Apa Sih Ngabuburit


Fenni Bungsu (Wawasan)  Assalamualaikum cinta. #SemangatCiee masuk bulan Ramadhan malah dengan kata cinta, hemm. Intermezzo aja. Kalau tahun Masehinya sekarang bulan Mei ya. Maklum momen penting di hari pertama puasa ini pasti ada yang mengalami banyak hal yang telah dilalui semenjak jelang sahur, lalu imsak, hingga terbiit fajar dan kaitannya pun bisa beragam. Kemudian berlanjut dengan momen menunggu bedug maghrib alias ngabuburit. Kalau diceritakan bisa panjang x lebar sama dengan luas. Lah mau belajar matematika atau apa coba, haha. Maka dari itu kita perlu tenang dan fokus dalam beribadah, biar mantap, kan..kan..


Makna kata ngabuburit, arti dari ngabuburit, apa arti Ngabuburit, pengertian dari Ngabuburit


Ada Kata Ngabuburit

Baiklah kita tinggalkan curcol awal tersebut, karena saya mau mengulas soal ngabuburit. Kata yang menurut Kamus besar Bahasa Indonesia (KBBI) berarti menunggu azan maghrib menjelang berbuka puasa pad awaktu bulan Ramadhan. Eits, tunggu dulu. Adakah di sini yang tercengang bahwa kata ngabuburit kok ada di KBBI dan berarti adalah kata baku? 


Tenang, kamu tidak sendiri. Saya pun awalnya terhenyak, pas tahu bahwa kata yang bermakna menunggu azan maghrib itu melalui aplikasi games berjudul "Sambung Kata". Pada games tersebut pemain menyambung kata berdasarkan suku kata terakhir, dan hanya kata baku saja yang bisa dinilai. Nggak disangka ketika saya menginput kata ngabuburit ternyata mendapat poin. 


Tercetuslah ide cantik, saya pun berkeinginan menguji siswa saya melalui games kata baku, karena pas kebetulan sedang mengajar Bahasa Indonesia untuk SD, SMP, dan SMU. Mereka dihadapkan pada ragam kata, lalu saya minta untuk memasukkan mana yang kata baku dan mana yang bukan kata baku. Hasil keseluruhan, 90% menjawab bahwa ngabuburit adalah bukan kata baku. Sisanya menjawab betul. Sedangkan kalau dihitung berdasarkan per level, untuk yang di bangku SD yang menjawab paling banyak betul.


Ini Arti Ngabuburit


Siswa saya yah pada kompak bingungnya, "Masa sih, Ms, ngabuburit kata baku?" 

Makna kata ngabuburit, arti dari ngabuburit, apa arti Ngabuburit, pengertian dari Ngabuburit
Sumber: KBBI


Saya pun memperlihatkan aplikasi KBBI dan sangat membuat mereka tercengang, hahah. Ngabuburit berasal dari Bahasa Sunda, dimana kata burit berarti petang/senja. Sedangkan kata nga berarti dilakukan berulang-ulang. Berhubung ini adalah hari pertama puasa di bulan Ramadhan, kamu udah siap-siap mau ngabuburit kemana? Kalau saya sih maunya ke hatimu aja, eh, mulai lagi dah curcol konyolnya muncul, hahah. Baiklah sampai di sini dulu perjumpaan kita. Sambung lagi besok ya, jangan lupa buka puasa dulu, terus paginya sahur hehe. Wassalamualaikum.

Artikel Terkait

Komentar

  1. Saya juga malah nggak ngira kalau ngabuburit itu masuk kata baku. Tapi wajar juga sih karena KBBI terus berkembang dan akan memasukkan kata2 baru menjadi kata baku alias gak kaku2 aja gitu2 aja Bahasa Indonesia itu

    BalasHapus
  2. Jaman aku kecil dulu nggak seramai ini seh perihal Ngabuburit, apalagi waktu aku maen ke Kampung, sepi bangaed. Nunggu bedugnya kalo nggak nonton TV yah ngaji di Masjid.

    BalasHapus
  3. Ngabuburit tiap org berbeda2: 1. Ada yg sibuk di dapur. 2. Bagi pehobi olahraga jls jam segitu hrs olahraga. 3. Ada yg kumpul2 sambil nunggu bukber. 4. Ada yg memperdalam ilmu agama (misal mengaji) di masjid (ini yg terbaik). Ngabuburit asl bermanfaat sih tradisi yg baik. Tp ada jg ngabuburit yg disalahartikan dgn mengisi dgn main petasan, nongkrong ga jls, momotoran, dsb. Nice info

    BalasHapus
  4. Ngabuburit zaman sekolah kok ramai banget ya orang main diluar hahaha. Zaman emang udah berubah ya

    BalasHapus
  5. Sering juga nih dengar teman-teman ngucapin ngabuburit, mikirnya ya jalan-jalan ke pasar kaget beli bukaan...hihiii

    BalasHapus
  6. Kalau ngabuburit gak pernah jadi masalah. Yang jadi beban itu ngabeubeurang. Duh apalagi ngajarkan anak usia 5-8 tahun.

    BalasHapus
  7. jadi ngabuburit ternyata masuk dalam kamus bahasa Indonesia. itu artinya bisa digunakan untuk tulisan resmi nih. Aku juga baru tahu

    BalasHapus
  8. Kalo diindonesiakan, ngabuburit itu menyonyore. Hehe... mengisi waktu puasa biar segera burit. Biar segera sore. Dan akhirnya tiba waktu berbuka deh :D

    BalasHapus
  9. Masuk bahasa baku ya? Kirain cuma orang Sunda aja yang tau artinya. Ngabuburit dimana kita hari ini?

    BalasHapus
  10. Aku baru kenal ngabuburit itu sejak kuliah pas jauh dr ortu. Jadi sering babget ngabuburit sama teman di luar. Kalau di kampung dulu jarang ada ngabuburit krn gak ada mall dan tempat makan kayak skg.

    BalasHapus
  11. Eh, ngabuburit itu udah masuk ke KBBI? Kupikir belum, ternyata udah ya. Ilmu baru nih :D

    Btw, aku suka konten2 ka Fenni tentang hal-hal seperti ini soalnya bikin tambah wawasan dari hal-hal kecil atau bahkan yang gak kepikiran sebelumnya. Lanjutkan terus ka!

    BalasHapus
  12. Setiap Ramadan selalu aja ada momen ngabuburit yah, saya baru tau kalau ngabuburit udah masuk KBBI, heheh kirain buat urang sunda aja

    BalasHapus

Posting Komentar

Salam SemangatCiee, bertamulah yang santun, sebagaimana kamu datang berkunjung ke rumah sahabatmušŸ™

Postingan populer dari blog ini

Review Wardah C-Defense Sleeping Mask

Review Wardah Lightening Day Niacinamide (Kemasan Baru)

Review Wardah Lightening Micellar Gentle Wash

Resensi Buku: The Autobiography of Valentino Rossi

Review Wardah Hydra Rose Gel to Foam Cleanser