Langsung ke konten utama

Edisi Bengong di Tanggal 22 Juli 2023

Jangan kebanyakan bengong lu..

Ayam gue mati gegara kelamaan bengong…

Petikan kalimat di atas kerap kali saya dengar dari jaman masih imut (sekarang juga dah, hahah) hingga saat ini alias pas beberapa hari yang lalu menyimak salah satu sinetron lawas Indonesia yaitu Si Doel Anak Sekolahan di platform Tiktok. Mungkin kalau itu sinetron gak muncul di FYP saya, gak terpikirkan juga mau membahas soal “bengong” ini, hehe.

Apa yang Dimaksud dengan Bengong?

Tadinya saya berpikir bahwa kata “Bengong” tidak akan muncul di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) maupun Wiktionary. Kalaupun muncul, anggapan saya akan masuk ke dalam bukan kata baku. Eh tak dinyana ada dong. Menurut KBBI, bengong adalah termenung atau terdiam layaknya kehilangan akal, karena heran, kesedihan, dan sebagainya.

Kalau dipertimbangkan dari arti di atas berarti bengong itu seperti lagi hilangnya kesadaran. Ibaratnya tuh jiwanya di mana, tetapi raganya ada di depan mata. Sehingga pas ditepuk badannya, baru deh tersadar. Seakan-akan sudah mendarat lagi di bumi ini.

Baca Juga: Antara Kipas dan Fokus

Apa yang Terjadi Ketika Bengong?

Dari beberapa sumber, ada yang memungkinkan orang saat bengong itu tidak ada pikiran. Alias ya udah diam saja. Cuma melihat sesuatu benda misalnya atau melihat ke langit tanpa memikirkan sesuatu. Bisa juga memikirkan sesuatu yaitu penciptaan Yang Maha Kuasa. Namun menurut saya ini jatuhnya sih bukan bengong ya namanya, tetapi tafakur alam.

Selain itu ada pula yang bengong sambil memikirkan permasalahan hidupnya. Jadi di dalam pikirannya itu berkecamuk berbagai hal entah itu hal sedih maupun rumit. Sebab ruwetnya persoalan, bengonglah dia di suatu tempat. Hanya saja bengong yang semacam ini, bisa menimbulkan dampak buruk yaitu otak menjadi lelah berpikir dan stres. Ini bisa disebut dengan melamun. Jadi kelihatan yak perbedaan bengong dan melamun.

Kaitan Bengong dengan Kesehatan

Uniknya soal kata bengong ini, menarik perhatian saya untuk ceki-ceki di mbah gugel, hingga menemukan hubungan bengong dan manfaatnya buat kesehatan. Waw banget kan? Kok bisa bengong punya dampak baik buat tubuh kita?

Saya merangkum dari laman Hello Sehat, Liputan 6 dan Kompas.com bahwa bengong memliki manfaat untuk jalan kita mewujudkan cita-cita. Hal ini karena kita mendapatkan gagasan cemerlang dan bagaimana menghadapi potensi permasalahan yang akan dihadapi. 

Baca Juga: Welcome Juli dengan Segala Pesonamu

Bengong pun juga bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat, karena otak kita banyak menyimpan ingatan dalam waktu panjang. Coba saja kalau lagi sibuk terus kita melupakan sesuatu, adakalanya tidak akan ingat dimana sesuatu itu. Namun ketika bengong, maka memori akan sesuatu itu mudah muncul.

Bukan itu aja, bengong pun dapat meningkatkan fungsi otak serta menumbuhkan kreativitas. Menurut saya hal ini pasti pernah kita rasakan khususnya buat para blogger. Coba deh, ketika lagi stuck in a moment mau bikin konten apa atau menulis apa, terus bengong sejenak. Gak disangka muncul deh tuh tiba-tiba ide cemerlang untuk membuat sesuatu. Nah bukankah itu pertanda bahwa gagasan konten kita muncul berkat berbengong ria, hehe. 

Apapun yang sedang dibengongkan (enak gak sih bahasanya, hihi), maka bengonglah untuk hal yang bermanfaat biar dampaknya positif juga ke kitanya. Bengonglah dengan cara yang tepat. Jangan kelamaan juga bengongnya, tanpa berbuat sesuatu alias cuma wacana tanpa aksi nyata. Tak dinyana dari obrolan bengong ini pun alhamdulillah bisa jadi satu artikel yang bisa kita curcolkan bareng, hehe. Bagaimana, apa saja bengong positif yang sudah kamu lakukan? Sharing sini di kolom komentar, siapa tahu jadi amal jariyah buat kamu. 

Komentar

Putu Felisia mengatakan…
Mungkin maksudnya manfaat merenung ya, sebab bengong yang ngehang itu bahaya juga. Nanti kesambet. Hihihi.
Dee_Arif mengatakan…
Wah wah kak Feni keren, bengong aja bisa jadi tulisan
Bengong pun ada sisi positifnya ya kaku
Muhammad Zaini mengatakan…
Random banget sih ini konten membahas tentang bengong. Hehehehe... Tapi, bukannya kebanyakan bengong malah bahaya ya? Katanya bisa membuat seseorang jaid kesurupan.
Kanianingsih mengatakan…
mba fenni ada aja bahasannya..kalo aku lagi bengong ga jelas nih bengong memikirkan hal yang belum tenu kepikiran itu justru ga sehat..duh kalo bengongnya cari ide nulis sih oke bangettt
Bambang Irwanto mengatakan…
Saat ingin mencari ide, memang bagusnya bengong, Mbak. Jadi imajinasi semakin luas. Saya malah, kalau sambil setoran alam, terus bengong di kamar mandi, malah dapat ide atau bahkan menemukan alur untuk melanjutkan cerita. jadi bengong juga bermanfaat hehehe.
Diah Alsa mengatakan…
baru tahu ternyata bengong bisa bermanfaat.
hmm, jadi boleh dong ya sering-sering bengong, eitss tapi asal bermanfaat ya bengongnya untuk menyimpan memori dan mengembalikannya suatu saat gitu ya :D
Adi Pradana mengatakan…
Asik banget topik bahasannya nih, bengong. Sebagai manusia, kita semua pasti pernah mengalami momen bengong, dan itu adalah bagian normal dari aliran pikiran kita. Bengong itu termasuk meditasi juga g ya, kayak artikel blog Cutisini. Hehehe
Jastitah mengatakan…
Saya baru tau kalau bengong ternyata ada dampaknya buat kesehatan yaa. Jadi pengen baca lebih lanjut terkait ini. thanks ka sudah sharing
Bunda Saladin mengatakan…
Ada orang yg bengong karena kebanyakan mikir. Kalo daku bengong pas kerjaan overload wkwjwk ampe bingung yg dikerjain yg mana dulu

Gak disangka bengong juga bermanfaat ya untuk kesehatan.
Yonal Regen mengatakan…
ih aslian, baru tahu ternyata banyak juga manfaat dari bengong, sekilas kaya useless gitu, ternyata eh ternyata.. manfaatnya tak dinyana. Wis, yuk lanjut bengong lagi
Dyah Kusumastuti Utari mengatakan…
Hmm benong positif ya? merencanakan kegiatan akhir pekan, merencanakan agenda besok mau ngapain aja bisa termasuk bengong positif kan ya?
HendraDigital mengatakan…
Karena dengan bengong, berbagai ide dan inspirasi bisa muncul. Hahaha... Bengong paling enak itu sewaktu di WC. Bisa lama banget hehe
Rizalfikry mengatakan…
Ternyata ada juga ya cara untuk melakukan bengong yang bermanfaat. Asal dilakukan tidak dengan berlebihan, hal-hal sepele pun bisa menjadi bermanfaat.
Mantap sharing nya Kak.
Lintang mengatakan…
Paling bengong mah gabut di sambil nongkrong di kamar mandi ya. Sumber inspirasi, udah kaya bisa menyelamatkan dunia hahaha.
Yuni Bint Saniro mengatakan…
Benar juga sih. Ada kalanya, aku melupakan sesuatu. Saat sudah lelah mencari dan pasrah dengan bengong saja. Eh malah terlintas itu informasi tentang sesuatu yang kucari. Jadi kek berasa amaze gitu nggak sih. Hehehehe
Bondan Murdani Soleh mengatakan…
bengong kalau dalam bahasa jawa jombangan ngowoh. contoh kalimatnya "ojo Ngowoh ae !"

Kalau dalam Bahasa Indonesia jangan bengong saja.

Goresan hati mengatakan…
Berita bagus nih buat yang suka bengong kayak aku. Ternyata bisa meningkatkan daya ingat juga ya alis gak gampang pikun. Baiklah. Lanjutkan bengongnya. Wkwkwk
ANGGITA RAMANI mengatakan…
Ternyata bengong ada manfaat positif yak, asal bengongnya dipakai untuk imajinasi meraih mimpi gtu kali yak maksudnya
Han mengatakan…
hahaha aku banget ini, lebih suka bengong drpd ngobrol ngalor ngidul sama wali murid yang sukanya ngegosip sambil nungguina ank pulang wkwkwk. ga jarang malah kutinggalinn pulang dan ngerjain hal lain wkwk. lewat bengong justru banyak muncul ide ide baruu hihi
Kyndaerim mengatakan…
bilaik: "Bengonglah di saat yg tepat", ahahaha.. Aku bengong pas lagi capek-capeknya abis ngurus rumah sih, itu termasuk bengong bukan? wkwk..
Retno Kusumawardani mengatakan…
Bengong itu cuma sesaat ya, kalau kelamaan bisa jadi melamun eh..
Kalau terbenging-benging beda lagi ya artinya? Hehe
Didik Purwanto mengatakan…
Kalo menurutku bengong tuh malah ga mau mikirin apa2 loh kak. Kalo msh ada pikiran berarti ya dia lg proses mikir meski sambil termenung.

Kayaknya beda persepsi deh antara bengong dan termenung. Tp apapun itu, emg kita disuruh rehat bentar mendinginkan otak di kala suntuk. Jgn dipake hura2 apalagi minum2 buat mendinginkan suasana.
Annie Nugraha mengatakan…
Ada aja deh yang dibahas oleh Fenni. Saya jadi suka senyum-senyum setiap baca tulisannya.

Bengong, menurut saya, jangan sampe kelewatan. Karena menurut pendapat pribadi saya, bengong ini mengundang hal-hal yang tidak baik. Karena bengong cenderung membiarkan pikiran kita kosong dan bisa mengundang hal-hal yang tidak baik, seperti kerasukan.
Retno Septyorini mengatakan…
Bengong adalah aktivitas yang acap kali aku lakuin juga, sih. Paling sering sih kalau lagi piknik. Kaya nongkrong di pantai sembari menikmati semilir angin. Atau mikirin kelanjutan drakor yang lagi aku ikutin. Tapi jujurly baru kali ibi sih aku baca artikel tentang bengong, mbak^^
hani mengatakan…
Aku belum nemu sih, bengong positifku hari ini ngapain yah...Paling tadi nganter bocil, di grab bengong aja ngeliatan jalanan, sambil otak berpikir, wah...aku musti blogwalking nih malem ini. Haha...
Monica Anggen mengatakan…
Kreatif! Dari bengong aja bisa jadi artikel euy. Dan selama ini aku malah tak terpikir mengulas pengertian bengong dan lainnya kayak artikel ini... hahaha
lendyagasshi mengatakan…
Bahasa anak gawlnya "ngang ngong" atau "nge-lag".
Kalau kata bestie aku, NCT Dream, "Glitch Mode".
Whatever it takes, semuanya serba lamban kalo lagi ngangong. Hihi.. aku sering ngangong juga sii.. Berasa ada yang kudu banget gak mikirin apa-apa dalam waktu yang singkat. Dan ini bikin otakku istirahat dari hecticnya aktivitas sehari-hari.

laila dzuhria mengatakan…
Bener banget.... bengong itu enakkk... kadang nih klo kita lg bengong tiba2 ada kata2 puitis yg keluar dlm hati. Kita jg bs punya ide2 brilian tp sedihnya pas mau dituangkan ke tulisan malah lupa. Heheheh...
Okti Li mengatakan…
Bengong saya setiap pagi, adalah ketika membayangkan, mau beli sayuran dan ikan apa untuk menu hari ini. Secara di kampung, gak banyak penjual, pun pasar hanya seminggu dua kali adanya. Harus pintar ngatur biar gak bosen juga. Jadi sebelum eksekusi memang harus dibengongi dulu, hehehe
Pipit ZL ceritaoryza.com mengatakan…
Brain fog? Keknya gak guna banget buat hidup saya, tapi kerap kali terjadi. Faktor usia dan kesibukan emak2 nih.
dessy achieriny mengatakan…
Aku kalau lagi nulis buntu ide, bengong dulu sebentar. Sedikit rileks pikiran ntar langsung muncul banyak ide biasanya ahaha
Suci mengatakan…
Mulai sekarang saya akan ada rencana untuk bengong. hahaa
tapi ingeeeet bengong yang bermanfaat.
Bengong dan ngelamun sama ga, ya? Karna ngelamun aja udah ada kompetisinya tuh bbrp waktu lalu kayanya rame di medsos.
Kali aja bengong juga demikian, hihii
Maria G Soemitro mengatakan…
padahal bengong dan termenung rasanya beda ya?

bengong tuh kepalanya kosong

sedangkan termenung barulah instrospeksi diri dll
Naufal Al Rafsanjani mengatakan…
Baca artikel ini jadi teringat beberapa waktu lalu ada kompetisi melamun (bengong) di Korea. Menurut saya perlombaan itu unik, karena bengong adalah suatu hal yang menurut kita hanya diri kita sendiri yang tau. Tapi terlepas dari itu, melamun itu penting dalam beberapa situasi. Semisal ketika sedang memikirkan sesuatu yang penting. Tapi jangan bengong dengan pikiran kosong, nanti kesambet hehe
ikari mengatakan…
Aku takjub baca isi blognya. Membahas tuntas tentang bengong. Kreatif banget kakaknya, bengong aja bisa dibahas dengan menarik kayak gini.
DokterTaura mengatakan…
Beberapa pasien saya sering mengalami episode bengong hingga membuat ortunya khawatir. Setelah dilakukan beberapa pemeriksaan penjunjang, ternyata si anak menderita epilepsi. Salah satu bentuk serangan epilepsi adalah bengong
Aprillia Ekasari mengatakan…
Ahahaha dari bengong bisa jadi satu artikel yaa.
Kalau aku pribadi kyknya susah bengong, eh kecuali kalau lagi dalam perjalanan gtu, misal di KRL sambil menikmati pemandangan gak scrolling HP, biasanya muncul ide. Tp kudu cepet2 ditulis jg supaya idenya gak menguap hehe.
Wahid Priyono mengatakan…
Setuju banget nih, bengong juga bisa menjadi aktivitas yang sebenernya memang tubuh inginkan. Terkadang juga saya ketika bengong bisa dapet sumber inspirasi baru...
Nia K. Haryanto mengatakan…
Ternyata ya bengong juga banyak manfaatnya. Tapi memang iya sih. Aku juga kalo pagi-pagi, sebelum ngapa-ngapain, bengong dulu. Kalo perlu ditambah kopi deh. Terusnya ngebayangin apa yang akan aku lakuin hari itu. Alhamdulillah deh, yang awalnya bingung, jadi kebayang dan seger. :D
Nia K. Haryanto mengatakan…
Ternyata ya bengong juga banyak manfaatnya. Tapi memang iya sih. Aku juga kalo pagi-pagi, sebelum ngapa-ngapain, bengong dulu. Kalo perlu ditambah kopi deh. Terusnya ngebayangin apa yang akan aku lakuin hari itu. Alhamdulillah deh, yang awalnya bingung, jadi kebayang dan seger. :D
Dee_Arif mengatakan…
Bengong nggak hanya kegiatan iseng saja ya
Bengong bisa jadi kegiatan yang bermanfaat
Seperti yang dilakukan ka feni ini
lendyagasshi mengatakan…
Kayanya aku baru menyadari satu hal, bahwa meskipun bengong, tapi juga kudu tau tempat, kalik yaa.. keseringan yang paling enak tuh bengong di kamar mandi.
Tapi jadi salah satu tempat kesukaan syeitan.
Huhuhu.. baiknya memang senantiasa mengingat Allah dimanapun berada.
SHalikah mengatakan…
Duh, semoga bisa bengong yang bermanfaat ya alias bengong untuk mendapatkan inspirasi. Memang kadang kita melihat orang melamun atau bengong, yang terpikir pikirannya pasti kosong. Padahal belum tentu ya, bisa jadi dia justru sedang berpikir keras.
Antung apriana mengatakan…
wow ternyata bengong ada manfaatnya juga ya? mungkin maksudnya mengistirahatkan otak kali yaa bengongnya ini
YWidya mengatakan…
saya pun sampai bengong baca uraian kakak tentang bengong ini, dan malah jadi penasaran analisis kegiatan ini secara ilmiah hehe
PujP mengatakan…
ternyata kalau kita lihat definisi kata di berbagai budaya dan kamus, bengong aja bisa maknanya dalam ya. malah jadi lebih ke "slowing down, letting yourself watch your thoughts" gitu ๐Ÿคฃ
Alfia D. Masyitoh mengatakan…
Wah, nggak nyangka kalo ternyata bengong ada manfaat positifnya ya. Aku nggak ngerti nih, kapan ya aku pernah bengong. Selama ini secara sadar aku jarang merasa bengong soalnya. Kalo lagi diem-diem bae gitu biasanya lagi overthinking tentang sesuatu, entah masalah hidup (halah), atau masalah sepele kayak ntar idola gue bakal main drama nggak ya, begitu. Apakah overthinking ini termasuk bengong juga??
Fandhy Achmad R mengatakan…
Iya bener banget, bengong itu bisa banget jadi waktu yang pas untuk berkontemplasi memikirkan berbagai macam hal
Tomy Tegar mengatakan…
menurut sya sih bengong itu diperlukan bgt buat merecharge pikiran dan fisik, bagus buat kesehatan..
daripada kita terlalu banyak menghabiskan waktu didepan gadget, hehee..
asal bengongnya jgan terlalu banyak aja sih..
Rifqi Fauzan Sholeh mengatakan…
Sepertinya bengong akan menghasilkan dan memiliki manfaat ketika bengong yang memang bener-bener ada isinya dan ga sekedar bengong aja ๐Ÿ˜‚
I. Afrina Putri mengatakan…
Setuju kalau bengong punya dampak positifnya juga, karena muncul ide - ide baru yang ternyata kita butuhiin banget. Jadi gak selamanya bengong itu salah
Okti Li mengatakan…
Bengong kalau dalam rangka merenung dan introspeksi saya kira diperbolehkan. Asal jangan bengong tidak jelas, bisa bikin kerasukan mahluk lain. Hehehe
Ugik Madyo mengatakan…
Aku baru tahu kalau bengong dna melamun ini beda. Ternyata bengong bisa meningkatkan fungsi otak ya. Eh jadi bengong ini bermanfaat dilakukan saat otak blank. yeah akhirnya ada alasan untuk bengong tanpa dihakimi haha. Terima kasih sharing-nya Mbak.
Reza Fahlevi mengatakan…
bengong pun harus yang berfaeda yaa kak fenni hihi.. bisa-bisanya perkara bengong dapet satu artikel mantap amat sih..
kalo aku bengong tuh berati lagi mikirin sesuatu wkwkwk sama kaya jungkook yang bengong karena banyak pikiran hihi
Bai Ruindra mengatakan…
Lucu juga ya kak hal begini kalau diterapkan tetapi bagi sebagian orang mungkin penting sesekali, namun bagi sebagian lain adalah melakukan hal produktif agar hidup lebih bersenyawa
lendyagasshi mengatakan…
Biasanya aku kalo benging tuh kalau lagi laper, siang-siang.
Jadi nge-lag parah dan bikin gak konsentrasi. Suka semangat lagi kalau uda dikasih makan, hehehe..
Eka FL mengatakan…
aku malah kepo itu kata bengong diambil dari bahasa apa ya? di sunda juga nyebut kata bengong buat ngalamun tapi ngeblank kayak yang hilang kesadaran sesaat gitu
Puspita Wulandari mengatakan…
Aku juga tipe yang suka bengong padahal otaknya lagi mikir keras, kadang tiba-tiba nangis klo dakelamaan bengongnya
Puspita Wulandari mengatakan…
Bengong tu kalo diaku fisiknya aja diem tp otak lagi berpikir mencari inspirasi
Yayan Abdhi mengatakan…
Kirain ini bakal kaya tulisan alay ala blogger pemula bingits.. ternyata lumayan berisi.. kata bengong aja bisa jadi tulisan menarik ternyata. ๐Ÿ˜๐Ÿ˜‚
Ulfah Aulia mengatakan…
Iya yaa.. Bengong pun memberikan dampak positif untuk kesehatan kita yaa Kak.. Bahkan terkadang aku tuh suka juga bengong, asik juga karna merasakan jiwa dan pikiran kita lebih tenang.. Cuma psti terlihat ngga baik2 aja bagi orang yg melihatnya, namun selagi bengong itu bermanfaat buat kesehatan kita its okeey aja yaa kak๐Ÿ˜‚
atiq - catatanatiqoh mengatakan…
jadi sebetulnya bengong itu juga semacam aktivitas ya hehe.. jadi dikerjakn juga bisa menghasilkan sesuatu :D
kang แ—ชirman mengatakan…
Bengong adalah sebuah meditasi. Pastikan waktu dan tempatnya selalu tepat, agar manfaat kemudian didapat.

Mari membuat jadwal bengong, wkwkw.