Cara Pasang Dinding Keramik di Sekolah, Anti Ambrol!

Pemasangan dinding keramik di sekolah memerlukan perhatian dan kehati-hatian ekstra. Apalagi sekolah adalah tempat berkumpulnya banyak orang, baik siswa, guru, dan petugas lainnya. Hal ini penting untuk memastikan bahwa hasilnya kuat, tahan lama, dan tidak mudah ambrol. 

Cara Pasang Dinding Keramik di Sekolah

Sebab, dengan banyaknya aktivitas dan lalu lintas siswa, dinding dari keramik yang terpasang dengan baik tidak hanya menambah estetika, tetapi juga menjaga keselamatan dan kenyamanan semua orang di lingkungan sekolah. 

Langkah-Langkah Pasang Dinding Keramik di Sekolah

Banyak kasus atau pemberitaan mengenai dinding sekolah yang ambrol. Salah satu penyebabnya karena cara pasang dinding yang tidak tepat. Berikut adalah langkah-langkah rinci yang perlu diikuti untuk memastikan pemasangan dinding dari keramik, supaya kokoh dan tahan lama.

1. Pilih Keramik yang Berkualitas

Langkah pertama yang sangat penting adalah memilih keramik yang berkualitas tinggi. Pilihlah keramik yang tahan lama dan dirancang khusus untuk dinding. Keramik berkualitas biasanya memiliki daya tahan yang lebih baik terhadap retakan dan keausan, serta mudah dibersihkan. 

Pastikan juga kamu memilih keramik dengan permukaan yang sesuai. Misalnya, pilih yang mengkilap untuk kemudahan pembersihan atau matte untuk mengurangi silau.

2. Gunakan Perekat yang Tepat

Penggunaan perekat yang tepat sangat penting untuk memastikan keramik menempel dengan kuat pada dinding. Perekat keramik dinding yang digunakan harus sesuai dengan jenis keramik dan kondisi dinding. 

Gunakan perekat khusus keramik yang memiliki daya rekat tinggi dan tahan terhadap kelembaban. Perekat jenis ini biasanya berbahan dasar semen dan telah diformulasikan untuk memberikan ikatan yang kuat dan tahan lama.

Kamu bisa menggunakan SikaCeram®-180 P untuk merekatkan keramik ke dinding. Perekat ini memiliki daya lekat yang sangat baik, cocok untuk granit, serta bisa untuk pemakaian pada dinding dan area basah (tidak terendam).

Aplikasi perekat keramik sangat mudah, hanya menggunakan air. Kamu bisa menggunakannya pada dinding, lantai, interior, eksterior, permukaan screed, plester hingga beton. Saat menggunakan perekat ini, kamu tidak perlu merendam keramik sebelum diaplikasikan, sehingga pemasangan jadi lebih mudah dan cepat. 

3. Persiapkan Permukaan Dinding

Sebelum memasang keramik, pastikan permukaan dinding dalam kondisi yang optimal dan siap. Permukaan yang tidak dipersiapkan dengan baik dapat menyebabkan keramik tidak menempel dengan sempurna dan akhirnya ambrol. 

Permukaan dinding harus bersih, rata, dan kering. Hilangkan semua kotoran, debu, dan minyak yang dapat mengganggu daya lekat perekat. Kamu bisa nih menggunakan sapu, kain lap basah, atau vakum untuk membersihkan debu dan kotoran.

Jika terdapat retakan atau lubang pada dinding, perbaiki terlebih dahulu dengan plesteran. Hal ini agar permukaan menjadi rata dan siap untuk pemasangan keramik.

Cara Pasang Dinding Keramik di Sekolah Anti Ambrol
ilustrasi dari freepik

4. Perhatikan Teknik Aplikasi Perekat

Aplikasi perekat harus dilakukan dengan teknik yang benar. Gunakan trowel bergerigi untuk mengaplikasikan perekat pada dinding secara merata. Ukuran trowel bergerigi ini sebaiknya disesuaikan dengan ukuran keramik.

Pastikan ketebalan perekat cukup untuk menahan keramik, tetapi tidak terlalu tebal sehingga keramik dapat terpasang dengan rata. Selain itu, pasang saat perekat masih dalam keadaan basah. 

Tempelkan keramik pada dinding dengan memberikan tekanan yang cukup agar perekat tersebar merata di belakang keramik dan menempel dengan kuat. Kamu harus menggunakan aplikasi nat minimal 24 jam setelah pemasangan.

5. Atur Jarak Antar Keramik

Pengaturan jarak antar keramik sangat penting untuk memberikan ruang bagi nat atau grout. Gunakan spacer keramik untuk memastikan jarak antar keramik seragam. 

Jarak yang ideal biasanya antara 2-5 mm, tergantung pada ukuran keramik dan preferensi estetika. Jarak yang seragam akan memberikan hasil akhir yang lebih rapi dan membantu mengakomodasi pergerakan kecil pada keramik akibat perubahan suhu dan kelembaban.

6. Periksa Sambungan sebelum Finishing

Sebelum melakukan finishing dengan nat, periksa terlebih dahulu semua sambungan keramik. Pastikan tidak ada keramik yang goyah atau tidak rata. Jika ada keramik yang perlu disesuaikan, lakukan sebelum nat diaplikasikan. 

Setelah yakin semua keramik terpasang dengan baik, aplikasikan nat dengan hati-hati. Pemasangan nat ini 24 jam setelah perekatan selesai. Nat tidak hanya berfungsi sebagai pengisi celah, tetapi juga memberikan kekuatan tambahan pada keseluruhan struktur keramik.

Jangan lupa untuk melakukan pembersihan terhadap keramik. Kamu bisa menggunakan spons atau kain katun basah untuk melakukan proses pembersihan.

Kesimpulan

Pemasangan dinding keramik di sekolah memerlukan perhatian khusus dan teknik yang tepat untuk memastikan hasil yang kuat dan tahan lama. Memilih keramik yang berkualitas, menggunakan perekat yang tepat, dan mempersiapkan permukaan dinding adalah langkah-langkah dasar yang tidak boleh diabaikan. 

Selain itu, teknik aplikasi perekat yang benar, pengaturan jarak antar keramik yang seragam, dan pemeriksaan sambungan sebelum finishing juga merupakan langkah-langkah penting untuk menghindari masalah ambrol pada kemudian hari.

Cara Pasang Dinding Keramik di Sekolah Anti Ambrol
ilustrasi dari freepik

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, kamu dapat memastikan bahwa dinding pada keramik di sekolah tidak hanya estetik, tetapi juga aman dan tahan lama. Pemasangan yang baik dengan memilih SikaCeram®-180 P sebagai perekat keramik dinding, membuat sekolah jadi lebih aman dan tidak mudah ambrol.

Sika sudah memiliki pengalaman selama 113 tahun dan sudah handle project global. Di Finlandia, Sika telah berhasil menghandle Balai Kampus Kokkola. Sika juga yang pertama kali mencetuskan waterproofing semen di Indonesia.

Pemasangan yang baik akan menghemat biaya perawatan di masa depan dan memberikan lingkungan yang lebih nyaman dan aman bagi siswa dan staf sekolah. Jangan ragu untuk memberi perekat dinding keramik dengan Sika. Kalau ada yang ditanyakan lebih lanjut maupun berkonsultasi, kamu langsung terhubung melalui kontak dan simak juga laman Sika.

55 komentar

Yuk, komen terbaikmu. Jangan menyisipkan link ya, karena akan daku hapus dan tidak berkunjung balik
  1. Sekolah memang tempat banyak orang berkumpul. Ada siswa, guru dan staff lainnya. Membangun dinding keramik perlu hati-hati. Termasuk perekatnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi keamanan sekolah memang sangat dipertaruhkan
      Karena itu bahan bangunan semua mending ambil dari pengusaha yg profesional dan terpercaya seperti SikaCeram

      Hapus
  2. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas dan memperhatikan tips tambahan, kita bisa memasang keramik dinding dengan kokoh dan anti ambrol. Ingatlah bahwa persiapan yang matang dan teknik pemasangan yang tepat adalah kunci utama untuk hasil yang maksimal. Klau emang ngga bisa, serahkan pada yang ahli hehehe

    BalasHapus
  3. Pemasangan keramik pada dinding ini memang agak sulit ya, biasanya dulu, kalau ngawasin tukang pasang keramik, yang keramik dinding paling lama progresnya. Karena butuh kehati-hatian, jangan sampai ambrol, tapi kalau pakai Sika emang lebih kuat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar, Kak. Umumnya kan keramik buat lantai ya. Kalau dipasang ke dinding jadi agak berat dia. Butuh perekat yang berkualitas kayak Sika.

      Hapus
  4. Pasang keramik memang gak bisa asal-asalan, ya. Nah, kitanya juga sebaiknya tau caranya. Termasuk memilih bahan yang berkualitas. Meskipun untuk pengerjaannya nanti dikerjakan tukan yang berpengalaman

    BalasHapus
  5. Intinya, mesti diserahkan pada tukang pasang keramik yang profesional dan nggak suka ngakalin klien. Hehe.... Bukan apa-apa sih. Kesel aja kalau kita sudah menganggarkan keramik berkualitas tapi yang masangnya asal-asalan.

    BalasHapus
  6. Untuk hasil optimal selain pakai keramik berkualitas perekatnya juga harus yang bekualitas ya mbak seperti sikaceram ini. Agar keramik awet dan tahan lama

    BalasHapus
  7. Eh iyaa kalau dindingnya dikasih keramik maka akan lebih bagus dan rapi ya. Para murid juga makin betah di sekolah.

    BalasHapus
  8. kalo udah soal urusan rumah atau apapun yg harus memakai keramik dll, aku juga males pakai barang yg ga berkualitas.. namanya bangunan kalo bisa kan awet bertahun2 yaaa... males aja kalo ntr masalah yg timbul itu2 lagi, keramik pecah, retak dll. gapapa deh mahal di awal, yg penting berkualitas. dan pakai tenaga/tukang yg membangun juga yg punya reputasi bagus, biar terbukti hasilnya juga awet.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener ka Fan..
      Rasanya kerja tuh sekalian yang bagus dan yang rapih gitu yaa.. Semoga gak salah pilih tukang dan produk terpercaya.

      Hapus
  9. Sika ini produk Finland?
    Wah cakep banget yaah.. Karena uda terbukti aman bikin keramik pada dinding menempel dengan sempurna.

    BalasHapus
  10. Ternyata tidak bisa sembarangan ya untuk pemilihan keramik dinding sekolah. Aku kira semua keramik sama saja, padahal penanganannya juga berbeda. Sekarang udah banyak pilihan keramik untuk dinding sekolah ya, jadi terlihat indah.

    BalasHapus
  11. jika menggunakan dinding keramik ini jadi lebih rapi ya dan minim maintenance karena kalau kotor tinggal lap aja, asal pemasangannya tepat agar tidak mudah ambrol

    BalasHapus
  12. ternyata ada perekat khusus untuk keramik ya?
    Selama ini cuma tahu beres, gak tau proses memasang keramik
    dan ternyata ada perekat khusus agar dinding keramik enggak ambrol

    BalasHapus
  13. Betul kalau sedari awal pemasangan nya sudah baik, gak cepat rusak jadi tahan lama, gak harus lagi mengeluarkan biaya untuk renovasi dll. Paling perawatan sendiri aja supaya keramiknya bersih ya

    BalasHapus
  14. Pemasangan keramik pada dinding ini, biasanya banyak di aplikasikan di kamar mandi. Kalo sekolah malahan aku jarang lihat. Ini dimaksud mungkin agar air juga tidak merembes keluar. Selain keramik yang berkualitas memang semennya ini juga sangat mempengaruhi.

    BalasHapus
  15. Selain yang mengerjakan juga sudah terbiasa dan terbilang ahli, produk untuk keramik agar anti ambrol ini juga sudah pasti perlu diperhatikan banget ya..

    produk dari Sika ini bisa dijadikan referensi nih untuk para pebisnis properti biar enggak boncos anggaran di penyusutan bahan bangunan yang dipakai! :)

    BalasHapus
  16. Kayaknya sekolah emang lebih baik di keramik ya. Karena kalau di cat biasa lama-lama bisa mengelupas. Demi keamanan dan kenyamanan warga sekolah juga, lebih baik di keramik. Tapi, pemasangan keramik juga harus diperhatikan. Agar awet dan tidak mudah lepas. Untungnya ada Sika yang menyediakan produk perekat keramik. Bisa jadi solusi untuk pemasangan keramik di sekolah nih.

    BalasHapus
  17. Sepertinya memang teknik memasang keramik di lantai dasar dengan di dinding ada bedanya ya. Apalagi untuk sekolah, harus kokoh agar tidak mudah lepas dan membahayakan anak murid.

    BalasHapus
  18. Di sekolah memang akan lebih nyaman klo dindingnya pakai keramik ya mbak
    Tapi tentunya harus dipastikan aman, biar nggak ambrol

    BalasHapus
  19. Memang beda ya mbak cara pemasangan dinding keramik di sekolah dengan di gedung lainnya? Apakah karena pertimbangan keamanan bagi banyak anak-anak siswa sekolah

    BalasHapus
  20. Dengan keramik maka dinding makin estetik ya dan secara ga langsung menunjang pembelajaran. Salut untuk Sika deh

    BalasHapus
  21. Bahaya juga kalo keramik ambrol di sekolah, huhu.. Selain pemasangan yg tepat, kudu pilih keramik yang berkualitas juga, dari Sika pastinya.

    BalasHapus
  22. Intinya mengerjakan harus yg sudah berpengalaman ya mba...gak asal.ambil tukang karena murah tapi harus tau gimana pasang keramik yang benar dan gak cepet.rusak/ambrol..noted nih produk Sika bisa buat rumah baru ku nti

    BalasHapus
  23. soal kramik dinding ini memang tidak boleh disepelakan. makanya pemasangannya harus benar juga. Kalau sudah keramiknya bagus, perekatnya bagus, lalu dipasang dengan tukang berpengalaman, maka Insya Allah aman dari ambrol.

    BalasHapus
  24. Baik sekolah maupun di rumah, pemasangan keramik emg ga bs ngasal ya kak. Lebih baik pake jasa tukang yang lebih tahu ttg detail pemasangan keramik sehingga ga rusak setelah pasang.

    Penasaran dgn Sika ini. Pasti kualitasnya bagus banget ya sampai banyak yg rekomendasikan.

    BalasHapus
  25. Selain harus memerhatikan perekat keramik yang berkualitas baik, seperti SikaCeram, teknik pemasangan juga perlu diperhatikan. Keramik harus direndam dulu sebelum dipasang, supaya menyatu/homogen dengan lem keramiknya.

    BalasHapus
  26. Ternyata ada perekat khusus ya untuk keramik. Keramik yang biasa dipasang di lantai tuh apa bisa juga di pasang di dinding, mba?

    BalasHapus
  27. Aku pernah denger Sika ini dipake jg sama hotel2 zaman dulu, keren banget dan emang seawet itu, baru ngeh sih, dan memang modelnya timeless ya

    BalasHapus
  28. Keramik di dinding bikin dinding nggak mudah kotor, dan pastinya nggak perlu repot bolak-balik ngecat. Tapi emang sih, untuk masangnya nggak boleh asal-asalan. Btw untuk penggunaan Sika, cukup familiar sih. Waktu ngerenov rumah beberapa waktu lalu, pakai waterproofing cement dari Sika.

    BalasHapus
  29. Pemasangan keramik pada dinding membutuhkan keterampilan khusus karena letaknya. Selain itu, harus benar-benar rekat serta harus presisi agar indah dilihat.

    BalasHapus
  30. Pemasangan dinding menggunakan keramik ini bikin perawatan lebih mudah dan dinding tetap bersih. Kalau dilakukan oleh tenaga profesional, maka jadinya pun lebih awet.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes, pemasangan yang benar dengan menggunakan perekat berkualitas bakalan bikin keramik dinding awet.

      Hapus
  31. Cara memasang dinding keramik yang benar menentukan kekuatanke depannya. Akan lebih baik memang diserahkan kepada ahlinya

    BalasHapus
  32. diperlukan tenaga profesional ya memasang keramik di dinding sekolah, kalau asal-asalan bisa bahaya dan juga pengeluaran akan membengkak.

    BalasHapus
  33. Wah iya ya baru ngeh kalo pemasangan keramik di sekolah itu perlu perhatian khusus. Namanya sekolah dengan banyak anak-anak dan tingkah polahnya, tentu harus terpasang dengan baik dan aman untuk anak-anak.

    BalasHapus
  34. Kalau sudah skala sekolah gini sih penggunaan material dan cara pengerjaan juga harus tepat ya. Karena bahaya juga nih kalau asal-asalan pasangnyakan.

    BalasHapus
  35. memang ada triknya ya buat pasang keramik di rumah maupun gedung biar gak ambrol dan harus yang profesional yang pasang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada dong Mak. Aku pernah tuh ya nanya sama.tukang. ternyata ya mereka.belajanrnya ga sebentar loh

      Hapus
  36. Teknik pemasangan didukung bahan yang berkualitas ngaruh banget dengan hasilnya. Ngeri sih kalo sampai keramik dinding ambrol.

    BalasHapus
  37. Serem juga sih kalau sampai dinging kremaik amborl mengenai siswa-siswa ya mbak. Maka dari itu perlu pemasangan yang cermat menggunaka perekat yang tepat dan memilih keramik berkualitas. Wah makasih infonya untuk perekat keramik dinding dari SIkaCeram

    BalasHapus
  38. Kalau untuk sekolah gak bisa main-main dan ngasal ya mak. Wajib pilih produk yanb beneran bagus apalagi untuk dinding sekolah yang memang jadi pondasi utama ya. Buat kenyamanan dan keselamatan juga tentunya

    BalasHapus
  39. Eh iya saya pernah mempelajari tentang waterproofing semen di Indonesia yang dilakukan Sika. Bagus lho itu teknik dan hasilnya
    Bangunan jadi makin kokoh dan bisa menguatkan berhemat keuangan

    BalasHapus
  40. Ada tekniknya ya. Dan kudu dikerjakan oleh ahlinya. Agar dinding keramik tidak mudah ambrol ya mbak

    BalasHapus
  41. tips bagus nih untuk para pemilik property ya mak. aku juga pengen ngerti nih teknik yang pas untuk masang keramik untuk meja makan di rumah. baca artikel ini ternyata masang keramik itu ada lem khususnya ya

    BalasHapus
  42. Nah iya ya, dinding keramik sekarang kok banyak yang mudah ambrol. Sekolah. masjid, rumah, banyak yang keramiknya ambrol. Mungkin di perekatnya yang kurang bagus atau juga caranya yang salah, ya.

    BalasHapus
  43. Untuk pasang keramik disekolah, mesti harus profesional, dan menggunakan bahan yang kuat berkualitas, serem banget kalo sampai ambrol dan makan korban..

    BalasHapus
  44. Untuk kenyamanan serta keamanan emang nggak bisa anggap remeh urusan dinding. Aku setuju saran yang mba berikan. Termasuk untuk memberikan perekat yang tepat untuk dinding agak tak ambrol

    BalasHapus
  45. Kadang pihak sekolah gak awas soal ini
    Padahal kalau keramik banyak yang ambrol, biasanya bisa melukai anak-anak
    Entah kesandung lah atau bahkan bisa jadi sasaran media bully bagi anak anak yang bermasalah

    BalasHapus
  46. Perekat dinding keramik ini memang penting banget. Harus yang berkualitas karena berkaitan dengan kenyamanan, estetika, dan budget juga supaya awet,

    BalasHapus
  47. Pemilihan perekat keramik yang salah jadi sumber masalah keramik ambrol ya Kak, alih-alih bagus dindingnya malah jadi rusak

    BalasHapus
  48. Pemasangan dinding keramik di sekolah memang harus hati-hati dan sebaiknya menggunakan material kualitas tinggi. saya jadi ingat berita anak sekolah yang tertimpa dinding pagar keramik saat hujan-banjir.

    BalasHapus
  49. Kualitas material keramik yang baik serta pemasangan yang benar, bisa ngurangin risiko keramik ambrol. Apalagi kalau dipasang di sekolah yang dipakai aktivitas sehari-hari, jika ambrol bisa menyebabkan orang terluka.

    BalasHapus
  50. Kalau soal pasang memasang bangunan, tak boleh ketinggalan tukang ahli karena mereka tahu selanya gimana. Agar hasil memuaskan dan rapi.

    BalasHapus
Mengenai Saya
Fenni Bungsu
Hi, #SemangatCiee jumpa dengan daku Fenni - si Milenial yang suka menulis tentang hal yang bermanfaat. Untuk bekerjasama bisa melalui email ke: fenni(dot)bungsu(at)gmail(dot)com ��Terima kasih��
Cari Blog Ini
BPN
BPN
Logo Komunitas BRT Network
Bplus
Bplus
Bloggerhub
Bloggerhub
KEB
KEB
MBC
MBC
KSB
KSB
Intellifluence
Intellifluence
Postingan Terpopuler Tahun Ini