Langsung ke konten utama

13 Sederhananya Kebahagiaan Itu yang Bisa Kamu Nikmati

Seberapa sederhananya kebahagiaan itu? Mungkin pertanyaan ini pernah bergelayut dalam diri. Memang seperti apa yang namanya bahagia yang kerap di cap sederhana? Maka dari itu, yuk kita ulas juga secara perlahan yang bernama sederhananya kebahagiaan itu seperti apa.

Memaknai Bahagia Secara Mudah

Kondisi yang emosional terkait hal-hal positif, memuaskan dan merasa senang, inilah yang diartikan sebagai bahagia. Dari segi yang dirasakan oleh tiap orang pastinya berbeda, tetapi umumnya menemukan rasa bahagia itu bisa dilakukan dengan cara seperti:

  • Puas terhadap terpenuhinya keinginan dasar dan kebutuhan.

  • Rasa gembira, sukacita, dan damai yang menjadikan hidup terasa lebih bermakna.

  • Hubungan yang sehat baik kepada orang sekitar, keluarga, maupun diri sendiri.  

  • Punya tujuan hidup terhadap apa dilakukan misalnya terdapat pencapaian pada karir dan pendidikan, maupun berkontribusi kepada masyarakat.

  • Sehat pada fisik dan mental bisa berkontribusi besar pada perasaan bahagia, karena dapat meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

  • Hobi maupun kegiatan yang menciptakan perasaan bahagia. Misalnya bermain musik, membaca, berolahraga, atau kegiatan apa saja yang memberikan kebahagiaan.

  • Menghargai hal-hal kecil (receh) maupun keadaan saat ini dapat membuat diri jadi lebih bahagia, misalnya sedang menikmati biskuit dengan rasa manis ditemani segelas air putih, sambil melihat pemandangan hijaunya dedaunan di teras rumah.

dok. Pixabay

  • Inisaitif untuk membantu orang lain, entah itu untuk kontribusi kecil maupun lebih besar.

  • Boleh juga loh merayakan kesuksesan kecil, misalnya ketika kamu  menyelesaikan tugas yang menantang, atau membuat progres dalam kehidupan. Namun, tetap dalam koridor yang bijak ya, jangan sampai jadinya malah jumawa.

  • Menerapkan hidup sederhana tanpa banyak kekayaan atau benda material alias kalau jaman now dikatakan adalah minimalis.

  • Tenteramnya perasaan batin, karena melakukan kegiatan  seperti yoga, meditasi, atau berdzikir mengingat-NYA.

  • Kebahagiaan juga bisa datang berkat telah menerima dan memaafkan diri sendiri. Apapun kelebihan dan kekurangan pada diri selalu merasa bahagia karena terlahir sebagai insan dan pribadi yang terus menuju ke arah yang lebih baik.

  • Tidak ada pikiran yang berat. Maksudnya, adakalanya terlalu memikirkan untuk berusaha terlalu keras guna mencapai kebahagiaan, padahal itu sulit dicapai. Bukannya berarti tidak percaya akan diri, rejeki, maupun kuasa-NYA, tetapi jika terlalu mendalam memikirkan caranya demi tercapai hingga menyebabkan diri jatuh sakit, tentunya ini malah jadi membahayakan jiwa.

Baca Juga: Hal yang Berkesan dari Lomba HUT RI 

Kebahagiaan Seperti Apa Ketika Makan Buah Simalakama?

Kalau pilih P, hasilnya nanti itu yang terjadi..

Jika pilih Q, ini hasilnya.

Haddeeh, jadi makan buah simalakama ini…

Yups, simalakama ini sudah jadi bahan pembicaraan nggak hanya dari semenjak saya belum lahir, bahkan memungkinkan dari jaman nenek moyang kita. Bentuknya saya belum tahu, apalagi merasakan dan menyantapnya, tapi familiar sangat menjadi ungkapan dalam pelajaran bahasa Indonesia maupun obrolan.

Baca Juga: Trik Mengatur Keuangan Keluarga 

Maka jika dikaitkan antara simalakama dan kebahagiaan, jadinya kalau dilihat dari satu sisi memang kebahagiaan itu subjektif, karena ya diri sendiri yang merasakan. Namun, bukan berarti menjadikan diri egois. Sebab, dari contoh ke-13 sederhananya kebahagiaan di atas bisa kita nikmati, bahkan mungkin lebih.

dok. pixabay

“Ah gak gitu juga, kan yang penting gue bahagia, biarin aja orang.”

Ngapain lo mikirin orang lain, yang utama itu lo sendiri bahagia atau nggak-nya”.

Nah kalau dari dua pernyataan di atas, mana yang pembaca FenniBungsu pilih? Cuss langsung utarakan di kolom komentar yaks. Siapa tahu versi kebahagiaan maupun pilihan jawaban kamu bisa menjadi inspirasi siapa saja. Eits, gak ada benar atau salah yaks. Jadi santuy aja dan tetap #SemangatCiee. 

Komentar

Wahid Priyono mengatakan…
Setuju banget kak, hidup minimalis atau sederhana bisa jadi pilihan untuk hidup lebih bahagia. Semua orang punya pilihan dan cara masing2 untuk hidup bahagia.
Andrew Pradana mengatakan…
Kembali kepada diri sendiri... Kebahagiaan itu hanya kita yang tau. Namun mesti demikian, cara -cara sederhana di atas wajib di coba. Tak ada salahnya mencoba dari pada tidak sama sekali. Tq kak
Rey - reyneraea.com mengatakan…
Bahagia sederhana yang paling berkesan di hati itu, adalah ketika melihat senyum di wajah orang lain, terutama ketika saya bisa berkontribusi menciptakan senyum itu.
Rasanya tuh masya Allah banget nget
Okti Li mengatakan…
Bahagia itu muncul dengan sendirinya kalau diri sudah merasa cukup dan mensyukurinya. Benar bahagia itu relatif, tapi kebahagiaan tidak bisa memanipulasi loh ya
Maria G Soemitro mengatakan…
Pilih yang banyak manfaatnya dan paling sedikit mudaratnya

Karena kita yang menentukan nasib dan emnyiapkan konsekuensinya
Dian Restu Agustina mengatakan…
well noted...13 hal yang bikin bahagia.., aku tambahin 'merasa bahagia jika bisa bikin orang bahagia'
Lasmicika mengatakan…
Betul sekali. Itulah kenapa aku suka di bisnis jasa kaya WO dan butik aku ini. Karena pada dasarnya bisnis jasa itu kan menolong/membantu orang dengan skill yang kita punya. Yang ditolong bahagia, kita yang menolong pun tertular bahagia.
Mporatne mengatakan…
Bahagia akan membentuk jiwa yang bersahaja. Kebanyakan sih bahagia diukur dari materi padahal hal kecil juga bisa bahagia misalnya anak bisa jalan beberapa langkah duh happynya
Yanti Ani mengatakan…
Sebenarnya cukup dengan hal-hal kecil diatas dan mensyukuri hal baik yang diterima setiap hari bisa bikin kita bahagia dan terbebas dari stress itu.
Yanti Ani mengatakan…
Sebenarnya cukup dengan hal-hal kecil diatas dan mensyukuri hal baik yang diterima setiap hari bisa bikin kita bahagia dan terbebas dari stress itu.
Lia Lathifa mengatakan…
Aku pun mulai menemukan kebahagiaan dalam hidup ketika mulai menurunkan standar dan mencoba mensyukuri apa yang sudah diberi Allah, meski nilainya sekedar cukup tidak berlebih. Alhamdulillah hati jadi lebih santai gitu
lendyagasshi mengatakan…
Kadangkala bukannya mikirin kebahagiaan orang lain, tapi kebahagiaan kita kalau melihat kebahagiaan orang lain. Hhehee, manusia memang beneran makhluk sosial ya..
Jadi sekarang semakin banyak berbuat baik, agar kebahagiaan orang lain, senyum orang lain bisa nyalur ke diri sendiri dan menjadi bahagia.
Shinta Shyntako mengatakan…
bahagia itu sederhana, terutama jika kita melepaskan ekspektasi kita terhadap orang atau sesuatu hal, pasti kita jadi lebih bahagia dan bersyukur
Purwanto mengatakan…
Menghargai hal-hal kecil berefek banget ke saya, jadi lebih mudah gembira dan less stress dan gak serba rumit. Sekedar rambut dijilati kucing waktu sujud aja udah bisa bikin saya bahagia.
Tomy Tegar mengatakan…
bagi saya kebahagiaan itu dirasakan dari kesehatan fisik dan mental, hingga mampu membangun dan membuat rencana masa depan, yang diiringi doa dari org2 di sekitar kita.. maknyus bgt rasanya
fanny_dcatqueen mengatakan…
Aku lebih setuju yg kedua, ga usah mikirin orang lain dulu. Yang penting memang kita nya harus bahagia dulu, sebelum bisa membahagiakan orang lain. Gimana ceritanya mau bikin orang seneng, lah kitanya sedih 😁.

Tapi bukan berarti utk bahagia, harus yg serba wah, mahal atau parahnya sampe nyakitin orang lain. Padahal hal2 kecil kayak bersyukur dengan semua yg dipunya, hidup cukup, anak sehat, bisa ngelakuin passion sesekali, itu aja udh bikin happy kan ☺️.

Baru setelah itu kita boleh pikirin cara membahagiakan orang lain.
Fera Marentika mengatakan…
ya Allah.. MasyaAllah Alhamdulillah.. Bersyukur banget aku dengan kondisiku sekarang ini.. Walau hidup tidak mudah, banyak sekali hal-hal yang pantas kita syukuri.. bahagia itu dari hari, hati yang bersyukur..
Puspita Wulandari mengatakan…
Pada dasarnya bahagia itu sederhana, kadang hal yang dianggap kecil oleh orang lain, bisa jadi kebahagiaan bagi seseorang, so jangan pernah nyakitin orang lain, banyak beryukur sehingga kebahagiaan mu terus bertambah
Puspita Wulandari mengatakan…
Bahagia itu sederhana, so jangan pernah meremehkan hal kecil, yang mungkin bisa jadi kebahagiaan buat orang lain, tetap banyak bersyukur itu buat kita jadi lebih bahagia
lendyagasshi mengatakan…
Sebenernya, disadari atau tidak.. manusia itu bisa bahagia kalau melihat orang-orang di circlenya bahagia. Jadi rasanya kurang baik kalau diri sendiri bahagia, tapi gak peduli sama orang lain.
Jadi sebaiknya kalau mau share bahagia, kudu lihat keadaaan siih.. Karena gak semua yang kita share bisa menimbulkan impact yang baik ke diri orang lain.

Bahagia dan sedih sewajarnya aja.
Raja Lubis mengatakan…
Saya menyoroti persoalan hubungan baik ke sesama. Dan itu nyatanya bener-bener bikin bahagia. Jadi, walaupun kita sedang mengerjakan sesuatu yang membahagiakan, tapi dikerjakan bersama partner yang toxic, akhirnya saya lebih memilih pergi.
Okti Li mengatakan…
Ada yang mengatakan kalau ingin bahagia, jaga hati dari berbagai penyakit dunia dan akhirat. Karena bahagia itu bersumber dari diri sendiri dan hati adalah sumbernya
Okti Li mengatakan…
Ada yang mengatakan kalau ingin bahagia, jaga hati dari berbagai penyakit dunia dan akhirat. Karena bahagia itu bersumber dari diri sendiri dan hati adalah sumbernya
Garis Senja Dinda mengatakan…
Tolak ukur kebahagiaan itu bisa macam-macam sih dan ini abstrak poll. In my opinion, tergantung apa yang buat mereka puas. Misalkan orang yang ambisss nggak akan puas kalau mereka nggak sesuai target yg ditentukan dan itu artinya orang itu belum bahagia sepenuhnya. Sama juga dgn orang yang minimalis, yang tingkat puasnya mungkin bisa lebih sederhana daripada orang yang ambis. ❤️
Dyah Kusumastuti Utari mengatakan…
Sepakat Kak, bahagia itu sederhana dan kita yang ciptakan enggak perlu menunggu suatu hal atau banyak pertimbangkan, nikmati saja yang ada, insyaallah bahagia itu ada kok
Eri Udiyawati mengatakan…
Setiap orang punya jalannya untuk bahagia. Dan ya, kalau saya juga lebih memilih sederhana, selain menakar kemampuan, sederhana membuat hidup saya praktis, ringan, dan gak dibikin ribet.
Sya mengatakan…
Setuju, kebahagiaan kita merupakan hal penting. Kalau bukan kita sendiri yang membuat diri kita bahagia, siapa lagi kan?
hallobia mengatakan…
Bahagia dengan hal kita punya. Bahagia denfan mengendalikan hal yang dalam kendali kita.
sylvianayy mengatakan…
banyak hal sederhana yang bisa disyukuri dan akan menambah kebahagiaan dan ketentraman hati... bisa coba dengan hal-hal kecil yang dikerjakan di rumah seperti bersyukur bisa sarapan bersama keluarga dan lain-lain. hal kecil akan jadi bermakna jika disyukuri...
Dian farida ismyama mengatakan…
Kabarnya bahagia itu ada di dalam diri. Kita sendiri yang ciptakan. Baik dengan merasa cukup dan bersyukur
Nyi Penengah mengatakan…
aku sejak punya anak kebahagiaannya jadi aneh mba
merasa tiap liat anak kok mau sedih atau kesel jadi happy
masyaAllah