Waspadai 4 Masalah Kesehatan Ini pada Digital Savvy

apa saja masalah kesehatan pada digital savvy

Bekerja sebagai blogger yang tak hanya di dalam ruangan, adakalanya juga di luar ruangan. Maklum saja sebagai Digital Savvy, tinggal membawa perangkat misalnya laptop, tabet ataupun smartphone dengan terhubung internet, blogger dapat mudah bekerja di mana saja. Pekerjaan blogger ini mulai saya jajaki semenjak tahun 2018.

Ada kelebihan yang mengasikkan bekerja sebagai freelance Digital Savvy a.k.a blogger yang berbeda seperti pekerja kantoran pada umumnya, seperti: bekerja sambil belajar, karena ruang lingkup blogger amat luas, sehingga pengetahuan dan keilmuan yang bisa diraih blogger juga luas. Misalnya saja, dapat belajar tentang kesehatan, teknologi, kecantikan, parenting, bisnis, dan juga finansial.

Hal lain lagi yang saya rasakan adalah pekerjaannya bisa COT alias Cut Off Time pekerjaan kapan saja. Kalau bekerja sebagai pegawai, COT-nya bisa satu jam sebelum jam pulang. Namun sebagai Digital Savvy, COT-nya bisa disesuaikan dengan kondisi kitanya. Walau tetap, jangan lupa perhatikan tenggat waktu pekerjaan alias tanggal deadline. Oleh karena itu, seorang yang bekerja Digital Savvy harus menjaga kesehatan tubuhnya agar tetap dalam kondisi prima ketika bekerja. Waspadai 3 gangguan kesehatan berikut:

1. Nyeri Leher dan Punggung

Kebiasaan Digital Savvy yang kerap bekerja dengan posisi kepala menunduk, perlu untuk mewaspadai nyeri pada leher. Rasa kaku dan pegal akan mudah dirasakan. Begitu juga pada punggung, bila terlalu lama duduk tanpa diselingi dengan sejenak berdiri dan menggerakkan tubuh, maka otot punggung dan pinggul dapat terserang rasa nyeri.

apa saja masalah kesehatan pada digital savvy

2. Pegal pada Tangan dan Kaki

Urusan pegal pada tangan dan kaki si digital savvy bakalan tidak terelakkan. Ketak-ketik menggunakan jari jemari, lalu bagian tangan menopang gadget, dan bagian kaki yang menjaga posisi duduk/berdiri ketika bekerja akan terus berlangsung hingga pekerjaan usai. Cara mengatasinya dengan mengistirahatkan sejenak bagian tangan dan jari. Lalu pada bagian kaki, bila posisi kerja dengan berdiri maka usahakan untuk duduk sejenak. Namun bila sebaliknya, maka usahakan untuk berdiri, kemudian lakukan peregangan pada tangan dan kaki.

3. Gangguan Asam Lambung Hingga Perut Buncit

Apakah kamu pernah mendengar kaum rebahan? Hemm, ini juga perlu diwaspadai oleh seorang digital savvy menjadi kaum rebahan. Hal tersebut dapat terjadi, tatkala sangking asiknya bekerja dengan gadget misal di kamar sambil duduk di kasur, eh lama-lama posisi pun turun menjadi rebahan. Dari rebahan ini, gangguan asam lambung hingga perut buncit dapat terjadi.

4. Mudah Terkena Mata Kering

Tatkala melihat tanaman atau tanah yang kering karena kurang/tidak adanya asupan air. Untuk mengatasinya perlu diberikan sesuatu yang bisa membuatnya basah dan lembab. Kurang lebih seperti itu analogi yang mudah dalam penggambaran mata kering ini. Maka saya harus mengenali gejala mata kering ini, karena pastinya akan mempengaruhi pekerjaan saya yang sering menggunakan gadget, yaitu:

apa saja gejala mata kering

a. Mata Pegal

Lelah di mata acap kali terasa mana kala terlalu asik bekerja menatap layar perangkat. Apalagi semisal sedang asik scroll media sosial di smartphone, jadilah pegal pada mata tidak bisa dihindari.

b. Mata Sepet

Gejala mata sepet ini kerap saya rasakan saat cukup lama berada di depan layar gadget tanpa berkedip. Biasanya ada rasa perih dan mata pun memerah.

c. Mata Kering

Dari laman alodokter (https://www.alodokter.com/mata-kering) penyebab mata kering dikarenakan menguapnya bagian mata karena minyak pada kelenjar mata tidak diproduksi secara optimal.

Baca Juga: Imunisasi Diri untuk Jangka Panjang

Sebagai Digital Savvy tak akan terelakkan dengan yang namanya mata kering, karena kegiatannya dengan perangkat elektronik yang terbilang sering. Aktivitas lain yang bisa mengakibatkan mata kering seperti: kurang berkedip, membaca buku di tempat yang minim cahaya, merokok maupun terkena asap rokok, terpaan debu, hembusan udara panas.

Bahaya mata kering bila tidak lekas diatasi dapat menurunkan kemampuan membersihkan kotoran pada mata, karena tidak cukupnya kelenjar air mata menghasilkan air mata. Bila dibiarkan dapat berakibat kurang baik pada bagian mata yaitu radang pada kornea, konjungtivitis (radang lapisan sel bening pada mata), sulit menjaga mata agar tetap membuka, sulit mengemudi maupun membaca.

cara mengatasi mata kering dengan mudah

Cara Mengatasi Mata Kering

Krusialnya mata sebagai indera penglihat membutuhkan penjagaan yang tepat. Jangan sampai ketika terjadi masalah mata kering dibiarkan begitu saja. Upayakan untuk mengatasinya dengan cara:

  • Penggunaan kacamata dengan fitur anti blue ray tatkala berhadapan gadget dan memakai kacamata anti sinar UV untuk menghindari radiasi matahari.
  • Jauhi merokok dan asap rokok
  • Hindari riasan pada mata terlebih ketika
  • Kurangi penggunaan lensa kontak
  • Lebih sering mengedipkan mata
  • Konsumsi vitamin A dan asupan yang mengandung vitamin A seperti wortel, sawi, semangka, brokoli dan lain-lain
  • Istirahatkan mata setidaknya tiap 20 menit sekali
  • Mengunjungi fasilitas kesehatan (bila sudah parah)
  • Memakai obat mata kering yaitu #InstoDryEyes

Baca Juga: Cara Mengatasi Tangan dan Kaki Kapalan 

Insto Dry Eyes sebagai Solusi Mata Kering

Insto Dry Eyes cocok sebagai solusi mata kering karena memiliki kandungan 3.0mg Hydroxypropyl Methylcellulose atau HPMC yang dapat membantu sebagai pelumas mata, sehingga keluhan pada mata kering dapat diatasi. Pemakaian yang dianjurkan dengan dosis 1-2 tetes setiap 3x sehari. Saya bisa menemukan #SolusiMataKering berukuran 7.5ml ini di supermarket, apotek, dan juga e-commerce, dengan harga terjangkau, tidak sampai 20ribu.

solusi mata kering Insto dry eyes

Asiknya bekerja menjadi Digital Savvy tidak hanya memikirkan tentang pekerjaannya yang bisa dilakukan di mana saja, tetapi juga perlu untuk mewaspadai masalah kesehatan di atas, minimal untuk menyediakan selalu dalam kotak obat, salah satunya adalah Insto Dry Eyes. Sehingga pekerjaan bisa terus berlangsung tanpa hambatan, karena bebas mata kering.

41 komentar

Komen Blog fennibungsu.com
Farida Pane mengatakan…
Yang kerjanya banyak pakai gawai elektronik memang perlu sedia insto dry eyes ini biar tetap nyaman
Komen Blog fennibungsu.com
hani mengatakan…
Aku tuh ada 2 yg paling terasa, mata pedes-pegel, dan pergelangan tangan kram kena karpal tunel.
Untuk mata sekarang ada Insto Dry Eyes, banyak nolong kalau mata udah panas.
Komen Blog fennibungsu.com
Maman Malmsteen mengatakan…
Setiap pekerjaan mengandung risiko, termasuk Blogger. Selaku Blogger tentunya berlama-lama nongkrong di depan layar monitor laptop/PC adalah hal biasa. Terlebih sewaktu deadline. Salah satu akibat sering terlalu lama nongkrong depan layar monitor laptop/PC adalah mata kering. Kabar baiknya, Insto dapat mengatasi mata kering dengan baik.
Komen Blog fennibungsu.com
Ririn Erviana mengatakan…
Gejala yang udah disebutkan emang sering banget aku alami kak. Ya beginilah kita harus berjuang sama pekerjaan ini. Tapi kayaknya pekerjaan lain di luar sana juga berpotensi mengalami hal yang sama. Tinggal bagaimana kita pintar-pintar mencari alternatif supaya aset tubuh kita tetap sehat.
Komen Blog fennibungsu.com
cookeatta mengatakan…
whooaa, 4 gangguan tersebut benar-benar dirasakan oleh aku, dan yang paling signifikan adalah gangguan asam lambung dan perut bunciit serta mata keriing. Harus mulai jaga kondisi nih kak, untuk menjaga pola hidup sehat. Insto dry eyes memang cukup membantu, akupun pakai ini.
Komen Blog fennibungsu.com
Bambang Irwanto mengatakan…
Jadi blogger itu menyenangkan ya, Mbak. pekerjaanya fleksibel, terus sikon terus berubah, jadi tidak bosan. bertemu banyak orang. Tapi tentu saja setiap pekerjaan ada risikonya ya, Mbak. dan karena Blogger itu banyak berhadapan dengan gadget, jadi rentan kena mata kering. Harus harus dicegah segera.
Komen Blog fennibungsu.com
Bunda Saladin mengatakan…
Benerr banget kak Fenni. Kalau udh konsenttasi nulis tau2 punggung pegel dan mata kering. Solusinya istirahat sejenak lalu tetesin Insto Dry Eyes.
Komen Blog fennibungsu.com
ANGGITA RAMANI mengatakan…
Betul mba sebagai blogger memang mata kering itu bisa jadi ancaman. Apalagi kalau tidak segera diatasi
Komen Blog fennibungsu.com
deamerina mengatakan…
dari 1-4 alhamdulillah nggak pernah sampe asam lambung sih hehe. karena selalu usahain makan teratur dan kasih jeda tiap sela-sela kesibukan. tp emang mata kering ini bisa ganggu banget dan bikin nggak nyaman. untung ada Insto Dry Eyes ya
Komen Blog fennibungsu.com
Dee_Arif mengatakan…
Di era digital seperti ini, menjadi digital savvy emang tak terelakkan ya mbak
Makanya kadang bisa terkena penyakit penyakit tertentu, salah satunya ya mata kering ini ya
Untung ada insto dry eyes solusi mata kering ya
Komen Blog fennibungsu.com
Pipit ZL ceritaoryza.com mengatakan…
Selalu jad andalan di dalam dan di luar ruangan sih kalau saya mah. Stand by di tas
Komen Blog fennibungsu.com
Hamimeha mengatakan…
Aku sebagai pelaku ekonomi kreatif ini sejak 2 tahun lalu merasa apa yg dirasakan nih. Leher pegal. Mata kering hiks tapi g kerasa hanya tiba2 panas aja.

Katake butuh insto nih
Komen Blog fennibungsu.com
lendyagasshi mengatakan…
Akutu kadang suka ngerasa berat di bagian tertentu.
Misal, pundak di bagian kanan.

Agaknya kudu tetap diakalin dengan gaya hidup sehat dan tetap bergerak meski keperluan menatap layar, besar. Dan jika mata kering, jangan lupa untuk meneteskan Insto Dry Eyes yang bikin mata kembali cerah.
Komen Blog fennibungsu.com
lylamanzila mengatakan…
Harus disyukuri ya ka bisa bekerja di luar disambi bekerja dari rumah. Tapi ya gitu banak resiko yang bakal dirima salah satunya mata kering
Komen Blog fennibungsu.com
Adi Pradana mengatakan…
untung ada insto ya, mata kering dapat dihindari akibat bekerja sehari2 di depan komputer dari pagi hingga sore hari.
Komen Blog fennibungsu.com
Dila mengatakan…
Bener banget, sebagai blogger saya juga paling sering mengalami nyeri leher dan punggung. Trus klo terlalu fokus sama layar, mata jadi kering. emang harus stand by insto dry eyes.
Komen Blog fennibungsu.com
sarrahgita mengatakan…
memiliki pekerjaan sebagai digital savvy itu memang ada tantangannya masing-masing ya kak, dan salah satunya dalah dari segi kesehatan.
ngomongin kacamata blue ray saya jadi ingat sama ponakanku yang pake kacamata model gitu. btw tips yang dishare diatas tentang menjaga kesehatan mata bermanfaat banget nih kak. asupan makanan juga penting ya. kalo tuk Insto saya memang selalu stock di rumah
Komen Blog fennibungsu.com
Enny Mamito mengatakan…
Digital savvy memang rentan terkena mata kering, mata pegel dan mata sepet. Ini mengganggu banget. Tapi untung ada Insto Dry Eyes yang efektif mengatasi mata kering ya mba
Komen Blog fennibungsu.com
Goresan hati mengatakan…
Harus selalu sedia insto dry eyes di rumah ya mbak agar aktivitas ngeblog bebas dari mata kering. Kan lama tuh di depan layar laptop terus
Komen Blog fennibungsu.com
shinobi apuy mengatakan…
hahahah, keknya seh semua sudah ada di badan ini setelah hampir 10 tahunan kerja di dunia digital
Komen Blog fennibungsu.com
Yulia Marza mengatakan…
Mata kering emang gak iyess banget. Apalagi akibat lama menatap layar. Berair, perih banget pas kedip mata. Saya paling sering ngalamin mata kering. Tapi sekarang dah stand by Insto di saku.
Komen Blog fennibungsu.com
Dee_Arif mengatakan…
Ternyata banyak juga ya masalah kesehatan yang harus diwaspadai oleh para digital savvy
Salah satunya ya masalah mata kering ya
Komen Blog fennibungsu.com
Sebagai pekerja kantoran yang hampir setiap hari menatap layar komputer pastinya sering mengalami mata kering. Saya juga pake insto lho untuk mengatasinya
Komen Blog fennibungsu.com
Nurfadhilah Bahar mengatakan…
Nah yang paling sering aku rasain tuh nyeri di leher sama punggung.trus mata kering juga kadang-kadang. Masalahnya banyak emang kalo pekerjaannya di depan laptop terus.
Komen Blog fennibungsu.com
bu guru mengatakan…
Kalau mata ngantuk apa obatny kak? Hehe
Tapi saya lagi ngalamin kak, mata perih karena lama natap layar laptop.
Komen Blog fennibungsu.com
Happy mengatakan…
mata aku kering parah dan emang selalu bawa insto ke mana-mana. karena kalau gak pakai, susah banget meleknya 😭
Komen Blog fennibungsu.com
Inda Chakim mengatakan…
di antara 4 masalah kesehatan digita savvy yang sering aku alami belakangan ini nih mata kering. paling kesel pas ada deadline eee mata kering melanda. untung deh ada solusi ampuhnya, insto dry eyes.
Komen Blog fennibungsu.com
Antung apriana mengatakan…
Aku juga cukup sering nih mengalami gejala mata kering gitu kalau kelamaan ngetik. Sama juga pergelangan tangan pegal banget karena keseringan ngetik
Komen Blog fennibungsu.com
lendyagasshi mengatakan…
Aku lagi ngerasain sekarang ka Fenniii..
Punggung bagian kananku rasanya nyeri. Bingung antara salah posisi tidur atau aku terlalu lama duduk.

Kalau mata, kudu banget segera diatasi dengan Insto Dry Eyes yang terpercaya.
Komen Blog fennibungsu.com
Lasmicika mengatakan…
Untuk masalah mata kering aku juga selalu sedia Insto di rumah. Nyaman banget di mata
Komen Blog fennibungsu.com
Annie Nugraha mengatakan…
Bener banget Fen. Untuk profesi seperti kita ini yang sering menatap layar PC, laptop, atau HP berjam-jam, urusan mata kering tuh wajib diperhatikan banget. Efeknya bisa kemana-mana. Kalau aku sih sudah lama stok INSTO DRY EYES ini di kotak obat. Solutif banget pokoknya.
Komen Blog fennibungsu.com
Amethyst aiko mengatakan…
Ini kayaknya umum ya kak . Aku sekarang gak bisa lama-lama kalo pas lagi di depan laptop mulai punggung yang pegel.. mata kering... Untuk ini kak ada rekomendasi obat tetes mata
Komen Blog fennibungsu.com
Maria G Soemitro mengatakan…
beruntung banget hidup di era digital ini

sehingga setua ini masih bisa mendapat income dari rumah.
Cukup bermodal gadget dan internet

Tapi efeknya mata sering sepet dan gatel

untung ada Insto Dry Eyes yang bikin mata nyaman
Komen Blog fennibungsu.com
Katerina mengatakan…
Artikelnya nyentil banget buat para pecinta dunia digital! Yak, kesehatan itu mahal, apalagi buat yang sering gonta-ganti gadget. Siapa sangka mata kering bisa jadi musuh rahasia para digital savvy? 🤔 Mata kita udah sibuk scroll sana-sini, tapi jangan lupa kasih 'istirahat' buat mata juga ya. Pakai Intro Dry Eyes biar mata tetep fresh.
Komen Blog fennibungsu.com
lendyagasshi mengatakan…
Mata yang sehat adalah kunci produktivitas.
Gak kebyang kalau sakit mata karena abai dengan gejala mata lelah. Jadi memberikan pertolongan pada mata lelah menggunakan Insto Dry Eyes ini tepat sekali.
Komen Blog fennibungsu.com
YSalma mengatakan…
Punggungku juga sedang gak enak ini, gegara mengetik agak membungkuk terlalu lama karena merasa tanggung, belum bisa hilang walau sudah diluruskan dan melakukan gerakan untuk menghilangkan pegal di punggung, tapi untuk mata yang terasa sepat karena kelamaan menatap layar laptop, Insto Dry Eyes membantu banget.
Komen Blog fennibungsu.com
Dee_Arif mengatakan…
Insto Dry Eyes adalah salah satu produk yang wajib dimiliki oleh para digital savvy ya Kak
Komen Blog fennibungsu.com
sarrahgita mengatakan…
iya banget nih, sebagai seorang digital savvy yang sering kerja sambil rebahan n lama di depan laptop ato gawai, keluhan yang dirasakan biasnaya seputar nyeri leher, nyeri pinggang hingga mata kering.

Selain harus rajin menggerakan tubuh (stretching) dan banyak minum air putih saya juga selalu sedia Insto. Karena kerja harus terus jalan dan kesehatan pun tetap terjaga.
Komen Blog fennibungsu.com
Desi mengatakan…
Kak Fenny, jadi tercerahkan sekarang apakah perutku yang agak buncit ini efek duduk lama. waahh udah harus bisa ngakalin jaga badan nih. sudah kurang nyaman rasanya hehe. siapp, setuju juga klo mata juga butuh pelembab seperti insto dry eyes ini
Komen Blog fennibungsu.com
alienda mengatakan…
4 masalah kesehatan mata ini banyak yang diakibatkan dari penggunaan layar digital secara berlebihan. Penting bagi kita menyediakan Insto Dry Eyes ya, kalau terasa gak nyaman langsung tetesin aja
Komen Blog fennibungsu.com
Enny Mamito mengatakan…
Insto Dry Eyes memang andalan banget untuk mengatasi mata kering dan mata sepet ya mba. Khususnya untuk digital savvy yang sering menggunakan gadget sehari-hari
Mengenai Saya
Fenni Bungsu
Hi, #SemangatCiee jumpa dengan daku Fenni - si Milenial yang suka menulis tentang hal yang bermanfaat. Untuk bekerjasama bisa melalui email ke: fenni(dot)bungsu(at)gmail(dot)com ��Terima kasih��
Cari Blog Ini
BPN
BPN
BCC
BCC
Logo Komunitas BRT Network
Bplus
Bplus
Bloggerhub
Bloggerhub
KEB
KEB
MBC
MBC
KSB
KSB
Intellifluence
Intellifluence