Ini Cara Menghadapi Wanita PMS Gak Pake Ribet

"Cara menghadapi wanita PMS tuh aneh ya, kayak kamu marah-marah melulu," Ungkap Rian melalui telepon yang kesal mendengar tunangannya Ribka tak henti-hentinya mengomeli dirinya. "Kan udah setuju semua menu makanan pas akad ada Wagyu Sirloin, terus kenapa masih marah?"

"Aku tuh bukan marah. Dari sebelum lamaran bahkan pas pacaran kan aku udah bilang, coba mengerti ketika aku PMS," Ribka menanggapi.

"Memang PMS itu apaan sih? Aku tahunya PSM Makassar, tuh klub sepakbola yang masuk semi final Piala AFC."

"Ngaco deh, aku lagi ngomongin PMS, kamu malah ngomongin olahraga. Kenapa sih gak coba cari tahu lalu pahami, terus mengerti kondisi,"

"Ya, kenapa pula wanita selalu ingin dimengerti?"

"Karena, manjakan dia dengan kasih sayang."

Tut..Tut..Tut... Sambungan telepon pun diputus oleh Ribka yang membuat Rian makin tidak paham.

***

Ilustrasi percakapan di atas bisa saja terjadi oleh siapapun. Mungkin terdengar biasa aja atau malah membuat jantung berdebar. Pasalnya kalau mendengar kata PMS bawaannya membuat suasana jadi tidak nyaman, cemas, takut untuk melakukan ini-itu. Apakah sampai sesuatu itukah PMS yang dipikirkan? Cuss kita bahas bareng-bareng, yang kaum Adam juga perlu nih mengetahuinya.

Kenapa Wanita PMS?

Sebagaimana kita ketahui PMS merupakan akronim dari kata premenstrual syndrome merupakan sindrom yang hanya dialami oleh wanita jelang menstruasi. Kalau menurut portal kesehatan PMS yang dirasakan oleh wanita bisa datang 7--10 hari jelang haid atau pada hari pertama menstruasi, berupa rasa sakit baik dari segi emosi maupun fisik, misalnya sakit perut, kembung, sakit kepala/pusing, nyeri pada payudara, mager (malas gerak), diare, kram perut, nyeri otot, bahkan dapat memungkinkan juga depresi (ini paling parah).

Penyebab sindrom PMS ini karena meningkatnya 2 hormon pada wanita yaitu progesteron dan estrogen, dan terjadinya perubahan zat kimia di otak atau seretonin sehingga terjadinya perubahan emosi seperti gampang kesal hingga marah, gelisah berlebihan, insomnia, menangis tanpa ada sebab.

Selain itu ada juga gejala perubahan perilaku adalah mudah lelah dan lupa, nafsu makan lebih meningkat, dan kesulitan untuk konsentrasi. Oleh karenanya ketika lagi PMS perlu jaga-jaga juga ini tentang pola makan.

 [Baca Juga: Tips Meningkatkan Produktivitas saat Puasa]


Perlukah Dibawa ke  Fasilitas Kesehatan?

Saya yang adakalanya mengalami PMS, ketika di hari-H, umumnya gejala sindrome tersebut akan menghilang dengan sendirinya. Namun, untuk yang mengalami PMS yang sampai mengganggu kegiatan, maka sebaiknya untuk mengunjungi fasilitas kesehatan guna mendapatkan penanganan lebih lanjut. 

[Baca Juga: Tips Menyemangati Diri Ketika Bekerja


Cara Penanganan PMS

Kalau ingin perawatan sendiri di rumah juga bisa, karena penanganan premenstrual syndrome ini bisa dikatakan tidak sulit, meski terbilang mudah juga tidak. Oleh sebab itu harus mengetahui kunciannya dan dukungan baik diri sendiri maupun orang terkasih.

 

A. Kuncian Pada Diri Sendiri

Sebagai wanita kita perlu untuk mengantisipasi PMS ini dari sisi diri sendiri, yaitu dengan:

  • Beristirahat, agar sakit pada bagian perut dan kepala bisa berangsur mereda. Bila kitanya sedang bekerja maka bisa mengambil cuti, karena wanita ada jatah cuti 1-2 hari.
  • Melakukan hal yang menyenangkan, semisal membaca buku, mendengarkan musik, dan nonton drama/film kesukaan.
  • Yakinkan diri bahwa PMS ini adalah bagian dari menstruasi yang diberikan oleh Allah Swt hanya kepada wanita, sehingga bahagiakan hati dan pikiran dengan mengikuti sunatullah-NYA.

B. Dari yang Terkasih

Nah, selain dari pihak wanita yang sedang mengalami PMS untuk menanganinya, maka dari yang terkasih pun juga bisa memberikan dukungan, dengan teknik:

  • Pahami gejala PMS dengan gali wawasan dengan membaca informasi kesehatan atau lewat portal kesehatan terpercaya.
  • Berupaya untuk menghindari hal-hal yang membuat wanita marah.
  • Luaskan sabar dalam diri
  • Mengajak makan bersama, misalnya di Steak Hotel by Holycow

Caramenghadapi wanita PMS perlu memerhatikan suasana yang nyaman baik untuk dirinya maupun terhadap lingkungan sekitar. Holycow bisa menjawab hal tersebut dengan menu pilihan yang menggugah selera, seperti di Steak Hotel by Holycow. Namun bila ingin makan bersama di rumah bareng keluarga besar,  ragam menu dari Steak Hotel by Holycow pun solusinya. Dengan begitu bisa disantap bersama dan hati bahagia. Cuss teman-teman fennibungsu langsung dicoba! 

Komentar

Deeva Collection mengatakan…
Berbicara PMS pada setiap wanita memang memiliki pengalaman tersendiri. Ada yang mengalami gejala yang memang boleh dibilang menyiksa diri. Ada pula yang biasa saja. Wah solusinya pas banget tuh, si paksu pastinya juga mau nemenin dan ikutan menikmati steak Holcow
Mporatne mengatakan…
Seperti Membangunkan macan tidur. Hal inilah yang membuat cewek jadi emosian tingkat dewa. So jangan mancing marah wanita lagi pms
Okti Li mengatakan…
Yang susah itu mendapatkan dukungan dan pengertian dari orang terdekat dan sekitarnya. Pas pms, rebahan dikit saja dikira malas. Udah dijelaskan sedang pms, bilangnya cuma alasan. Capek deh kalau lingkungannya toxic
Gita Siwi mengatakan…
Ha ha ha baca tulisan ini, jadi kayak ngaca, gue gitu ya klo PMS. Entah ya misteri nih ha ha ha tiap bulan PMS, tapi kadang nggak tahu juga kok gini ya. Nice info kak
DokterTaura mengatakan…
Saya sudah berhasil menhindarkan dari hal-hal yang buat wanita PMS marah... TApi tetap saja kejadian Marah itu terjadi. YAng saya perbuat hanya diam.
Dengan DIAM, saya makin disayang....
Farida Pane mengatakan…
Makan di holycow memang menyenangkan tapi tetep harus jaga pola makan, ya
Maria G Soemitro mengatakan…
Alhamdulilah saya beruntung banget gak pernah PMS sejak gadis sampai dewasa

karena kalo lihat teman yang PMS sampai masuk RS untuk rawat inap

duh sedih banget lihat dia nangis eksakitan sampai guling guling
Tukang Jalan Jajan mengatakan…
Jika wanita sudah memahami PMS dan juga keadaan tubuh serta jiwanya sendiri maka akan lebih mudah mengurusi mood yang terombang ambing serta nyeri yang datang.
Kenali diri untuk lebih mudah atasi PMS!
Reyne Raea / Rey mengatakan…
Hahahaha, hal yang paling dikeluhkan laki-laki kalau wanita lagi PMS, emang sih kalau lagi PMS itu bawaannya pengen marah-marah mulu.
Jadinya saya stock hal-hal yang bikin saya rileks kalau menjelang PMS, biar ga ngomel mulu :D
Blog berita mengatakan…
Ketika menghadapi PMS memang membutuhkan persiapan ilmu, atm (amati tiru modifikasi) amati kondisi, tiru jika ada kiat menghadapi pms, modifikasi praktikkan jika sudah dapat menangani juga berjejaring dengan medis untu kesehatan.
Susi Susindra mengatakan…
Kalau PMS< saya larinya ke makan. Hihihi. Tapi setelahnya agak menyesal karena badan makin tambun.
Tapi enak adalah enak, kaaaan..... dan yang penting ga marah-marah. Jadi pengen nyobain Holycow.
Muhammad Patintingan mengatakan…
Memang menghadapi wanita yang sedang PMS ada treatment tertentu yang bisa saja setiap wanita berbeda. Namun hal yang paling general sih, SABAR dan tetap DIAM yaa Mbak.. Hehee
Indri mengatakan…
Selalu suka baca blog ini karena banyak tips menarik yang enggak kepikiran ditulis sama aku sbg blogger. Emang sih kalo PMS itu emosiku suka gak terkontrol.
Emma Malika mengatakan…
PMS klo di kasih hadiah mah lupa ma kesel atau marah²nya, hmm mau dong dikasih hadiah nti klo PMS datang diriku kabari ya😁😁
April Hamsa mengatakan…
Wkwkwk iya nih aku jg masih serimg PMS. DUlus etelah lahiran anak pertama aku gak pernah ngrasa nyeri lagi, begitu lahir anak kedua ngrasain lagi huhu.
Sampai ada guyonan punya anak ketiga aja biar ilang lagi nyerinya :P
Kalau suamiku selalu beliin aku jamu kunyit jelang mens. Jd pengen minta ditraktir steak pas nih lg hari2 pertama hahaha
Lita Lestianti mengatakan…
Wkwkwk bener banget lagi PMS diajak makan ke Holycow atau dibelikan baju branded langsung ga jadi PMS hihihii
Goresan hati mengatakan…
Jangankan laki laki, perempuan yang sering PMS aja kadang bingung kenapa tiba tiba nangis sendiri, ngambekan, gampang emosi. Pokoknya apa apa gak nyaman. Makanya pak, kudu ngerti sama perempuan. Makhluk yang harus dimengerti meskipun si perempuannya gak ngerti apa yang terjadi pada dirinya. Wkwkwk. Bingung kan. Lagi PMS tuh.
lendyagasshi mengatakan…
Tau aja nih, kak Fen..
Cewe kalo PMS selain sensi obatnya adalah makan makanan enak. Kalau sudah kenyang makan Steak Hotel by Holycow, uda gak marah-marah lagi dan bisa selow~
Okti Li mengatakan…
Berharap banget soal pms ini tidak hanya dibaca oleh para perempuan tapi juga para lelaki. Mereka harus tahu juga agar bisa bagaimana menghadapi perempuan yang sedang pms
Okti Li mengatakan…
Berharap banget soal pms ini tidak hanya dibaca oleh para perempuan tapi juga para lelaki. Mereka harus tahu juga agar bisa bagaimana menghadapi perempuan yang sedang pms
Ranggi's Travel Story mengatakan…
Tau gaa sih PMS langsung hilang kalau tiba tiba kekasih hati memberi kado yg kita butuhkan cie ciee 🤩

Kalau menimpa istri, nah suami kasih uang belanja lebih dijamin ga jd marah2 dah ...
(Gusti yeni)
Makan tuh emang bisa jadi salah satu obat buat mood yang sering gak bagus saat PMS. Apalagi kalau makannya steak di Holycow. Duh, dijamin mood langsung membaik nih.
Leyla Hana mengatakan…
Alhamdulillah PMS-ku gak terlalu parah sih. Gak sakit perut melilit. Paling jerawatan satu dan emosi agak naik tapi ga meledak-ledak.
Mita Oktavia mengatakan…
Saking ngerinya perempuan saat PMS sampe rame jargon "sengggol, bacok" 😂
Karena emang selain emosi suka gak stabil, sakit saat PMS ini bikin bener2 mood gak jelas juga. Nah, penting nih buat diketahui sama cowok2 ya khususnya. Biar gak bingung lg ngadepim cewek PMS mesti gimana.
Han mengatakan…
Hahahah relate banget mba tulisannya, setuju sih dan ini laki2 wajib tahuu nih tulisan ini, izin share yaa mbaa
Dee_Arif mengatakan…
Haha iya
Ini kok related banget
Perempuan kalau uda pms, ibarat senggol bacok ya mbak
Muhammad Patintingan mengatakan…
Betul banget nih Mbak, Sebaik-baik menghadapi orang-orang tersayang saat PMS adalah dengan memperbanyak sabar, sabar dan sabar.. Hehee
Happy mengatakan…
Hahaha. emang kerasa banget kalau udah mau masuk masa haid, gatau kenapa emosi jdi lebih meningkat dari biasanya. tapi pas haidnya alhamdulillah gak pengin marah, cuma suka meriang aja di hari pertama hahaha
lendyagasshi mengatakan…
Aku seminggu sebelum mens tuh uda ngerasa sangat gak nyaman sekali. Ya, dari sisi emosional sampai ke kondisi fisik. Memang jadi perempuan tuh kudu mengenali diri sendiri agar gak ribet pas PMS yaa..
Witri Prasetyo Aji mengatakan…
Laki-laki wajib tahu..hahaha
Akutuh kalau PMS pasti uring-uringan melulu, masalah kecil aja jadi besar.
Nabilla DP mengatakan…
aku juga kadang2 PMS sih mba.. dan yang paling ngga menyenangkan itu kalau udah hari kedua. duh rasanya badan sakit semua, perut nyeri, deres banget, dan kadang2 pusing. cuma pengen tiduran aja rasanya
Nimas Achsani mengatakan…
biasanya PMS ini datang beberapa hari sebelum jadwal bulanan, emang emosi jadi lebih bergejolak ya mbak hahaha naik turun kayak rollercoster, apalagi makin deket jadwalnya, badannya juga makin nggak karuan huhuhu
Irawati Hamid mengatakan…
alhamdulillah, saya gak pernah mengalami pms sampe parah dan masuk rumah sakit atau merasakan perubahan mood hingga orang-orang jadi takut mendekat. Yang biasanya saya rasakan saat menjelang haid adalah PD sakit dan bengkak tapi itu akan mereda ketika waktu haid tiba
lendyagasshi mengatakan…
Padahal uda banyak hiburan, tapi kadang kalo lagi PMS tuh malah hiburan itu yang bikin sensi. Hahaha.. Unik memang ya..menjadi seorang wanita tuh.. Alhamdulillah~