Langsung ke konten utama

Ada Psikiater dan Psikolog di Aplikasi Halodoc

Ada Psikiater dan Psikolog di Aplikasi Halodoc (Kesehatan) – Perkembangan startup terutama di bidang kesehatan, dapat dikatakan mendapat apresiasi positif dari masyarakat. 


Adanya kemudahan pencarian informasi yang valid dan terpercaya dari pakar kesehatan langsung serta kemudahan hanya dengan satu genggaman saja yaitu melalui ponsel dengan cukup mengunduh aplikasinya saja misalnya, menjadi daya tarik tersendiri.



Ada Psikiater dan Psikolog di Aplikasi Halodoc



Sekilas tentang Halodoc


Oleh karena itu wajar saja bila inovasi terus ditingkatkan demi kenyamanan pengguna, seperti yang dihadirkan dari startup kesehatan dengan lambang stetoskop ini yaitu Halodoc. 


Startup kesehatan ini diluncurkan pada tahun 2016 oleh Jonathan Sudharta selaku Chief Executive Officer, tersedia dalam bentuk aplikasi yang dapat diunduh baik melalui Play Store maupun Apple Store.  

Ada Psikiater dan Psikolog di Aplikasi Halodoc
Dr. Eva Suryani dan Mbak Felicia Kawilarang - Dok. Fenni Bungsu


Gathering Halodoc - Kenali Kesehatan Mental


Tepat di tanggal 29 Agustus 2018 lalu, Halodoc mengadakan gathering with Media and Blogger dengan tajuk, Kenali Kesehatan Mental Sejak Awal, Dapat Menekan Laju Depresi


Acara yang dihadiri dari berbagai media dan komunitas MBC (Mom Blogger Community) ini bertujuan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat agar tidak canggung lagi bila ingin berkonsultasi mengenai stres yang sedang atau mungkin dihadapi akibat rutinitas harian. 

Ada Psikiater dan Psikolog di Aplikasi Halodoc
Apa itu sehat jiwa? - Dok. Slide Presentasi Halodoc 


Dalam sambutannya, Felicia Kawilarang selaku Tim Marketing Halodoc, menyampaikan bahwa di dalam aplikasi Halodoc telah tersedia Psikiater dan Psikolog guna membantu kesehatan mental. Ini didasarkan data dari WHO bahwa 1 dari 7 orang di dunia ini mengalami gangguan kesehatan mental, dikarenakan masih tabunya mengenai masalah ini.  

Ada Psikiater dan Psikolog di Aplikasi Halodoc
Penggolongan depresi - Dok. Slide Presentasi Halodoc


“Setiap orang bisa mengalami stres atau tekanan. Di lain hal banyak penderita yang tidak menyadari gejala awal stres yang dapat berpotensi memicu depresi," papar Dr. Eva Suryani, Sp, KJ, Kepala Divisi Edukasi dan Training Asosiasi Psikiatri Indonesia Wilayah DKI Jakarta. 


"Contoh depresi seperti putus pacar, si anak yang tidak dapat menghadiri pemakaman ketika orangtuanya meninggal dunia, atau orangtua yang terlalu otoriter terhadap pola asuh anaknya," sambungnya.

Ada Psikiater dan Psikolog di Aplikasi Halodoc
Terapi Farmakologi untuk atasi depresi - Dok. Slide Presentasi Halodoc


Kalau Anda merasakan gejala seperti perasaan murung/sedih, kehilangan minat/kesenangan, sulit konsentrasi, kepercayaan diri berkurang, memandang masa depan suram, tidur terganggu ataupun pada selera makan yang tidak enak, muncul hal-hal yang ternyata membahayakan diri, maka dapat dikatakan bahwa Anda depresi.

Ada Psikiater dan Psikolog di Aplikasi Halodoc
Pengobatan depresi dengan Terapi Kejang Listrik - Dok. Slide Presentasi Halodoc



Di Halodoc Sudah Tersedia Psikiater dan Psikolog


Untuk mengatasi dan mengobati depresi bisa dengan Terapi Farmakologi, Terapi Kejang Listrik (ECT), dan Terapi Psikologik. Hanya saja terdapat tantangan dalam mengatasi gangguan mental ini dimana kurangnya jumlah psikiater di Indonesia dan hal itu pun tidak merata. Karena rata-rata 70% psikiater berada di pulau Jawa. 


Oh iya sebagai informasi juga nih, psikolog dan psikiater itu berbeda lho. Psikolog tidak bisa memberikan terapi obat. Sedangkan Psikiater adalah sebaliknya, karena dasarnya sebagai dokter. Sehingga kolaborasi diantara keduanya diperlukan guna membantu penyembuhan pasiennya.


Di Halodoc terdapat psikiater dan psikolog yang totalnya berjumlah 10 orang, yang akan hadir setiap hari sesuai dengan jadwal yang tertera di fitur "Kontak Dokter" aplikasi Halodoc. 




Jadi masyarakat yang malu atau takut ketahuan orang lain karena bertemu psikiater/psikolog, di Halodoc bisa nih melalui chat, telepon, ataupun video call, sehingga menjamin kerahasiaan, dan pastinya kan nggak perlu malu lagi untuk mencurahkan kegelisahan yang menyebabkan depresi. 

Ada Psikiater dan Psikolog di Aplikasi Halodoc
Suasana gathering Halodoc with Blogger & Media - Dok. Fenni Bungsu


Nah bisa disimpulkan nih, bahwa adanya saling dengar  mendengarkan itu penting, terutama di lingkungan keluarga maupun pertemanan. Ketika ada yang ingin bercerita, maka dengarkanlah hingga tuntas. 



Jangan patahkan atau potong pembicaraan saat sedang menuturkan kisah. Lalu berikan solusi atau jalan keluar yang baik, bukan dengan menghakimi atau menambah bumbu yang mungkin saja menambah kecemasan. Dengan begitu, kita sebagai pendengar dapat membantunya untuk lepas dari stres.

Komentar

Annafi mengatakan…
Aku suka mampir ke website halodoc kalau badan ga enak, nyari nyari gejala penyakit gitu ^^ sekarang bisa konsul tentang kesehatan jiwa yaa
Tian Lustiana mengatakan…
Halodoc ini favorite aku, apalagi kalau pas lagi galau anak sakit jadi banyak informasi.
Rani Yulianty mengatakan…
kalau merasa ada permasalahan psikologis bisa konsultasi di halodoc ya
Juliastri Sn mengatakan…
Thanks for sharing mba ..sangat bermanfaat. Aku jadi bisa siap-siap untuk menghindar dari depresi
Nia K. Haryanto mengatakan…
Wah, makin lengkap ya fiturnya. Berguna banget buat mamak-mamak panikan kayak aku. Bikin tenang sebelom dateng ke dokter secara offline
ida tahmidah mengatakan…
Zaman now asyik ya segalanya jadi lebih mudah termasuk aplikasi Halodoc ini sangat mempermudah deh..
Ade UFi mengatakan…
Baru tau bedanya psikolog sama psikater. Dulu, pas mau tes umptn, taunya psikolog masuk kategori IPS dan psikater masuk kategori IPA. Hehehe.. rupanya yang satu bs nulis resep, yg satu ga.
Dian Restu Agustina mengatakan…
Makin keren saja Halodoc ini. Sekarang yang mengalami gangguan kesehatan mental enggak perlu lagi segan konsultasi. Pasti banyak yang akan terbantu.
Aminnatul Widyana mengatakan…
Problemnya kalo kita curhat ke orang lain itu, kadang yg dicurhatin malah sebenarnya punya depresi lebih daripada yg lagi curhat. Wkwkwk...
Meriskapw mengatakan…
Keren banget deh Halodoc punya concern sama penderita depresi. Solusi juga buat yang kesulitan menemui psikolog secara langsung. Sepertinya aku juga bakal jadi salah satu penggunanya :D
Mporatne mengatakan…
Psiakter dan psikolog sangat membantu setidaknya ada teman curhat permasalahan hidup
Bella Agmia mengatakan…
Beruntung nya ada di era digital kaya gini, dokter aja bisa kita konsultasi pake aplikasi halodoc udah gitu free lagi. Mengingat kesehatan jiwa itu sama pentingnya dengan kesehatan fisik halodoc memudahkan pengguna untuk memakai layanan ini. Apalagi cuma di halodoc yg menyediakan dokter spesialis jiwa. Makin suka sama halodoc,
Rina Susanti mengatakan…
Coba akh unduh aplikasinya...pengen sekali kali konsul sm ahlinya
adeuny mengatakan…
iya ternyata ya mbak saling komunikasi itu perlu banget.. bisa mendinginkan hati yang panas
Kirain halodoc itu cuma aplikasi kesehatan fisik aja ternyata ada kesehatan buat mental / jiwanya juga ya Mba. Lengkap deh jadinya
Sebenarnya kita juga harus tau dulu ya kak kondisi sehat jjiwa itu seperti apa, lalu jangan lupa kelola stres dngan baik. Sekarang di zaman serba canggih ini tertolong sekali ada Halodoc jadi bisa terbantukan dengan konsultasi dokter psikolog di Fitur Kontak Dokter.
Aprillia Ekasari mengatakan…
Mbak Fenni kalau konsul ke psikolog/ psikiatri di halodoc kita bayar gak sih? Hehe aku blm dunlud aplikasinya mbak. Lengkap jg ya ftur2nya halodoc ini :D
Leyla Hana mengatakan…
Wah asik juga nih bisa konsultasi ke psikolog secara online. walaupun sekarang udah jarang stres sih. Alhamdulillah.
Inka Amalia mengatakan…
Sangat membantu sekali ya mbak fenni, orang yang mengalami depresi cenderung menutup dirinya dari orang lain. Melalui halodoc sekarang semua bisa dilalui dan pastinya memberikan dampak positif utk yang mengalami
Elva Susanti mengatakan…
Halodoc makin keren aja ya mbak, sudah beberapa fiturnya yg dikembangkan untuk bisa membantu masyarakat luas terutama buat ibu rumah tangga yg rentan akan depresi
Natrarahmani mengatakan…
Aku waku awal melahirkan sering banget stress. Keluarga susah banget mendukung dan kayaknya salah aja aku dimata mereka. Tapi ini bener bener mambantu ya aplikasi halodoc ini.
duniaeni.com mengatakan…
Butuh bangetbmemang nuh ada tempat yang bisa jadi semacam curhat, konsultasi ibu yang tertekan secara psikologis