Briefing Pagi: Apakah Sekadar Absen atau Mengulas Pekerjaan?

Breefing pagi. Pastinya ketika bekerja, kamu akan familiar dengan hal tersebut, karena sering dilaksanakan oleh banyak institusi. Entah itu perusahaan, perkantoran, lembaga pendidikan, dan lain – lain.

apa manfaat briefing pagi sebelum bekerja

Apa Manfaat Briefing Sebelum Kerja?

Macam – macam, tergantung dari sudut pandang mana kamu melihatnya, Cieea. Kalau dari berbagai sumber yang saya himpun, briefing pagi sebelum kerja bermanfaat agar pekerjaan yang dilakukan sesuai dengan misi dan visi, terjalin komunikasi antar stakeholder sehingga bekerja dalam tim makin kompak, membangun mindset positif, wadah dalam membangun semangat kerja. Intinya mengarah ke hal yang positif. Bahkan di sisi lain, bisa jadi ajang tebar pesona kepada yang hadir di sana (khususnya yang belum ganti status, eh), saatnya unjuk gigi untuk memperlihatkan kualitas diri, hingga momen untuk…. Untuk itu bisa dibaca lebih lanjut kisahnya ya, hehe.

Saat saya bekerja di perusahaan di bilangan Jakarta Pusat, briefing pagi menjadi rutinitas harian. Kerap dijalankan menurut jam di sistem, yaitu sepuluh menit menjelang jam delapan. Berarti breefing pagi di kantor saya kala itu, memakan waktu selama sepuluh menit saja, bahkan bisa lebih (tergantung suasana.. ya lagi-lagi dikondisikan karena bisa jadi juga hanya sebentar).

Sebelum Momen Briefing Pagi 

Seperti biasa, saya sudah tiba di kantor pukul setengah tujuh pagi menggunakan kereta CommutterLine. Cepet banget yak? Hmm, begitulah. Ada manfaatnya loh, selain di dalam kereta masih lumayan bisa masuk, saya masih bisa bersantai menikmati sarapan kedua. Yups, di rumah sebelum jalan saya sempatkan untuk sarapan sekenanya biar nggak masuk angin. Nah pas tiba di kantor baru deh sarapannya serius 😄.

Selesai sarapan, saya pun berkemas diri alias dandan ehem… Maklum, kan sepanjang perjalanan wajahnya kucel gimana-lah. Jadi biar #KetjeCiee, kasih bedak dikit agar fresh. Lalu duduk kembali ke meja kerja, saya masih menyempatkan untuk melihat email yang masuk sambil rangkum pekerjaan kemarin dan persiapan untuk update hari.

Lepas itu melihat satu persatu rekan – rekan karyawan yang mulai berdatangan. Ada yang sibuk ber-gosip, sibuk sarapan, sibuk pakai dasi, sibuk semir sepatu, sibuk sisir rambut, sibuk pakai bros jilbab, sibuk cari sendok, sibuk cari jodoh, hehe. Kelar itu semua, jam di sistem sudah seperti alarm buat kami. Saya dan para karyawan lainnya siap mengikuti breefing pagi.

Apa yang Dilakukan Ketika Briefing Pagi
ilustrasi by freepik

Briefing Pagi Pun Dimulai

Senang?

Hmm, gimana yah, sepertinya sangat sulit untuk diungkapkan. Bak mencari kata-kata yang tepat untuk mengena disanubarinya. Sebagaimana halnya rasa sukanya pada dia, Cieea.. Ah, sudahlah abaikan 😄, lanjut lagi ceritanya nih.

Seketika para karyawan menempati posisinya masing-masing sesuai dengan divisi tempat mereka bernaung. Berdiri berderet sejajar, walau kadang kala ada yang berbaris ke belakang. Kebetulan di dekat divisi saya, ada 1 divisi lagi. Hanya saja kalau divisi di lantai lain nggak tahu, karena kan nggak sempet tengak tengok 😄). Dalam berdiri itu ada yang menjabat sebagai staf, kepala seksi (Kasi), kepala bagian (Kabag), dan kepala divisi (Kadiv).

Breefing pagi pun dibuka dengan doa bersama. Usai itu aksi yang menegangkan dimulai. Iya, ini seperti menaiki perahu arung jeram yang mana perahunya siap menuju puncak jeram. Padahal si perahu selalu mengikuti arus air tanpa hendak melawannya (Apa lagi coba ini… hehe).

“Si Fulan kemana (sebut saja begitu)?” tanya Pak Kadiv sambil melirik satu per satu para stafnya dengan tatapan menyelidik. Inilah suasana menegangkan yang dimaksud. Senyap, hingga nyamuk pun enggan singgah di tempat itu.

“Bu Kabag, si Fulan kemana?” Pak Kadiv mengulangi pertanyaannya, tetapi ditujukan kepada wanita tangguh yang menjabat sebagai Kepala Bagian itu.

Bu Kabag melihat sekeliling, dan kemudian bersuara, “Dia ijin sebentar, karena anaknya sakit, Pak,”

“Haddeh, anak dijadikan alasan untuk datang terlambat,” gumaman Pak Kadiv yang sayup-sayup tetap terdengar.

“Lalu si Abi ke mana Pak Kabag?” tanya Pak Kadiv yang kali ini giliran ke Pak Kabag.

“Biasanya sudah datang, tapi memang belum memberi kabar mengapa dia belum datang,”

“Loh, Pak Kabag bagaimana? Masa di bawah supervisinya nggak tahu kemana anak buahnya,” ujarnya sambil sesekali melihat ponsel yang digenggamnya. “Terus, si Akhi kemana?”

Pak Kabag menanggapi dengan tenang walau air mukanya mulai berubah dari pertanyaan pertama. “Akhi izin tidak masuk karena sakit,”

“Sakit – sakit, selalu saja dijadikan izin. Kan tahu sebentar lagi akhir tahun. Jangan ada izin sakit dulu deh. Dikit-dikit sakit. Tolong nih sama Pak Kabag dan Bu Kabag agar anak buahnya diperhatikan, biar yang pada izin sakit datang telat, potong cuti saja!”
Apa yang dikerjakan ketika briefing pagi
ilustrasi by freepik

Briefing Pagi dan kisahnya 

Itulah sepenggal kisah mengenai izin sakit dan datang terlambat. Sebenarnya sih, kalau memang tubuh sakit, toh kan nggak mungkin memaksakan diri sebab nantinya bisa berakibat ke men-zhalimi tubuh. Kita bisa lihat dari kemampuan diri, sanggupkah untuk datang ke kantor dengan kondisi badan yang tidak sehat? Kalau tak mampu, yah jangan paksakan. Kecuali sebaliknya.

Apalagi untuk permasalahan datang terlambat, memang sebaiknya ditanyakan dulu permasalahannya. Sehingga tidak serta merta langsung potong cuti atau potong gaji. Walau bisa juga memungkinkan ada keculasan yang terjadi alias si karyawannya yang memang sengaja membuat alasan. Mungkin bisa saling ngobrol atau ditingkatkan lagi komunikasinya antara atasan dengan pegawainya.

Baca Juga:

Lah terus esensi briefing pagi untuk update informasi atau ulasan pekerjaan bagaimana?

Ya, begitulah, karena waktu jadi habis untuk tanya-tanya si ini – itu ke mana, hehe. Palingan hanya dibahas sekejap, lalu untuk pembahasan lebih lanjut usai briefing, lebih seringnya seperti itu yang saya rasakan. Pastinya kejadian ini akan berbeda dirasakan oleh tiap orang sih ya, hehe. 

So, #SemangatCiee buat kamu yang masih menjadi budak corporate (kata temen saya sih gitu wkwkwk), semoga yang sedang sakit cepat sembuh, dan yang suka terlambat menjadi lebih on time yah, karena masih banyak cerita nih menunggumu 😝. 

34 komentar

Komen Blog fennibungsu.com
Deeva Collection mengatakan…
Briefing pagi sebenarnya sangat bagua bagi perusahaan. Setidaknya di pagi hari itu bisa bertukar informasi, bertukar ide sehingga proses mencapai tujuan perusahaan bisa dilakukan sesuai dengan rencana atau blue print perusahaan
Komen Blog fennibungsu.com
Yustrini mengatakan…
Berangkat lebih pagi jadi enak ya, selain jalannya santai di kantor masih sempet dandandan sarapan. Tapi kalo dah menikah memang agak sulit karena banyak urusan rumah, belum lagi anak yang masih pengen main.
Komen Blog fennibungsu.com
Shinta Shyntako mengatakan…
briefing pagi terutama di awal minggu menurutku penting sih, biar semua anggota tim paham progress pekerjaan jadi bisa saling back up dan menyesuaikan pace pekerjaannya masing-masing
Komen Blog fennibungsu.com
hani mengatakan…
Sarapan serius...hehe...kok samma yah. Sarapan di rumah rasa keburu-buru, pokok perut keisi. Seringnya cuma minum teh manis anget aja. Soalnya masih kepagian.
Jadi briefingnya apa ngabsen yak?...Met menjalankan tugas. Jangan lupa bahagia...
Komen Blog fennibungsu.com
Tukang jalan jajan mengatakan…
dulu wktu aku kerja di media itu biasanya kalau briefing pagi isisnya arahan pemberitaan hari ini mau dibawa kemana dan sangat serius. Termasuk menentukan narasumber yang wajib di cari dan wawancarai
Komen Blog fennibungsu.com
Didik Purwanto mengatakan…
Kadang ada bos yg tdk mengizinkan karyawan utk tdk datang krn hny sakit biasa, kecuali karyawan tepar beneran dan msk rumah sakit.

Briefing ini kdg cmn basa basi aja sih meski ada jg yg beneran bahas hal penting. Smg dgn briefing pagi, smua karyawan dpt manfaatnya ya.
Komen Blog fennibungsu.com
Ranggi's Travel Story mengatakan…
Briefing pagi bagus untuk koordinasi pekerjaan, kalau ada yg lagi berhalangan hadir bisa di backup yg lain...Sesuai aturan kantor namanya ijin cuti hak karyawan ya asal tidak melebihi yg sudah ditetapkan.

Semangat kakak, kembali ke model atasannya spt apa yaakss...(gustinyeni)
Komen Blog fennibungsu.com
Okti Li mengatakan…
Rumah saya depan kantor PLN. Meski setingkat kecamatan, ternyata setiap Senin pagi mereka terlihat selalu melakukan briefing lagi lho, walaupun pekerja yang ada gak sampai sepuluh orang.
Di kampung dengan aktivitas seperti itu awalnya saya merasa aneh. Tapi ternyata briefing pagi itu banyak manfaat ya
Meski kalau melebar kemana-mana ya jadi ngabisin waktu juga hehe
Komen Blog fennibungsu.com
Witri Prasetyo Aji mengatakan…
Aku dulu kerja di instansi pendidikan, jarang banget ada briefing pagi. Adanya pas ada test doang dan sebenarnya seneng sih ada briefing pagi, yang telat kan jadi kelihatan. Hehe
Komen Blog fennibungsu.com
ANGGITA RAMANI mengatakan…
Waw, jujur akoh ternganga melihat sikap pak Kadiv. Gimana ya, sampe speechless aku wkwkwk. Padahal briefing pagi biasanya bahas progress+ kegiatan sih kalau aku dulu
Komen Blog fennibungsu.com
Retno Kusumawardani mengatakan…
Wuaa rajin banget jam setengah tujuh udah nyampe kantor. Tapi rmang enakan gitu ya daripada berangkat mepet- mepet malah rawan telat
Komen Blog fennibungsu.com
lendyagasshi mengatakan…
Kalau di kantorku dulu briefing bukan absen siih..
Karena uda pasti ketauan aja.. wkkwkw~
Soalnya bosku galack. Mo alesan aiueo, pastikan briefing gak telat. Setelahnya mau ngapain, asalkan produktif (untuk pekerjaan) siih.. dibebaskeun.
Komen Blog fennibungsu.com
Mechta mengatakan…
Semacam apel pagi di tempat kami, tapi pembina apelnya ganti2an dari Kadis sampai dg Kabid2.. Biasanya ditutup dengan yel2 penyemangat dan doa pagi..
Komen Blog fennibungsu.com
Pipit ZL ceritaoryza.com mengatakan…
Saya termasuk yg tidak suka briefing pagi. Kerja ya kerja aja. Tapi tiap perush punya budaya berbeda sih
Komen Blog fennibungsu.com
Garis Senja Dinda mengatakan…
Aku dulu briefing pagi biasanya hari senin, dan asli jarang ada absen nanyain si ina ini. Paling-paling briefing isinya nanyain update kerjaan minggu lalu, problem sama rencana kerja minggu itu. Dan sebenarnya briefing ini penting g penting, apalagi kalau cuma sekedar absen si karyawan. Hehehe.. tapi tetep semangat kakak ❤️❤️
Komen Blog fennibungsu.com
Briefing adalah bagian dari menyamakan tujuan dan evaluasi dalam tim kerja. Bisa dilakukan sebelum atau sesudah pekerjaan dilaksanakan.
Komen Blog fennibungsu.com
Okti Li mengatakan…
Briefing kalau dilakukan secara konsisten bisa jadi ajang silaturahmi dan saling tahu antara atasan dan pekerja lainnya. Misal dengan menanyakan kabar, ngabsen seperti hal sepele tapi itu berkesan dalam sebenarnya di hati pekerja. Seperti diperhatikan jadinya kan
Komen Blog fennibungsu.com
mya wuryandari mengatakan…
saya senang sih kalo ada breefing pagi apalagi kalo agendanya jelas, itu bantu banget kita bikin to do list lebih tertata,eh tapi sudah lama banget ga kerja sih wkwkwk, breefing sendirian bikin list sendiri haha
Komen Blog fennibungsu.com
Putu Felisia mengatakan…
Saya yang nggak ngantor malah pengin ngerasain gimana acara briefing pagi. Kayaknya malah seru bersosialisasi sama teman kantor ya.
Komen Blog fennibungsu.com
Priyani Kurniasari mengatakan…
Apa ya kalau aku, sudah lama tidak ngantor. Kalau menurutku, briefing pagi itu penting untuk menjaga semangat tim ya, kasih motivasi atau tausiyah lalu ngecek kesiapan masing-masing personal terhadap jobdesknya..aaahh kangen kerja lagi
Komen Blog fennibungsu.com
Priyani Kurniasari mengatakan…
Hmmm..kalau aku udah lama gak ngantor mba, tapi kalau briefing itu yang bikin dikangenin kalau ada motivasi2 penambah semangat gitu
Komen Blog fennibungsu.com
Briefing pagi di BUMN itu wajib banget dilakuin. Ya, meski ada beberapa pegawai yang gak ikut brifing. Tapi kembali lagi ke bossnya biasanya
Komen Blog fennibungsu.com
Kata Nieke mengatakan…
Pagi-pagi naik komuter biar gak sesak adalah jalan ninjaku juga waktu dulu merantau di Jakarta. Aku dulu turun di Palmerah, Mbak. Kalo Mbak Jakarta Pusat, berarti Tanah Abang? Langsung kebayang kwrumitan dan membludaknya stasiun Tanah Abng. Semangat pekerja komuter!

Bener lhooo... briefing pagi itu PUEEEENNNNTIIIING. Aku dulu juga ada rutinitas rapat pagi. Waktu jadi atasan, juga ngebriefing temen-temen di bawahku ahar sesuai agendanya. Justru karena ada briefing pagi, siang dan seharian semua lancaaaaarr kerjanya. Bisa tepat waktu pula. Temen-temn juga bisa pulang ga pake lembur kecuali ada hal urgent.
Komen Blog fennibungsu.com
Eri Udiyawati mengatakan…
Tos yang sarapannya di kantor. Karena kalau di rumah gak sempet ya udah bawa aja.

Briefing pagi kalau di divisi saya kayaknya kurang cocok. Karena ya itu, kakau cuma tanya si A ke mana si B ke mana, hanya menyita waktu sedangkan pekerjaan sudah harus diselesaikan.

Jadi, kami gak ada briefing pagi tapi adanya meeting tiap Rabu. 😁
Komen Blog fennibungsu.com
Ainun mengatakan…
kalau di divisiku nggak ada mbak
aku briefing kalau pas mau ada event yang agak besar
biasanya yang rutin briefing pagi adalah temen temen salesman atau marketing
karena mereka juga perlu menginfokan ke atasan terkait soal target penjualan, result canvasing hari itu dan nyari win win solution
Komen Blog fennibungsu.com
Yanti Alif mengatakan…
Briefing pagi penting banget sih menurut aku jkerjaan jadi tertata tahu apa saja yang penting buat dikerjakan lalu tetap dikantor apa harus meeting diluar
Komen Blog fennibungsu.com
April Fatmasari mengatakan…
Suasana breifing pagi mendadak tegang ya, Mbak, kalau seperti itu. Hehe. Dulu sewaktu kerja di lembaga pendidikan, tidak selalu ada briefing pagi. Hanya insidental ketika ada acara atau ditugaskan ke sekolah lain
Komen Blog fennibungsu.com
S. Fauzia mengatakan…
Waktu masih ngantor aku seneng banget ngadain briefing pagi dengan karyawan, kadang sambil ngecharge dan ada masukan-masukan. Biasanya dibikin jadi kaya morning talk sambil sarapan bareng.
Komen Blog fennibungsu.com
Nurfadhilah Bahar mengatakan…
Hmmm... pengen ngerasain juga jadi pekerja kantoran. Seru kali ya, dibanding pekerja freelance kayak aku. Jadi bisa briefing pagi bareng teman-teman kantor. hehe
Komen Blog fennibungsu.com
lendyagasshi mengatakan…
Kadang-kadang briefing pagi bisa jadi horor kalau ada beberapa target yang meleset. Pasti diminta untuk kerjakan sekarang juga. Yang bikin BT kan, semua orang jadi tau, hehehe..
Jadi sebisa mungkin untuk memenuhi target pekerjaan dan membuat laporan terbaik. Minimal suasan briefing lebih slow...
Komen Blog fennibungsu.com
Antung apriana mengatakan…
di tempatku sekarang juga ada briefing paginya setelah apel cuma 1x seminggu aja. isinya ya kadang wejangan kadang evaluasi pekerjaan
Komen Blog fennibungsu.com
fanny_dcatqueen mengatakan…
Aku JD kangen masa2 kantoran 😂. Dulu aku juga tiap pagi wajib briefing mba. Krn waktu itu kerja di bank asing, jadi memang tiap pagi hrs kumpul, jam 8-8.30 hanya utk briefing pagi. 8.30 hrs bubar, Krn bank mulai buka untuk nasabah.

Yg dibahas ya ttg update keuangan dari seluruh dunia. Jadi kita ga ketinggalan berita. Trus dari pihak service dan operation KSH update ttg stok foreign currency, dan IDR ada banyak atau ga, update juga ttg case yg mungkin sedang terjadi atau heboh.

Apapun yg kira2 bisa mempengaruhi performance bank, kami pasti share.

Dulu di cabang yg besar, BM nya juga nanya kalo ada staff ga DTG, telat dll. Dampe akhirnya dibuat aturan aja, yg telat bayar denda. Udh cukup. Utk sales 50rb sekali telat, Krn gaji mereka besar. Kalo utk service ops 20rb.

Uangnya kami kumpulin dan akhir bulan makan2 😂
Komen Blog fennibungsu.com
Kalo saya di kantor nggak suka tiap hari briefing pagi sih mbak. Tiap hari tetap nanyain update pencapaian ke tim tapi cek data dulu baru nanyadan nggak mesti pagi.
Komen Blog fennibungsu.com
Ulfah Aulia mengatakan…
Wiss tiap hari briefing yah mba, mungkin udah jadi makanan sehari-hari yahh. Tapi memang topik briefing udah habis dulu sama nanyain kondisi2 tiap anggota, syukur2 bosnya tidak marahan dan klo udah marahan dahlah bakal bdmood kerja beberapa jam ke depan ya...

Kalo di kantor aku gak berlaku brifing tiap hari mba, ya karna posisi bagian admin kli ya dan kerjaannya itu ya seperti biasa aja. Itupun kalo ada briefing pas saat kita udah ada acara yg besar yg melibatkan semua karyawan kntor...
Mengenai Saya
Fenni Bungsu
Hi, #SemangatCiee jumpa dengan daku Fenni - si Milenial yang suka menulis tentang hal yang bermanfaat. Untuk bekerjasama bisa melalui email ke: fenni(dot)bungsu(at)gmail(dot)com ��Terima kasih��
Cari Blog Ini
BPN
BPN
BCC
BCC
Logo Komunitas BRT Network
Bplus
Bplus
Bloggerhub
Bloggerhub
KEB
KEB
MBC
MBC
KSB
KSB
Intellifluence
Intellifluence