Ini Dia Sambal Terbaik yang Cocok dengan Makanan Apapun

sambal untuk makanan apapun cabai hiyung

Saat membuat sambal, tentu bahan utamanya haruslah cabai berkualitas. Rasa akan berpengaruh terhadap mutu cabai yang digunakan. Begitu pula dengan ketahanan ketika disimpan, apakah kesegarannya masih dirasakan atau sudah adakah perubahan pada warna dan aromanya? 

Oleh karenanya, memilih sambal terbaik tidaklah mudah. Apalagi dapat dikatakan bahwa kebanyakan masyarakat kita menyukai rasa pedas. Tanpa sambal maka akan kurang sedap menikmati hidangan. Pasalnya, sambal memang cocok dengan menu makanan apapun, dari santapan berat hingga camilan.

Nah, rasanya kurang nikmat jika menikmati camilan tanpa sambal. Namanya orang Indonesia ya, sambal jadi favorit yang harus tersedia saat makan, termasuk saat ngemil. Setelah cari-cari tahu di internet saya menemukan fakta menarik bahwa Cabai Hiyung digunakan sebagai salah satu bahan baku pembuatan produk sambal di Indonesia. Apa sih bedanya Cabai Hiyung dengan cabai lainnya? Yuk simak pembahasannya di bawah!

Baca Juga: Apa Menu Makan Siang Hari Ini

Berkenalan dengan Cabai Hiyung

Cabai hiyung merupakan cabai kualitas terbaik di Indonesia yang dirawat dan dipetik langsung oleh petani setempat di Desa Tapin, Hiyung, Kalimantan Selatan yang bernama M. Khalilurrahman atau dikenal dengan Bapak Barjo. Keberhasilan Bapak Barjo mengembangkan Cabai Hiyung ini mempengaruhi masyarakat setempat untuk ikut menanam cabai.

Budidaya Cabai Hiyung

Faktor pendukung yang membuat Cabai Hiyung istimewa adalah penanaman di lahan rawa yang cukup luas dan tingkat keasaman tanah yang tinggi. Penanaman Cabai Hiyung juga lebih unik dibandingkan penanaman cabai rawit pada umumnya yakni dengan penggunaan mulsa. 

Mulsa adalah material penutup tanaman budidaya untuk menjaga kelembaban tanah. Mulsa yang digunakan berasal dari rumput rawa yang ada di sekitar areal penanaman. Fungsinya adalah untuk menekan pertumbuhan gulma, mengurangi evaporasi tanah, dan melindungi tanaman dari terik matahari yang menyengat.

Menjadi Salah Satu Jenis Cabai Dengan Level Pedas Tertinggi

Cabai Hiyung ini memiliki tingkat kepedasan yang cukup tinggi dan memiliki sensasi pedas yang unik dan otentik! Berdasarkan data Klimitalogi Kalimantan Selatan, Cabai Hiyung ini memiliki tingkat kualitas kadar capsaicin yang ditinggi dibandingkan dengan jenis cabai yang lainnya.

Berdasarkan sederet fakta di atas makanya tidak heran jika Cabai Hiyung ini menjadi salah satu jenis cabai berkualitas terbaik di Indonesia. 


Cabai Hiyung Menjadi Salah Satu Dibalik Rahasia Kelezatan Sambal ABC

cabai hiyung harga dan dari mana

Saya terbilang lumayan suka pedas, karena memang ketika menyantap makanan bila tidak ada rasa pedas maka kurang nampol alias kurang sedap dirasa. Terlebih lagi, saat makan dengan nasi atau ngemil gorengan, kehadiran sambal menjadi sahabat istimewa, karena cocok dengan makanan apapun.

Tidak perlu jauh-jauh ke Kalimantan Selatan untuk menikmati salah satu cabai berkualitas terbaik di Indonesia, kalian bisa nikmati di setiap kemasan Sambal ABC! Yap, Sambal ABC memberikan fakta dibalik kelezatan Sambal ABC yaitu menggunakan Cabai Hiyung sebagai salah satu bahan utama nya.

Bisa dikatakan produk Sambal ABC pedasnya pas. Tidak berubah rasanya, dan tetap terjaga kelezatannya. Soalnya pernah saking buru-burunya karena ingin makan siang kala itu, mencari Sambal ABC di minimarket dekat rumah eh lagi kosong untuk yang botolan. Pergi mencari ke warung, dan alhamdulillah bertemu dengan versi sachet-nya. Ukuran sachet ini juga asik buat dibawa kemana saja, karena bisa diselipkan di pouch maupun di tas. 

Apalagi Sambal ABC ini memiliki 5 varian rasa: Sambal Asli, Sambal Extra Pedas, Sambal Bawang Pedas, Sambal Manis Pedas, dan Sambal Ayam Goreng. Pastinya semua varian akan cocok di lidah keluarga Indonesia.

cabai hiyung sambal pedas level

Dari hal itu, kepikiran deh buat stok Sambal ABC yang bisa kita beli di toko terdekat maupun di Official Store ABC Heinz Indonesia di berbagai platform e-commerce seperti: TokopediaBlibli, Shopee, dan  Lazada. Jangan lupa untuk klik link berikut buat tahu info menarik lainnya seputar Sambal ABC!

41 komentar

Komen Blog fennibungsu.com
Hallowulandari mengatakan…
huwaaa salfookk, aku kira awalnya dari Korea, karena namanya cabai Hiyung, tak kirain hyung LOL. Ternyata sambal dari Kalimantan yaa, belum nyobain sambal ABC yang ini nih, kayanya cocok direkomenin ke Paksu yang suka pedes nih
Komen Blog fennibungsu.com
Sabrina mengatakan…
sambal ABC ini memang tiada duanya untuk soal racikan sambalnya apalagi terbuat dari bahan-bahan berkualitas seperti cabai hiyung yang merupakan cabai terbaik di Indonesia dan pastinya sangat cocok dengan lidah masyarakat Indoensia apalagi rasanya sangat enak sehingga menjadi pilihan banyak keluarga Indonesia
Komen Blog fennibungsu.com
Yonal Regen mengatakan…
Kalau produk ABC emang udah ga diragukan lagi ya Mbak Fen. Saya pun dari kecil sudah familier dengan kecap dan sambal dari ABC, dan makin hari varian sambalnya makin buanyak saja, jadi banyak referensi nih buat lidah kita
Komen Blog fennibungsu.com
Yuni Bint Saniro mengatakan…
Saya suka sambal. Kalau yang kemasan gini bikin praktis sih. Enak pula. Cocok banget buat teman makan.
Komen Blog fennibungsu.com
Han mengatakan…
Wahh mauuu bangett cobain, sebagai pencinta sambal rasanya ngga afdhol nih kalo belum cobain sambel yang satu iniii hihi
Komen Blog fennibungsu.com
FatimahAqila mengatakan…
Wah pas banget nih, aku juga pecinta sambal. Pokoknya kalo pas makan gak ada sambal tuh berasa ada yang kurang. Hm, jadi penasaran sama sambal ABC yang satu ini.
Komen Blog fennibungsu.com
Ranggi's Travel Story mengatakan…
Akuu anak pertanian baru tahu ada cabe hiyung ya ampyun kemana aja yaa...ternyata ada jenis2 cabe yaa
..pantes sambel abc enaak ternyata dr cabe berkualitas (gusti yeni)
Komen Blog fennibungsu.com
Ranggi's Travel Story mengatakan…
Pantesss banyak yg sukaa sambal ABC ternyata berasal dari sambal spesial jenisnya, baru tahu akuu (gusti yeni)
Komen Blog fennibungsu.com
Didik Purwanto mengatakan…
Aku suka beli nih yang varian ayam goreng. Soalnya pedesnya pas. Cocok banget ama makanan apapun, terutama ayam goreng. Varian lainnya juga nampol banget pedesnya. Dan aku baru tahu ternyata semua cabai yang dipakai ABC ini berasal dari cabai hiyung dari Kalimantan ya.
Komen Blog fennibungsu.com
Happy mengatakan…
baru banget denger cabai hiyung. aku yang lulusan agribisnis merasa tidak tau apa-apa soal pertanian :'D
Komen Blog fennibungsu.com
Siska Dwyta mengatakan…
Sebagai penyuka produk2 ABC saya auto pengen cobain juga sambal ABC ini deh, jadi kebayang lezatnya sambal ABC
Komen Blog fennibungsu.com
Hamimeha mengatakan…
wah iya kalo makanan ga ada pedasnya kayaka da yang kurang ya mbak,akujuga suka stok sambal hahaa
Komen Blog fennibungsu.com
aku sama sekali gak bisa makan sambal, tapi kalau sambal ABC ini cukup bisa beradaptasi dengan lidahku, apalagi dipakai sambal cocol untuk gorengan, maknyuss
Komen Blog fennibungsu.com
aku kurang biasa makan pedas, padahal orang Indonesia yaa wkwkwk
tapi kalau pedasnya sambal ABC ini masih bisa aku toleransi sih
Komen Blog fennibungsu.com
Goresan hati mengatakan…
Baru tahu soal cabai Hiyung ini. Ternyata bukan cabai rawit biasa ya. Kualitasnya terbaik.
Komen Blog fennibungsu.com
Dee_Arif mengatakan…
samabl itu nggak bisa dipisahkan dari kebiasaan makan orang Indonesia ya mbak
tak heran banyak juga yang stok ssambal dari Indofood ini
pedesnya juara
Komen Blog fennibungsu.com
Wahyu Eko C mengatakan…
aku tiap makan pasti harus ditemani sambal atau cabai, jadi mesti stok di rumah, tadi sempet salah baca kirain cabai hyung (asal korea) eh ternyata hiyung nama daerah di Kalimantan Selatan. Btw pengen cobain varian yg ini sambal ayam goreng, jadi pengen nyocol ayam goreng hehe
Komen Blog fennibungsu.com
Nimas Achsani mengatakan…
sambal ABC ini juga favorit di rumah kami mbak, karena rasanya memang enak ya. pedasnya juga pas gitu. biasanya belanja bulanan beli yg botolan besar sih
Komen Blog fennibungsu.com
Matius Teguh Nugroho mengatakan…
Aku juga suka makanan pedas, kak! Harus ada citarasa pedas meski sedikit. Sambal favoritku adalah sambal dadakan, sambal bawang, matah, dabu-dabu hehe.
Baru tahu lho soal Cabai Hiyung ini, nanti cek sambal ABC di supermarket ah.

thetravelearn.com
Komen Blog fennibungsu.com
Sebelumnya hanya tau cabai to saja. Tapi ternyata ada juga cabai Hiyung ya bahkan jadi bahan untuk produk sambal terkenal, Thanks sharingnya ka
Komen Blog fennibungsu.com
Mechta mengatakan…
Wah..aku baru tahu nih tentang Cabe Hitung ini. Jadi ingin menanamnya juga euy. Terimakasih sharing infonya ya..
Komen Blog fennibungsu.com
Wenti Indrianita mengatakan…
Baru tahu ada cabai hiyung. Selama ini tahunya cabai rawit merah dan hijau hihi
Komen Blog fennibungsu.com
Bai Ruindra mengatakan…
Wah bagi penikmat sambal ini adalah yang terbaik ya kak
Komen Blog fennibungsu.com
Rifqi Fauzan Sholeh mengatakan…
Ah parah sih kalo saya sudah ketemu sama sambal ini, apapun lauknya makan pun nikmat 🤤
Komen Blog fennibungsu.com
raisashalihakarim mengatakan…
namanya unik cabai hiyung, kalo dipasar biasa kira-kira ada gak ya yang jual?
Komen Blog fennibungsu.com
mya wuryandari mengatakan…
ko baru ngeh ya sama pemilihan cabai sambal ABC. Makin lengkap aja varian sambalnya ABC,jadi bisa menyesuaikan dengan makanan yang disantap, enak kalo punya stok semua varian kali ya.
Komen Blog fennibungsu.com
Tomy Tegar mengatakan…
sya agak salfok denga istilah nama Hyung dan foto pembuka artikel ini, tapi ternyata emang ada ya jenis cabe hyung dan dapat dibuat sambal yang terenak.. sya jadi pengen coba nih
Komen Blog fennibungsu.com
Okti Li mengatakan…
Sambal kemasan seperti produk ABC ini sering banget saya bawa kalau pas ada pendakian. Makan seru tanpa sambel kan gimana gitu ya... udah terbiasa dengan pedas juga. Pilihannya yg praktis ya bawa saus atau sambal seperti produk ABC ini
Komen Blog fennibungsu.com
Sya mengatakan…
Oh noooooo, baca soal sambal-sambal T~T, paling gak tahan sama yang kayak ginian wkwkwkwk, bawaanya pasti ngiler.
Komen Blog fennibungsu.com
Deeva Collection mengatakan…
Kang Sugianto_Makan tanpa ada rasa epdas sepertinya hampa gitu. Ada yang kurnag, kalau ga ada sambal di rumah selain ganti pakai saos, biasanya langsung minimal bikin sambal cabai plus garam doang.
Komen Blog fennibungsu.com
Fend mengatakan…
Pas banget nih buat yang suka makan pedas. makin lengkap aja nih varian dari sambel ABC.
Komen Blog fennibungsu.com
sudut pandang vina mengatakan…
Seumur hidup aku baru tahu kalau ada namanya cabai hiyung. Sebagai pencinta pedas aku harus banget sih coba ini. Soalnya unik dan menarik banget.
Komen Blog fennibungsu.com
Garis Senja Dinda mengatakan…
Asli aku baru tahu ada namamya cabai Hiyung. Dan penasaran sama jenis cabenya. Terus nih, ngomongin si sambal kemasan, Sambal ABC ini salah satu yang wajib ada di dapur, mau itu buat cocolan atau buat tambahan bumbu masakan. Sedep. ❤️🫰
Komen Blog fennibungsu.com
Naufal Al Rafsanjani mengatakan…
Terima kasih sudah merekomendasikan, kebetulan saya suka makan pedas, dan rasanya kalo gak pedas itu gak enak, ada yang kurang hehehe. Menarik juga ini bisa dicoba dan mengukur seberapa cocok produknya dengan lidah saya.
Komen Blog fennibungsu.com
SHalikah mengatakan…
Saya baru tahu tentang cabai hiyung ini kak. Ditanam di rawa dengan metode tertentu, rasanya saya belum pernah melihat secara langsung tanaman cabai hiyung ini di sekitar saya. Ternyata ini jadi salah satu rahasia dari sambal-sambal kenamaan yang beredar luas di Indonesia ya.
Komen Blog fennibungsu.com
Lia Yuliani mengatakan…
Baru tahu varian cabe Hyung, kirain dari mana eh ternyata dari Kalimantan. Sambal ABC langganan di rumahku Mba. Mau ah cobain varian Sambal ABC Hyung, pasti pedes banget rasanya.
Komen Blog fennibungsu.com
Jastitah mengatakan…
Baru tau kalau ada cabe hyung namanya hahaa tp setuju sih, makan apapun tuh kaya enak banget kalau ada sambal. Sambal yang ga terlalu pedas, dan bisa dinikmati ituu kategori sambal yg the best menurutku xixie
Komen Blog fennibungsu.com
Mario Andaru mengatakan…
Awalnya saya mikir "Cabe hiyung itu tren tiktok mana lagi, pasti dari Korea lagi nih!"
Ternyata cabenya berasal dari daerah Hiyung T.T
Tapi serius deh, penasaran sama rasanya. Karena namanya yang juga unik, sepertinya cabe ini akan jadi tren deh di masa depan~
Komen Blog fennibungsu.com
Yayan Abdhi mengatakan…
Makan tanpa sambal, ibarat hidup tanpa cinta.. hambarrrr... Hahahaha.. aku suka sambal, tak peduli jenis cabenya.. tapi sambal yang dimasak alami yah, bukan yg buatan pabrik semisal sambal kemasan..
Komen Blog fennibungsu.com
Fitri | Matchadreamy.com mengatakan…
ABC nih salah satu sambal favoritku, mbak. Soalnya rasanya enak dan pedasnya pas. Ternyata bahan pembuatannya dari cabai hiyung asli Indonesia ya. Wah, jadi memajukan petani lokal jg dong ya.
Komen Blog fennibungsu.com
lendyagasshi mengatakan…
Meskipun aku pecinta pedas, tapi melihat cabai hiyung, jadi jiper.
Tapi jiwa penasaranku membuncah. Hihii. jadi pingin ikutan cobain sambal ABC.
Mengenai Saya
Fenni Bungsu
Hi, #SemangatCiee jumpa dengan daku Fenni - si Milenial yang suka menulis tentang hal yang bermanfaat. Untuk bekerjasama bisa melalui email ke: fenni(dot)bungsu(at)gmail(dot)com ��Terima kasih��
Cari Blog Ini
BPN
BPN
BCC
BCC
Logo Komunitas BRT Network
Bplus
Bplus
Bloggerhub
Bloggerhub
KEB
KEB
KSB
KSB