Langsung ke konten utama

Seperti Apa Kans Bisnis Alat Berat Tahun 2024?

Bisnis alat berat menjadi salah satu pilihan bagi pengusaha karena memiliki peluang yang baik dalam mendukung ekonomi lebih meningkat. Mungkin untuk diawal-awal akan membutuhkan modal besar, tetapi seiring berjalannya bisnis akan mudah untuk menambah pasokan. Apalagi penggunaan alat berat dapat bermanfaat untuk berbagai industri seperti pertanian, pertambangan, konstruksi, dan sebagainya. 

peluang bisnis alat berat Indonesia

Apa Saja Contoh Alat Berat?

Mungkin kita sering mendengar nama-nama alat berat atau pernah melihatnya secara langsung maupun melalui media. Nah, berikut jenis-jenis alat berat di Indonesia cukup beragam, beberapa diantaranya adalah:

  1. Excavator yang bermanfaat untuk membuat galian, pengangkatan, maupun pemindahan material.
  2. Forklift dapat bermanfaat dalam mengangkat maupun memindahkan material karena memiliki bagian garpu/gerigi yang dapat diangkat dan diturunkan.
  3. Bulldozer berguna dalam pekerjaan land clearing atau ketika pertama kali pembentukan lahan.
  4. Crane yang berfungsi untuk mengangkat dan memindahkan material secara vertikal
  5. Loader bisa dimanfaatkan untuk memindahkan material (pasir, tanah, batu) dari satu alat angkut ke alat angkut lainnya (atau truk).
  6. Paver yang acap kali digunakan untuk peletakkan beton atau aspal pada permukaan jalan sehingga lebih halus.
  7. Backhoe Loader yang merupakan kombinasi antara excavator dan loader, bermanfaat untuk penggalian dan pengangkatan beban material berat.

Baca Juga: Ide Bisnis Rumahan Apa Saja?

Faktor yang Dapat Mempengaruhi Harga Alat Berat 

Harga alat berat bisa memungkinkan naik, tetapi dapat pula stabil. Hal tersebut bisa ditunjang dari faktor-faktor yang dapat memberikan pengaruh dalam berbisnis alat berat, yaitu:

  • Pertumbuhan ekonomi masa kini yang cenderung meningkat, maka dapat mendukung pula peluang permintaan alat berat pun meningkat pula.

  • Kebijakan pemerintah seperti peraturan keselamatan, infrastruktur, juga  insentif fiskal dapat mempengaruhi bisnis alat berat. 

  • Proyek infrastruktur saat ini di Indonesia masih terus digenjot misalnya jembatan, bandara, pembangunan jalan, maka permintaan akan alat berat juga memungkinkan terus berlangsung

  • Harga bahan bakar memiliki pengaruh kuat sehingga biaya operasional alat berat memungkinkan fluktuatif. 

  • Teknologi yang demikian masif berkembang mempengaruhi alat berat dalam menghadirkan alat-alat yang lebih ramah lingkungan, efisien, mudah dioperasikan secara digital.

  • Negara dengan pertumbuhan ekonomi tinggi dapat mempengaruhi kondisi pasar global sehingga biaya ekspor alat berat juga akan terpengaruh.

peluang bisnis alat berat internasional
dok. freepik

Bagaimana Peluang Bisnis Alat Berat Tahun Ini?

Kecenderungan akan meningkatnya atau melemahnya peluang bisnis alat berat dapat dipengaruhi pula dengan kondisi kita saat ini yang memasuki tahun politik, yaitu Pemilihan Presiden, juga Pemilu Legislatif yang akan berlangsung pada bulan Februari 2024 mendatang. Prediksi penurunan tersebut dikarenakan melambatnya proyek infrastruktur jelang Pemilu ini. 

Sebagaimana yang saya kutip dari laman Bisnis.com (15/09/2023), bahwa pada tahun 2022 produksi alat berat untuk pertambangan dan konstruksi meningkat (menjadi 8826 unit), lalu tahun 2023 mulai menurun 4.014 dari 7.458 pada semester pertama. Kemudian di tahun 2024 memungkinkan melandai. 

prediksi industri bisnis alat berat indonesia
dok. freepik

Apapun kans yang memungkinkan dalam berbisnis alat berat, sejatinya tetap terus diusahakan sebaik mungkin. Bisa dikembangkan dalam fitur-fitur yang semakin kekinian dan praktis ketika dijalankan, emisi gas buang yang bisa dikurangi sehingga lebih ramah lingkungan. Dan peluang lainnya yang bisa terus diusahakan, karena seorang pengusaha di bidang alat berat jangan pernah lelah untuk terus update perkembangan regulasi, perekonomian masa kini, dan tren pasar, sehingga bila terjadi hal-hal di luar dugaan bisa cepat diantisipasi segera.  

Komentar

Maria G Soemitro mengatakan…
iya banget
beberapa waktu lalu butuh backhoe dan peralatan berat lain

tapi enggak tau harus ke mana
Karena itu bagus banget tulisan ini untuk memantik semangat pengusaha yang bergerak di bidang ini
Annie Nugraha mengatakan…
Di daerah industri seperti Cikarang (tempat saya tinggal), bisnis penyewaan alat berat bertumbuh kembang dengan baik. Banyak lahan-lahan kosong yang kemudian dijadikan pabrik atau kantor. Pembangunan ini tentunya membutuhkan banyak alat berat selain SDM.
Yuni Bint Saniro mengatakan…
Iya sih. Terkait soal kebijakan sama proyek pembangunan yang akan dijalankan juga ya. Apakah membutuhkan alat berat atau nggak. Begitu nggak sih?
Okti Li mengatakan…
Sepertinya bisnis alat berat ke cianjur selatan mulai bisa jadi peluang deh. Soalnya disini tuh sering longsor, sementara alat berat diperbantukan dari pupr kabupaten saja jadi waktu lama. Belum lagi kalau ada masyarakat yg memerlukan untuk memugar bukit dan meratakan lahan, memerlukan alat berat itu susah
GE MAULANI mengatakan…
Waaah mbak, nambah lagi nih ilmu saya. Ternyata alat berat bukan cuma Excavator, forklift, bulldozer, dan crane aja ya. Masih ada yang lainnya ternyata dan saya baru tahu. Kayaknya menjelang pemilu tuh bukan cuma bisnis alat berat aja yang mengalami penuruan karena pelambatan pembangun infrastruktur, bisnis lain juga ikutan melambat
lendyagasshi mengatakan…
Alat berat saat ini uda hemat emisi karbon ya..
Bagus karena memerhatikan hal-hal sedetil ini. Diharapkan proyek lancar dan bisnis persewaan alat berat pun bisa berjaya kembali.
Wahid Priyono mengatakan…
Yups, bener banget bisnis konstruksi alat berat memang sedang marak karena banyak pembuatan gedung perusahaan dll.
Topik Irawan mengatakan…
Saya suka ngeliat crew eskavator sedang bekerja, keren banget ngeliatnya, prospek alat berat masih terbuka sepertinya meski tak sepopuler mobil.
Han mengatakan…
Keinget sama Fellexandro Ruby yang punya bisnis ini. hahah dia jadi salesnya alat berat gitu ceritanya, kan susah yaa jualinnya. Nah sama dia marketingnya bagus banget dibikinnya, jadi dia kumpulin nih data2 orang2 yang sewa alat berat, terus sekali sewa berapa, omsetnya berapa setahun. hihi. Jadi lakunya banyaaak karena orang punya mindset baru soal alat berat ini
Dyah Kusumastuti Utari mengatakan…
Beberapa yang saya tahu untuk alat berat, perusahaanmemilih untuk menyewa saja karena jarang dipakai dan investasi yang diperlukan juga cukup besar. Sedangkan di sisi lain hal ini juga membuat peluang usaha bagi seseorang yang ingin mempunyai usaha penyewaan alat berat.
Windi astuti mengatakan…
hidup di dunia begitu beragam ya. Kadang aku berpikir, orang-orang yang terjun di dunia bisnis alat berat sungguh luar biasa ya. Dan aku rasa juga prospek. seiring berkembangnya waktu, orang juga akan terus melakukan pembangunan. Butuh alat berat yang mendukung hal tersebut.
Diah Alsa mengatakan…
bisnis alat berat ini punya prospek besar juga ya, tapi butuh modal besar juga untuk bisa menjalankannya sih ya, secara harga alat berat pasti lebih besar daripada kendaraan biasa.
YWidya mengatakan…
Jadi teringat teman yang punya bisnis alat berat di luar negeri. Sepertinya di Indonesia juga cukup menjanjikan bisnisnya
Karunia Sylviany Sambas mengatakan…
Sepertinya keberadaaan alat berat akan terus diperlukan peranannya, ya, Mba. Apalagi jika lebih memperhatikan aspek lingkungan, bisnis alat berat ini bisa makin dilirik.
Nita Juwithafina mengatakan…
kalau baca ini aku jadi teringat jaman kerja. Dulu kerja buat aplikasi untuk alat berat jadi banyak tau nama2 alat berat yang unik2