Persiapan Kuliner Sambut Bulan Ramadhan

 

Persiapan Kuliner Sambut Bulan Ramadhan, apa saja yang perlu diperhatikan untuk sambut Ramadhan, menu favorit saat Ramadhan,

Persiapan kuliner sambut bulan Ramadhan apakah memang diperlukan? Dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan, karena hanya tinggal menghitung bulan saja kita akan segera memasuki bulan Ramadhan kembali. InsyaAllah kita semua dalam keadaan sehat dan dalam lindungan-Nya tanpa kekurangan apapun, aamiin, sehingga dapat menyambut keberkahan bulan yang selalu dinantikan.

 

Hal Utama yang Dipikirkan Jelang Datangnya Bulan Ramadhan

Nah sambil menunggu persiapan kuliner sambut bulan Ramadhan, kira-kira adakah yang masih memiliki hutang puasa Ramadhan alias belum kelar qadha nya? Hihi, yah miriplah dikit sama saya. Tinggal hitungan jari sih, insyaAllah dapat ditunaikan sebentar lagi. Dengan begitu kan bisa khusuk beribadah di bulan Ramadhan, sambil menyiapkan hidangan. Lahh, udah membahas soal kuliner Ramadhan aja nih.

Soalnya kan Ramadhan identik dengan banyak persiapan, baik itu mental, Kesehatan tubuh dan juga makanannya. Coba aja nanti juga bakal muncul deh iklan sirup penanda bahwa Ramadhan sebentar lagi, hihi. Itu bener-bener sinyal banget ya buat kita. Apapun itu ceritanya, boleh juga nih kita bahas secuil tentang apa saja resep andalan saat Ramadhan.

 

Persiapan Kuliner Sambut Bulan Ramadhan, apa saja yang perlu diperhatikan untuk sambut Ramadhan, menu favorit saat Ramadhan,

Kuliner Seperti Apa yang Perlu Dipertimbangkan untuk Sahur?

Kalau saya biasanya di awal Ramadhan hidangan favorit yang akan disiapkan adalah makanan yang tidak terlalu ribet saat sahur pertama, misalnya adalah gulai ayam, rendang, atau ayamnya di ungkep lebih dulu, jadi saat sahur bisa tinggal goreng. Ini jadi menu favorit saat sahur yang simple. Lalu pada hari-hari berikutnya pun mengikuti seperti itu juga. Paling untuk berbuka puasanya saja yang berbeda setiap harinya. Hidangannya bisa yang lebih hangat disajikan.

Intinya adalah saat untuk sahur ini, kitanya bisa pandai untuk membagi waktu, karena pastinya jam tidur juga akan terpengaruh. Maka agar tidak terburu-buru apalagi sampai mengantuk saat masak (mungkin gak ya? Hehe) persiapan kuliner sambut bulan Ramadhan untuk waktu sahur perlu menjadi prioritas.

 

Apakah Menu Sahur dan Berbuka Puasa Berbeda?

Pertanyaan di atas dapat dijawab tergantung dari kebiasaan yang kamu lakukan. Mungkin saja inginnya berbeda agar suasana pun juga berubah. Namun tak menutup kemungkinan bila ternyata sama. Tidak masalah sih menurut saya, yang penting adalah dapat menikmati rasa syukur dan jangan lupa juga buat berdoa ya, hehe.

Kalau saya pribadi dalam hal menu berbuka puasa, tipe yang tidak sulit harus ini itu, yang penting sih pas saatnya membatalkan puasa dengan nasi. Hemm, langsung makan nasi begitu? Yups benar. Untuk minumnya dengan air putih hangat, ditemani makannya dengan nasi dan kawan-kawan. 

Jadi saya tidak menyantap takjil saat berbuka, karena takjil menjadi hidangan kedua pasca solat Isya, hehe. Soalnya di momen ini perut akan membawakan musik keroncong lagi, wkwkwk.

[Baca Juga: Masak Asik dengan House Kari ala Jepang bareng Chef Theo]

Persiapan Kuliner Sambut Bulan Ramadhan, apa saja yang perlu diperhatikan untuk sambut Ramadhan, menu favorit saat Ramadhan,

Jadi Sudah Siapkah untuk Sambut Ramadhan?

Sajian rekomendasi menu di atas adakalanya lurus diikuti, meski pernah pula yang muncul rasa stuck, wah harus menu apalagi nih yang disajikan? Kalau misalnya mau mengikuti resep, bagaimana cara mudahnya? Ya simple saja, dengan mengikuti channel resep makanan favorit sehingga mudah untuk diikuti dan bahan-bahannya juga tidak sulit untuk ditemukan.

Persiapan kuliner sambut bulan Ramadhan ini bisa dicicil juga dari sekarang minimal adalah dananya, hehe. Biar saatnya bulan penuh berkah tiba bisa mantap menjalaninya. Paling sih kalau urusan kue lebaran wajib ada di rumah nanti saja dipikirkan. Lah wong puasanya aja belum udah ngomongin lebaran wkwkwk.

Komentar

Reyne Raea / Rey mengatakan…
Kalau saya yang paling penting menyambut ramadhan adalah pastikan utang puasa udah lunas, hahaha.

Kalau makanan, biasanya sih anak-anak makan apa yang ada sih, nggak terlalu spesial, karena (bilang aja mamak malas masak, wakakakak).
Tapi sesekali boleh juga nih bikinin masakan yang spesial :D
Irawati Hamid mengatakan…
Wahh udah ngomongin menu makanan ramadhan, jadi auto ngitung nih sisa berapa bulan lagi ramadhan menghampiri kita. Semoga kita sehat selalu yaa hingga bisa bertemu bulan penuh berkah ini, amiiin
www.kisahsejati.com mengatakan…
Hai kak aku Dennise, menjelang Ramadhan memang harus dipersiapkan menu kulineran yang menjadi kesukaan keluarga ya. Beberapa temanku malah sudah cicil bahan yang sekiranya awet.Seperti sirop, mentega,gula,terigu.Jadi mereka beli di weekend kan biasanya banyak promo ya. Sudah di stock gitu deh,biar gak over budget pada saat Ramadhan nanti
laila dzuhria mengatakan…
Halo mbak Fenny apa kabar mbak?

Iya klo sahur aku jg yg simple2 bahkan sudah aku siapkan stlh tarawih hehehe, jd pagi tinggal angetin.

Buat bukanya biasanya BM. Hampie semua dibeli. Heheheheh

Yang pasti hrs ada es dan gorengan.
Moch. Ferry Dwi Cahyono mengatakan…
Mantap, persiapan untuk Ramadhan Mubarak penting untuk muslim di seluruh dunia
Susi Susindra mengatakan…
Kalau saya, biasanya menu sahur dan berbuka puasa berbeda. Karena menu sahur pun saya masak saat jelang waktunya. Saya biasa bangun jam 2 pagi untuk siapin dan bangunkan mereka jelang jam 4.
Hanila PendarBintang mengatakan…
Wah...bener ya udah deket Ramadhan saja....ya Allah swmoga dipertemukan dengan Ramadhan.

Biasanya aku menu buka sama sahur berbeda. Untuk berbuka lebih complete seperti sayur, protein dan tambahan-tambahan seperti krupuk, sambel dkk.

Apalagi tahun ini Zafa udah harus puasa penuh, dia udah 7th. Biasanya sahur kami hanya sosi, telur, roti dan minuman hangat tapi semenjak th lalu Zafa latihan puasa harus memasak makanan kesukaan dia kaya paha ayam, ikan dan brokoli yang penting mau sahur.
Maria G Soemitro mengatakan…
auto kepikiran menu untuk ramadan hehehe

exciting banget karena mulai pertengahan januari ini bakal tinggal bareng dengan anak2 saya

huhuhu dulu selalu masak untuk mereka
DokterTaura mengatakan…
Kalau saya, sahur pake nasi dari beras merah 150 g. Lauk favorit rendang, kare ayam, krengsengan dan selalu ada goreng tempe hangat... Terus di akhir sahur minum air putih hangat.
Kalau buka suka es kelapa muda.
Nanik nara mengatakan…
eh iya, saya jadi ingat masih punya hutang puasa. Mesti segera di bayar nih.

Sama mbak, keluarga saya juga tim nggak kenal takjil. Begitu bedug, anak-anak langsung minum lalu ambil nasi dan lauk pauknya. Udah kenyang, jadi kalau sedia takjil pasti nggak tersentuh.
Tian Lustiana mengatakan…
Saya langsung mikir dan berharap semoga Ramadan ini bisa membuat saya lebih baik lagi dalam segi ibadah nih, selain mikirin juga menu berbuka dan menu sahur yang menarik hehe.
Ya ampunnnnn ngga kerasa udah mau ramadhan lagi ya mba Fen. Semoga umur kita bisa sampai ke sana dan berkah ya mba. Amin. Kalau ngomongin soal makanan aduhhhh aku lemah soal ini. Coz ga jago masak hihihi
Maria Tanjung Sari mengatakan…
Gak kerasa banget sekitar 3 bulan lagi puasa ya mbak. Saya biasanya makan ga ada beda dengan hari biasanya cuma nambah es aja kayak es buah gitu biar seger
Okti Li mengatakan…
Ya Allah jadi teringat gak sampai seratus hari lagi kita akan berjumpa Ramadan ya. Semoga ada umur panjang sehingga bisa menjalankan ibadah di dalam bulan penuh ampunan itu. Aamiin...
Retno Kusumawardani mengatakan…
wah iya, sebentar lagi bulan Ramadhan akan hadir. Nggak cuma perlu persiapan batin, persiapan kuliner pun perlu dipikir yaa...
Kalau soal menu sahur dan berbuka apakah berbeda, kalau kami seringnya beda. Karena saat berbuka kami jarang banget makan nasi. Paling cemilan berat kayak mie ayam, pempek dll.. Hehehe.. sahur baru makan nasi.
Alaika Abdullah mengatakan…
Ahaaa, langsung deh aku kesedot oleh energi beraura bulan suci Ramadhan nih, Mba Fen. Dan auto ngitung berapa bulan lagi menuju sang bulan suci. Hehe. Nah, kalo aku, jika hanya sendirian suka ga sahur, atau sahurnya di jam 11 malam gitu, dan ga yang berat2 sih. Tapi kalo ada family members, maka menu berbuka dan sahur akan berbeda, Mba.
Didik Purwanto mengatakan…
Ngga terasa tinggal 3 bulan lagi puasa. Aku sih sebenarnya paling gampang kalo soal makanan. Asal hangat dan ada kuahnya, aku bisa makan. Sama minum air putih sebanyak2nya. Soalnya kadang suka kerja di lapangan. Jadi sering kehausan pas siang.

Pas buka juga cuma gorengan atau makan cemilan biasa. Syukur kalo ada es teh manis/es teh hangat. Itu aja udh cukup. Makan beratnya biasa abis tarawih.
Hallowulandari mengatakan…
aduh mba fenni gercep banget yaa, hmm mulai mikir nih nyusun menu buat Ramadhan nanti, aku sih tim kuah hangat simple klo sahur, terus tim hangat-hangat tumisan gitu klo buka puasa sama es yg seger-seger tentunya, hihi
Diaz Bela mengatakan…
Nggak kerasa ya sudah mau puasa lagi! Nggak sabar banget nunggu bulan Ramadan!
Yuni Bint Saniro mengatakan…
Ini tuh sentilan banget lho, kak. Buatku. Kenapa coba?

Karena aku belum kelar qadha puasanya. Duh malu banget. Habis ini kudu selesaikan qadha puasa nih. Biar mantap menyambut puasanya...
Shinta Shyntako mengatakan…
wah gak terasa yaaa sudah mau menjelang bulan Ramadhan lagi, jadi keingat harus bayar puasa nih segera ah nanti kalo udah selesai tamu bulanan nih
Okti Li mengatakan…
Saya dan suami termasuk yang tidak ribet. Kalau sahur biasanya itu makanan yang udah dimasak saat magrib saja. Hehehe. Jadi saat sahur tidak kesusahan. Kecuali buat anak itu kan biasanya bsuka makanan instan kaya sosis atau nugget jadi ya dadakan
Nabilla DP mengatakan…
yaampun sudah bikin postingan jelang ramadan aja ya :( jadi keinget harus mempersiapkan fisik dan batin sebelum bulan puasa. bener2 gak terasa, alhamdulillah kita bentar lagi ketemu ramadan insyaa Allah.. btw aku pun tipikal yang easy going kalau soal menu2, kak hehe
Diah Alsa mengatakan…
MasyaAllah, puasa Ramadhan udah di depan mata lagi yaa, gak berasa banget, semoga kita masih diberi kesempatan untuk bisa merasakan indahnya Ramadhan lagi ya Kak Fen :)

soal persiapan kuliner sambut Ramadhan biasanya buat bumbu jadi biar gak rempong saat memasak apalagi kalau sahur kadang suka masak buru-buru karena telat bangun, upss :D

habis ini mau susun menu juga ah hihihh
Nickn - Kal mengatakan…
Biasanya aku menu buka puasa sama dengan menu sahur. Baca artikel inijadi ingat sebentar lagi ramadhan dan aku belum ada persiapan. Astagfirullah. Hikss....
atiq - catatanatiqoh mengatakan…
Masya Allah, udah mencium bau-bau Ramadhan nih kalau ngomongin kuliner puasa :) hihi salah satu yang dirindukan juga ya mbak, menanti kuliner khas pas bulan puasa :)
Susi Susindra mengatakan…
Saya belum melakukan persiapan Ramadhan.
Waaah.... makasih sudah diingatkan. Karena memang sebentar lagi.
Btw tiap Ramadhan saya memilih memasak setiap akan sahur. Agar mereka makannya lebih semangat dan lebih lahap. Jadi harus bangun jam 2 dinihari.
Inez Dwijayanti mengatakan…
wah ternyata ga lama lagi ya ramadhan. Perasaan belum lama hehehe. Siap-siap berburu kolak pisang nih
lendyagasshi mengatakan…
In syaa Allah bulan Ramadan 70 hari lagi yaa..
Menyambut dengan penuh persiapan dan hati gembira, In syaa Allah Ramadan barokah dan mendapat pahala luar biasa yang akan menaungi kehidupan kita kelak di akhirat.
Sri Al Hidayati mengatakan…
Wah untuk sahur yang simple tapi tetep ada yang berkuah ya mba. seneng banget ramadhan sekarang saya pun sedang hamil muda mudah-mudahan bisa mampu untuk shaum. Aamiin
Latifah mengatakan…
MasyaAllah gak kerasa ramadan akan segera datang, selain adajya sirup marjan di mini market dan pusat perbelanjaan udah mulai berdatangan postingan tema ramadan nih hehe
Nengsi Hariyanti mengatakan…
Aku juga jadi nggak sabar lo kak menunggu ramadhan tiba. Biar bisa menikmati indahnya berbuka dan sahur bareng keluarga. Pokoknya kalau ramadhan tiba, apa pun yang dimakan pasti enak. Hehe