Langsung ke konten utama

Usia 11 Tahun Bisa Apa? Bisa dengan Berjejak Berbagi

Kalau membahas usia 11 tahun sudah bisa apa, mungkin yang terpikirkan, ah belum ada prestasi yang gereget. Namun, untuk mengukur apakah sudah berbuat sesuatu atau tidaknya, tentunya tidak hanya menilai secara kuantitas saja, tetapi kualitas juga. Saat saya berusia 11 tahun adalah masanya saya duduk di bangku SMP kelas 7.

Whatts? Udah SMP?

He em, maklum lompat sekolahnya langsung SD, wkwkwk. Malah ada yang lebih dahsyat lagi dari saya, Collin Carlson. Pria kelahiran tahun 1996 yang terkenal sebagai anak ajaib ini, lulus SMU di usia 11 tahun. Sekarang dengan gelar Ph.D dari University of California Berkeley, ia telah menjadi ahli ekologi, dan membagikan keilmuannya tentang keanekaragaman hayati parasit global.

Collin Carlson si Anak Ajaib - dok. gambar: thescientist

Sebelas tahun, memang sedang lagi masa gemess-nya, karena masuk ke momen praremaja. Namun juga bisa menorehkan prestasi dengan menjejakkan dan membagikan hal manis kepada siapa saja, seperti halnya KEB (Kumpulan Emak Blogger) yang memasuki usia 11 tahun.

KEB 11 Tahun: Kolaborasi Semua Pihak

Dalam rangka KEB 11 Tahun perayaan syukuran pun diadakan pada tanggal 28 Januari 2023, di Bali Notes Terrace, jalan Prof. Joko Sutono SH No.15, Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Acara berlangsung sederhana, penuh makna dan meriah ini dimulai dengan suguhan santap siang nasi mandhi dan ayam chicking.

Dalam sambutannya, Founder KEB Mira Sahid menyampaikan bahwa tercetus ide membuat grup di facebook yang kemudian melahirkan komunitas KEB, pada tanggal 18 Januari 2012 dan kolaborasi dengan Indah Julianti Sibarani (Co-founder), Sary Melati, dan Nike Rasyid. Antusias para anggotanya saat itu langsung terkumpul 100 orang, dan kini 11 tahun kemudian kita melihat grup facebook “Kumpulan Emak2 Bloger” sudah berjumlah 3.732 anggota. Luaarr biasaa…

“Saya sangat meyakini, Kumpulan Emak Bloger ini berdiri bukan atas Mira Sahid, tetapi atas kita semuanya. Ada para pengurus yang kemudian dibesarkan oleh para membernya yang turut juga memberikan informasi ke ruang digital.” Terang Mira Sahid saat membuka acara KEB 11 Tahun.

Bloger sebagai Garda Terdepan

Visi misi KEB ingin menjadi wadah yang bisa menampung aspirasi, inspirasi, dan mendorong teman-teman bloger untuk bisa produktif di dunia maya dalam bidang kepenulisan. Dengan visi misi KEB yang selaras dengan Siberkreasi, maka tahun 2017 kolaborasi pun tercipta guna mendukung Gerakan Nasional Literasi Digital. Apalagi dalam ruang digital, bloger merupakan garda terdepan.

Bloger yang kerap menyampaikan literasi yang dilengkapi gambar dan video melalui media blog serta media sosial, maka konten tersebut akan mudah sampai oleh siapa dan dimana pun karena terhubung internet. Oleh karena itu, produksi konten tidak hanya yang estetik dan menarik saja, tetapi juga bebas dari hoax.

“Salah satu titik tumpu untuk melawan hoax ada di perempuan. Perempuan kalau di keluarga adalah titik sentral informasi. Yuk lawan hoax, dan disinformasi!” ujar Pak Donny Bu, perwakilan dari Siberkreasi.

Ya, kita sebagai perempuan bisa terus berdaya dengan mengandalkan blog dan media sosial sehingga bisa meraih banyak cuan. Apalagi disampaikan oleh Pak Oktora Irahadi CEO INFINA, bahwa orang akhirnya membeli sebuah produk setelah melihat lebih dari 2 kali produk yang sama, karena masih mencari tahu dulu rekomendasi sana sini, termasuk review dari bloger.

Baca Juga: Tiga Tips Promosi Jabatan Paling Ampuh

“Banyak brand membutuhkan perempuan dalam memasarkan produknya. Maka kita bisa meraih cuan dengan mempertajam lagi teknik: social commerce dengan afiliasi marketing, dan biasakan berbicara di depan kamera.” Ungkap Pak Oktora Irahadi pada kesempatan yang sama.

(ki-ka): Mas Abi Satria - Pak Ali Muakhir - Pak Oktora Irahadi

Sebagai bloger perlu pula penguatan konten tulisan dengan metode EMAK ala Pak Ali Muakhir. Disampaikan dalam kesempatan yang sama, bahwa metode ini bila diaplikasikan selalu bisa menjadi penulis yang dicintai pembaca. Nah metode EMAK yang dimaksud yaitu:

E: endapkan rasa ketika menggali maupun setelah mendapat gagasan agar lebih meresapi.

M: Mulailah dengan membuat struktur kisah inspiratif sebelum neulis yaitu: pembuka – mulai adanya konflik – inti dari kisah – penurunan masalah – penutup.

A: Apa amanat yang hendak dibagikan sebagai penutup tulisan tersebut.

K: Kapan tulisan akan dituntaskan, maka buatlah jadwalnya.

Cara Perempuan Berdaya bagi Masa Depan

Berdaya dengan menjadi bloger membuat kita sebagai perempuan dapat meninggalkan jejak positif yang nantinya akan dikenang dan membantu siapa saja yang membutuhkan informasi tersebut. Tanpa batasan berbeda tempat, maupun usia, karena KEB siap mendukung para anggotanya untuk maju dan berkembang.  

Itu pula yang dilakoni oleh komunitas PPBN dengan mendapat dukung dari KEB yang berkarya dengan kain dan kebaya. Komunitas PPBN atau Komunitas Perempuan Pelestari Budaya Nusantara ini turut hadir di milad KEB 11 Tahun dengan menampilkan berbagai model kebaya dan penampilan tersebut ternyata ada bloger-bloger senior yang merupakan bagian dari KEB, seperti Mak Tanti Amelia, Bunda Elisa Koraag. Keren ya saling mendukung satu sama lain.

KEB Berjejak dan Berbagi

Dalam berjejak dan berbagi, KEB telah mencatatkan sejarah kepengurusan yang pertama dengan Mak Sumarti Saelan atau akrab disapa Mak Icoel sebagai ketua umum KEB, selama 4 tahun (dua periode) mulai tahun 2015. Lalu estafet berlanjut ke Mak Elly Nurul Jannah hingga sekarang. Selain itu, jejak langkah pun diabadikan melalui e-book “Warna-warni Dunia Blogging dan Cerita di Balik Dapur Komunitas” dengan rangkaian cerita disatukan oleh para makmin KEB.

Tak sampai di situ, jejak KEB 11 Tahun pun dilengkapi pula dengan saling membantu melalui kampanye #KEBCharity11KRun. Rangkaian acara road to 11 Tahun Kumpulan Emak Bloger, telah dilakukan dengan berdonasi dan Fun Walk pada hari Ahad, 8 Januari 2023 dengan titik kumpul di FX Sudirman Jakarta. Alhamdulillah program #KEBPeduli di KEB 11 Tahun ini terkumpul Rp. 2.500.000 dan telah disalurkan secara simbolis kepada RA Miftahul Jannah, Noborejo, Salatiga melalui Ketua KEB Solo Mak Ranny Afandi.




Dari milad KEB 11 Tahun ini memberikan makna mendalam akan pentingnya menorehkan jejak kehidupan bermanfaat dan saling mendukung. Seperti dukungan dari berbagai pihak kepada acara KEB 11 Tahun ini seperti Kominfo RI, Siberkreasi, INFINA, dan Bali Notes, sehingga acara yang berlangsung selama kurang lebih 4 jam ini meninggalkan kesan dan kenangan indah. Jadi kalau ditanya usia 11 tahun bisa apa? Bisa dengan Berjejak Berbagi ala KEB. 

Komentar

Farida Pane mengatakan…
Berarti dirimu cerdas dong bisa lompat kelas. Kalau untuk komunitas, 11 tahun itu udah banyak banget yang bisa dicapai, ya
DokterTaura mengatakan…
Salut deh buat keluarga besar KEB. Bisa bertahan dalam kebersamaan selama 11 tahun itu tidak mudah lho. Apalagi dibarengi dengan prestasi... Semoga tetap istiqomah ya.
Btw, kenapa gak ada kelompok bapack-bapack bloger sih? Kalau ada, saya daftar....
Ida Wahyuni mengatakan…
Wah, kita ada di satu komunitas yang sama kak, aku juga ada di group KEB.
Meskipun udah lama nggak share artikel di group, hehehe

Pengen banget juga meetup sama anggota KEB lainnya, tapi sekarang masih di luar negeri, semoga bisa suatu saat...
Dee_Arif mengatakan…
Wah iya, KEB sedang berulang tahun yang ke 11 ya
11 tahun KEB sudah berbagi banyak inspirasi bagi emak emak blogger seluruh Indonesia
Maria G Soemitro mengatakan…
wah kebetulan saya tahu lahirnya Kelompok Emak Blogger (KEB)

mereka menghadiri Kompasianival dengan busana yang bikin greget karena waktu itu ada challenge busana daerah dari Kompasiana
Mporatne mengatakan…
Rangkaian acara makin seru dan jauh jauh hari diberitahu agar mempersiapkan untuk hadir di milad keb
Annie Nugraha mengatakan…
Umur 11 adalah masa dimana seseorang/sesuatu itu mulai beranjak menemukan jati diri sesungguhnya sembari terus belajar dari segala sisi. Saya yakin usia KEB yang ke-11 sudah banyak memberikan masukan berkualitas bagi komunitas agar kedepannya komunitas ini mampu bersumbangsih jauh lebih baik lagi di jagat literasi Indonesia. Memberikan manfaat bukan hanya kepada anggotanya tapi untuk tanah air secara keseluruhan.
Mei Wulandari mengatakan…
Selamat ultah KEB, aiiih aku ketinggalan infonya kemarin mau ikutan huhuhuhuuu. Semoga di usia yg katanya blm greget ini KEB bisa senantiasa mewadahi aspirasi kita ya mb. sukses selalu buat jajaran makmin dan emak2 kece semua. yayyyyy
Ila Rizky mengatakan…
Wow, udah 11 tahun. Jadi inget pas pertama gabung KEB, masih kagok dipanggil emak karena belum emak2. Wekeke. Tapi, seru sih ketemu komunitas yang support anggotanya. Berkah buat para member dan pengurus KEB. Jaya jaya jayaa 🌟😍
Cindi mengatakan…
Selamat ulang tahun ke-11 untuk KEB. Sebuah perjalanan yang luar biasa ya Mba untuk sebuah komunitas dengan usia 11 tahun. Semoga KEB semakin berkibar dan menjadi wadah untuk bertumbuh terutama para wanita dan ibu dalam berkarya :-)
Irawati Hamid mengatakan…
wahh ternyata KEB sudah 11 tahun yaa. Berarti usia KEB hampir sama dengan usia anakku yang november tahun lalu merayakan ulang tahun ke-11.

jaya selalu KEB, teruslah maju dan menjadi tempat yang nyaman untuk para blogger di seluruh indonesia
lendyagasshi mengatakan…
Bahagia banget bisa bergabung di KEB, meski saat ini belum bisa ikut bergabung memeriahkan acara-acara offline KEB, tetapi doaku untuk komunitas terbaik bagi emak-emak adalah semoga semakin gemilang, semakin cemerlang dan semakin mengayomi anggotanya.

Senang sekali dapat ilmu yang bermanfaat di Anniversary KEB ke 11 tahun.
Wahid Priyono mengatakan…
Sampai kapanpun profesi/aktivitas blogger masih diperhitungkan dalam bidang pemasaran, digital marketing suatu brand.

Adanya komunitas seperti KEB ini emang bagus ya, perempuan2 hebat yang ada tersebut memenuhi jagat internet dengan tulisan-tulisan yang mengabadi di halaman pencarian google.

Sering suka ikutan live IG KEB yang mengundang narasumber. Seru memang ya ngeblog itu.
dessy achieriny mengatakan…
Duuh serunya mbaak, sayang kemarin aku gak bisa ikutan. Mbak lidya kalau gak salah menang best dress ya. Ahaha. Sekalian nitip selamat ulang tahun buat KEB, semoga selalu dapat membuka pintu kreatifitas bagi para wanita yang berjuang dalam literasi dan jembatan untuk menebar manfaat di sekita.
Mugniar mengatakan…
Senang dan ikut bangga dengan perkembangan KEB. Saya gabung KEB saat masih 20-an anggotanya, waktu itu melalui Mak Mira Sahid. Masya Allah ya, sudah 11 tahun saja. Semoga makin eksis dan bermanfaat bagi banyak orang KEB.
Rey - reyneraea.com mengatakan…
KEB merupakan salah satu komunitas blogger yang pertama saya ikutin nih, jauh sebelum saya aktif ngeblog pakai domain sendiri udah naksir mau gabung.
Keren sih udah 11 tahun menjadi komunitas yang bermanfaat buat semua blogger
Mechta mengatakan…
KEB memang kereeen... Bangga menjadi bagian dari komunitas ini meski sering tidak aktif, hehe .. Terimakasih utk sharing tips EMAK dlm menulisnya ya . Dan selamat 11 tahun, KEB!!
beyourselfwoman mengatakan…
Wah seru banget acaranya. Berkat KEB aku bisa kenal teman2 yg hebat tempat aku belajar ngeblog. Dari mereka aku belajar memilah mana yg baik untuk ditulis & mana yg sebaiknya dighibahin aja sama teman2 wkwkwk guyon ya.
Aku ketemu Donny Bu di awal2 ngeblog duh udah lama sekqli. Nggak nyangkq sekarang malah kolaborasi dg KEB. Dunia komunitas itu dinamis.
Selamat ultah ya KEB. Ayo semangat ngeblog.
Irawati Hamid mengatakan…
KEB adalah komunitas blogger pertama yang saya kenal. Saya ingat waktu awal-awal menjadi blogger, saya japri admin KEB di facebook agar bisa dimasukkan di grupnya di facebook, kalo gak salah ingat saat itu tahun 2014 atau 2015 yaa? saya lupa, hehehe
Lita Chan Lai mengatakan…
KEB udah 11 tahun aja ya. Ga terasa Komunitas Emak2 Blogger ini makin bersinar. Keren banget bisa eksis dan bertahan selama 11 tahun ini. Selamat Ulang Tahun KEB. semoga tetap menjadi inspirasi kita semua.
Jiah Al Jafara mengatakan…
11 tahun buat beberapa orang itu masih bocil. Namun beberapa yang lain, mulai proses dewasa ya. Kaya KEB ini. Gak bakal mudah kan buat komunitas bertahan dan terus berkembang. Semoga selalu memberikan manfaat buat kita semua, terutama Emak-emak
Aprillia Ekasari mengatakan…
Seruuuu banget acaranya. Seneng kalau bisa ketemu komunitas bloger yang sefrekuensi trus membernya saling support utk saling memberdayakan satu sama lain.
11 tahun tentu bukan waktu yang singkat. Semoga sukses buat semuanya dan tetep semangat ngeblognya :D
lendyagasshi mengatakan…
Seseruan bareng KEB selalu mendapatkan banyak ilmu, silaturahm dan manfaat lainnya. Happy banget.. Selamat ulang tahun KEB yang ke 11.
Semoga 12, 13, 14, dan seterusnya kita terus jalan bersama...
mardanurdin.com mengatakan…
Sekalipun saya bergabung di KEB belum puluhan tahun, tetapi saya bangga menjadi bagian dari KEB karena bertemu dengan emak-emak bloger yg sefrekuensi dalam dunia literasi. Selamat ulang tahun Emak Bloger semoga makin jaya.
sylvianayy mengatakan…
selamat KEB, sudah 11 tahun, menurutku 11 tahun usia yang cukup lama untuk sebuah komunitas yang sampai sekarang berkontribusi banyak di dunia blogger maupun di luar.
Monica Anggen mengatakan…
Wah, selamat ulang tahun yang ke-11 ya, KEB. Semoga terus menginspirasi dan menjadi wadah para blogger kren
Emak Riweuh mengatakan…
ga kerasa yaa keb udah 11 tahun. perasaan baru kemaren hadir di ultah keb 3 tahun di bandung. semoga tahun depan bisa hadir lagi seseruan bareng di ultahnya keb :)
http://www.inatanaya.com mengatakan…
Wah tidak terasa KEB sudah berusia 11 tahun. Selamat bagi para ibu2 yang tergabung KEB. Terus berkarya dan berdaya , hidup Indonesiaku punya Ibu2 yang kreatif.
Nanik nara mengatakan…
Hihi... kok bisa pas banget ya kang Ali Muakhir ini, di perayaan 11 tahun KEB, menyarankan metode EMAK dalam membuat tulisan untuk blog.

Emang sekarang ini, ngeblog bukan lagi asal tulis ya supaya bisa menyajikan informasi yang dibutuhkan oleh pembaca
Raja Lubis mengatakan…
Untuk sebuah komunitas based on interest, emang nggak gampang untuk bertahan hingga usia 11 tahun. Selamat ulang tahun untuk KEB. Anyway, ada juga nggak ya komunitas blogger bapak-bapak, hehe.
scarletAl mengatakan…
Wihh seru banget ya acaranya, jujur dari dulu aku mau banget join KEB :(
Untuk cara ikut joinnya gimana ya?

(Alya)
Dee_Arif mengatakan…
Selamat ulang tahun KEB
Semoga semakin sukses dan terus menebarkan inspirasi bagi membernya
Irawati Hamid mengatakan…
selamat ulang tahun, KEB. semoga di usia yang ke-11 ini KEB semakin jaya dan pengurusnya semakin solid
Kanianingsih mengatakan…
Selamat ultah KEB semoga makin menginspirasi
Rendi Riansyah mengatakan…
keren banget nih KEB udah 11 tahun aja, tentunya banyak sekali perbedaan ya kak terkait trend blog dulu dengan yang sekarang