Buka Wawasan dengan Teknologi, Sambut Perubahan Jaman

Ngobrolin teknologi di blog Fenni Bungsu pas weekend semoga bisa menambah curcolan plus wawasan hehe. Soalnya kalau udah membicarakan bidang tekno ini mungkin ada yang semangat, tetapi juga ada yang malas dengan alasan “Saya nggak paham soal teknologi.”

Hmm, terdengar aneh bin janggal, tetapi ya mau bagaimana lagi, mungkin saja memang beneran dia nggak paham sehingga mau dilakukan persuasif seperti apa juga nggak bakal masuk. Terkecuali bila keinginan sendiri mau berubah pikiran dan terbuka jiwanya untuk menerima bahwa jaman now ini, jika tidak memahami tentang teknologi tentunya akan banyak tertinggal.

Pahami Sekitar dalam Berkenalan dengan Teknologi

Coba saja ditengok kanan-kiri-depan belakang di sekitar kita, mungkin sudah pada kena virus nunduk alias mantengin hape terus. Padahal bisa saja “nggak ada pesan masuk buat dia,” Hanya jempolnya saja yang sibuk scroll ke atas - ke bawah pada layar ponselnya.

Belum lagi terdengarnya sahutan, “Paket..!” bahkan juga tiba-tiba di depan rumah sudah ada motor atau mobil yang parkir dalam keadaan menyala karena menunggu seseorang yang memesan taksi/ojek daring. Yakin, masih belum ingin memahami teknologi?

Oleh karenanya, kalau bukan diri kitanya sendiri yang mencoba untuk terbuka menerima wawasan baru, tentulah akan banyak tertinggal. Sebab sejatinya kehadiran teknologi memudahkan urusan manusia. Iya, itu bila dilihat dari segi positifnya, dengan tidak mengarahkan teknologi untuk hal-hal yang negatif.

Hebatnya Kehadiran Teknologi dalam Bidang Keuangan

Seperti misalnya nih kejadian (sebut saja dia mbak M) di hari ini (Minggu 5 Juni 2022). Beliau hendak membeli makanan kesukaan anaknya yaitu sosis di minimarket yang khusus menjual aneka makanan beku. Mbak M memang punya rekening bank, hanya saja saldo di rekeningnya tidak mencukupi untuk dilakukan penarikan tunai.

Jadilah Mbak M pergi membeli sosis tersebut, mengandalkan ponselnya yang sudah dipasangi aplikasi keuangan dompet digital, karena harga yang harus dibayar di bawah Rp 20.000. Dia pun bisa membayarnya mesti tanpa transaksi tunai.

Jika mbak M tidak memahami teknologi maka dia tidak akan mempunyai dompet digital. Dan bila Mbak M tidak punya dompet digital, niscaya dia tidak bisa membelikan makanan kesukaan anaknya. Itu baru tentang teknologi dalam hal keuangan, sudah memberikan manfaat luar bisa untuk satu orang saja loh.

[Baca Juga: Seberapa Pentingnya Smartphone Buat Kamu]

Website sebagai Penghubung

Begitupun dengan teknologi lainnya seperti website atau kerap disebut dengan laman. Website memiliki peran penting, terutama bagi pemilik usaha, dan perusahaan. Selain menjadi ladang promosi untuk lebih dekat dengan masyarakat, website juga bermanfaat untuk mengetahui update-nya suatu hal. Misalnya saja laman e-commerce untuk belanja, laman berita sebagai teman baca dan sebagainya.

Maka dari itu, penting untuk pemilik website mempunyai nama domain yang mudah diingat. Sebab gunanya domain dalam website tak hanya sebagai penjenamaan diri saja, tetapi juga sebagai penghubung informasi.

Contohnya kamu yang sedang blogwalking ke artikel ini, meski sudah dan mungkin ada yang belum pernah berjumpa secara langsung dengan saya (Fenni Bungsu), tetapi bisa terasa dekat mengenal si penyuka warna biru ini dan mendapatkan informasi unik pasca berkunjung, berkat kehadiran laman blog ini sebagai medianya.

Begitupun sebaliknya, tatkala saya melakukan kunjungan balik ke blog (negara) kamu, saya pun jadi bertambah wawasan tentang suatu hal. Sampai pernah suatu waktu bicara ke keluarga saya, “Ohh, saya tahu info itu tuh, dari blognya si Kak Itu.” 

Dari curcolan panjang ini, bisa disimpulkan teknologi itu bermanfaat kok bila memang bijak dalam penggunaannya. Kita bisa menemukan rekomendasi aplikasi yang dapat mendukung keseharian, sat-set-sat-set dalam urusan pembayaran, dan lainnya. Sebab memang kitanya harus membuka diri untuk menerima perubahan jaman, bukan? 

Komentar

Hermansyah mengatakan…
Kalau jaman sekarang ngga melek teknologi bakalan tergusur oleh jaman. Sekarang hampir semua aspek mengandalkan teknologi.
Keke Naima mengatakan…
Teknologi semakin pesat. Saya memang gak sanggup sih kalau ikutin semuanya. Anak-anak saya malah kayaknya lebih update hehehe. Tetapi, saya usahakan setidaknya gak gaptek amat, lah. Selain itu tetap berusaha bijak dengan teknologi yang digunakan.
Wahyu Eko C mengatakan…
perkembangan teknologi yg semakin cepat, sangat membantu untuk kehidupan kita. Jujur kalau di sektor keuangan aku paling sering gunakan dompet digital lebih praktis
Maria G Soemitro mengatakan…
pas banget saya sedang menulis tentang kuliner
\
bagaimana teknologi sangat membantu industri kuliner

sehingga memungkinkan terjadinya produksi masal
Teknologi zaman sekarang memang dibutuhkan banget ya, kita pun juga harus terbiasa dengan perkembangan teknologi
Blog berita mengatakan…
Aplikasi keuangan dompet digital membantu pengguna di masa digital secara komprehensif.
Narasi Nia mengatakan…
Betul banget. Bagaimana pun bentuknya, jika digunakan dengan bijak, teknologi pasti bermanfaat. Namun sebaliknya, akan jdi boomerang jika tidak bijak menggunakannya
Narasi Nia mengatakan…
Betul banget. Bagaimana pun bentuknya, jika digunakan dengan bijak, teknologi pasti bermanfaat. Namun sebaliknya, akan jdi boomerang jika tidak bijak menggunakannya
Relinda Puspita mengatakan…
Zaman sekarang, melek teknologi adalah kebutuhan, ya. Semua hal sekarang basisnya digital. Kalo cuek, alamat ketinggalan.
Yonal Regen mengatakan…
ga kebayang kita hidup tanpa teknologi di zaman seperti sekarang....
Dengan teknologi, semua urusan dapat menjadi lebih efisien dan efektif dalam segala bidang
Unknown mengatakan…
Kalau soal teknologi memang harus melek mbak, betul banget. Apakah itu di bidang finansial, media sosial, hiburan, dan lain-lain. Malahan kalau bisa, punya aset digital layaknya kita investasi di bidang konvensional seperti tanah atau properti.
Lintang mengatakan…
Ibu rumah tangga juga haris melek teknologi. Apalagi era digital semua teknologi juga digital. Malah kalau gaptek bikin ngga berkembang ntar.
Katerina mengatakan…
Yang pasti, teknologi berhasil mengubah sejarah kehidupan manusia. Kalau manusianya mau jadi bagian dari sejarah itu, harus bisa beradaptasi dengan perubahan teknologi yang masif.
Dian Restu Agustina mengatakan…
Setuju..teknologi bikin kita sat set sat set melakukan pekerjaan, pembayaran, pembelian dan menyelesaikan beraneka urusan. Dulu, saat memutuskan serius ngeblog dan aktif di sosmed aku dinyinyirin salah satu keluarga dekat, ngapain itu buang-buang waktu, banyak mudharatnya...Padahal semua tergantung pada diri kita, kalau kita mau pasti lebih banyak manfaatnya
Ade UFi mengatakan…
Wkwkwk.. Virus nunduk. Iya juga sih. Skrg jaman teknologi canggih semua bs dikerjakan lewat smartphone. Mainin jempol aja bisa dpt yg kita mau. Sebenernya ada bagusnya ya asal penggunaannya tepat.
Nyi Penengah mengatakan…
Teknologi memberi kan kemudahan yang luar biasa ya mba, disamping itu juga kudu pintar-pintar juga sih mengelola teknologi agar bisa memberikan dampak yang baik.
Tukang Jalan Jajan mengatakan…
Teknologi terus berkembang, mau tak mau kita harus belajar dan menyesuaikan sehingga bisa memanfaatkannya dengan sebaik mungkin. Berharap kita semua bisa terbantu dengan teknologi ya
Eri Udiyawati mengatakan…
Jaman sekarang memang sudah dimudahkan dg teknologi. Merambah ke semua bidang, dari finance, investasi, produk UMKM, juga wisata.

Dan kita juga harus upgrade diri biar engfak ketinggalan banget tentang teknologi.
Nengsi Hariyanti mengatakan…
Mau tak mau kita emang harus faham dengan teknologi. Karna semua hal disekeliling kita sudah dipengaruhi oleh teknologi yang berkembang.
Siska Dwyta mengatakan…
Sekarang memang zamannya teknologj yang semakin canggih ya Mbak jadi kalau nggak mau dibilang kudet atau ketinggalan zaman harus kudu update or melek sama yg namanya teknologi ini.
Siti Mustiani mengatakan…
Pada dasarnya kemajuan teknologi bertujuan untuk mempermudah pekerjaan kita ya mbak, maka dari itu sampai kapan pun kita akan terus belajar.
Tapi penggunaan teknologi juga kudu bijak ya mbak
Han mengatakan…
Seperti dua sisi mata uang sih yah emang. Bisa jadii senjata bisa juga jadi alat yg menguntungkan kalau digunakan dengan bijak.
Melalak Cantik mengatakan…
Era digital ini sih serba online ya, memang harus belajar dan ikut perkembangan dalam penggunaan teknologi. Sekarang mau kemana pun bawa hp aja sudah bisa dengan jaringan internet tentunya sehingga ketika mau bayar jajanan pun cukup dari smartphone saja.
Marita Ningtyas mengatakan…
Kalau aku termasuk yang sangat menikmati teknologi. Bahkan belanja sayur aja benar-benar memanfaatkan teknologi, udah blas nggak pernah menginjakkan kaki di pasar. Tinggal klak-klik di aplikasi, sat set sat set bayar, tunggu sayur diantar ke rumah deh. Sambil nungguin, bisa blogwalking dulu deh, hehe.
Marita Ningtyas mengatakan…
Setuju sih, teknologi membantu banget di masa sekarang. Apa aja jadi mudah dengan perkembangan teknologi.
lendyagasshi mengatakan…
Banak-banyak bersyukur sekali karena masa kini sudah dilengkapi dengan teknologi canggih.
Semoga kita semua bisa memanfaatkan untuk keperluan yang baik.
Nabilla DP mengatakan…
beberapa teman yang pernah mampir ke blogku juga bilang kalau tahu ini itu dari blogku. alhamdulilllah, asalkan memang yang kita tulis ya informasi yang berguna aja ya mba
ginanelwan mengatakan…
Akhirnya qt bertemu lg ya kak di even offline stlh sekian lama tak bersua.
Irra Octaviany mengatakan…
memang sudah saatnya sekarang ini kita mengikuti zaman, soalnya kalau gak ngikutin kita gak akan pernah berkembang..
Nia K. Haryanto mengatakan…
Di masa kayak sekarang ini, kemampuan penguasaan teknologi memang mutlak diperlukan ya. Soalnya segala macam hal memang sudah menggunakan teknologi. Ya contohnya aplikasi di smartphone. Kalo gaptek, akan sangat kepayahan deh kita.