Resensi Buku: The Autobiography of Valentino Rossi

Fenni Bungsu (Buku) - Akhirnya, bisa juga disempatkan nulis ulasan buku ini. Hemmm, padahal belinya kapan, bacanya kapan, eh ngulasnnya kapan, heheh ^_^

Yah, tidak mengurangi rasa yang pernah ada, deh :-) , maka dengan ini saya publish juga ulasan buku Valentino Rossi.

Selamat membaca! :-)

=======================================================

(Dok: pribadi)

Kupas Perjalanan Hidup Valentino Rossi

Judul asli: The Autobiography of Valentino Rossi, What if I had Never Tried It
Judul: Otobiografi Valentino Rossi, Andai Aku Tak Pernah Mencobanya
Penulis : Valentino Rossi
Penerjemah : Doni Suseno
Cetakan: ke-II
Tahun terbit: 2006
ISBN: 979-333-003-1
Penerbit : Ufuk Press

***
Buku ini mengenai perjalanan hidup seorang juara dunia yang menjuarai setiap kelas: 125cc, 250cc, 500cc dan MotoGP. Dimulai saat Rossi kecil mengendarai minicross atau motor balap mini, dari situlah muncul keinginan kuat untuk balapan dan bersaing. Ia terus berjuang dengan tekadnya akan kendaraan roda dua itu, hingga mendapatkan gelar juara dunia dengan motor bernomor 46.

Perpindahan Rossi dari pabrikan Honda ke Yamaha yang saat itu sedang berada dalam kesulitan serius, ternyata membuahkan hasil maksimal. Tepat di tanggal 18 April 2004 sebagai hari bersejarah atas pertama kalinya Rossi memenangkan balapan pertamanya bersama Yamaha. Tak hanya dengan pabrikan berlogo garpu tala itu saja Rossi menjadi juara dunia, ia menjadikan Aprilia dan Honda sebagai jajaran motor terhandal.

Dalam buku ini terdapat asal mula panggilan Rossifumi, pemakaian nomor 46 sebagai identitas Rossi, kisah Rossi bersama teman "satu gengnya", dan yang menarik menurut saya adalah pengalaman Rossi saat membalap Max Biaggi dan Sete Giberneau. Gaya bercerita yang khas seorang Rossi, membuat saya seakan-akan sedang berada dalam balapan tersebut, maka saya beri tiga bintang.

Waktu aku masih muda dulu, aku benar-benar menggandrungi motocross, tetapi Graziano tidak setuju. Dia bilang kalau motocross itu berbahaya, apalagi buat pembalap cepat, dan buang-buang waktu saja mempelajari itu kalau kamu sebenarnya ingin balapan di trek, karena trek motocross itu penuh lompatan, lubang, dan kanal, hal yang benar-benar tak kamu temui di trek balapan - Hal.241.

Ayah Rossi ternyata memberikan arahan yang luar biasa sehingga Rossi menjadi juara dunia dan cocok dengan gelar The Doctor.

Hmm, ada yang membuat saya takjub atas pernyataan Rossi, Ibu akan datang menyaksikan balapan-balapan besar dan ibu akan selalu ada di saat aku meraih gelar juara dunia, tak peduli seberapa jauh jaraknya itu - Hal. 272.

Kira-kira waktu Rossi gak jadi juara dunia, ibundanya tetap ada gak ya??

Bahasa yang digunakan sangat ringan, mudah dicerna dan bersahabat. Tak hanya itu, dalam buku ini disajikan pula beberapa lampiran gambar yang dicetak berwarna, yaitu saat Rossi kecil mengendarai motocross, gambar bersama Michael Schumacher, Ronaldo, Mick Doohan dan perayaan ketika Rossi memenangkan balapan. Saya beri tiga bintang untuk hal itu.


Korbannya adalah kebenaran yang disamarkan - Hal. 296.
Kalimat tersebut kurang saya pahami maksud dan tujuannya.

Walaupun diuraikan secara gamblang atas kenakalan masa muda Rossi yang selalu balapan dan seorang yang hebat akan gelar juara dunia yang disandangnya, ternyata Ia merupakan sosok yang mendengarkan nasihat kedua orangtuanya.
Jadi, saya beri applause untuk Valentino Rossi dengan buku otobiografinya ini yang layak untuk dibaca.

Yeah..secara keseluruhan buku ini tiga bintang untuk The Doctor
***

Komentar

  1. waah ane ngefans nih sama si VR46, gaya balapnya ituloh wussshhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, Kak.
      Mudah-mudahan tahun depan jadi juara dunia yaak

      Hapus
  2. Pembalap MotoGP kesukaaan saya #VR46.Nanti kalo ada uang gua coba beli bukunya

    BalasHapus
  3. Dari dulu fans nya valentino rossi.baru sekarang mengetahui dengan jelas biodatanya.

    BalasHapus
  4. Mantap nih ternyata ada y bukunya... Fans dari dulu :D hehehehe

    BalasHapus
  5. Jadi pingin baca lengkapnya, fans fanatic Rossi

    BalasHapus

Posting Komentar

Maaf, untuk yang komentar dengan menyelipkan link maupun alamat web, saya hapus 🙏

Postingan populer dari blog ini

Awasi Teknologi Nuklir, BAPETEN Siap Lindungi Negeri

Pilih Paket Umroh Sesuai Pilihan di Umrohnesia

Trans Jakarta Gratis 6, 7 dan 13 Oktober 2018

Dompet Dhuafa Siap Gelorakan Semangat Menjawab Panggilan Zaman

Smartphone Lenovo K9 Menjawab 5 Hal ini

Akuisisi PT Freeport, Apa Saja Tantangan Inalum Persero?

#TempatNMakanan Edisi Awal Oktober 2018