Langsung ke konten utama

Liburan Wisata ke Mana, ya?

Apakah benar liburan telah usai? Hmm, kalau melihatnya dari tanggal sekolah anak sih iya (soalnya ponakan saya udah pada kembali ke sekolah, hehe). Jadinya waktu liburan itu hanya pas hari Sabtu, Ahad dan tanggal merah saja. Ya, 11-12 deh sama para pekerja.  

Manfaat Liburan Selain untuk Kesehatan

Liburan banyak memiliki manfaat, karena kan gak bisa juga kitanya melulu beraktivitas tanpa henti. Pasti ada saatnya untuk relaksasi, istirahat, dan bersantai. Ya, kalau dilihat dari segi kesehatan liburan bisa memulihkan jiwa dan raga.

“Healing manjaah”, biasa dijadikan alasan untuk mengambil waktu berlibur. Kalau misalnya gak pakai acara liburan, entah bakal seperti apa otak, fisik, dan mental kita, bukan? Stres yang bakalan terus berkecamuk. Bahkan bisa nih ujung-ujungnya mempengaruhi mood dan aura di wajah.

Widiih, bahasannya aura, hehehe.

Soalnya jadi teringat dengan mantan rekan kerja, di mana dia ini dalam satu bulan bahkan selama 12 bulan liburannya cuma di tanggal merah sama hari Sabtu/Ahad saja. Beda sama teman-teman yang lain, termasuk saya (kalau masih ada kuota cuti, ya di ambil, wkwkwk). Alhasil mantan rekan kerja saya itu rona di wajahnya kurang fresh. Padahal udah masuk tanggal gajian, ya tetep aja kayak ketekuk gitu mukanya, heheh.

dok. Pixabay

Maka dari itu kita dapat mengambil manfaat tempat wisata untuk mengisi waktu liburan, karena sekaligus juga berguna untuk:

  • Mendukung pelestarian lingkungan hidup dan kebudayaan setempat.
  • Meningkatkan ekonomi masyarakat dan wilayah di sana, sehingga dapat menjaga kelangsungan hidup.
  • Peluang terbukanya pekerjaan dan meminimalisir angka pengangguran.
  • Dukungan kepada negara baik dalam bentuk pajak maupun terjadinya transaksi keuangan (antar negara).

Liburan Mau Wisata ke Mana, ya?

Pastinya banyak pilihan mau liburan ke mananya. Bisa dipertimbangkan dari lokasinya di mana, bujet, berapa lama waktunya, jumlah orang, penginapan dan makannya, itinerary, dan transportasi yang akan digunakan. Meski demikian, dapat dilihat juga, jenis wisata yang akan dikunjungi itu pilihannya ke yang mana, apakah wisata religi, wisata edukasi, wisata alam, wisata kuliner, wisata belanja, wisata budaya, atau wisata sejarah. Beberapa rekomendasinya sebagai berikut:

Bila ingin berwisata di tempat yang tidak jauh-jauh dari lokasi tinggal pun, juga tidak masalah. Atau semisal ingin memanfaatkan taman dan banyak pepohonan seperti di Taman Ayodia Barito, RPTRA, Tebet Eco Park, Hutan Kota GBK, dan lain-lain juga mengasikkan.

dok. Pixabay

Intinya, ke mana pun berwisatanya, jangan lupakan untuk sejenak beristirahat dari rutinitas dengan liburan. Melihat pemandangan hijaunya pepohonan yang seakan menarik kita untuk makin mendekat lagi bakal memberikan efek menenangkan, sekaligus juga mengagumi dan merenungi ciptaan .

Dialah yang telah menurunkan air (hujan) dari langit untuk kamu. Sebagiannya menjadi minuman dan sebagiannya (menyuburkan) tumbuhan yang dengannya kamu menggembalakan ternakmu. Dengan (air hujan) itu Dia menumbuhkan untukmu tumbuh-tumbuhan, zaitun, kurma, anggur, dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran ) bagi orang yang berpikir. [Al-Quran Surat An-Nahl ayat 10-11].

Artikel ini dibuat pas weekend, tetapi si Fenni Bungsu liburan wisatanya sementara masih yang gak jauh-jauh, karena sehubungan sambil mengerjakan PR (wkwkwk). Kalau kamu, jadinya liburan wisata ke mana

Komentar

Kyndaerim mengatakan…
Betul nih Mbak. Memang harus bisa sempatkan waktu untuk berwisata. Walo yg dekat² setidaknya bisa melepas penat. Jujurly, sebagai warga Bali, setiap weekend atau kalo lagi mood, setiap sore kita sekeluarga pasti bakal ke pantai belakang rumah, alias pantai terdekat dari rumah. Mayanlah healing tipis², Xixixi..
Bambang Irwanto mengatakan…
Libur itu memang perlu sekali, Mbak. Selain bisa rehat dari aktivitas rutin, juga mengistirahatkan tubuh juga. kalau kerjaan dituruti, tidak ada habisnya, termasuk urusan kantor hehehe.
Dan liburan itu tidak perlu mahal. Cari saja tempat yang dekat dan menyenangkan. Pokoknya setelah liburan, pikiran jadi fresh dan semangat beraktivitas lagi.
YSalma mengatakan…
Liburan dengan berwisata ke tempat yang lokasinya bisa dijelajah dalam sehari, tapi bisa mengunjungi banyak tenan, melakukan berbagai aktivitas dan ngadem di tanam yang terawat, rindang, dan hijau :)
ANGGITA RAMANI mengatakan…
Kalau aku liburannya ke dekat-dekat rumah aja kayak taman atau wisata yang masih satu kota
Maya Rumi mengatakan…
setuju mba fen liburan tuh penting banget bukan hanya untuk healing yah tapi juga untuk bersyukur dengan segala ciptaan ALLAH SWT, semoga kita selalu di limpahkan rejeki halal jdi bisa rutin jalan-jalan bersama dengan orang tersayang
Triani Retno A mengatakan…
Liburan ke mana aja asiiik, asalkan ada uang, tempatnya aman, dan tidak menanggung utang setelah liburan selesai. :))
Ranggi's Travel Story mengatakan…
Akuu suka alam, apalagi udaranya yang bersihh, yg berbau tradisional unik, kalau yg berbau mall belanja kurang suka...(gusti yeni)
Monica Anggen mengatakan…
Weekend pengennya liburan, tapi suka gak tahan sama macet dan kepadatan di tempat wisata. Jadi seringnya kami pergi liburan pas saat orang masuk kerja... hahaha. Terus sukanya ke tempat yang adem, banyak ijo-ijonya, dan nggak terlalu ramai
Didik Purwanto mengatakan…
Aku sih biasanya ke tempat wisata dekat rumah aja kak. Maklum emg muslim liburan selalu padat pengunjung di hampir semua destinasi wisata. Tp sih sekarang udh mulai masuk musim anak sekolah. Jd destinasi wisata udh agak sepi. Enak tuh kalo buat jalan2.
ginanelwan mengatakan…
Klo aku liburan jg masih deket2 masih seputar bandung dan sekitarnya aja. Lagi malas traveling
Okti Li mengatakan…
Saya malah gak keluar rumah sama sekali. Paling jauh nyapu halaman. Hehehe...
Liburan ini beneran di rumah aja dulu. Alhamdulillah ada hal lain yang bisa dikerjakan jadi gak begitu bosan
Bunda Saladin mengatakan…
Bwner banget kak kalau penyakit kurang piknik itu ada wkwkwk.

Liburan emang bikin pikiran fresh lagi dan menambah semangat hidup.

Kalau saya lagi pengen liburan ke pantai nih.

Kak Fenni suka liburan ke pantai apa gunung?
Shinta Shyntako mengatakan…
aku tuh kalo lagi suntuk memang biasanya sih auto pengen jalan2 biar refresh pikiran dan badan, misal ke taman atau kafe/resto yang punya area outdoor yang seru dan asri
lendyagasshi mengatakan…
Kadang, akutu uda kelamaan di rumah emang jadi mager banget mau kemana-mana.
Tapi kalau uda di luar, memang bikin fresh sii.. Tapi karena energi dan MBTI ku extrovert. Kabayang kalo orang introvert, uda cape kerja, healingnya memang di zona nyamannya, di rumah.

Jadi mau wisata kemana, sesuaikan budget dan waktu ya..
Ini bijaksana banget sii..
Siti Mustiani mengatakan…
Iyaa nih sama wisata nya yang dekat-dekat dulu, kebetulan wisata terdekat dari tempat tinggal ku menjangkau negara tetangga, hehehe. Yuk mbak sesekali main ke daerah ku juga di Kalimantan Barat.
Dee_Arif mengatakan…
Kalau saya pas long weekend kemarin nggak kemana mana mbak
Palingan cuma jalan jalan keliling kita dan kulineran
Dian Restu Agustina mengatakan…
Nah iya, kalau kurang berwisata cuma kerja,,kerja,, dan kerja biasa muka ga fresh, terlihat berlipat-lipat kwkwk
Kalau aku susah banget nih mau liburan sekarang karena jadwal anak kuliah, sekolah dan kerja suami yang sering susah diajak kompromi...beda-beda huhuhu
Mporatne mengatakan…
Yang penting kalau wisata low budget aja jangan mahal mahal yang penting berkesan dan bersama keluarga.
Okti Li mengatakan…
Saya dan keluarga acapkali menjadikan liburan sebagai cara untuk tadzabur alam. Mensyukuri semua karunia dengan mengagumi semua ciptaan Nya. Jadi selain liburan, sekaligus ibadah
ria buchari mengatakan…
Wah aku pun pengen liburan tapi masih ada yang ganjil nih kalau masih punya utang PR jadi liburan sekitaran Jakarta aja yang deket2
YSalma mengatakan…
Ke taman Ayodya sambil kulineran di Barito dan blok m boleh juga dijadikan pilihan liburan. Bisa dijajal dengan jalan-jalan santai ya. Mudah dijangkau dengan transportasi umum juga.
Dee_Arif mengatakan…
Kalau di Surabaya banyak taman kota yang asik buat piknik
Bisa jadi tempat wisata yang murah meriah
Mugniar mengatakan…
Bagi saya ... liburan bisa asyik di depan komputer, ngeblog atau menulis sudah cukup banget tapii kalau ada yabg bayarin ke tempat-tempat hijau yang menyegarkan mata, mau sayah :)
Icha faizah mengatakan…
Ya ampuuun, jadi inget udah lama nggak liburan yg bener liburan.

Beberapa bulan belakangan ini lagi sibuk nyiapin sekolah anak menjelang tahun ajaran baru.
lendyagasshi mengatakan…
Kak Fenni rajiiin sekali..
Aku seneng sama materi tulisannya yang selalu menginspirasi. Kadang orang tuh mau liburan suka-suka aja yaa.. Padahal setiap liburan semoga menjadikannya bermakna karena sembari mengagumi dan merenungi ciptaan Allah subhanahu wa ta'ala.
Akarui Cha mengatakan…
Aku juga sih nih kayak Kak Fenni. Liburanku nggak jauh jauh dulu dari rumah. Bahkan di momen libur panjang kemarin, batal ikut mama papa pulkam ke rumah nenek gara gara masih banyak PR juga.

By the way soal taman taman di Jakarta ya, makin nyaman sih ya. Jadi kangen main ke Taman Ayodia deh. Kapan hari diajakin teman ke sana karena ada acara kumpul bareng sesama penyuka baca buku.
Maria G Soemitro mengatakan…
liburan emang asyiknya wisata ya?

apalagi bareng keluarga, wisata tipis tipis ke sekitar kota juga oke

seperti di Bandung banyak banget destinasi wisata seperti tahura, pecinan dll
Akarui Cha mengatakan…
Liburan tipis tipis aja udah bisa bikin bahagia karena suasana yang biasanya didapati dengan rutinitas harian jadi berbeda. Hmm selain ke taman di jakarta, di sekitaran Bogor juga banyak tempat seru yang belum kueksplor deh. Jadi pengen liburan lagi.
Ririn Wandes mengatakan…
Banyak banget pastinya manfaat dari wisata nih. Menyenangkan sekali ketika ada kesempatan bisa menikmati wisata ke berbagai tempat. Tentunya menyehatkan jiwa dan pikiran serta mendapatkan pengalaman baru sih.
Climate4life mengatakan…
Sempat liburan ke Jkt n YK, tapi karena kerjaan. Bisa jalan2 udah jam 8 malam. Kapan liburannya kalo gitu ya :)
lendyagasshi mengatakan…
Liburan pasti banyak sekali pertimbangannya.
Namun semoga selesai liburan menambah semangat untuk lakukan aktivitas positif kembali lagi.
Wahid Priyono mengatakan…
Kali liburan yang dilakukan kak Fenni ini sepertinya lebih ke staycation ya kak, hanya mengambil jarak yang lebih dekat dengan rumah. Malahan bisa kondisional sih kalo kayak gini. Kalo kemaren2 aku dan keluarga liburannya ke pantai kak, biasalah di Lampung banyak pantainya yg cantik dan deket rumah juga.
Happy mengatakan…
kalau aku kemarin liburannya ke PRJ, mana muter-muter PRJ sendiri banget lagi. berangkat dari Serang wkwkwk
Antung apriana mengatakan…
aku kemarin liburan ke salah satu tempat wisata di Banjarbaru. kalau di luar masa liburan kami kadang berwisatanya juga cuma ke taman kota atau tempat bermain anak yang murah meriah. hehe
Susi Susindra mengatakan…
Liburan kali ini full di rumah karena pekerjaan kami sama-sama sedang sangat sepi. Heheheh
Mode bertahan dulu.
Lagian kami punya kebiasaan liburan ke rumah asal bapaknya anak-anak pada Bulan Februari, sih.