Bayi Rewel Saat Bunda Mengganti Popoknya? Ikuti Tips Ini!

Bayi Rewel Saat Bunda Mengganti Popoknya? Ikuti Tips Ini! (How To) -- Waktu keponakan saya masih bayi, dia pernah rewel saat kakak saya mengganti popoknya. Hal tersebut, karena bayi belum dapat berbicara dan memberitahukan kepada kita secara jelas, tentang apa yang ia inginkan. Biasanya si kecil akan berkomunikasi melalui ekspresi wajahnya, gerakan tubuh tertentu, dan bahkan suara seperti menggeram maupun menangis.

Oleh karenanya, wajar saja bagi kita orang dewasa suka bingung saat melihat bayi atau ponakan kita yang masih kecil, menangis ataupun rewel tanpa henti, terutama ketika kita ingin membantu tetapi tidak tahu caranya. Maka dari itu kita sebagai calon orangtua maupun kamu yang sudah memiliki anak sama-sama belajar yuk akan hal ini, agar menjadi lebih peka dan memahami bahasa isyarat bayi. Pasalnya ini merupakan langkah pertama yang harus dilakukan saat nanti kita menjadi orangtua sebagai bagian dari cara mengatasi ruam popok pada bayi.

harga produk bepanthen, bepanthen atasi ruam popok bayi, bayi rewel kenapa, alasan bayi rewel, mengapa bayi rewel saat ganti popok, cara mengganti popok agar bayi tidak rewel, tips atasi bayi rewel saat ganti popok, apa itu bepanthen, bepanthen untuk gejala ruam popok bayi, apa saja gejala ruam popok bayi, cara atasi ruam popok bayi,

Bagi sebagian bayi, proses penggantian popok bisa saja membuatnya stres. Banyak bayi yang tidak suka berbaring ataupun telentang, dan sebagian bayi juga tidak menyukai apabila kakinya digerakkan saat kita akan mengganti popoknya. Mereka juga sering rewel ketika kita sedang menyalin pakaiannya; di mana bayi akan menunjukkan ekspresinya dengan menggeliat ataupun mulai rewel.

Tanda Bahwa Bayi Kesakitan Saat Diganti Popoknya

Jadi, apakah sebenarnya si kecil hanya tidak menyukai proses penggantian popok atau memang ia benar-benar merasakan kesakitan? Sulit untuk mengetahuinya, kecuali kita sudah paham cara membaca sinyal dan isyarat dari si kecil.

Perhatikan ekspresinya saat mengganti popok; apakah si kecil mencoba menenangkan dirinya sendiri dengan beberapa metode seperti menghisap jempolnya? Jika ya, coba berikan mainan atau dot khusus bayi saat kita menggantikan baju atau popoknya (biasanya, dot bayi dapat diberikan sekitar minggu ke-3 atau ke-4 setelah kelahiran bayi). Namun, berikut ini beberapa ciri yang bisa dikenali jika si kecil merasa kesakitan: 

  • Tangisannya pada saat mengganti popok atau baju terdengar lebih keras dan lama daripada saat si Kecil biasanya menangis karena lapar. 
  • Detak jantung yang berjalan dengan cepat atau napas tak beraturan. 
  • Perubahan postur, ditandai dengan bayi yang mencoba membungkukkan punggungnya. 
  • Berusaha menghindar atau menarik diri secara tiba-tiba dari situasi, gerakan atau hal tertentu yang ia anggap menyakitkan. Bisa jadi si Kecil rewel karena ia sedang mengalami gejala ruam popok

Cara Menenangkan Bayi yang Rewel Ketika Mengganti Popok

  1. Tanggapi tangisan bayi yang kemungkinan berhubungan erat dengan rasa sakit dengan cara memberikannya kenyamanan melalui sentuhan. Selama bayi menunjukkan tanda stres atau kesakitan, hibur si Kecil dengan memberikan tangan kita untuk Ia genggam, ajak bicara dengan suara dan gerakan perlahan yang lembut.
  2. Kemudian, letakkan salah satu tangan kita pada kepala bayi dan tangan yang satu lagi menggenggam tangannya. Kita juga dapat mendekatkan bayi dan menggendongnya dalam posisi ini. Jika bayi sedang bersandar pada kita, cobalah untuk memberikan dot ataupun mainan.
  3. Jika bayi masih rewel, bantu ia lebih rileks dengan menenangkan pernapasan mereka, misalnya dengan mencoba mengayunkannya atau membedongnya. Membawa bayi keluar sebentar sambil berjalan-jalan juga dapat membuatnya lebih tenang dan mengurangi frekuensi tangisannya
bayi rewel kenapa, alasan bayi rewel, mengapa bayi rewel saat ganti popok, cara mengganti popok agar bayi tidak rewel, tips atasi bayi rewel saat ganti popok, apa itu bepanthen, bepanthen untuk gejala ruam popok bayi, apa saja gejala ruam popok bayi, cara atasi ruam popok bayi,

Catatan Penting!

Yuk diingat, bahwa si Kecil pasti akan memberi kita waktu dan kesempatan untuk mengenali apa saja kesukaan dan ketidaksukaannya saat proses penggantian popok. Jika si kecil ternyata cenderung lebih rewel saat popok nya sedang diganti, kita bisa menanggapi dengan cara memberikan sentuhan fisik dan meyakinkan si Kecil, di mana tindakan inilah yang akan membantu  bayi merasa jauh lebih baik.

Jika terdapat bagian kulit yang memerah di sekitar pantat, lipatan atau selangkangan bayi, bisa jadi memang si Kecil sedang mengalami gejala ruam popok. Jika hal ini terjadi, kita dapat memberikan perawatan lembut dengan mengoleskan salep ruam popok Bepanthen setiap saat mengganti popoknya. Salep ini mengandung vitamin B5 yang berfungsi untuk merawat kulit sensitif bayi dengan gejala ruam.

Selain itu, bayi juga menyukai rutinitas lho—Kita dapat menerapkan hiburan setiap saat akan mengganti popoknya, misalnya seperti membuat wajah dan bunyi-bunyian atau suara yang lucu. Kita juga bisa mengakhiri sesi berganti pakaian dan popok dengan memeluk atau mendekapnya, sehingga bayi dapat mengasosiasikan proses penggantian popok dengan memori yang menyenangkan, bukan sebaliknya.

Jangan abaikan kedekatan fisik dan emosional pada si Kecil, karena kasih sayang dan sentuhan fisik memiliki kekuatan untuk membuat bayi merasa tenang. Sentuhan, pelukan, dan belaian dari orang terdekatnya tentu akan membuatnya merasa nyaman dan terlindungi. Namun, tetap diingat bahwa tidak semua bayi menyukai sentuhan fisik tertentu atau pun jenis perhatian yang sama.

bayi rewel kenapa, alasan bayi rewel, mengapa bayi rewel saat ganti popok, cara mengganti popok agar bayi tidak rewel, tips atasi bayi rewel saat ganti popok, apa itu bepanthen, bepanthen untuk gejala ruam popok bayi, apa saja gejala ruam popok bayi, cara atasi ruam popok bayi,

FenniBungsu jadi dapat ilmu parenting dan sama-sama belajar nih kita sebagai calon orangtua, maupun kamu yang sudah menjadi Bunda dengan mempelajari preferensi si Kecil. Semoga artikel di blog fennibungsu.com tentang tips bayi rewel saat popoknya diganti ini, bermanfaat. Sampai jumpa. 

Komentar

Ega Tiara mengatakan…
Takut banget kalo pas ganti popok bayiku nangis. Alhamdulillah sampe sekarang dia nangis kalo nggak diganti, pas ganti popok malah ketawa-ketawa senang. Dia risih banget kalo popoknya basah.
Farida Pane mengatakan…
aku juga curiganya ruam popok sih kalau bayi nangis pas digantiin. sedih banget soalnya berasa kayak ga bisa jaga bayi, deh.
Didik Purwanto mengatakan…
Bener tuh kak. Si kecilku kadang suka rewel saat ganti popok. Ternyata ya emg popoknya ngga bagus sih. Namanya anak kecil kalo ada gatal2 kan ngga bisa ngomong. Ngomongnya ya lewat tangisan itu.

Si kecilku yg udh 3 tahun aja kadang masih nangis kalo pas pasangnya ngga bener. Makanya aku sering teliti bgt pasang hingga udh penuh/belum biar si kecil makin nyaman.
Tukang Jalan Jajan mengatakan…
anakku udah menemukan popok yang tepat sih ya, jadi aman aman aja ganti popoknya, paling rewelnya karena popoknya udah penuh adau tembus aja karena salah letak. selebihnya aman
Anisah mengatakan…
Wah,jadi tahu alasan bayi menangis salah satunya karena ruam popok,makasih ya infonya.
April Hatni mengatakan…
Pengingat nih buat para ibu yang malas untuk mengganti popok Si Kecil, sehingga mengakibatkan Si Kecil rewel karena area selakangan, bokong kemerah-merahan dan mungkin terasa perih. Untungnya ada Bepanthen yang bisa mengobati ruam popok tadi, sehingga anak jadi tenang kembali.
Kurnia amelia mengatakan…
Iya kalau baby ada ruam popok pasti rewel soale gatal dan panas gitu kan makanya sebagai orang tua harus tau apakah popok tersebut cocok di kulit baby dan juga pemakaian popok jangan terlalu lama setidaknya 3 atau 4 jam sekali ganti.
Dulu waktu masih umur 3 bulan, keponakanku sering banget rewel karena popok ruam. Setelah ganti popok jadi ga pernah rewel lagi, mungkin popok sebelumnya gak cocok kali yahh
Kanianingsih mengatakan…
Baca artikel ini jadi mengingatkan saya saat anak yg pertama kena ruam popok parah banget sampe saya dimarahi kakak mungkin dianggap ga saya lalai
Nickn - Kal mengatakan…
Bayi rewel karena ruam popok pastinya bikin gak nyaman ya. Perlu segera diatasi dan ibu juga jangan mudah panik.
Tukang Jalan Jajan mengatakan…
biasanya kalau rewel saat ganti popok pasti ada penyebabnya, entah karena ngga cocok, terlalu ketat atau iritasi. kudu banget dicari tahu biar bisa dipilih yang paling pas popoknya
Talita Zahrah mengatakan…
Iya, bener banget. Aku juga pernah lihat ponakan malah jadi rewel banget tiap ganti popok. Bakal aku info deh ke Mamanya.
Mei Daema mengatakan…
pastinya tipsnya bermanfaat banget buat seorang calon ibu seperti saya kak, sehingga tahu saat mengurus bayinya ketika mengalami ruam seperti ini
Mei Daema mengatakan…
saya suka memperhatikan tentang ruam ini kalau saudara saya sedang mengganti popok keponakan saya yang kadnag ruam, dan jadi banyak tahu soal ruam ini, ditambah lagi dengan membaca artikel ini, jadi makin banyak ilmunya
Talif mengatakan…
Anak saya pernah mengalami pas liburan ke Muscat. Bawa pampers dari Indonesia sih. Awalnya nggak ngeh kalau muncul ruam, tetapi pas dicek eh beneran ruam. Pantesan pas pakai pampers nangis. Mungkin karena pada saat itu, Muscat panas banget yang ngefeknya sampai di pampers.
Priyo Harjiyono mengatakan…
Ngerasain banget ini waktu anak anak masih kecil, beneran soal ruam kadang bikin bingung apalagi pas masih anak pertama masih belum pengalaman
Wiwid Nurwidayati mengatakan…
nah iya, bener banget. Anak-anak sering kena ruam popok. Apalagi hari panas begini, gampang banget tu muncul ruam popok
Bambang Irwanto mengatakan…
Saat bayi rewel, kita memang suka bingung ya, Mbak. Karena bayi hanya bisanya rewel dan menangis. termasuk saat ganti popok. Dan ternyata bayi kena ruam popok. Kalau itu terjadi, maka kita harus segera mengatasinya.
Lita Lestianti mengatakan…
Anak saya rewelnya biasanya kalo terlalu siang atau terlalu sore gantiin popoknya. Udah penuh terus risih.
nadiafathiya mengatakan…
Ini aku banget kak . Suka bingung kalo si kecil rewel dan nangis saat ganti popok. Sempet gak sadar kalo ternyata si kecil kena ruam popok :'(
Eka FL mengatakan…
berdasarkan pengalamanku, bayi rewel saat ganti popok ya mostly karena ruam dan rasa gak nyaman karena popok kepenuhan. olesin lotion ruam popok yang tepat aja, terus kalo udah penuh langsung ganti. memilih jenis popok juga ngaruh. terutama popok yang bahannya lembut dan bikin adem
Hallowulandari mengatakan…
banyak banget yaa ilmu parenting yang harus dipelajari nihh kalau udh bersiap hidup berumah tangga dan punya momongan
www.kisahsejati.com mengatakan…
Pengalaman dengan anak pertama anakku Rachel kok cengeng,nangisnya panjang banget lagi.Oh ternyata popoknya sudah kepenuhan lupa diganti.Belajar dari pengalaman jadi aku lebih care lagi untuk penggantian popok my baby.Salam:Dennise Sihombing
Shinta Shyntako mengatakan…
waduh biasanya kalo rewel tuh pasti ada sesuatu dan biasanya ruam popok, kita aja kadang kalo iritasi karena gak cocok pakai produk pembalut rasanya kan gak nyaman, memang harus teliti sih pilih produk popok yang aman dan pastinya siap krim anti ruam juga
iidyanie mengatakan…
Gak tega emang klo liat bayi nangis karena ruam popok tuh, gatel dan merah2 kulitnya. Untungnya sekarang gak perlu bingung lagi ya tinggal oleskan cream baby khusus ruam popok spt Bepanthen saja, aman
Melalak Cantik mengatakan…
Saat proses penggantian popok bayi tentu bunda pun harus memiliki kesabaran dan tahu bagaimana menyikapi anak bayinya ya. Kadang sampai terkesan memaksa pun bisa membuat anak semakin nangis terus.
Okti Li mengatakan…
Bayi menangis itu banyak faktor-faktor yang menyebabkannya ya. Iya tuh ruam popok itu jangan sampai kena ke anak kita. Kasihan kalau sudah rewel dan nangis jeri jerit gitu ...
Nickn - Kal mengatakan…
Ngebayangin bayi rewel. Hihi. Dulu anakku kalau popok nggak nyaman juga jadi rewel. Apalagi dia termasuk kulit sensitif.
Naqiibatin Nadliriyah mengatakan…
waalaaah. ada salepnya toooh, baru tahu kak
Cobain deh, buat ponakan. kasiian :")
makasih tipsnya kak
Mutia Nurul Rahmah mengatakan…
aku jadi banyak belajar nih, karena aku masih belum pandai pegang bayi..
lendyagasshi mengatakan…
Rasanya ikut patah hati yaa..kalau anak bayi nangis tuh..
KEnapa? Apa yang salah?
Kudu diteliti satu per-satu dan dicari tahu penyebabnya.

Menjadi Ibu itu memang amazing~
umimami mengatakan…
bayi menangis atau rewel itu memang suka bikin bingung ya, apalagi kalau nangisnya gak biasa, suaranya lebih keras, saya juga beberapa kali ganti popok untuk anak saya, mungkin popok cocok cocokan ya, soalnya ada ayang bikin ruam
Happy Hawra mengatakan…
wah iya nih ya, salah satu masalah yang paling sering ditemuin. suka kasihan lihat bayi nangis karena ruam, makanya kudu pinter-pinter pilih popok ya.
Diah Alsa mengatakan…
Saat bayi mengalami ruam popok ini memang situasinya serba salah, secara bayi kan belum bisa ngomong, makanya ortu harus lebih peka melihat perubahan anak. Si Tengah dulu pernah ruam popok waktu bayi, duuh sedih banget nangis mulu saat diganti popoknya, salah satu caranya selain menggunakan salep, ganti merk popok juga penting, apalagi jika anak sudah terbiasa denga satu merek tertentu.
Annafi mengatakan…
Aku belum berkeluarga baca ini jadi tambah wawasan mba, thanks for sharing! Aku paling tugasnya suapin ponakan sama nemenin yg aktif main hehe
Ursula Meta Rosarini mengatakan…
Untung aja anakku ga pernah rewel kalau ganti popok beb hihihi, dia malah seneng kalau ganti popok, karna popok yg baru yg pasti kering & bersih wkwkkw
Nita Juwithafina mengatakan…
Kalau baby yg udah rewel, sebagai ibu baru pasti bingung banget, aku dl waktu masi jadi ibu baru, dan di rs, klo baby rewel pasti manggil suster hehe
atiq - catatanatiqoh mengatakan…
paling gak tega ya kalau baby rewel karena ruam popok, jadi gak nyaman buat ngapa-ngapain terus jadi serba salah deh
Heizyi mengatakan…
Skin to skin emang jadi solusi paling ampuh untuk menenangkan bayi yang rewel ya mbak. Digenggam tangannya aja insyallah udah paham kalau ada kita yang selalu di sampingnya
sumiyati sapriasih mengatakan…
paling ga enak denger bayi rewel karena popoknya basar, kasian lihatnya, jadi jgn biarkan bayi nangis karena ruam popok, segera di ganti ya moms
Stafana Charis mengatakan…
Semoga aku bisa sabar kelak pas punya anak.. dengerin anak rewel tuh ga nyaman bgt
Britannia ika mengatakan…
Kasihan dan bingung sekali klo lihat bayi rewel, krna dia belum bisa ungkap perasaannya jadi hrus cermat cari penyebab rewelnya