Langsung ke konten utama

Trik Fashion untuk Kulit Sawo Matang

Masih ada 3 bulan lagi jelang akhir tahun 2023. Informasi tentang tren fashion sudah bermunculan. Buat kamu yang tipe santuy alias tidak terlalu berpengaruh dengan yang namanya tren, tentunya akan biasa saja. Tetap dengan style warna maupun tipe outfit favorit. Sedangkan untuk kamu yang selalu mengikuti tren, bakalan siap-siap menghadapinya sehingga bisa sama dengan tren yang berjalan.

Ada lagi teknik lain yaitu dengan mengombinasikannya. Alias bisa menggabungkan antara yang menjadi tren dengan style diri kita. Dari sumber-sumber yang saya peroleh, untuk fashion nanti di tahun 2024 ini masih tidak jauh dari fashion di tahun 2023, baik itu untuk outfit formal maupun busana muslimahnya.

Trik Fashion untuk Kulit Sawo Matang

Fashion yang Keren untuk Kulit Sawo Matang

Namun ada yang perlu diperhatikan bagi kamu yang memiliki jenis kulit sawo matang, dengan tips memilih fashion yang sesuai sehingga penampilan kamu akan semakin keren, sebagai berikut:

1. Dalam Hal Warna

Pilih warna-warna hangat contohnya merah bata, coklat, kuning, atau warna-warna yang berada di sekitar spektrum tanah. Warna-warna ini dapat melengkapi warna kulit sawo matang kamu dengan manis. Selain itu bila ingin memakai warna terang, maka bisa memilih warna yang memberikan efek kontras seperti ungu tua, koral, oranye tua, maupun merah anggur. Untuk yang ingin tampil lebih feminine, bisa mememilih warna pastel seperti baby blue, mint, dan lavender.

2. Saat Menggunakan Outfit Bermotif

Batik menjadikan pakaian yang bisa digunakan dalam setiap kesempatan baik formal maupun casual. Apalagi batik memiliki perpaduan warna dan motif yang indah saat menyatu dengan kulit sawo matangmu.  Untuk pakaian dengan motif lainnya bisa dengan motif tribal, floral, maupun etnik, yang dapat menambahkan keunikan untu penampilan kamu.

3. Perhiasan maupun Aksesori

Ingin menggunakan aksesori juga bisa untuk menambah penampilan kamu yang berkulit sawo matang makin menarik, misalnya dengan tambahan tas, ikat pinggang, dan syal. Akan tetapi jangan lupa sesuaikan dengan warna outfit yang dikenakan ya.

Baca Juga: Trik Fashion and Beauty Kekinian

 

Trik Fashion untuk Kulit Sawo Matang
sumber akun IG @ikubustomi

Outfit yang Perlu Dihindari

Bila di atas adalah sesuatu yang akan membuat tampilan fashionmu makin keren, maka berikut outfit yang perlu dihindari untuk pemilik kulit sawo matang, yaitu:

1. Hindari 5 Warna Ini

Lima tipe warna yang sebaiknya tidak gunakan untuk kulit sawo matang, karena dapat membuat kamu tidak terlihat, tampak pucat, kehilangan cahayanya, dan terlihat makin gelap, yaitu:

  • Warna terlalu terang (putih murni, atau pastel pucat),
  • Warna terlalu dingin (biru langit dan ungu muda),
  • Warna neon
  • Warna yang sama dengan warna kulit
  • Warna dengan kontras terlalu tinggi (kombinasi hitam dan putih mencolok)

2. Cat Rambut

Jika kamu tidak menggunakan hijab, maka bila ingin mewarnai rambut usahakan untuk sesuai dengan warna kulit. Bila tidak sesuai maka akan tampil lebih kontras dan menjadikan penampilan yang kurang menarik.

3. Warna Foundation yang Tidak Cocok

Urusan memilih warna foundation yang sesuai dengan warna kulit memang cukup tricky. Namun, tenang saja banyak tersedia tutorialnya yang apik sehingga kita bisa memilih warna foundation yang sesuai. Pasalnya untuk kulit sawo matang bila warna foundation-nya kurang pas maka akan tampak lebih pucat, maupun kontras dengan warna kulit tubuh. Begitupun dalam memilih warna make up dan lipstick ya.

Baca Juga: Trik Fashion yang Simple

Trik Fashion untuk Kulit Sawo Matang
dok. Pixabay

Fashion tips untuk kulit sawo matang ini tentunya dapat disesuaikan juga dengan kepercayaan diri pribadi masing-masing. Pasalnya ada yang tetap PD apapun model dan warnanya. Jangan menjadikan diri malah minder alias insecure dengan yang dikenakan. Pakailah fashion yang membuat kita nyaman, menjadi diri sendiri, dan sopan.

Komentar

Kyndaerim mengatakan…
Jujurly, aku baru tau lho kalo ternyata warna pakaian itu ngaruh sama warna kulit yah. Jadi ga boleh asal pake warna.
Okti Li mengatakan…
Iya jadi kembali ke pribadinya juga ya. Kalau emang sukanya berpakaian menurut dia itu, teori gak bisa dipaksakan ya. Tapi kalau saya sih ya mempertimbangkan juga sekaligus melihat bagaimana kenyamanannya. Jadi saat aktivitas gak bikin gak nyaman
HendraDigital mengatakan…
Saya berkulit sawo 1/2 matang, berarti bisa ikutin tips di atas ya. Saya pribadi suka dengan warna krem, coklat atau warna-warna spektrum tanah. Tapi warna hitam atau putih juga oke sih, hehehe. Pokoknya tetap PD aja lagi
Dyah Kusumastuti Utari mengatakan…
Saya kulit sawo matang nih Kak, buat saya yang penting PD dulu dan saya nyaman pakainya, ga tabrak warna banget baik itu hijab, maupun baju
biasanya saya pilih warna yang ga terlalu jreng dan ga terlalu gelap, seandainya pakai yang gelap nanti disiasati ada yang warna terang
Eri Udiyawati mengatakan…
Saya selalu cari aman, pakai warna pastel. Gak pernah PD makai warna cerah. Apalagi kalau pakai biru muda ya, Mbak. Kulit sawo matang makai biru muda itu bikin ketawa sendiri. Hihihi.
Harianeko.com mengatakan…
Kulit sawo mateng saya banget kak,
Maka nya klau bepergian tidak pernah pake baju yang cerah.
Akarui Cha mengatakan…
Iya lho. Aku sering memperhatikan orang-orang di transportasi umum yang tone kulitnya sawo matang tapi mewarnai rambutnya dengan warna pirang yang over blonde sih buatku. Kulitnya yang sawo matang jadi nampak kusam sih. Mungkin kalau warna rambutnya sedikit lebih gelap dan kalem, bisa bikin kulitnya nampak cakep.
Didik Purwanto mengatakan…
Meski ada patokan kayak gini, aku tuh suka tabrak lari dgn patokan yg ada sih. Asal ga pake fesyen yg ssama aja dgn kulit kita aja. Soalnya kalo gelap ktmu gelap ya bakalan ga kelihatan dong. Kalo pake warna agak terang malah semakin naik pedenya.
Goresan hati mengatakan…
Trik fashionnya mantul nih. Harus dicatat buat yang punya kulit sawo matang biar tetep kelihatan cantik dan menarik ya.
Eka FL mengatakan…
pilih baju atau kosmetik nih yang nampaknya agak sulit buat yang punya kulit sawo matang ya. ternyata jangan pilih warna yang senada dengan warna kulit ya. better cari earth tone.
lendyagasshi mengatakan…
Aku kan abis sembuh cacar nih, ka Fen..
Jadi sibuk lah belanja foundie, concelear dan kawan-kawan. Ternyata agaknya aku salah pipih tone warna deeh.. Warnanya foundie dari salah satu brand muslim ini terlalu kuning buat aku. Hiiks~

Tapi semoga bisa di trick dengan eksperimen dulu kita ya..

Tren fashion akhir tahun ini akankah kembali ke model vintage dengan warna-warna kulit yang cenderung menenangkan?
fanny_dcatqueen mengatakan…
Sawo matang itu warna kulitku banget 😅😁. Dulu sempet ga PD punya kulit gelap gini mba, Krn kayaknya susah pake baju. Pdhl aku aja yg ga confident Ama kulit gelap.

Tapi skr mah udah percaya kalo warna kulit apapun bagus, asalkan kitanya yg pandai pilih warna sesuai utk kulit kita.

Dan memang dr dulu aku ga suka sebenernya Ama putih atau hitam. Bikin kusam utk pemilik sawo matang. Atau warna2 pastel aku juga kurang pas 😅. Lebih suka warna2 tanah, atau merah sekalian. Aku PD kalo udh pake merah 😄
lendyagasshi mengatakan…
Aku pingin banget punya baju warna terang mentereng kaya ijo neon gituu.. ((selain juga memang warnanya NCT banget))
Tapi kepikiran, apa ga kebanting ama warna kulitku yaa..

Nanti kita cari padu padannya yang oke gitu yaa..
Maria G Soemitro mengatakan…
kalo fondi saya setuju

tapi untuk warna-warna busana saya jadi inget advicenya Ivan Gunawan yang bilang bahwa kulit wajah tidak akan berubah

Trus seumur hidup kita gak pakai warna-warna yang kita ingin pakai?
Sangat menarik ya?
Tips yang keren nih. Ngebantu banget bagi para pembaca yang mempunyai kulit sawo matang. Biar gak asal pilih warna pakaian, rambut bahkan make up. Biar makin cantik dan keren penampilannya. Gak main tabrak aja.
alienda mengatakan…
Saya pribadi memilih memperbanyak outfit di warna-warna Monochrome dan Earthtone karena menyadari warna kulit kadang menggelap dan menjadi lebih terang sesuai tempat tinggal yang berganti-ganti
Okti Li mengatakan…
Saya juga merasa wafna kulit gelap begini, gak berani menggunakan pakaian warna terang. Tapi ada juga saya lihat yang berani mengenakan warna ngejreng gitu. Mungkin tingkat percaya diri nya tinggi? Atau dia gak tahu? Hehe...
Vivian Wahab mengatakan…
Waah, informatif banget nih artikelnya, terutama buat yang kulitnya sawo matang kayak aku, kadang bingung harus pakai fashion yang kaya gimana.. kalau warnanya ga pas, kulit jadi keliatan kusam gitu, nambah wawasan deh setelah baca artikel ini
Anggraeni Septi mengatakan…
Jujur aja aku pingin pakai baju warna fushia atau ijo ijo mencolok gt, tapi kulitku sawo matang cenderung hitam haha, jadi yaudah deh gak jadi pakai. Sekarang lebih seneng pakai yang warna bumi juga. Bahkan hitam. Hehe. Ingat usia juga hehe
Nengsih mengatakan…
Aku tim kulit sawo matang. Warna favorit ku ya abu-abu, donker, dan warna-warna soft. Nggak PD juga sih pake warna terang. Mungkin karena nggak cocok di kulit ku kali ya kak. Hehe