Yuk, Lengkapi Asupan Gizi untuk Jaga Imun Tubuh

Fenni Bungsu (Kesehatan) – Asupan gizi yang dapat menambah daya tahan tubuh penting untuk kita perhatikan, baik untuk diri sendiri maupun keluarga di rumah. Terlebih lagi cuaca saat ini yang tak menentu terkadang hujan lalu panas, maupun sebaliknya. Sehingga menuntut kita untuk menjaga kesehatan lebih teratur lagi. 



Kaitan Nutrisi dengan Daya Tahan Tubuh  

Nutrisi atau kita kenal juga dengan kata “gizi” merupakan substansi organik yang diperlukan oleh makhluk hidup guna fungsi normal untuk pertumbuhan, sistem tubuh, dan pemeliharaan kesehatan (Wikipedia). Ini berarti bila terjadi gangguan kesehatan pada tubuh kita, maka ada kaitannya dengan nutrisi pada makanan yang kita konsumsi. 



Sebagaimana yang saya rangkum dari laman Republika.co.id (09/05/2020), bahwa sistem daya tahan tubuh bisa berfungsi dengan baik melalui dukungan nutrisi. Bila kekurangan asupan gizi, maka terjadi penurunan sistem kekebalan pada tubuh.  



Oleh karena itu imunitas perlu untuk ditingkatkan, di mana juga pandemi yang masih terjadi saat ini. Kita dapat selalu jaga kebersihan, hindarkan diri dari kontak secara langsung dengan orang sakit, serta konsumsi makanan sehat bernutrisi yang dapat menambah daya tahan tubuh.



Nutrisi yang dapat menambah daya tahan tubuh, asupan bergizi untuk menjaga imunitas tubuh, makanan apa saja yang dapat menambah imun tubuh,




Macam-macam Nutrisi yang Diperlukan Tubuh 

Dari hal di atas, asupan makanan yang kita konsumsi berpengaruh besar pada imunitas badan. Salah makan, maka penyakit datang karena tubuh mudah terinfeksi. Tentunya ini akan berdampak buruk untuk kedepannya. Jadi, kita perlu memahami macam-macam nutrisi yang dapat menambah daya tahan tubuh. Berikut telah saya rangkum dari laman Sehatq, yaitu: 


  • Air sebagai nutrisi penting untuk tubuh. Jangan sampai kita tidak memenuhi kecukupannya di dalam tubuh, karena manfaatnya memiliki kaitan kuat dengan otak, salah satu contohnya adalah konsentrasi.


  • Karbohidrat yang bermanfaat sebagai bahan bakar otak dan sistem saraf pusat, serta melindungi dari penyakit. Jadi sedapat mungkin jauhi karbohidrat yang pengemasannya terdapat tambahan pemanis dan pengawet. 


  • Lemak berguna dalam penyerapan vitamin, pergerakan otot, proses pembekuan darah dan pembentukan sel. Maka kita dapat memilih untuk mengonsumsi lemak sehat. 


  • Mineral hampir sama seperti vitamin memiliki fungsi berdasarkan jenisnya. Contoh mineral yang familiar oleh kita seperti zinc yang bermanfaat dalam pembentukan sel darah merah, dan kalsium berguna untuk menjaga tekanan darah agar tetap stabil. 



  • Protein yang berfungsi dalam pembentukan sel, tulang, otot, rambut, dan kulit. Bisa didapatkan melalui daging, ikan, telur, dan kacang-kacangan. 



  • Vitamin dengan beragam jenisnya masing-masing memiliki fungsi yang berbeda-beda. Hal tersebut sangat diperlukan untuk dipenuhi oleh tubuh yang salah satu contohnya sebagai antioksidan guna menangkal radikal bebas. Pasalnya bila tubuh tidak tercukupi asupan vitamin, maka dapat menimbulkan gangguan kesehatan bahkan timbulnya penyakit. 



Yuk, Penuhi Nutrisi untuk Jaga Imun Tubuh

Makanan dengan gizi seimbang memiliki peranan penting, agar metabolisme tubuh kita dapat berjalan optimal. Maka pemenuhan nutrisi yang dapat menambah daya tahan tubuh, perlu juga untuk diimbangi dengan gaya hidup sehat seperti: 

  • Rutin melakukan olahraga secara terjadwal dan teratur. 
  • Jaga kualitas tidur sekitar 6-8 jam, dan jangan begadang tentunya. 
  • Tidak meminum alkohol dan tidak merokok. 
  • Kelola stres, sehingga tidak banyak memikirkan hal yang tidak penting. 
  • Atur pola makan agar teratur.



Nutrisi yang dapat menambah daya tahan tubuh perlu kita cukupi kebutuhannya. Tidak kurang dan juga tidak berlebihan. Dengan asupan yang bergizi maka kualitas hidup juga akan terjaga, karena tubuh sehat jiwa pun lebih bahagia. 

Komentar

  1. Sepakat banget sih. Nutrisi sangat penting untuk menjaga asupan tubuh sekaligus meningkatkan imunitas. Saya sendiri juga biasanya menggunakan tambahan suplemen agar bisa tetap bugar. Apalagi kondisi pandemi seperti ini ya. Ngeri aja sih kalau sakit.

    BalasHapus
  2. Mpo suka olahraga jalan pagi habis sholat subuh. Enak udara bersih habis gitu makan bubur semangkok wkkk

    BalasHapus
  3. bener banget dan saya berusaha untuk memenuhi gizi seimbang demi kesehatan keluarga.. agak serem sekarang kalo udah sakit..

    BalasHapus
  4. Aku sekarang merasa pemenuhan nutrisi memang penting banget ya karena kondisi juga masih kurang aman terhadap virus. Apalagi konsumsi buah, sayur dan vitamin

    BalasHapus
  5. Semenjak kemarin bolak balik RS aku belajar Banget mengenai pola hidup sehat dan teratur. Makan harus teratur dengan asupan nutrisi yang seimbang, karena kalau udh kena lambung, duuh bisa ngejalar kemana-mana sakitnya.

    BalasHapus
  6. nah dari awal tahun ini sejak nerapin defisit kalori, aku pun jadi lebih aware sama kebutuhan nutrisi yang berimbang, jadi mesti banget tuh air, karbo, lemak, mineral, vitamin aku cukupin semuanya dalam menu harian

    BalasHapus
  7. Yes, nutrisi dari makanan memang penting sekali diperhatikan untuk daya tahan tubuh ya, bukan semata suplemen dan vitamin.

    BalasHapus
  8. jujur aja mbak selama pandemi aku nggak berani neko2 apalagi sampai diet dgn defisit kalori.. karena demi jaga kesehatan supaya fit.

    BalasHapus
  9. Sampai sekarang yang jadi masalah buat saya mungkin tentang masalah kualitas tidur. Masih belum bisa tidur enam sampai delapan jam per hari. Padahal pengen lho... Mungkin udah terbiasa begadang kali ya...

    BalasHapus
  10. makasih sharingnya, betul ya, sekarang gegara pandemi lebih aware dengan masalah asupan gizi

    BalasHapus
  11. Apalagi saat cuaca lagi nggak menentu kadang hujan kadang panas banget maka imun tubuh harus selalu oke ya mbak. Penting banget untuk mencukupi nutrisi tubuh supaya enggak mudah sakit.

    BalasHapus
  12. Selain rajin olahraga memang penting menjaga kualitas tidur. Akhir-akhir ini aku juga kebanyakan makan lewat malam dan begadang haduh..Harus menambah minum air juga nih kayanya.

    BalasHapus
  13. Yang terpenting buat aku sih kelola stress karena bisa bikin badan kurus muka jadi kusam kalo mikirin yang enggak penting

    BalasHapus
  14. Bener kak, apalagi di masa pandemi gini meskipun udah vaksin kita masih membutuhkan banyak nutrisi biar sistem imun tetap bagus yah

    BalasHapus
  15. Kadang merasa apa sudah cukup gak ya nutrisi dalam makanan sehari-hari. Jadi biar gak ragu nambahin madu, vitamin, susu dll. Hehe

    BalasHapus
  16. Selama ini makan asal makan, sejak tahu badan tbtb melar jadi perhatiin banget asupan gizinya ngga sembarangan. Ternyata kualitas dan kuantitas tidur juga ngefek yaa mba

    BalasHapus
  17. Jaga kesehatan diri sebenarnya memag tidak sulit. Cukupi saja semua kebutuhannya.
    Kadang ada yang berpikir tentang dana padahal kan enggak juga. Sinau aja tentang nutrisi dan variasi bahannya. Cari yang sesuai kantong

    BalasHapus
  18. Betul sekali.. nutrisi harian harus cukup terpenuhi ya supaya tetap sehat dan tidak malnutrisi

    BalasHapus
  19. tepat sekali, mba. saya pun sejak punya anak yang anemia, jadi lebih belajar tentang kebtuuhan gizi harian. mulai dari mikro dan makro nutrien. walaupun masih susah menakar dan pakai sistem dikira2, setidaknya udah tau makanan mana aja yang mengandung gizi ini itu

    BalasHapus
  20. Nutrisi lengkap dan seimbang akan membuat daya tahan tubuh baik ya mba.
    Nggak mudah sakit. Jika masih ragu akan kecukupannya, memang baiknya minum Ensure.

    BalasHapus
  21. Kalau asupan air dan protein, alhamdulilah aku cukup. Cuma karbohidrat ini yang kayaknya over sehingga bikin badan begah dan ga enak. Kudu rutin olahraga sebagai ikhtiar jaga kebugaran tubuh agar imun stabil.

    BalasHapus
  22. Untuk tetap sehat memang harus memperhatikan banyak hal ya, mbak. Saya kadang lupa tidak mengimbangi semua asupan gizi. Tapi berusaha banget buat nambah suplemen

    BalasHapus
  23. sebenarnya menjaga kesehatan tubuh itu mudah ya mbak
    salah satunya dengan menjaga asupan nutrisi
    kita perlu makan makanan dengan gizi seimbang setiap harinya

    BalasHapus
  24. aku juga lagi ngatur nutrisi tubuhku kebanyakan kabohidrat berasa nggak fit, mau gerak juga mulai malas, berat badan bertambah terus..mau olahraga tapi gerak sebentar aja dah berasa capek

    BalasHapus
  25. Sejak pandemi saya mengatur pola makan. Alhamdulillah gak sakit, imun pun insyaaallah kuat. Semoga sehat2 selalu kita semua hehe

    BalasHapus
  26. asupan nutrisi itu memang sih sebaiknya kita konsultasi sama dokter gizi ya, jadi kita bisa dpt pola makan sehat yang sesuai dengan kondisi tubuh kita

    BalasHapus
  27. kayaknya aku dibilang rajin dan teratur waktu isoman beberapawaktu lalu mbak
    minum yang banyak, buah-buahan juga, terus makan dibanyakin protein
    pas udah sembuh, malah jarang minum air

    BalasHapus
  28. semua bisa, kecuali 1 dan 2

    sering begadang karena keasyikan nulis dan otomatis ritme olah raga terganggu

    BalasHapus
  29. Olahraga ini masih jadi PR terbesar buat saya, semangatnya itu kayak apa ya? yang banyakan turunnya ketimbang naiknya, apalagi mood amat sangat mempengaruhi keinginan berolahraga.
    BIasanya, saya tuh rutin berolahraga seminggu, setelah itu mulai kendor, butuh semangat tinggi untuk balik olahraga hahaha

    BalasHapus
  30. Asupan vitamin nih penting banget terlebih saat pandemi gini ya aku sih usahakan makan buah sayur plus vitamin dan kurangi makan2 manis gitu kak spya imunitas tubuh terjaga

    BalasHapus
  31. Sekarang jadi melek nutrisi berkat pandemi. Bahkan suplemen ku masih ada beberapa botol sejak gelombang kedua... Harus dilanjutkan nih supaya imun tetap stabil

    BalasHapus
  32. penting banget memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari biar produktif dan tetap sehat, ya. Jika diperlukan, bisa ditambah suplemen.

    BalasHapus
  33. Jangan sampai kita malnutrisi deh. Apalagi di masa sekarang. Virusnya suka sensi banget sama orang yang daya tahan tubuhnya menurun. Kita perlu menjaga dengan asupan nutrisi yang seimbang dan olahraga teratur.

    BalasHapus
  34. Penting banget nih jaga nutrisi tiap harinya, biar gak defisit nutrisi dan berdampak ke kesehatan

    BalasHapus
  35. Saya baru tahu air dan mineral itu berbeda, padahal biasanya mereka dipasangkan air mineral. Memang kebutuhan harian saat ini harus cukup seimbang biar tetap bisa sehat dalam menjaga imunitas tubuh. Semoga kita tetap disehatkan agar bisa memberikan manfaat bagi orang lain, aamiin.

    BalasHapus
  36. iyess nutrisi penting banget nih apalagi cuaca lg ekstim nih bisa jad imun yang baik untuk tubuh

    BalasHapus
  37. Asupan nutrisi emang berpengaruh terhadap imun ya Mba. Kalau pengen imun tubuh kuat, harus makan makanan bergizi.

    BalasHapus
  38. Menjaga imun tubuh penting ya di zaman covid ini, karena itu saya sudah menerapkan beberapa cara di atas seperti tidur yang cukup dan mengelola stress.

    BalasHapus
  39. Kadang kita terlalu fokus kurus ya, sementara nutrisi tidak terpenuhi. Pola hidupnya harus dibalik dulu nih. Ketika nutrisi sudah tercukupi, tubuh sehat dan ramping akan mengikuti.

    BalasHapus
  40. Aku sangat setuju sekali dengan ulasan di atas. Penting banget ya kak untuk konsumsi menu makanan seimbang yg kaya akan karbohidrat, protein, lemak, vitamin, air dll. Pun olahraga harus dilakukan rutin. Alhamdulillah kak saya rutin olahraga Badminton 2-3 x dalam sepekan, alhamdulillah jarang sakit bahkan nyaris gak pernah.

    BalasHapus
  41. Bener banget ya Fen. Asupan gizi yang baik tentunya secara otomatis akan meningkatkan imunitas tubuh. Kalau mau imun kita baik ya harus mengkonsumsi makanan dan miniman yang memenuhi syarat gizi yang kita butuhkan. Dan akan lebih bagus lagi jika ditunjang oleh unsur psikis yang baik pula.

    BalasHapus
  42. Asupan yang bergizi adalah hadiah bagi tubuh karena sdh turt berlelah-lelah menemani keseharian aktifitas kita. dengan makanan yg bergizi, berarti kita berterimakasih kepada tubuh dan juga Allah yg telah menyehatkan tubuh kita, insya Allah :)

    BalasHapus
  43. Saya baru mulai perhatikan asupan gizi sejak punya anak. Awalnya untuk anak sendiri. Supaya mereka mendapatkan gizi yang tepat. Tetapi, akhirnya juga mikirin untuk diri sendiri dan suami

    BalasHapus
  44. Untuk asupan nutrisi insyaallah sudah mencukupi nih, tapi untuk jaga kualitas tidur ampun deh, kayanya aku kurang tidur, jadi berasa banget ke tubuh sering merasa gak nyaman

    BalasHapus
  45. Meningkatkan imun tubuh memang penting ya, seperti dengan asupan nutrisi yang cukup. Sekarang aku lagi sering begadang nih, harus dikurang-kurangi yah hihi.

    BalasHapus
  46. air selalu jadi yang utama ya Kak, sebegitu banyaknya manfaat dari 1 botol air bagi kesehatn kita.
    tapi tidak boleh juga untuk tidak perhatikan nutrisi dari bahan-bahan lain yang ada.

    BalasHapus
  47. Noted banget nih. Menjaga asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh emang penting banget. Apalagi bagi busui seperti saya, hehe

    BalasHapus
  48. Setuju banget nih, Mbak Fen. Semenjak pandemi aku jadi lebih care dengan asupan nutrisi buat semua anggota keluarga. Karena jujur aja, aku berusaha menghindari untuk mengunjungi faskes sejek pandemi, jadi gimana catanya biar imun tetap bagus.

    BalasHapus
  49. Menjaga asupan gizi sangat lah penting, disini peranan ibu sangat dibutuhkan untuk kesehatan anak terutaman asupan gizi, agar anak lebih sehat lagi

    BalasHapus
  50. Hai mba Fenni. Aku selalu berusaha untuk memenuhi asupan nutrisi termasuk jaga pola tidur, istirahat yang cukup dan konsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Plus juga, hindari stres :)

    BalasHapus
  51. Iya banget, nutrisi ini sangat erat kaitannya dengan imun tubuh. Semakin bagus dan berkualitas nutrisi yang masuk, semakin tinggi imun tubuh. Dan sebaliknya. Anak-anak nih yang masih susah untuk bisa konsumsi makanan bernutrisi bagus. Mereka lebih milih yang enak. Padahal enak belum tentu bagus ya nutrisinya.

    BalasHapus
  52. Agar tubuh tetap sehat, memang harus punya imun yang tinggi ya mbak
    salah satu cara meningkatkan imun ya dengan makan makanan yg bernutrisi

    BalasHapus
  53. Susah banget nih buat memiliki tidur yang berkualitas. Pasti selalu tidur kurang dari 8 jam. padahal tidur yang berkualitas itu penting banget.

    BalasHapus
  54. Produktif merupakan salah satu cara agar cuan mendatangi kita. Perhatikan nutrisi, olahraga dan kelola stress.

    BalasHapus
  55. Kebutuhan nutrisi untuk anak ini memang PR juga buat aku. Apalagi kalau harus ngejar kebutuhan BB nya anak ke dua. Protein sih emang wajib banget ya kak

    BalasHapus
  56. Setuju banget nih asupan nutrisi yang baik dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan imunitas tubuh aku jadi sadar selama ini kurang minum air , skrang mau perbanyak makan sayur dan buah supaya tubuh jadi sehat dan segar

    BalasHapus
  57. Pemenuhan nutrisi itu emang penting terutama di masa pandemi gini ya mom. Apalagi saya punya 2 anak kecil yang masih ogah-ogahan makan sayur. Jadi saya berusaha keras untuk memenuhi dari sumber lain misalnya kalau makan sayur nya dikit, maka banyakin buahnya.

    BalasHapus
  58. Yup makanan harus mengandung nutrisi lengkap dan sehat ya untuk jaga daya tahan tubuh. Semoga kita sehat selalu.

    BalasHapus
  59. Agar badan tetap sehat asupan nutrisi juga harus diperhatikan ya.. jangan asal makan, makan makanan dengan gizi berimbang agar imunitas tetap terjaga

    BalasHapus
  60. betul banget mba, ada makro dan mikro nutrien yang perlu kita perhatikan dengan baik biar gizi harian kita juga tercukupi.. kalo udah sehat begitu, imun juga naik kan

    BalasHapus
  61. nah biasanya emak emak sukanya begadang, ternyata tidur juga perlu diatur ya, dan memastikan nutrisi harian tubuh. makasih nih mbak, jadi diingetin lagi buat hidup lebih sehat :)

    BalasHapus
  62. Nah, nutrisi juga kudu dijaga ya agar tidak kurang dan tidak pula berlebihan. Karena kalau berlebihan bisa menimbulkan masalah baru juga, kayak anak tetangga saya, jadi obesitas padahal masih kecil. lantaran ibunya ngasih vitamin terus gak sesuai dosis anjuran.

    BalasHapus
  63. ingat2 dulu anakku kurang nutrisi sampe divonis dokter anaknya underweight, jadinya ya gampang sakit mbak. Emang penting banget nih nutrisi buat tubuh kuat dan sehat :)

    BalasHapus
  64. Iya betul nutrisi tubuh itu harus terpenuhi dengan seimbang. Kalau aku sih banyakin makan sayur dan buah. Apalagi sayur mentah di lalap lebih enak.

    BalasHapus
  65. Insyallah kalau air sudah terpenuhi karena doyan minum mbak.

    Tapi protein. Itu dia. Gak suka ikan soalnya 😂

    BalasHapus
  66. Setuju banget, apalagi masa pandemi yang belum jelas kapan berakhirnya ini, asupan nutrisi jadi poin penting yang harus diperhatikan biar tubuh sehat ga gampang sakit dan imunitas tetap terjaga

    BalasHapus

Posting Komentar

Salam SemangatCiee, bertamulah yang santun dengan tidak menyelipkan link apapun karena pasti saya hapus🙏

Postingan Populer