11 Lagu The Rasmus yang asyik ala Fenni Bungsu

Fenni Bungsu (Curcol) -- Tahu The Rasmus? Mungkin ada yang menggeleng berkali-kali atau juga bisa saja ada yang mengenalnya. Selanjutnya pada tidak menyangka deh, kalau saya suka sama genre musik yang nge-beat, macam soft rock seperti The Rasmus ini, heheh..

Sebelas Lagu The Rasmus yang asyik ala Fenni Bungsu


Saya berkenalan dengan The Rasmus melalui lagu andalannya ketika itu adalah In The Shadow. Lagu dari album Dead Letters (2003) ini kerap saya tunggu tiap pulang sekolah karena wara-wiri di televisi zamannya ada MTV di Global TV (Sekarang GTV). Mulai dari itulah, saya menggemari lagu The Rasmus, sekalian buat belajar Bahasa Inggris, ceritanya gitu. Padahal tetap saja nggak bisa Bahasa inggris, hahaha.

Setelah menelusuri jejak band yang terdiri dari

  • Laury YlΓΆnen - vokal
  • Aki Hakala - Drum
  • Pauli Rantasalmi - Gitar
  • Eero Heinonen - Bass

The Rasmus telah berkiprah semenjak tahun 1994 dengan album pertamanya bernama 1st (1995). Penelusuran tersebut nggak hanya dilakukan by google saja, melainkan pas kebetulan punya rekan kerja senior (Bukan hanya karena lebih dulu beliau masuk kerja, plus karena usianya juga lebih tua dari saya) ternyata penggemar berat band asal Finlandia tersebut.

Sebelas Lagu The Rasmus yang asyik ala Fenni Bungsu
Album The Rasmus -- Foto by google


11 Lagu The Rasmus yang asyik ala Fenni Bungsu
Album The Rasmus -- Foto by Google


Mengapa saya senang sama The Rasmus? Karena meski tetap tidak paham ketika dia nyanyi pakai Bahasa Inggris, saya suka karena lagu-lagunya itu pernah mengena di momen-momen kehidupan saya, eeaa..

Sebenarnya dari album Dead Letters sampai yang Dark Matters, banyak yang saya suka. Namun saya akan membagikan Sebelas Lagu The Rasmus yang asyik ala Fenni Bungsu nan #KetjeCiee, terkait momen yang berkesan saja dulu. Soalnya nanti kalau semua ditulis, bisa buat banyak sekuel yang ada, hehehe. Nanti deh kapan-kapan dibuat sekuelnya, itu juga kalau nggak sibuk πŸ˜‚. Inilah ulasannya: 


11 Lagu The Rasmus yang asyik ala Fenni Bungsu

11. Still Standing 

Sempat jemu dengan kegiatan di kampus, saya menuliskan lirik dari lagu ini di secarik kertas. Nggak ada maksud untuk ditujukan kepada siapa saat itu. Cuma melampiaskan karena lagi bete aja. Lagi masih asyik nulis, langsung ditarik sama kakak kelas, dan dianya malah jadi baper πŸ˜† jadi tiba-tiba care. Pas saya gunakan google translate buat terjemahkan lagunya, oh iya pantesan aja kok jadi manis gitu πŸ˜†. Ada yang mau coba juga buat yang tersayang 😝?


10. Help Me Sing

Sebagaimana yang saya terangkan di paragraf ketiga, atas rekomendasi seniorlah saya pun menemukan bahwa sebelum dengan genre Rock, The Rasmus pernah dengan genre alternatif, salah satunya adalah lagu Help Me Sing ini yang ada unsur Ska. 

11 Lagu The Rasmus yang asyik ala Fenni Bungsu


9. Empire

Berada di album teranyar-nya The Rasmus, Dark Matters (2017), lagu ini sukses menjadi inspirasi saya buat ide nulis artikel pasca liputan event bloger, termasuk pas menulis artikel ini hahaha..


8. One and Only

Salah satu lagu yang menginspirasi saya untuk menuliskan cerita pendek dengan tokoh utama Fajar Nur Zaman, hingga akhirnya saya kembangkan menjadi sebuah novel yaitu Membungkam Malam Menanti Fajar dan terbit melalui Penerbit De Teens (Diva Press) tahun 2016. 

7. Somewhere

Dari judulnya saja sudah seakan seperti berlayar ke mana. Liriknya yang simple itu, pernah menemani perjalanan saya waktu menghadapi ujian tes interviu di perusahaan. 

11 Lagu The Rasmus yang asyik ala Fenni Bungsu


6. No Fear 

Pas kemunculannya lagu ini, dari album Hide From The Sun sering banget saya setel di rumah. Nggak dinyana, Ayah saya malah juga ikutan suka, hahaha


5. Open My Eyes

Ini satu-satunya lagu (dari daftar 11 ini yah) yang saya suka hanya bagian reff saja. Iya bagian itu saja. Mengapa? Kalau ditanya alasannya apa, bingung juga menjelaskannya. Yah pokoknya begitulah, 😁.


4. Stranger 

Lagu dengan beat yang seru ini pertama kali saya dengar di warnet 😁. Jadinya kalau ingat lagu ini, yah ingatnya tempat tersebut. Soalnya sekarang warnet-nya sudah nggak ada lagi, digantikan dengan bangunan lain. 


3. Keep You Heart Broken

Insipirasi lain dalam merampungkan novel Membungkam Malam Menanti Fajar, melalui lagu ini, episode dimana Fajar Nur Zaman harus patah hati ketika tidak anggap oleh Desi.

11 Lagu The Rasmus yang asyik ala Fenni Bungsu


2. Sky

Saya sempat nggak mau dengar lagu ini, alias remove from memory phone. karena mengingatkan saya akan hari-hari terakhir bersama Mama. Namun, seiring berjalannya waktu, saya coba untuk move on dengan copas dari SD Card ke memory phone. Meski awal-awal sempat menangis, tapi mulai berangsur biasa saja hingga sekarang. 


1.Sail Away   

Lagu ini memang sengaja saya letakkan paling puncak, karena pernah jadi andalan abang tua maupun kakak kedua buat nyanyi dengan iringan genjreng dari saya. Meski liriknya dalam, tetap aja kami nyanyinya nggak ada sedih-sedihnya πŸ˜ƒ. 

11 Lagu The Rasmus yang asyik ala Fenni Bungsu
Kolase foto personil band The Rasmus --
Foto by IG @therasmusofficial


Baiklah sekian dulu curcol dengan panjangnya 600 lebih ini. Semoga menambah wawasan tentang apa itu #KetjeCiee, eh apa coba, hahaha.., Sampai Jumpa. πŸ˜†

Komentar

  1. The Rasmus? Band apa pula itu. Maklum nih, rada-rada nggak suka lagu barat. Berat pahamnya. Hehehe. Sekalinya ngapalin lagu Bruno Mars, benturan bulan udah lupa lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha.. Tidak beratlah kak, kan ada Dillan yang menanggung 😁

      Hapus
  2. Wah belum pernah dengar Dan dari judulnya nampaknya bagus ya lagunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus, penambah semangat buat cari ide menulis

      Hapus
  3. Belum pernah dengerin nih lagunya Rasmus, hihih . Jadinya penasaran deh pengen dengerin, search yutub ah

    BalasHapus
  4. Saya baru dengar nama band The Rasmus ini, namun jika lihat judul yang Mba Fenni tulis ini kayanya bagus-bagus nih lagu-lagunya. Meluncur akh ke YouTube pengen dengar langsung, kali aja saya suka juga hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan kak, jadi tambah semangat buat cari ide menulis 😁

      Hapus
  5. Tahu aku itu lirik open your eyes. Cie cie hahaha Enjoy to your listening dear...

    BalasHapus
  6. Baru tahu ada band namanya Rasmus. Jadi penasaran pengen dengerin lagunya apalagi yang judulnya "Sky". Pasti punya kesan tersendiri ya kak pas mendengarkannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups, lagu Sky jadi kenangan tak terlupakan

      Hapus
  7. wah mba, the rasmus ada sejak 1994. lebih tua band itu dari saya, jujur aja nggak ada yg tau lagunya. judul yg no fear kayanya asik, mau coba denger ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya tahu the rasmusnya malah yang udah album ke berapa .. Hihi

      Hapus
  8. Aku nggak tau samsek ini mba. Tapi setuju deh. Walaupun liriknya dalam bahasa inggris dan belum tentu kita paham, tapi pasti ada yang disuka karena berasa ngena banget sama kehidupan kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. He em, mengena karena ada momen yang pas dengan lagunya

      Hapus
  9. Aku malah belom pernah dengerin tentang the Rasmus iniiii. Jadi penasaran ih, nanti aku mau cobain denger list diatas satu satu aaah. Makaci rekomendasinyaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siip, nyanyinya jangan kenceng-kenceng yah 😁

      Hapus
  10. Waah. . Mba fen, ternyata seleranya itu lho. .

    Btw, aku baru denger ttg the rasmus di tulisannya mba fen lho.. Berarti pengetahuan musik aku masih jauh bgt ya mba. Soalnya yang aku tau hanya sebatas sheila on 7πŸ˜…πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi.. Ada lagi selera yang lain mbak, belum kutuliskan saja 😁

      Hapus
  11. Band favorite mengungkap usia.. Hehe, rasmus memang termasuk underrated band, padahal banyak lagu-lagu ciamik dari mereka dan yg jelas bnyk memori juga kala mendengarkannya

    BalasHapus
  12. The Rasmus??? Dah jarang bngt denger musik mba fenni jadi rada gk perkembangan grup musik.. klo dulu lg SMA Kuliah iya.. 😊

    BalasHapus
  13. Jujur , jarang banget ngikuti perkembangan musik...baik dalam negri ataupun. Luar..

    The Rasmus juga baru tau mba...he2, jadi bingung mau coment apa..πŸ™

    BalasHapus
  14. Wahhh aku baru tau sama band Rasmus penasaran sama lagu-lagunya.

    BalasHapus
  15. Kalau ngebit ngebit sesungguhnya kusuka krn jadi bikin semangat :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Maaf, untuk yang komentar dengan menyelipkan link maupun alamat web, saya hapus πŸ™

Postingan populer dari blog ini

Awasi Teknologi Nuklir, BAPETEN Siap Lindungi Negeri

Pilih Paket Umroh Sesuai Pilihan di Umrohnesia

Trans Jakarta Gratis 6, 7 dan 13 Oktober 2018

Smartphone Lenovo K9 Menjawab 5 Hal ini

Dompet Dhuafa Siap Gelorakan Semangat Menjawab Panggilan Zaman

Enam Hal Wajib Kita Ketahui Soal Susu Kental Manis

#TempatNMakanan Edisi Awal Oktober 2018