Langsung ke konten utama

Lima Alasan untuk Punya the Real Gaming Phone

Wah kudu punya the Real Gaming Phone. Pasalnya kalau lagi nge-game terus tiba-tiba ada hal yang membuat gak nyaman, bisa membuyarkan ekspektasi yang seharusnya bisa menang, tetapi jadinya kalah. Ini kondisi perasaan dari saya, yang nota bene bukan seorang gamers (sejati) apalagi atlet e-sport.

Untuk sisi perasaan saya sebagai seorang bloger, aktivitas yang biasa saya kerjakan kebanyakan menggunakan ponsel dari yang namanya ambil dan merekam gambar, mengetik artikel, editing video, hingga relaksasi diri dengan bermain game. Maka dari itu pastinya ingin memiliki ponsel cadas di segala aspek. Tahan banting untuk membuat konten, dan kuat ketika nge-game.

Gangguan di Ponsel Saat Bermain Game

Wajarlah, saat bermain game di ponsel maunya lancar mengatur settingan game sampai maksimal, punya sound effects yang seakan nyata, maupun ultra grafis yang halus. Tak perlu lagi mendengar gamingnya terjadi “nge-lag” yang akan membuat ambyar hati. Oleh karena itu, jangan sampai ketika bermain game ada gangguan di ponsel seperti:

1. Baterai Kurang Memadai

Adakalanya bermain game dapat menguras baterai alias boros. Apalagi bila game yang dimainkan adalah game HD dengan kulitas grafis bagus beberapa diantaranya seperti War Thunder Edge, Marvel Super War, Genshin Impact, dan Mobile Legends: Bang Bang. Senjata untuk mengatasi agar baterai tidak cepat habis acap kali mengandalkan powerbank untuk penunjangnya. Jadilah nge-cas sambil nge-game. Padahal bila kondisi baterai ponsel android di bawah 20% digunakan untuk nge-game performanya akan menurun.

Baca Juga: Solusi Smartphone Hang Ketika Momen Penting 

2. Ponsel Lemot karena RAM/ROM Kurang Lega

Saat bermain, penyimpanan ponsel dan memori internal haruslah besar. Bayangkan saja, yang seharusnya aplikasi game tersebut bisa diperbaharui untuk mendapatkan pengalaman lebih baik, tetapi karena RAM dan ROM-nya tidak memadai, tentunya bermain dengan settingan ala kadarnya.

Kalaupun ingin membuat lega memori internal, cara yang paling mudah adalah dengan meng-uninstall aplikasi yang tidak digunakan. Ini bertujuan agar tidak memakan RAM ponsel, dan perangkat terbebas dari penambahan cache dan junk files. Namun, kerap kali ada “rasa sayang” bila harus uninstall beberapa aplikasi, karena masih ada kemungkinan digunakan.

3. Ponsel Cepat Panas

Baru bermain beberapa saat, tak dinyana ponsel yang digunakan terasa panas. Ini sangat tidak menyenangkan dan bisa merusak mood. Terlebih lagi, bakal timbul perasaan was-was bila suhu ponsel seketika naik. Fitur pendingin untuk ponsel gaming diperlukan, karena pastinya akan berdampak pada kinerja ponsel juga.

4. Refresh Rate Kurang Maksimal

Selain tiga hal di atas, kurang maksimalnya refresh rate dapat menyebabkan gangguan di ponsel saat bermain game. Tampilan gambar/video yang seharusnya bisa cepat me-refresh dalam sekian detik, tetapi karena masih menggunakan refresh rate yang tidak menopang game yang sedang dimainkan, maka hasilnya pemuatan gambar atau video dalam objek tidak mulus. Cenderung patah-patah.


ASUS ROG Phone 7 Siap Menjawab the Real Gaming Phone

Lalu the Real Gaming Phone seperti apa yang perlu dimiliki? Yaitu ponsel yang dapat menopang game HD dengan chipset kuat, memori ponsel lega, memiliki sistem pendingin kekinian, dan refresh rate layar bagus sehingga visual gaming menjadi lebih baik, seperti yang dihadirkan oleh ASUS ROG Phone 7 yang menjadi alasan buat kita memilikinya melalui keunggulannya, yaitu:

a. Menggunakan Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2

Penggunaan chipset yang tepat pada ponsel gaming dapat mendukung kinerja ponsel menjadi lebih kuat. Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 3,2GHz tertanam di ROG Phone 7 yang memberikan pengalaman 15% lebih cepat. Selain itu lebih hemat daya 15% lebih baik dari generasi sebelumnya.

Untuk performa gaming lebih lancar, tersedia RAM LPDDR5X 8533 Mbps hingga 16 GB, dan juga ROM UFS 4.0 512 GB 2x lebih cepat dari UFS 3.0. Dengan begitu, bebas dari gangguan ponsel lemot saat bermain game, karena mumpuninya peran memori internal dan penyimpanan di ASUS ROG Phone 7 ini.

b. Fitur Ray Tracing dan Kinerja Armoury Crate

Apa kamu sudah siap bermain War Thunder Edge di ROG Phone 7? Hayyuk dong, karena lebih terasa pengalaman yang berkesan karena kualitas pencahayaan di fitur ray tracing. Fitur ini merupakan teknologi visual dalam pemanfaatan cahaya agar memberi kesan lebih nyata dalam video game. Kalau biasanya kita bisa merasakan sensasi nyata saat bermain game melalui laptop gaming atau komputer, maka pada ponsel gaming ROG Phone 7 bisa kita rasakan sensasi tersebut berkat ray tracing di Snapdragon 8 Gen 2 yaitu teknologi Snapdragon Elite Gaming™.  Terlebih adanya Armoury Crate yang memberikan keleluasaan untuk kita mengatur kinerja dan penyetelannya.

Baca Juga: Buka Wawasan dengan Teknologi Sambut Perubahan Jaman

c. Layar Refresh Rate 165Hz dilengkapi Haptic AirTrigger

Kalau lagi main game maupun tengok ponsel kapan dan di mana saja, kerap kali saya suka kurang pas dengan tingkat brightness-nya. Nah, tingkat kecerahan pada ponsel ROG Phone 7 bisa ditingkatkan hingga 1.500 nits sehingga kala di luar rungan lebih mudah dilihat. Akurasi warna yang keren Delta E <1, sehingga menampilkan visual yang baik berkat kolaborasi dengan Pixelworks®. Bahkan efek legendaris yang sering dihasilkan di AI dalam game juga disediakan di sini. Tingkat pengambilan sampel sentuh 720 Hz, dilengkapi antibacterial glass screen protector dan 165Hz refresh rate menjadikan the Real Gaming Phone ini bisa diandalkan untuk menyajikan pengalaman bermain game bebas kompromi. Ini nih, kerennya tim ROG Gaming yang mengutamakan pemain.

Tak hanya saat mengetik untuk membuat caption atau tulisan untuk blog, bermain game di ponsel pastinya membutuhkan gerakan cepat dari jari jemari kita. Tersedianya fitur kontrol ultrasonic AirTrigger di ROG Phone 7 dapat mendukung kita untuk membuat dual action, gyroscope aiming, banyak gerakan, press and lift. Jadinya pengalaman bermain game HD tanpa kompromi karena kitab isa menyesuaikan tombol haptic AirTrigger.

d. Rapid Cycle Vapor Chamber Terbaru

Desain ulang dengan teknologi terbaru pada Rapid Cycle Vapor Chamber terbaru sehingga bisa menurunkan panas pada ponsel 2,1x lebih cepat dari generasi sebelumnya dan juga membantu menurunkan konsumsi daya. Efisiensi pembuangan panas hingga 168% yang baik pada sistem termal GameCool 7 dan setting ROG khusus ini memberikan keasikkan untuk gammers karena gaming dapat berjalan dengan cepat sekaligus ponsel tetap bertahan tanpa meningkatkan suhu ponsel menjadi panas.

e. Audio ROG Phone 7 yang Memanjakan

Dalam bermain game di ponsel, suara yang dikeluarkan pada game tersebut akan menyajikan sensasi makin mendebarkan. Tim ROG Gaming memahami hal tersebut dengan melakukan peningkatan volume efektif speaker kembar depan 50%, dan bekerja sama dengan spesialis audio Dirac channel sehingga suara 2.1 yang keluar saat dipadukan dengan AeroActive Cooler 7 dapat memberikan hasil subwoofer yang kuat.

Kalau mau gamingnya atau ingin nonton drakor di ROG Phone 7 pakai earphone tersedia audio jack headphone 3,5 mm. Teknologi Snapdragon Sound yang memastikan audio Bluetooth® dengan fidelitas tinggi latensi super rendah. Serta makin dimanjakan lagi oleh ROG Phone 7 dengan Dirac Virtuo™ For Headphone yang dapat menghasilkan suara spasial layaknya teater.

Seri ASUS ROG Phone 7 Ultimate

Varian yang disediakan ASUS ROG Phone 7 yaitu RAM dari 8 GB, 12 GB, dan 16 GB LPDDR5X RAM, sedangkan memori internal 256 GB dan 512 GB UFS 4.0 ROM. Khusus untuk ROG Phone 7 Ultimate (16 GB/512GB) memiliki 2 fitur terbaiknya, yaitu:

AeroActive Portal

Fitur AeroActive Portal pada ROG Phone 7 Ultimate secara mudahnya adalah ventilasi udara agar HP tidak panas. Hal ini merupakan sistem pendingin GameCool 7 yang mengalami peningkatan dengan AeroActive Portal. Cara kerjanya itu, ketika udara masuk saat AeroActive Cooler terpasang otomatis udara dingin dari pendingin menuju ke sirip pendingin vapor chamber. Efisiensi termal ponsel bisa meningkat sampai 20% karena panas yang dihasilkan SoC dihilangkan, kinerja game meningkat, efisiensi pendinginan maksimum ke seluruh layar ponsel, dan daya tahan baterai terjaga.

ROG Vision

Masih pada bagian belakang ROG Phone 7 Ultimate terdapat ROG Vision berupa LED kecil dengan tampilan warna matriks unik. Animasinya itu bakal terlihat saat charger ponsel, panggilan masuk, aktivasi Mode X, dan serunya nih kita bisa berkreasi sendiri dengan memanfaatkan teknologi anyar ini.

Konklusi

Telaah betapa geregetnya ASUS ROG Phone 7 ini buat gaming bahkan untuk membuat konten, karena dilengkapi juga dengan fitur baterai yang tidak menjadikan kitanya setiap saat harus nge-cas, karena menggunakan dual baterai @3000 mAh atau 6000 mAh, dan mendukung pula pengisian cepat serta pengurangan panas 65W hyper charge. Kameranya pun dengan sensor lensa SONY IMX766 pada kamera utama 50MP, 13 MP Ultrawide, 5MP Macro, dan kamera selfie 32MP. 

Untuk harganya, kamu bisa dapatkan ROG Phone 7 Ultimate (16/512GB) seharga Rp 18.999.000. Sedangkan varian ROG Phone 7 (12/256GB) yaitu Rp 13.999.000 dan ROG Phone 7 (8/256GB) yaitu Rp 10.999.000. Tenang, kamu bisa manfaatkan promo menariknya, nih.

Ada 2 promo untuk ROG Phone 7 yaitu:

1. Early Bird Promo: Periode tanggal 18-31 Juli 2023. Untuk setiap pembelian ROG Phone 7 series konsumen akan mendapatkan eksklusif merchandise ROG 7 Devilcase dan 2 tahun Garansi resmi. (Dengan total hadiah senilai 2 juta rupiah). Promo ini berlaku di semua mitra penjualan resmi Asus offline, seperti: Erafone, Urban Republic, ROG Store, Asus Exclusive Store dan Asus Authorized Partners. Serta mitra online, seperti: Eraspace, Tokopedia, Blibli dan Asus Online store.

2. Consumer Launch Promo: Periode tanggal 18-23 Juli 2023 di Atrium Gandaria City Mall. Selain mendapatkan eksklusif merchandise ROG 7 Devilcase dan 2 tahun Garansi resmi, konsumen juga akan mendapatkan tambahan spesial merchandise seperti: ROG exclusive Jacket, MLBB limited edition T-Shirt dan juga 1000 MLBB diamonds. (Dengan total hadiah senilai 3,5 juta rupiah). Promo ini berlaku khusus untuk konsumen yang telah melakukan pre-order dari tgl. 8-17 Juli secara offline di Erafone lalu melakukan pickup/pengambilan produk di event venue ataupun untuk konsumen yang akan melakukan pembelian langsung di event venue.

ROG Phone 7 mendukung WiFi 7 (802.11be) dengan Qualcomm® FastConnect 7800. Dengan kecepatan tinggi 320 MHz dan Multi-Link operation mau ubah game jadi lebih mudah karena kinerja latensi yang optimal membebaskan kita dalam bermain game tanpa kompromi lagi urusan nge-lag dan tanpa harus uninstall aplikasi lagi. Bagaimana, siap untuk bermain game HD di the Real Gaming Phone?

"Tulisan ini diikutsertakan dalam ASUS ROG Phone 7 Blog Writing Competition di blog travelerien"

Komentar

Farida Pane mengatakan…
Keren banget ya ROG Phone 7 ini. Jadi makin mupeng deh buat beli
Eri Udiyawati mengatakan…
Kalau ngegame emang kudu serba super sih. HP gak boleh lemot, suara kenceng, dan layar tajam.

Kalau pakai HP biasa emang kurang cocok. Cocoknya memang ASUS ROG Phone. Mantap banget ini buat ngegame.
Kyndaerim mengatakan…
jangan sampe suamiku tau ini, wkwk..

Enw, ASUS ROG Phone 7 fiturnya canggih bener, paling sukak sih sama fitur "penurun panasnya" ya, ngegame bakal betah banget sih ini..
Didik Purwanto mengatakan…
Udah ga diragukan lagi Asus Rog Phone sejak seri awal emg mantap banget dijadikan gaming phone. Semua pesaing dilibas. Apalagi utk main game kelas berat sekalipun.

Di atas kertas, semua fitur Asus Rog Phone 7 emg ga ada lawan sih. Tinggal skill kita aja tuh yg hrs dipoles biar makin ga kalah saing.
Yonal Regen mengatakan…
Punya HP khusus game kaya Rog Asus pastinya nunjang banget buat betah maen games, ya. Dengan banyaknya kelebihan dari Rog Asus keluaran baru ini, pasti udah banyak yang ngincer nih para gamers
Alfida Husna mengatakan…
Aku gak suka game tapi gak mau juga handphone nya cepat panas, hehe. Klasifikasi ROG Phone 7 ini bisa menjawab solusi tersebut kalau main game handphone jadi tidak cepat panas. Keren banget 😍
Okti Li mengatakan…
Memori dan baterai adalah dua hal yg membuat saya kepincut dengan Asus ROG Phone 7 ini. Sebagai pengguna Asus, meski ini tipe jadul, tapi saya akui produk Asus emang oke
Taumy mengatakan…
Keren banget ya sudah dual baterai. Kalau seperti ini mah auto nggak akan bermasalah lagi untuk urusan charge baterai. Dan pastinya karena ini ROG Phone cocok banget buat para gamers mania.
Deeva Collection mengatakan…
Spek nya bikin mupeng sama nih ponsel gaming, aplaagi baterai dan visualnya, keren sekali
Indra DP mengatakan…
Rog phone 7 jadi hp idaman gamer banget ini. Spesifikasinya sudah lebih dari cukup untuk melibas geme mobile yang super berat macem genshin
Sabrina mengatakan…
cocok banget niy buat para pecinta games karena bakal aman untuk digunakan sebagai alat gamer, belum lagi secara kualitas yang memang sangat mumpuni dengan spek yang cukup tinggi, jadi pengen beli deh
Bambang Irwanto mengatakan…
Saya juga mupeng benar dengan ROG Phone 7 ini, Mbak. Main game dijamin nyaman dan seru. Tidak ada lagi istilah batterai cepat habis saat sedang ebrmain game. Layarnya juga sudah luas.
Monica Anggen mengatakan…
Biasanya HP yang mudah panas gak cocok banget buat main game. Makanya buat gamer mesti pilih ASUS ROG Phone ini nih sepertinya. Soalnya spesifikasinya jos banget
Monica Anggen mengatakan…
Biasanya HP yang mudah panas gak cocok banget buat main game. Makanya buat gamer mesti pilih ASUS ROG Phone ini nih sepertinya. Soalnya spesifikasinya jos banget
Monica Anggen mengatakan…
Biasanya HP yang mudah panas gak cocok banget buat main game. Makanya buat gamer mesti pilih ASUS ROG Phone ini nih sepertinya. Soalnya spesifikasinya jos banget
Asli Arek Suroboyo mengatakan…
Wow, sudah snapdragon 8+ gen 2 ya. Gen 1 aja udah kenceng performanya, apalagi ini Gen 2. Makin gahar nih ROG phone 7
Alley Hardhiani mengatakan…
Menggoda sekali ya ni ponsel gaming. Kalau ada rezeki aku juga mau banget nih beli ASUS ROG Phone 7. Speknya kece abis.
lendyagasshi mengatakan…
aku setuju banget kalau suka main games, kudu didukung dengan gadget yang mumpuni. Karena kalau nge-lag gitu, rasanya jadi gak enak dan bisa jadi sumber kekalahan. Sedih ya.. Semoga ASUS ROG Phone 7 bisa membawa para gamers ke tahap profesional.
Dee_Arif mengatakan…
Buat yang hobi main game, punya ponsel gaming terbaik seperti ASUS ROG Phone 7 ini adalah sebuah kebutuhan ya mbak
Biar bisa main game tanpa kompromi
Adi Pradana mengatakan…
Nice, gadget idaman ini.
Farahdjafar mengatakan…
Kalo main games emang harus punya HP memadai kayak asus phone rog 7 ini, aq aja pengen banget punya deh
Jeanette Agatha mengatakan…
Asus Rog Phone memang selalu jadi juara deh untuk para gamers. Soalnya klo uda maen game dalam waktu yang lama HP tuh cepet panas. Tapi untungnya ada Asus ROG 7 ini tidak cepat panas karena memang di desain untuk para gamers ya ka
Widya Herma mengatakan…
Kalo buat gaming aja udah oke banget, apalagi buat produktif juga ya mbak. Yang aku suka tuh ponsel gaming pasti batrenya tahan lama :D
Ria Andika mengatakan…
Incaran para gamers bgt nih, spec gahar yang bisa bikin ngegame asik tanpa ngelag
Meilia Wuryantati mengatakan…
Bener kak setuju, akan selalu banyak alasan nih buat punya ASUS ROG Phone 7 ini, ah keren banget, aku mupeeeng, apalagi anak bujangku yang demen games, mantap
Siti Mustiani mengatakan…
Spesifikasi Asus ROG ini benar gak kaleng-kaleng sih, gak bakalan deh ngerasain nge-lag dll. Pastinya player bisa GGWP di game apapun!