Solusi Smartphone Hang di Saat Krusial

Apa yang dilakukan kalau smartphone hang (baca: heng)? Pertanyaan ini mungkin bukan saya saja yang pernah merasakannya. Pembaca Kisah di Blog Fenni Bungsu juga pastinya. (Hanya saja karena saya nggak pernah tanya atau nggak melihat update status kamu, sehingga kelewat buat dibaca, hehe).

cara atasi hang pada smartphone

Kata “hang” dalam bahasa Inggris yang berarti menggantung. Kalau sesuatu yang digantungin memang gak asik. Bikin bete. Jadi tambah galau. Seperti lirik lagu Melly Goeslaw:

Sampai kapan kau gantung
Cerita cintaku memberi harapan
Hingga mungkin ku tak sanggup lagi
Dan meninggalkan dirimu oh🎵

Kan jadi pada nyanyi, hihi…🎶 Dah udah, kita balik lagi ke urusan hang, di mana permasalahan hang ini, tidak hanya terjadi pada ponsel saja, tetapi juga perangkat elektronik lainnya seperti komputer, laptop, dan tablet. 

Apa Saja yang Menyebabkan HP Hang?

Hang adalah kondisi pada benda elektronik dalam kondisi menyala, tetapi tidak bisa untuk dijalankan sebagaimana mestinya. Diam tanpa bisa melakukan scroll layar, klik tombol, maupun mengganti atau menutup aplikasi. Adakalanya ketika hang terjadi, kondisi perangkat akan terasa panas pada bagian belakang atau bawah. Penyebab hang pada perangkat, khususnya smartphone yang akan kita bahas di sini, yaitu karena:

solusi atasi hang pada ponsel

ROM Penyimpanan Penuh

Kapasitas ROM (Read-Only Memory) setiap ponsel berbeda. Ada yang 32GB, 64GB, 128GB, 256GB, 512GB. Kalau kalau aplikasi dan file yang ada di ponsel hampir mendekati full-nya ROM, misalnya ROM ponsel kamu 256GB ternyata kapasitas yang tersedia tinggal 120 GB, maka hang pada ponsel memungkinkan terjadi. Cek ROM ini bisa ke aplikasi bawaan ponsel, “File Manager”.

kenapa ponsel bisa lambat

RAM Data Overload

Kelebihan data RAM (Random Access Memory) bisa menyebabkan ponsel menjadi lemot. Terlebih untuk kamu yang terbiasa membuka banyak aplikasi misalnya sedang buka Instagram, Twitter, Kamera, Zoom, dan sebagainya secara bersamaan. Proses membaca data ponsel menjadi lambat, karena banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang.

penyebab ponsel lambat dan hang

Tidak Rutin Bersihkan Cache

Cache alias penyimpanan data sementara untuk di perangkat elektronik sebaiknya rutin untuk dihapus. Memang sih adanya cache, bisa memudahkan kalau mau kunjungan ke suatu alamat web, atau postingan. Hanya saja bila dibiarkan, maka akan terjadi penumpukan data, sehingga mempersempit ruang penyimpanan.

Baca Juga: Spesifikasi Omen dan Victus 

Ketika Ponsel Hang Terjadi Upaya Apa yang Harus Dilakukan?

Jadi kalau ponsel lagi hang harus bagaimana dong? Kudu cari akal, hehe. Ini pernah saya alami, ketika sedang liputan outdoor. Mana kondisi cuaca panas, eh panas pula ponsel saya, lalu nge-blank deh nggak bisa diapa-apakan. Saat ini ponsel kebanyakan menggunakan baterai tanam, beda seperti sebelumnya yang bisa dicabut baterainya lalu dihidupkan kembali untuk mengatasi hang. Maka berikut tips yang dilakukan ketika hal urgent ketika hang pada ponsel terjadi:

  • Bisa diupayakan untuk tidak panik. Tetap tenang dengan tidak grasak-grusuk segala tombol di bagian ponsel ditekan. Atau mengguncang-guncang hape tersebut.

  • Kalau hang-nya ponsel pada kondisi sedang di dalam ruangan, maka coba letakkan ponsel di lantai/ubin, agar kondisi panas pada ponsel bisa menurun. Kalau ternyata ponselnya hang sedang di luar ruangan, maka carilah tempat yang teduh. Lalu tunggu beberapa saat untuk mencoba mengoperasikan ponsel kembali.

  • Tekan tombol power, untuk mematikan ponsel (ini untung-untungan, karena bisa juga kondisinya tidak bisa dimatikan). Kemudian diamkan sejenak, lalu coba untuk dihidupkan kembali.

  • Off-kan sinyal internet, dan tunggulah beberapa saat agar kinerja ponsel bisa lebih santai.

  • Ketika ponsel sudah menyala dengan normal, coba untuk hapus cache pada tiap aplikasi. Tak hanya itu hapus juga aplikasi yang tidak sering/jarang digunakan.

  • Upayakan dalam satu minggu untuk menyisihkan waktu minimal 1 hari ponsel diistirahatkan. Bisa dalam kondisi stand by, tapi jangan buka aplikasi ini-itu-begini-begitu, heheh. Yah istilahnya coba sehari tanpa dirinya si dunia maya. Mungkin sulit sih ya, tetapi semua dilakukan demi cinta, apppaa cobaaa (wkwkwk😁), ya namanya juga mengistirahatkan. Kita aja kan butuh istirahat, masa smartphone nggak, gitu gak sih?

 

upaya yang dilakukan ketika ponsel hang

Besar kecilnya kapasitas RAM/ROM tergantung dari pemakaian ponsel sehari-hari. Bila kapasitas RAM 8GB, ROM 256 GB tetapi banyak aplikasi yang digunakan, maka bukan tidak mungkin hang pada ponsel bisa terjadi. Apalagi juga bisa dikatakan, aplikasi yang kita gunakan maupun update software pada ponsel itu sendiri juga bisa menambah memori ponsel, sehingga pandai-pandainya kita bagaimana mengelola ponsel.

Baca Juga: Seberapa Pentingnya Smartphone buat Kamu?

Lalu, apakah untuk seorang blogger maupun konten kreator perlu memiliki ponsel lebih dari 1? Jawaban saya sebaiknya iya, karena bisa sharing misalnya 1 ponsel untuk aplikasi media sosial, dan ponsel lainnya untuk editing dan bloging. Kalau menurut kamu bagaimana? Sini curcolkan juga di kolom komentar yaw. 

54 komentar

Komen Blog fennibungsu.com
Kanianingsih mengatakan…
waaah makasih tipsnya kak, hp saya nih sering hang. Benar seperti kata kakak mungkin karena memori penuh dan jarang istirahat, trus dulu suka instal uninstal aplikasi jd hapenya ngambek deh
Komen Blog fennibungsu.com
HendraDigital mengatakan…
Kalo punya 3 hape enak banget tuh. Satu untuk kerja, satu untuk job blog dan medsos dan yang satu khusus hiburan, hehehe...

Saya pernah ngalamin hape hang. Udah mentog nggak bisa diapa-apain, akhirnya bongkar ganti salah satu komponen yang rusak. Jajan deh 500rb.
Komen Blog fennibungsu.com
Farida Pane mengatakan…
Asli panik kalau ponsel hang apa lagi sedang butuh2nya. namanya bloger susah juga ga butuh ponsel, ya. Kucoba deh istirahat seminggu sekali dari ponsel
Komen Blog fennibungsu.com
Ayu Natih Widhiarini mengatakan…
Dulu hpku sering banget hang karena terlalu banyak aplikasi yang berjalan di background alias gak pernah bersihin cache juga
Komen Blog fennibungsu.com
Bambang Irwanto mengatakan…
Saya dulu sering mengalami hape hang, Mbak. Dulu itu, kan batterai hape masih bisa dicopot, maka saya copot saja. Nah, pas batterai tanam, nungguin dulu batterai habis.
Makanya sekarang saya rutin hapusin file atau foto yang sudah tidak diperlukan. Atau pindahkan ke Hape dulu. Dan memang perlu sekali 2 hape, biar saling gantian dan hape juga jadi awet.
Komen Blog fennibungsu.com
Aprillia Ekasari mengatakan…
Baru tahu ponsel bisa diidinginkan dengan ditaruh di lantai hehe.
Kalau aku biasanya hp hang karena terlalu penuh memorinya, makanya kyk gudang gitu, hp pun mesti sesekali dibersihkan dari file2 yang sekiranya engak berguna, terutama foto video tuh krn kadang sayang buangnya kan hehehe.
Sebenarnya sekarang sudah ada banyak ponsel bagus yang kuat2 itu, terutama yang buat gaming, jd meski pegang 1 itu gpp. Namun, emang kudu rajin dicek memori dll.
Tp kalau ada lbh dari 1 hp ya lbh baik lg ya, satu buat ngonten satu buat keperluan pribadi supaya gak nyampur2 :D
Komen Blog fennibungsu.com
Yonal Regen mengatakan…
Pernah banget HP sampai hang, ternyata setelah diperiksa sudah overload isinya, jadinya bersih-bersih deh, mulai daric cache sampai hapus beberapa foto dan video
Komen Blog fennibungsu.com
Mugniar mengatakan…
Lah, habis baca ini baru ingat, saya belum pernah membersihkan cache Google Chrome, kalau aplikasi yang sering digunakan sering dibersihkan sih, seperti WA, Instagram, Facebook, Tiktok. Makasih ya Mbak Fen, jadi ingat saya.
Komen Blog fennibungsu.com
bu guru mengatakan…
Dulu waktu penyimpanan internal sama eksternal HP saya kurang mumpuni juga sering Hang mbak. Sebel pol apalagi klo lagi urgent, akhirnya sekarang ganti HP dan alhamdulillah sudah tidak pernah Hang lagi...
Komen Blog fennibungsu.com
Taumy mengatakan…
Bener banget saya saat ini menerapkan sistem lebih dari satu ponsel sesuai dengan kebutuhannya. Jadi untuk urusan medsos dan kerja itu terpisah.
Komen Blog fennibungsu.com
Sabrina mengatakan…
saya sempat mengalami hal ini mba, alhasil hp saya ahrus diperbaiki softwarenya dan datanya hilang semua. memang memiliki HP itu harus dirawat baik-baik dan betul harus diberikana waktu untuk mengelolanya agar tidak rusak dalaman hp nya
Komen Blog fennibungsu.com
Yuni Bint Saniro mengatakan…
Paling sebel sih emang kalau lagi hectic banget. Eh HP malah nge-heng. Mana nggak bisa diapa-apain. Kalau aku sih pasti ada keinginan buat banting HP. Kadang ku realisasikan dengan membanting nya di atas kasur. Biar nggak rusak. Masih sayang sih aku. Hehehe

Anyway, thank you solusinya ya, Kak. Hehehe
Komen Blog fennibungsu.com
Nabilla DP mengatakan…
bener nih mba, biasanya karena kepenuhan.. makanya kudu sering2 cek memori dan rajin backup data biar nggak kepenuhan dan pada akhirnya ngehang deh. kan repot sendiri yaa
Komen Blog fennibungsu.com
Happy mengatakan…
jadi inget Realme XT-ku yang sepertinya baik-baik aja tapi tiba-tiba hang dan akhirnya ga bisa nyala. ternyata harus ganti mmc sampe dua juta. mending beli hp baru yaa :')
Komen Blog fennibungsu.com
Eri Udiyawati mengatakan…
Kerasa banget kalau ruang penyimpanan mulai penuh. HP lemot, suka heng dan lainnya. Semoga next time bisa upgrade ROM yg lebih gede lagi.
Komen Blog fennibungsu.com
Parenting By Rey mengatakan…
Saya pernah nih, HP hang pas udah mau deadline kumpulin draft video, pusingnyaaaa minta ampun, ternyata kebanyakan isi memorinya.
Akhirnya di restart, hapusin foto dan video, langsung lancar jaya :)
Komen Blog fennibungsu.com
Goresan hati mengatakan…
Wah makasih infonya. Hpku sering hang ini dan bigmngung kenapa. Dari artikel ini baru tahu penyebab HP hang. Salah satunya overload. Makasih kak
Komen Blog fennibungsu.com
Yanti Ani mengatakan…
Makanya ya kalau mau beli handphone itu saya biasanya selalu pilih yang RAM/ ROM nya gede buat antisipasi handphone hang
Komen Blog fennibungsu.com
Irra Octaviany mengatakan…
Trims kak untuk informasinya, memang permasalahan hp hang ini bener-bener mengganggu banget, apalagi kerjaan kita sebagai content creator..
Komen Blog fennibungsu.com
Naqiibatin Nadliriyah mengatakan…
aku banget tuh, jarang bersihkan cache. kalau mulai tanda-tanda hang baru deh panik bersihkan cache -_-
Makasih tipsnya ya, Kak
Komen Blog fennibungsu.com
Lasmicika mengatakan…
Uji emosi banget emang kalo hape tiba-tiba hang. Mana ada kerjaan yang penting banget harus segera selesai pulak. Tipsnya bermanfaat banget nih. Makasih lho.
Komen Blog fennibungsu.com
lendyagasshi mengatakan…
Alhamdulillah..
Karena bener deh, HP ini kebutuhan banget di zaman serba digital. Kalau sampai hang atau ada masalah, bisa mengganggu aktivitas sehari-hari banget. Lebih baik merawat dengan sepenuh hati dari mulai penyimpanan data hingga kebersihan setiap habis download sesuatu.
Komen Blog fennibungsu.com
Damar Aisyah mengatakan…
Iya nih, saya termasuk jarang bersih-bersih cache. Kalau udah hang baru deh buka-buka lagi, kemudian kosong-kosongin memory, hehe. Btw, naruh HP di lanai yg dingin perlu dicoba juga nih, secara HPku sering panas.
Komen Blog fennibungsu.com
ruziana mengatakan…
iyes
pernah beberapa kali hp hang
awalnya panik karena tiba tiba nyangkut di logo karena abis batre
ga bergerak, ga bisa diapa apakan
tapi coba tenang, hp dicas
terus dicoba tekan tombol on dan volume bersamaan
akhirnya bisa nyala kembali dengan normal
Komen Blog fennibungsu.com
Dayu Anggoro mengatakan…
Pernah ponsel hang yang pertama kali saya lakukan adalah diem dan gak ngapa2in, alias panik dan nenangin pikiran dulu waktu itu haha. Pas pikiran dah jernih barulah mulai beberapa cara salah satunya coba tekan tombol power agak lama buat restart dan melakukan cara lainnya dan alhamdulillah sekarang udah aman hehe.
Komen Blog fennibungsu.com
Nurul bukanbocahbiasa mengatakan…
Apalagi Hp hang pas ada quiz di acara bloger.
Hadeuh itu deg2an bgt rasanya.
Asik nih ada tipsnyaaa
Komen Blog fennibungsu.com
Membersihkan cache nih PR buat saya, seringnya malas dan lupa bersihinnya. Nantilah pas hang, baru panik.
Kayak kapan hari saya saya merekam video, udahlah panjang-panjang, pas disave, eh videonya nggak mau ke save dong, astagaaahh hiks
Komen Blog fennibungsu.com
Julia pasca mengatakan…
Iya juga sih Mbak ada benernya juga punya hp lebih dari 1. Jadi cem hp 1 untuk keperluan X, lainnya untuk keperluan Y. Eh, meskipun punya lebih dari 1 Hp tetep donk harus dijadwalkan pembersihan cache-nya kan ya, Mbak
Komen Blog fennibungsu.com
Bayu Fitri mengatakan…
Nah bener nih kadang lupa hapus chace di hape jadi malah bikin hape ngelag
Komen Blog fennibungsu.com
Maria G Soemitro mengatakan…
wah jadi ingat, demi menghindari hang saya menghapus banyak data

salahnya gak ngecek data apa aja

eh foto2 terbaru saya ikut terhapus, padahal banyak data kerjaan di sana
Komen Blog fennibungsu.com
Goresan hati mengatakan…
Haduh aku langsung panik kalau HP hang. Apalagi kalau pas ada job atau informasi penting yang harus tersampaikan lewat HP. Pokoknya gak boleh hang deh. Harus segera dibenerin.
Komen Blog fennibungsu.com
sylvianayy mengatakan…
jujur pengen banget sih punya hp tambahan atau tablet khusus untuk blogging dan semua aktivitasnya termasuk chatting email dan lain-lain karena ternyata banyak sekali ngabisin memori hp loh ya
Komen Blog fennibungsu.com
Annisa Rizki Sakih mengatakan…
Saya sekitar 1x seminggu bersihin cache karena ya ponsel saya masih yg 4/64Gb. Kalau ga gitu udah deh bisa beneran hang terus. Doain bisa segera upgrade..aamin YRa
Komen Blog fennibungsu.com
Irawati Hamid mengatakan…
wahh sepertinya saya belum membersihkan cache ini, huhuhu

sampai saat ini juga masih betah menggunakan 1 hape. apakah saya harus punya 2 hape?
Komen Blog fennibungsu.com
Lia Lathifa mengatakan…
Aduh punya HP yang ngehang mulu tuh emang nyebelin sih, jadi lama mo aktifitas online. Apalagi kalo pas lagi nonton film seru, eh ngehang, aaah tidak. Emang harus sering-sering dicek
Komen Blog fennibungsu.com
Ade Anita mengatakan…
aku pernah ngerasain punya handphone lebih dari satu terus merasa kerepotan sendiri sih... wkwkww akhirnya aku jual saja lalu sisakan satu saja. INi lebih efektif dan cocok buatku
Komen Blog fennibungsu.com
I. Afrina Putri mengatakan…
mba, artikelnya membantu sekali, pas banget hp aku lagi full memori terus hang. huhuhu
Komen Blog fennibungsu.com
tantiamelia.com mengatakan…
Aah aku pernah! jadi aku kepencet senter atau lightnya dibuat seterang mungkin kayaknya sehingga si hape panaaas dan hang!

mana aku pesan ojek online! PANIK GAK SIH! hehehe (lalu backsound : pank gak panik gak)
jadi solusinya : tenang, matikan hape, diamkan sejenak sampai dingin dan nyalakan kembali

inhale exhale....
Komen Blog fennibungsu.com
Jalan-Jalan KeNai mengatakan…
Biasanya saya memang cek memory kalau hp mulai lemot. Tapi, saya masih ragu untuk punya lebih dari 1 hp. Padahal enak juga. Apalagi sekarang hp semakin banyak fungsinya
Komen Blog fennibungsu.com
lendyagasshi mengatakan…
Aku kadang lebih memilih nge-charge HP dalam keadaan mati.
Kaya kasian aja gitu ya.. uda bekerja keras seharian. Giliran dapat hak istirahat, bisa ditunaikan. hhehe..tapi aku kudu mulai kasih perhatian lebih untuk ROM, RAM dan bebersih cache supaya performanya tetep oke.
Komen Blog fennibungsu.com
Susi Susindra mengatakan…
Agak sulit bayangin sehari tanpa buka aplikasi ini itu. Hihihihi. Sulit dibayangkan tapi mungkin tak sesulit itu realisasinya.
Memang sih, zaman sekarang HP hang itu seperti hal yang sering terjadi tiba2 karena kebanyakan aplikasi standar makin berat.
Komen Blog fennibungsu.com
Nengsih mengatakan…
HP saya udah mulai nge-hang nih kak. Faktornya RAM HP udah mulai penuh. Tapi bersihin cache ni di bagian mana ya kak? Cz takut kehapus data penting. Hehe
Komen Blog fennibungsu.com
Cicajoli mengatakan…
menarik sekali artikel ini mbak
namun agak susah untuk mengistirahatkan 1 hari dalam seminggu HP ya
walopun minimal pasti ada aja buka HP untuk keperluan Wasap.

thank you mbak :)

Komen Blog fennibungsu.com
Hadi mengatakan…
Kebanyu banget saat kita punya ponsel lebih dari 1. Sempet ngalamin ponsel hang saat lagi padet-padetnya kerjaan. Alhamdulillah terselamatkan karena ada ponsel satu lagi.
Komen Blog fennibungsu.com
Helenamantra mengatakan…
aku ga tahu cara bersihkan cache gimana yah di HPku
HP yang dulu sering banget memory full padahal udah rajin pindahkan foto, hapus apps. Jadinya sekarang ganti HP, LOL.
coba deh yaa ku googling dulu supaya HP bersih dari cache. Makasih tipsnya Mbak Fen!
Komen Blog fennibungsu.com
Cindi mengatakan…
Makasih tips-nya Mba Fenn, bermanfaat banget sih untukku yang bisanya cuma pakai-pakai doang :-D Emang harus dirawat juga ya soalnya HP juga bagian dari 'aset'...
Komen Blog fennibungsu.com
Ayah Ugi mengatakan…
Tidak nyaman sama sekali, saat sedang dibutuhkan,HP tiba-tiba ngehang. Apalagi kalau akan digunakan memyelesaikan kerja, kudi betul-betul dioptimalkan
Komen Blog fennibungsu.com
Dita Indrihapsari mengatakan…
Wah, aku pernah nih hape hang ternyata gara-gara udah kepenuhan.. Duh, sempet panik tapi alhamdulillah akhirnya bisa lagi.. Langsung clear cache, sama hapus2in foto dan video yang udah lama.. :)
Komen Blog fennibungsu.com
bibliofil mengatakan…
Makasih, Mbak Fenni. Hapeku yang punya RAM cuma 2GB kadang lemot dan ga responsif, mungkin sebab kebanyakan isi ya. Selama ini cuma bersihkan cache aja, itu pun pas mau instal aplikasi baru. Padahal off-kan sinyal internet sementara bisa bantu ya, thank you.
Komen Blog fennibungsu.com
Bunsal mengatakan…
Wkwkwk, auto nyanyi dulu di penggalan lirik lagu Gantung-nya teh Melly :D
Nah, sisanya, sepakat bener. Super bete kalo hp mulai hang dan jadi kesendat juga deretan kerjaan rutin online kita.
Syukurnya, saya jenis org yg super duper rajin ngebersiin dan ngelapangin memori di hp. Utamanya ya krn beneran selalu butuh banyak memori kalo sudah selangkah ke luar dari rumah.
Bank konten harus selalu butuh di update dong
Komen Blog fennibungsu.com
Bunsal mengatakan…
Wkwkwk, auto nyanyi dulu di penggalan lirik lagu Gantung-nya teh Melly :D
Nah, sisanya, sepakat bener. Super bete kalo hp mulai hang dan jadi kesendat juga deretan kerjaan rutin online kita.
Syukurnya, saya jenis org yg super duper rajin ngebersiin dan ngelapangin memori di hp. Utamanya ya krn beneran selalu butuh banyak memori kalo sudah selangkah ke luar dari rumah.
Bank konten harus selalu butuh di update dong
Komen Blog fennibungsu.com
Hani mengatakan…
sama mba. biasanya aku diemin aja dulu sampe agak ademan. baru dah kalau udah beberapa menit aku nyalain lagi.
Komen Blog fennibungsu.com
SiKlimis mengatakan…
Biar gak mudah hang emang harus selalu rajin dirawat sih, termasuk dibersihkan file2 gak penting dan jgn dicharger sambil dipakai online
Komen Blog fennibungsu.com
bu guru mengatakan…
Hang kadang bisa jadi kalau kita kebanyakan membuka jendela pencarian juga mba, jalan ninjanya langsung di matikan tombol power ya mbak persis kaya saya.
Mengenai Saya
Fenni Bungsu
Hi, #SemangatCiee jumpa dengan daku Fenni - si Milenial yang suka menulis tentang hal yang bermanfaat. Untuk bekerjasama bisa melalui email ke: fenni(dot)bungsu(at)gmail(dot)com ��Terima kasih��
Cari Blog Ini
BPN
BPN
BCC
BCC
Logo Komunitas BRT Network
Bplus
Bplus
Bloggerhub
Bloggerhub
KEB
KEB
KSB
KSB