Langsung ke konten utama

Tiga Hal Penting untuk Gen Z Sebelum Mulai Berbisnis

Hal apa yang harus diperhatikan oleh gen z sebelum memulai berbisnis? Apakah gen z bisa sukses dalam berbisnis? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, tentunya kita memerlukan sosok inspiratif yang bisa berbagi pengalaman. Kita bisa membaca kiprahnya dan pandangannya seperti melalui laman arsjadrasjid.com milik Mohammad Arsjad Rasjid Prabu Mangkuningrat atau akrab kita kenal, Arsjad Rasjid.

arsjad rasjid trik bisnis, trik bisnis untuk pemula, trik bisnis untuk gen z

Sekilas Mengenal Arsjad Rasjid

Kalau kita familiar dengan KADIN atau Kamar Dagang dan Industri Indonesia, maka nama Arsjad Rasjid sebagai ketua umum juga akan kita ketahui. Ya, pria yang berzodiak sama dengan saya yaitu Pisces ini, telah malang melintang dalam bidang bisnis. Lulusan dari Pepperdine University, California, Amerika Serikat dengan gelar Bachelor of Science juga menjabat sebagai direktur utama Indika Energy.

Dibawah kepemimpinan Arsjad Rasjid, Indika Energy, perusahaan ini telah berkembang pesat baik dalam proyek strategis maupun ekspansi bisnis. Dalam kurun waktu enam tahun (2005 – 2011) aset PT Indika Energy Tbk naik 7x lipat menjadi Rp 18,28 triliun dari Rp 2,78 triliun. Bahkan pada tahun 2022 laba bersih yang tercipta yaitu US$ 452,7 juta dan laba inti US$ 521,2 juta.

arsjad rasjid trik bisnis, trik bisnis untuk pemula, trik bisnis untuk gen z
Arsjad Rasjid bersama Band Gigi dan Menteri PUPR (Pak Bas) - dok akun IG @arsjadrasjid

Antara Gen Z dan Bidang Bisnis

Generasi Z atau akrab disebut gen Z adalah mereka yang lahir pada tahun 1997 hingga tahun 2012. Kalau menilik dari tahun kelahirannya, di tahun 2023 ini mereka berusia sekitar 11 sampai 26 tahun. Di tahun ini perkembangan bisnis sedang meningkat, karena bidang ini tak hanya tentang bisnis konvensional saja, tetapi juga bisnis digital.

Baca Juga: Bisnis pada Tahun Ini

Gen Z yang sudah akrab dengan gadget dan internet bisa mudah beradaptasi dengan bisnis digital, dan memudahkan langkah juga menjadi pengusaha. Apalagi dalam pemanfaatan media sosial, ini peluang besar untuk mempromosikan bisnis yang sedang dikelola dan Gen Z memiliki keunggulan itu. Karakter mereka yang optimis, tangguh, percaya diri dengan komunikasi yang kekinian dan santai bisa menjadi modal Gen Z kala berinteraksi dengan rekan bisnis.

Tiga Pesan Arsjad Rasjid untuk Gen Z yang Ingin Berbisnis

Kesempatan yang baik untuk Gen Z dalam berbisnis, menjadi perhatian pria yang mendapat penghargaan sebagai Best Executive di Indonesia pada tahun 2010 dari Asiamoney ini yang disampaikan melalui laman arsjadrasjid.com, berikut rangkumannya:

A. Segala Hal tentang Bisnis Tidaklah Sama

Perputaran waktu yang terus bergulir tentunya tidak akan sama antara satu masa dengan masa selanjutnya. Begitu pula dalam halnya dunia usaha, memungkinkan berbisnis pada saat ini tidak akan sama ketika para Gen Z berusia 40 tahun nantinya. Gaya bisnis yang berubah, maka perlunya persiapan menghadapi tantangan di masa depan.

Baca Juga: Cara Belajar Bisnis untuk Mahasiswa dan Pelajar

B. Ciptakan Kolaborasi dengan Saling Mendukung

Dalam bekerja, pastinya ada momen untuk mengerjakan secara individual. Namun, juga terbuka untuk bekerjasama. Saling mendukung dengan menciptakan kolaborasi akan membuka peluang agar bisnis yang dijalankan lebih stabil dan kuat. Arsjad Rasjid mengajak Gen Z memikirkan cara-cara berkolaborasi lintas sektor untuk mendukung transisi dari dunia pendidikan ke dunia kerja. Adanya cara ini, tidak akan ada kesenjangan yang terlalu besar.

C. Ikut Pelatihan tentang Tren Bisnis

Gali ilmu tentang bisnis yang relevan bagi Gen Z dapat menjadi bekal kedepannya. Pasalnya wawasan tersebut bisa memberi keterampilan dan pengetahuan bagi mereka dalam menghadapi tantangan bisnis di masa depan. Ikuti berbagai pelatihan tentang tren teknologi terbaru yang nantinya dapat dikembangkan pada bisnis yang dikelola.

arsjad rasjid trik bisnis, trik bisnis untuk pemula, trik bisnis untuk gen z
Arsjad Rasjid  - dok akun IG @arsjadrasjid

Inspirasi dalam memulai bisnis untuk Gen Z bisa datang dari mana saja, termasuk wejangan dari Arsjad Rasjid tersebut. Pasalnya hal tersebut dapat menjadi gambaran untuk menghadapi risiko yang akan dihadapi nanti. Jadi, semangat untuk Gen Z dalam terjun ke dunia bisnis! 

Komentar

Adi mengatakan…
Keren banget Pak Arsjad Rasjid. Beliau ini bener-bener seorang yang bisa jadi inspirasi bagi gen z. Suka banget denger podcast yang ada beliau sebagai pembicara.
Annie Nugraha mengatakan…
Makjleb banget memang masukan-masukannya. Saat kita mendengarkan anjuran/usulan atau nasihat dari para praktisi biasanya maknanya akan lebih gampang terserap dan merasuk kepada jiwa dan pemahaman kita. Keren memang Arsjad Rasjid ini. He presented some un-usual important points to wide our way of thinking in business issues. Indonesia seharusnya bisa banyak melahirkan banyak Arsjad Rasjid untuk menjadi negara yang mumpuni dalam sektor ekonomi.
Wahid Priyono mengatakan…
Komunikasi dan kolaborasi adalah hal penting dalam hidup, terutama saat bersosialisasi dengan orang sekitar. Bahkan, hal ini penting dimiliki oleh milenial dan gen-Z sebagai bekal untuk karir maupun bisnis.

Artikel yang bagus sudah saya baca, banyak pesan berharga dalam tulisan kak Feni ini, sangat bermanfaat untuk saya yang mulai merancang bisnis kecil-kecilan. Makasih.
Maria G Soemitro mengatakan…
Sering banget lihat nama Arsjad Rasjid berseliweran di media sosial sebagai tim sukses salah satu capres

ternyata sementereng itu orangnya ya?

sangat menginspiratif
Yuk yuk Gen Z bisa yuk jadi pebisnis. Bayangkan jika makin banyak pengusaha muda yang membuka lapangan kerja, berapa banyak pengangguran terserap. Semoga artikel ini menginspirasi banyak orang
Mechta mengatakan…
Kolaborasi memang sangat penting ya.. Masuk akal jika hal itu masuk juga pada 3 hal yg perlu diketahui sblm berbisnis. Terima kasih sharing nya ya..
Ainun mengatakan…
Hiks, aku tersentil baca artikel ini
dari dulu pengen punya bisnis sendiri, bahkan bisnis kecil-kecilan yang dimau, tapi nggak segera dieksekusi hahaha
Daeng mengatakan…
reperensi yang bagus jadi terinspirasi tentang bisnis
Daeng mengatakan…
saya jadi terinspirasi setelah membaca artikel ini
Putu Felisia mengatakan…
Senang ya bisa kenal dan dapat ilmu langsung dari Bapak Arsjad Rasjid. Jadi tambah semangat lagi berbisnisnya.
Aldhi Fajar mengatakan…
Gen Z untuk sekarang ini harusnya kembangin potensi doiri dulu sih bair nanti pas terjun dunia bisnis udah fasih.
Yonal Regen mengatakan…
Arsjad Rasjid bisa menjadi salah satu panutan dalam dunia bisnis, termasuk untuk generasi Z yang sedang meniti karir. Bahkan Arsjad Rasjid pernah sampai berkomunikasi dan menggali tips dan trik bisnis dengan selevel pendiri warteg Kharisma Bahari yang kemudian ia bagikan juga tipsnya untuk umum
Nita mengatakan…
Pembinaan untuk para gen z memang penting sekali. Mereka generasi yg fleksibel dan cepat menerima teknologi. Bisnis hal yg tepat juga untuk kegiatan yg dijalani dan dipilih.
Dee_Arif mengatakan…
Wah inspiratif sekali kisanya
Gen Z pun bisa memiliki bisnis yang menjanjikan ya mbak
Semua yg ditekuni, pasti akan menghasilkan ya
Tukang jalan jajan mengatakan…
Arsjad Rasjid benern menunjukkan kalau Gen Z juga bisa memberikan kotribusi lebih untuk Indonesia. Ini sudah dibuktikan dengan hasil dan kerja nyata. Yuk gen Z.... berjuang lebih keras lagi
ANGGITA RAMANI mengatakan…
Jujur aku baru tahu tentang Arsjad ini lewat tulisan mba. Ternyata beliau cukup menginspirasi ya. Terutama untuk gen Z yang ingin berbisnis
lendyagasshi mengatakan…
Berbisnis memang gak pernah mudah. Ujian selalu dateng silih berganti.
Semoga dengan tips dari Arsjad, anak muda gen Z berani memulai untuk berbisnis.
Ria Fasha mengatakan…
GEn z memang generasi yang cepat belajar hal-hal baru
dan dunia bisnis jadi sektor yang cocok karena sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini
kita memang harus banyak belajar tentang tren bisnis agar bisa menciptakan peluang
Kyndaerim mengatakan…
Pernah dong kepoin web nya arsjadrasjid.com ini, asli artikelnya betul-betul bermanfaat, khususnya buat Gen Z, termasuk dalam membangun bisnis.
Eka FL mengatakan…
saya kira, tipsnya bisa di implementasikan juga oleh generasi milenial. karena gak sedikit pelaku usaha dari generasi milenial yang agal "menolak" atau enggan beradptasi dengan perubahan jaman terutama teknologi. But yess its true, masa depan bisnis gak akan sama dengan saat ini. bagi gen Z 40 tahun ke depan tentu tidak akan sama seperti halnya yang dirasakan generais milenial sekarang. adaptasi its a must.
Eka FL mengatakan…
saya kira, tipsnya bisa di implementasikan juga oleh generasi milenial. karena gak sedikit pelaku usaha dari generasi milenial yang agal "menolak" atau enggan beradptasi dengan perubahan jaman terutama teknologi. But yess its true, masa depan bisnis gak akan sama dengan saat ini. bagi gen Z 40 tahun ke depan tentu tidak akan sama seperti halnya yang dirasakan generais milenial sekarang. adaptasi its a must.
Didik Purwanto mengatakan…
Aku sih selalu mendengarkan nasehat mereka yang udah sukses dalam berkarya meski hasilnya nanti akan berb3da. Ada hal privilege yg tdk kita pny dan itu yg hrs kita camkan betul dlm berusaha. Intinya jgn telan mentah2 nasehat seseorang. Ttp sesuaikan dgn kebutuhan pribadi.
Goresan hati mengatakan…
Gen Z memang paling getol ya memulai bisnis di usia muda. Kreativitas tinggi dan melek teknologi. Ditambah dukungan sosok inspiratif yang bakalan kasih semangat buat bikin bisnis dan sukses di usia muda.
Kata Nieke mengatakan…
Ketua umum Kadin sekarang beliau toh. Kadin ini punya pengaruh besar dalam dunia ekonomi perdagangan dan politik di Indonesia. Kebijakan ekonomi juga. Semoga Kadin dipenuhi generasi muda yang berprestasi seperti beliau.
Henny mengatakan…
Ya, seharusnya memang Gen Z banyak belajar bisnis dari para tokoh senior seperti Pak Arsjad ini yang memang sudah malang melintang di dunia bisnis. Ditambah lini bisnis yang dipimpin beliau berhasil meraup keuntungan.
Garis Senja Dinda mengatakan…
Iyaaa, seruju hal berbau tidaklah mudah. Jatuh bangunnya punya brand belum lagi kalau lagi masalah keuangannya. Sebelum berbisnis memang sebaiknya riset dulu yak,kaya Ikut pelatihan. Keren ih masnya!! 🫰
Rifqi Fauzan Sholeh mengatakan…
Terima kasih kak informasinya, setelah saya baca, dari 3 tips sebelum memulai berbisnis yang belum saya lakukan saat ini adalah mengikuti pelatihan-pelatihan, yang saya lakukan hanya belajar otodidak melalui youtube
Fera Marentika mengatakan…
terus terang saya baru mengenai bpk arsjad rasjid melalui tulisan ini, tapi pesannya bermanfaat dan dapat diimplementasikan. saat ini kolaborasi lebih menguntungkan daripada persaingan individu dan pelatihan diri memang dibutuhkan untuk upgrading skill.
S. Fauzia mengatakan…
Luar biasa melihat Gen Z yang berbisnis dan memulai dengan UMKM. Saya sangat salut dengan semangatnya. Basis bisnis saat ini juga sangat luas dan produk yang ditawarkan juga beragam. Semoga bisa bersaing ke depannya secara global.
Putu Felisia mengatakan…
Anak saya termasuk Gen Z dan agak sulit mendidik agar Gen Z ini bisa tekun dan sabar. Udah hopeless saya.
Shalikah mengatakan…
Semakin ke sini, pengetahuan tentang dunia bisnis semakin terbuka ya. Ilmu dari pelaku usaha seperti Arsjad Rasjid ini sangat bermanfaat. Anak-anak Gen Z pun semakin cepat beradaptasi terhadap perkembangan zaman.
Pipit ZL ceritaoryza.com mengatakan…
Wuih, orang ini keren banget ya. Tidak pelit berbagi ilmu yamg bermanfaat utk otang lain
Inda Chakim mengatakan…
Semangat para gen Z.
Semangat belajar mencari pengalaman. Anak gen z punya banyak kemudahan. Namun juga kesulitan juga
Okti Li mengatakan…
Ikut pelatihan ini saya setuju banget. Biar makin terampil, kan emang kudu terus berlatih ya... Di sekolah ga semua ilmunya kita praktikkan di lapangan kerja. Melalui pelatihan ini kita bisa mendapatkan lebih nya
Gen-z tetap butuh pendampingan dan saran dari generasi sebelumnya ketika memulai bisnis. Karena tanpa mereka, risiko kegagalan menjadi lebih tinggi sih
Mah Ory mengatakan…
Semua yang disampaikan beliau sepertinya bisa dilakukan oleh semua pelaku usaha bila ingin sukses #zillubis
Dee_Arif mengatakan…
Wah, keren ya Bapak Arsyad Rasyid ini
Bisa memberikan semangat sekaligus petuah bagi gen Z yang ingin berbisnis