Langsung ke konten utama

Review Film Pulang: Satukan Jiwa karena Rindu

sinopsis film pulang, daftar pemeran film pulang, sinopsis film pulang ringgo ziva, film pulang indonesia bercerita tentang apa,

Apakah kamu pernah merasakan tidak rindu akan suatu hal di rumah? Pernahkah kamu merasakan kerinduan untuk pulang dan tinggal bersama orang terkasih?

Pertanyaan di atas bisa dong dijawab, karena jawabannya adalah pada diri kita masing-masing. Rindu bukanlah sebuah perasaan yang bisa ditimbulkan begitu saja atau dengan paksaan. Namun rasa yang datang karena sudah bertumpuk hal yang dinantikan untuk dipersatukan.

Akan tetapi, bagaimana bila kerinduan tidak lagi ada, malah yang muncul rasa untuk menuntaskannya dengan tak lagi bertemu? Padahal banyak pihak yang mendukung agar kerinduan itu tetap dapat dipersatukan seperti sediakala. Ini yang hendak diselesaikan melalui sebuah tayangan apik, yaitu Film Pulang.

 

Tentang Film Pulang

Judul Film: Pulang

Durasi: 84 menit

Genre: Drama (13+)

Alur: Campuran

Bahasa: Indonesia

Produser: Agung Haryanto dan Ervina Isleyen

Sutradara: Azhar Kinoi Lubis

Penulis cerita: Anggoro Saronto

Produksi: KlikFilm Productions

Rilis: 2 April 2022 di KlikFilm

Rating: 3/5

Pemain:

  • Ringgo Agus Rahman sebagai Pras (Ayah)
  • Imelda Therinne sebagai Santi
  • Mark Natama sebagai Beno
  • Ziva Magnolya sebagai Rindu

 

film yang diperankan ziva, film yang diperankan ringgo, sinopsis film pulang, daftar pemeran film pulang, sinopsis film pulang ringgo ziva, film pulang indonesia bercerita tentang apa,
scene Rindu bersama Ayah - dok. IMDb

Film Pulang merupakan tayangan film yang mengisahkan perjalanan Pras dengan anaknya, Rindu, menggunakan mobil antik dari Jakarta ke Jogja. Mereka hendak mengunjungi Santi, Ibu Rindu dan Biru, adik Rindu yang tinggal di Jogja.

Santi yang tinggal terpisah dengan Pras, menginginkan agar Rindu, juga dapat tinggal bersamanya di Jogja. Ia meminta Pras untuk meyakinkan Rindu, walau Pras belum juga menyampaikannya.

[Baca Juga: Review Film No Exit]

Sayangnya, hanya tinggal beberapa langkah lagi menuju rumah di Jogja, Rindu harus mengetahui bahwa kedua orangtuanya akan berpisah. Dia yang kesal, melarikan diri dari Pras dan berpindah ke mobil Beno, pacar Rindu yang mengikutinya semenjak dari Jakarta. 

Lalu bagaimana dengan keadaan Pras yang kehilangan Rindu, dan sampaikah mereka akhirnya ke Jogja? Eits, Fenni Bungsu nggak mau banyak-banyak spoiler. Silakan tonton sendiri ya, hehe­čśť

review film pulang, sinopsis film pulang, daftar pemeran film pulang, sinopsis film pulang ringgo ziva, film pulang indonesia bercerita tentang apa,
scene Rindu bersama Beno - dok. IMDb

Tiga Pemain Kunci di Film Pulang

Film anyar yang dapat disaksikan melalui layanan streaming KlikFilm ini, terdapat 3 pemain kunci yang apik memainkan karakter masing, yaitu karakter Pras, Santi, dan Rindu.

Pras yang diperankan oleh Ringgo Agus Rahman, terbilang asik dalam penyampan kata-kata, suasana yang hangat. Kalau menurut saya, Ringgo lebih oke dengan karakter Pras, ketimbang karakter Abah di film series Keluarga Cemara.

 

Lain halnya dengan Imelda Therinne yang memerankan karakter Santi, yang bisa banget memperlihatkan bagaimana ekspresi sebagai orang tua yang egois.

“Aku gak perlu persetujuan mereka sih,” kata Santi kepada Pras.

Lalu pada scene berikutnya pemenang Pemeran Utama Wanita Terbaik di penghargaan Indonesian Movie Awards tahun 2013 bisa tampil sebagai orang yang penyayang.

 

Demikian juga dengan tokoh Rindu. Nggak disangka Ziva Magnolya, jebolan Indonesian Idol musim kesepuluh yang memboyong juara tiga ini, bisa tampak seperti anak remaja SMU yang manja sedang mencari jati diri, padahal aslinya doi ini usianya udah 20 tahun lebih loh, hehe. Tadinya saya pikir Ziva bakalan nyanyi sambil main ukulele, soalnya kan dia perannya bawa ukulele kemana-mana, wkwkwk.


review film pulang, sinopsis film pulang, daftar pemeran film pulang, sinopsis film pulang ringgo ziva, film pulang indonesia bercerita tentang apa,

 

Pesan Kehidupan dari Film Pulang

Dari tayangan film berdurasi 84 menit ini, bisa dikatakan banyak pelajaran kehidupan yang bisa ditarik, beberapa diantaranya adalah:

  • Anak-anak perlu ditanyakan pendapatnya, apakah ia akan tinggal dimana. Bukan dengan memaksakan kehendak meskipun anak kandung sendiri.

  • Orangtua merupakan contoh teladan bagi anak-anaknya, walau sulit untuk konsisten melakukannya.

“Apa-apa harus cerita. Apa-apa harus terbuka. Ayah sendiri bisa gak kasih contoh?” ujar Rindu kepada Ayah.

  • Keterbukaan itu penting, terlebih lagi bila menyangkut masalah keluarga, karena banyak hal yang terkait yaitu anak-anak dan keluarga besar.

  • Penyelesaian dengan jalan musyawarah dan mengenang masa-masa indah bersama, bisa menjadi obat yang dahsyat agar kerukunan bisa kembali lagi terjadi.

  • Meski masih anak-anak, jangan remehkan kemampuannya karena bisa menjadi perekat hubungan antara orangtua yang sedang berselisih.

  • Saling mengalah dengan menurunkan ego masing-masing, menjadi kunci.

[Baca Juga: Review Film Unhinged, Terselip Pesan Penting]

“Rumah bukan sekadar tempat dengan alamat. Rumah adalah tempat berpulang, rindu pelukan tanpa syarat apa-apa.” - Rindu.

Komentar

Tukang Jalan Jajan mengatakan…
Film keluarga yang hangat ya kak. Sepertinya cocok banget ditonton diakhir minggu saat semuanya liburan dirumah. Betapa penting kembali ke rumah di mana ada kehangatan tak bersyarat disana
YSalma mengatakan…
Doh, spoilernya nanggung banget nih film Pulang-nya.
Saya termasuk penonton yang malah nyari spoiler dulu sebelum nonton, wkwkwk.
Penasaran endingnya gimana, apakah keluarganya tinggal di satu tempat? Mari menonton kita.
Mita Oktavia mengatakan…
Wah, film ini udah masuk list aku banget nih. Waktu itu pernah lewat di sosmed dan kayak menarik untuk ditonton. Setelah baca review Kak Fenni makin penasaran. Premisnya pun dekat dengan kita, akting pemerannya jg bagus2 pasti
admin/ hani mengatakan…
Belum nonton filmnya sih aku. Memang ya keluarga kalau buat aku sih segalanya.
Kalau anak sudah berkeluarga memang rada susah untuk memaksakan harus tinggal dimana-mananya. Biasanya berkaitan dengan pekerjaan mereka juga sih...
Ranggi's Travel Story mengatakan…
Jadi penasaran pengen nonton, kisahnya relate dengan banyak kejadian nyata ya. Orang tua egois tidak menanyakan pendapat anak, anak jd korban krn perpisahan orang tua.

Semoga tidak banyak yang mengalami spt kisah di film Pulang yaa...
Kasian banyak anak brokenhome karena orang tua berpisah. (Gusti yeni)
Yustrini mengatakan…
Ziva ini memang mungil ya. Wah, penasaran lihat aktingnya di film ini. Aku juga suka Ringgo Agus dia mainnya bagus.
Apura mengatakan…
Aku dulu pernah mengalami situasi dimana males banget pulang ke rumah. Sebanya karena komunikasi yang kurang baik dengan orangtua. Kalau sekarang sih jarang ketemu malah rindu.
Putu Felisia mengatakan…
Film bertema keluarga memang perlu banyak dibuat agar orang semakin paham makna keluarga. Jadi tidak sembarang saja menikah asal punya suami/istri tapi malas memikirkan visi keluarga.
Diah Alsa mengatakan…
pesan dari filmnya ngena banget ya Kak, emang sih sebagai orang tua harus mendengarkan pendapat anak juga, biar gimana pun mereka juga punya hak untuk didengarkan, berpendapat.

rumah memang harusnya sebagai tempat pulang yang nyaman, tempat yang selalu dirindukan lebih dari tempat mana pun.
lendyagasshi mengatakan…
Menjadi orangtua apalagi dengan tingkat stres yang tinggi (karena ada masalah dengan pasangan) tentu akan berdampak terhadap hubungan masing-masing orangtua pada anak juga.
Memang bonding anak-orangtua ini gak bisa instan yaa..
Jadi, inilah makna broken home yang sebenarnya yaa... Dampak ke psikologis anak yang membutuhkan kasih sayang jadi hilang.
Okti Li mengatakan…
Betul banget. Orang tua tu yekadaydan contoh buat anaknya. Masa nuntut anak cerita dan terbuka sementara orang tua tidak... Gak fair ya...
Leyla Hana mengatakan…
Banyak film bagus ya di KlikFilm. Ini sepertinya film yang inspiratif deh. Bakalan nangis gak ya nontonnya?
Shinta Shyntako mengatakan…
Fen, duh ku berharap spoilernya banyak loh, kan jadi penasaran deh nih, mau nonton ah film Pulang ini kayanya ringan dan bagus nih tapi sarat makna ya
Damar Aisyah mengatakan…
Aku suka karakter Ringgo di film ini. Dia tuh emang selalu hangat, cocok untuk bermain di film keluarga. Natural juga mainnya, ditambah cerita yang memang menghangatkan hati. Jadi klop banget film dan scene yang dia dapat.
Seru itu kalau bisa nonton Pulang bareng orang terkasih
Apalagi suami karena jadi teman diskusi
Hmm, semoga segera bisa nonton juga ini karena review-nya menarik
Ainun mengatakan…
Aku kalau nonton film dengan tema keluarga udah pasti mewek. Karena hikmahnya dalem banget
Sepertinya film ini bagus juga dan durasinya ga terlalu lama. noted juga ah
Lita Lestianti mengatakan…
Ya ampun pacarnya sampai ngikutin ke yogya dari jakarta.. kalo lihat ringgo ini bawaannya film komedi terus padahal bukan komedi ya ini..
Happy mengatakan…
wah suka lihat penggalan videonya nih. tapi belum nonton, lupa terus mau nonton. tau-tau series atau film yang mau ditonton numpuk aja wqwq
Reyne Raea / Rey mengatakan…
Jadi pengen nonton deh, kayaknya film-film kek gini sedikit related sama saya, yang jarang pulang ke rumah ortu.
Dan saya setuju tuh, anak-anak harus ditanya mau tinggal di mana, bukan dipaksa aja :)
http://www.inatanaya.com mengatakan…
Rindu akan rumah karena home is sweet home. Di sana orang-orang yang dicintai kita temui. Well, benar apa yang dikatakan bahwa anak itu punya pendapat, bahwa mereka itu adalah bagian hidup dari orangtuanya. Ketika perpisahan terjadi, anak harus diberitahukan dengan kebebasan dan kemandirian. Tak ada ego dari orangtua karena anak masih butuh perhatian.
Nurul Sufitri mengatakan…
Aduuuuuh, kudu siapin banyak tissue nih pas nonton filmnya :( Ya pasti sedihnya bukan kepalang si Rindu ketika tau bahwa kedua orangtuanya akan berpisah. Padahal bentar lagi udah mau sampai ketemu ibunya di Jogja hiks :D Iya, anak2 harus boleh berpendapat, jangan seenak perut ibu bapaknya aja :D
Maria G Soemitro mengatakan…
kirain adaptasi dari novelnya Leila Chudori yang terkenal itu

ternyata bukan

Ringgo emang pas banget jadi bapak ya?

Aktingnya selalu mumpuni
Nieke Indrietta mengatakan…
Klikfilm ini aplikasi yang bisa diunduh di android-kah? Asik juga nih ada layanan streaming film-film kayak gini. Secara kalau mau nonton bioskop suka deg-degan karena masih pandemi.
sarrahgita mengatakan…
Menarik nih tema ceritanya, setelah baca sedikit review dari film Pulang, banyak banget pesan moral yang bisa kita ambil tentang arti keluarga dan rumah. Kayaknya kalo nonton film ini bakalan mewek deh hihi
Wah ini film keluarga ya Kak. Tadi pas lihat gambar dan nama pemainnya ternyata ada Ziva ya. Kayaknya ini film pertamanya ya Mba Fen. Gimana menurut Mba Fen actingnya? Selain dia cocok berperan sebagai anak SMA
Deeva Collection mengatakan…
Film yang mengangkat kisah keluarga yang menginspirasi nih, semoga bisa nonton, hiks pertanyaan yang benar-benar membuat rindu rumah mertua di Malang. terakhir ke Malang mudik idulfitri aja. Bisa nonton nih biar tahu rasa an aliran emosi dari yang ada difilm ini
Bai Ruindra mengatakan…
Makasih ya kak rekomendasinya semoga saya bisa menonton film ini juga karena selama ini jarang banget nonton film Indonesia
Fandhy Achmad R mengatakan…
Entah kenapa momennya pas sekali, saya membaca tulisan bertema pulang ini ketika saya sedang merasakan rindu akan kampung halaman dan ingin sekali pulang, mengunjungi kembali keluarga setelah tidak pulang lebih 2 tahun karena pandemi,.
Fandhy Achmad R mengatakan…
Momennya tepat sekali, saya membaca tulisan tentang film pulang ketika saya sedang merindukan kampung halaman, dan ingin sekali pulang kampung bertemu dengan keluarga, hhanya saja tidak bisa karena banyak faktor yang tidak memungkinkan untuk pulang
Erin Herlina mengatakan…
Sudah lama tidak nonton film Indonesia. Ternyata ada film bagus bertema keluarga. Menohok banget ya ucapan Rindu ''Ayah saja tidak terbuka.''
Cocok banget ditonton bareng keluarga. Karena terkadang orang tua memang lebih sering mendokrin anak. Harus ini-itu, tanpa menanyakan pendapat anak.
Dila mengatakan…
Penasaran kenapa Pras dan Rindu tinggal di Jakarta trus Santi dan Biru tinggal di Jogja, kirain memang udah pisah, ternyata baru akan pisah.
Niken Nawang Sari mengatakan…
Pesan yang didapatkan dari film ini tuh banyak banget ya Kak. Aku baru baca aja udah ngerasa ngaca, konflik-konflik yang dihadirkan kayak pas banget sama yang pernah aku alamin. Cuss nonton deh walaupun pasti aku bakalan nangis juga. Hehe
Ulfah Aulia mengatakan…
Suka sama filmnya, karena pesan kehidupan yang jelas disampaikan lewat film ini ya Mbak. Dan kesan hangat saat menonton film ini jga dapat, luar biasa makin keren nih film2 Indonesia
Raja Lubis mengatakan…
Vibes film Pulang ini sama dengan 'Mudik' yang dibintangi Ibnu Jamil dan Putri Ayudya. Kental dengan nilai-nilai keluarga.
Hallowulandari mengatakan…
emang yaa soal parenting itu ga ada habisnya, harus selalu update juga orang tua jaman sekarang jangan memaksakan ego terus, anak-anak juga perlu diajak diskusi tapi ga dimanjakan juga
Irawati Hamid mengatakan…
film dengan tema keluarga memang menarik untuk ditonton yaa. Jadi penasaran nih pengen nonton film ini juga
Alley Hardhiani mengatakan…
jadi penasaran pengin ikutan nonton krn spoiler ga lengkap hahaha...
tp kok malah jadi kangen pengin ke Jogja euy....
Dee_Arif mengatakan…
Wah iya, film keluarga memang asik untuk dinikmati bersama ya mbak
Banyak kisah inspiratif yang bisa dijadikan contoh
Keke Naima mengatakan…
Konflik dengan keluarga, baik dengan pasangan atau anak, memang berawal dari komunikasi yang kurang baik. Ketika membaca pesan tentang film ini juga sepertinya memang begitu. Tetapi, pastinya saya harus menonton dulu. Biasanya sih saya bakal suka kalau temanya tentang keluarga
Julia.K mengatakan…
aaah bagus pasti nih filmnya. Dan seperti yang sudah sudah kalo nonton film keluarga , drama drama pastilah daku berderai airmatà selama nonton filmnya.
Fadmala A mengatakan…
Film tentang kluarga memang salah satu film yg membuatku tertarik.. Hubungan antara anggota keluarga bisa memang penting.. Komunikasi antara satu dengan yg lain.. Dan pastinya banyak nilai" yg terkandung di dalam film ini..
Visya Al Biruni mengatakan…
Paling suka deh aku sama film film Indo bertema keluarga. Trus sibRinggi ini family man di beberapa film yaak. Emang cocok sih
Dee_Arif mengatakan…
Ringgo memang jadi ya untuk memerankan karakter menjadi ayah dalam film keluarga
Film ini punya pesan yang dalam ya mbak
Priyani Kurniasari mengatakan…
Duh, berat nih kalau film bergenre keluarga gini. Kira-kira bikin mewek gak ya mba konfliknya?
Ini bisa ditonton dimana mba?
Agatha Revindra Widori mengatakan…
Karakter Ringgo di film Pulang ini menjiwai banget ya Mba. Tapi memang kalo film bertema keluarga tuh menyentuh dan memiliki pesan moral yang pas untuk kita sebagai orangtua di kehidupan nyata.
Agatha Revindra Widori mengatakan…
Karakter Ringgo di film Pulang ini menjiwai banget ya Mba. Tapi memang kalo film bertema keluarga tuh menyentuh dan memiliki pesan moral yang pas untuk kita sebagai orangtua di kehidupan nyata.
Maya Rumi mengatakan…
bisa aja nih mba fenny bikin spoiler yang bikin aku semakin penasaran, seru juga nih jalan ceritanya mba dan durasi filmnya gak terlalu lama yah, jd pengen segera nonton deh
Nabilla DP mengatakan…
aku belum nonton film ini mba, tapi biasanya si ringgo tuh filmnya bagus2 deh.. akting bliau juga oke, totalitas..
Mporatne mengatakan…
Boleh juga nih nonton film pulang. Lihat agus ringgo berakting serius padahal karekater asli ngocol
Indri mengatakan…
Waduh kak Feni bikin penasaran euy, udah baca seserius mungkin eh suruh nonton sendiri. Dari awal membaca memang udah kebaca film ini m mengaduk emosi dan bikin mellow. Semoga bisa nonton lanjutannya
Arda Sitepu mengatakan…
Film keluarga yang sederhana untuk dinikmati. Apalagi tentang keluarga yang akan berpisah pasti sangat menyedihkan untuk anak-anak.
Senang kalau ada Ziva yg memang multi talenta dalam banyak hal.
Wian Hermawan mengatakan…
Jadi salah satu tugas ortu adalah menbuat rumah, sbg tempat pulang anak2, terasa nyaman. Agar mereka selalu merindukan rumah
Diah Alsa mengatakan…
setuju banget nih, pendapat anak juga perlu didengar, sebagai orangtua kita gak boleh terlalu mengekang agar anak juga jadi nyaman dan selalu rindu untuk pulang jika suatu hari mereka tinggal jauh terpisah, karena sejatinya tempat terbaik untuk pulang ialah keluarga sendiri :)
Henny mengatakan…
Film keluarga seperti ini perlu diperbanyak. Supaya semakin banyak orang yang rindu berkumpul dengan keluarga bukan asik kongkow gak jelas di kafe atau di rumah orang
Farhati Mardhiyah mengatakan…
keterbukaan dalam keluarga itu penting banget, biar hati masing-masing anggota keluarga lebih tenang dan nyaman. Kalau anak gak boleh diminta pendapat dan harus nurut terus, bisa jadi anaknya nanti tertekan :) film ini bagus deh buat tontonan keluarga di rumah