa aja nilainya 100 wkwkwkwkwkwk. Iya ya Kohler udah terkenal lama dan bisa dipastikan kualitas terbaik :)
Aisyah Dian mengatakan…
Bener ya kak mending pasang keran air yang Berkualitas macam Kohler gini daripada yang biasa trus cepat rusak
Desi Murniati mengatakan…
Cocok banget nih tipsnya buat aku yg nggak bisa otak-atik keran. Kalo pas bapak gak ada bisa menolong banget
Dian Restu Agustina mengatakan…
Brand Kohler sering kutemui di hotel, mal dan lainnya nih. Bagus sekali memang kualitasnya. Kalau pasang keran belum pernah aku, senangnya jadi tahu
Hallowulandari mengatakan…
heh seriusan semudah itu pasang keran air? kok kayanya gampang yaa langkah-langkahnya, tapi pas praktek bikin heboh dan teriak-teriak karena ga bisa-bisa wkwkkwkw
Irawati Hamid mengatakan…
Sebagai wanita, kita juga perlu tahu pekerjaan seperti ini yaa karena bila suatu saat keran air di rumah rusak, kita bisa memperbaikinya tanpa menunggu tukang
Yuni Handono mengatakan…
Bener banget mbak, masalah keran menjadi masalah luar biasa, kalau pas gak ada suami di rumah. Bener2 panik deh kalau keran bocor atau terlepas dan airnya mengucur deras tidak bisa mati...bakalan saya teriak2 ke tetangga minta tolong...btw terimakasih mbak cara memasang keran air yang bener supaya saya tidak panik lagi saat keran rumah bermasalah.
unggulcenter mengatakan…
Nah ini keliatan sederhana tapi penting. Jangan lupa soal keran, pake Stainless SUS304 itu stainless terbagus, bukan abal2. Kohler setau ku mah pasti klo stainless steel, SUS304 bahkan ada yg lebih mahal logam or kuningan.
Era Wijaya Sapamama mengatakan…
Kalau merk Kohler sih ga perlu diragukan lagi. Banyak teman yang kerja di bidang peoperti pakai produk daei Kohler. Kualitasnya terjamin.
Indri mengatakan…
Sejauh ini sering lihat pak suami pasang keran tapi belum cobain langsung nah kalo merk Kohler sih udah kenalan kan sering lihat di Mall
Han mengatakan…
Ya ampun yang beginian aku ngga paham nihh haha cuma tau merknya aja. Kohler mah emang ga usa diragukan lagi kualitasnya yak. Ada harga ada rupa wkwkwk
HendraDigital mengatakan…
Masalah sepele, tapi berujung jadi masalah besar. Saya sering banget nih ganti keran, tapi yang plastik, lebih mudah, hehehe. Brand Konler ini udah populer banget sejak zaman baheula deh.. Sudah terbukti berkualitas tinggi.
Ghina Rahmatika mengatakan…
kohler ini unik banget modelnya ya mbak... ekmarin pas beli pun kepincut juga, kualitasnya oke sih

aku kemarin LDR sama suami itu keran agak rusak tak biarin aja, agak repot dan perlu keberanian sih buat ngebenerinnya
Siti Mustiani mengatakan…
Wah bisa banget nih langsung diaplikasikan di rumah, mengingat rumah saya masih butuh banyak yang harus dibenahi. Tentunya menggunakan produk2 terpercaya kualitasnya.
Artha Nugraha Jonar mengatakan…
Dulu waktu pertama kali pasang kran, aku pikir kran itu dilem di pipa, hehehe. Ternyata cukup pasang seal aja sudah menempel dengan baik.
Nengsi Hariyanti mengatakan…
Belum pernah nyoba masangin keran air sih. Hehe.. Tapi ini bermanfaat banget buat aku kalau someday aku harus masang keran air sendiri.
Sri Wulandari mengatakan…
Alhamdulillah dapet ilmu baru, ga perlu panggil tukang ke rumah nih kalo keran rusak. Cukup suruh suami baca artikel ini..hehe
Dee_Arif mengatakan…
wah mantap tipsnya
ngomongin kran air, emang kohler yang paling recommend ya mbak
ungayossy.com mengatakan…
Selama ini cuma ngandelin para cowok yang ada dirumah. Sekarang berhubung sudah paham jadi pengwn mandiri pasang sndri klo nanti tiba2 rusak atau oerlu diganti
Didik Purwanto mengatakan…
Memang kran kamar mandi ternyata tidak bisa asal ya kak. Pas banget nih aku mau cari kran karena kemarin rusak, akibat sering dipakai. Orangtua biasanya juga asal beli produk. Ternyata ada kran kamar mandi Kohler yang emang nyaman dan aman dipakai. Ga takut rusak lagi.
Zee Vorte mengatakan…
Waahh, keren banget sih, saya pernah pasang keran air sendiri, harus bisa analisa karena harus memiliki kemampuan yang ahli
Arai Amelya mengatakan…
Jadi inget, serumah pernah terpaksa mandi di rumah tetangga karena kran air d rumah rusak. Awalnya emang disepelein sih, jadinya bermasalah.
Damar Aisyah mengatakan…
Biasanya kalau keran airku rusak atau lepas dari pipanya, saya langsung nampung sisa air dari torn air kemudian matiin pompa karena nggak bisa masang kerannya. Nggak tahunya kalau pakai keran air Kohler mudah sekali cara memasangnya.
Wahid Priyono, S.Pd mengatakan…
Alhamdulillah ada Kohler ya, sekarang belanja peralatan kamar mandi seperti keran air ini jadi gampang ya, jadi bisa dari luar kota. Makasih tipsnya.
Nengsi Hariyanti mengatakan…
Masang keren ini kayaknya simple ya. Tapi kalo gak tau tekniknya bisa kacau nih. Airnya muncrat kemana-mana. Hehe
Nabilla DP mengatakan…
aku gak bisa nih beginian mbaa.. pasti aku serahin ke suami haha tapi kalau kepepet mungkin ya bakal googling atau cek di youtube dulu heheh
lendyagasshi mengatakan…
Penting banget ini..
Soalnya sering ditinggal suami dinas keluar kota. Jadi kudu bisa pekerjaan pertukangan juga.
Elva Susanti mengatakan…
Wah Kohler ya mbak Feni, noted nih biar pas mau beli2 gak bingung lagi. Dan ternyata pasang keran air ada jg tata caranya ya, soalnya biasanya paksu yg pasang keran air kl ada yg rusak