Postingan

Menampilkan postingan dari September, 2019

Senin Di Bulan Agustus

Gambar
Fenni Bungsu (Fiksi) -- Miss Lea, para siswa kerap memanggilku. Sebagai les bahasa di Lembaga Bahasa Ternama di Kota Bunga, aku menjalani tugas tersebut untuk anak usia sekolah maupun usia dewasa. Tugas ini yang kurang lebih sama seperti guru pada umumnya, yaitu mengajar. Bedanya, hanya pada jumlah siswanya dan lokasi mengajar. Awalnya tugasku untuk mengajar anak-anak usia SMA dan dewasa. Tak dinyana, Mr Ed, bagian Akademik memberikan tambahan kelas baru di tingkat SMP, membuatku dibanjiri tugas baru. ***


[Baca Juga: Fenni Bungsu Jadi Kontributor Menulis Lagi]


“Miss, kelas 9 kan dibagi dua. Jadi miss di kelas 9B. Yang 9A di pegang sama Ms. Meta.”Ujar Mr Ed dengan penuh harap. “Sebelumnya kelas 9, selalu sama Ms. Meta kan?” kataku. “Iya, jadi gimana?”
Sontak saja aku berpikir dalam – dalam. Banyak pertimbangan untuk kelas itu. Menurutku mereka sedang dalam masa puber. Usia remaja yang sedang mencari jati diri dan senang dengan kesibukan baru yaitu gadget, membuatku berpikir, haruskah mengam…

Antara Kebahagiaan Keluarga dan Saluran Cerna

Gambar
FenniBungsu (Kesehatan) -- Jelang akhir bulan September ini ada yang mau daku ceritakan nih, tapi bukan soal curcol sih, meski ada kaitannya juga nantinya. Pasalnya dengan curcol ternyata tidak hanya bisa mengetahui apa yang sedang dirasakan, sekaligus juga bisa menjalin kedekatan apalagi bila yang melakukannya adalah antara orang tua dengan anaknya. Sebab dari, dan melalui orangtuanya lah si anak dapat tumbuh, berkembang, berani bersosialisasi, dan berprestasi sehingga kebahagiaan dalam keluarga dapat tercipta. Hal tersebut dikarenakan:



Keterlibatan OrangtuaOrangtua dapat memberikan perhatian dengan terlibat terhadap apa yang dilakukan oleh anaknya, misalnya nonton film terbaru bersama, rekreasi ke taman bermain, dan sebagainya. Dari situ rekatnya hubungan membuat si anak dapat terbuka atau mudah untuk bercerita dan orangtua dapat mendengarkan sebagaimana layaknya seorang sahabat.
StimulasiMenstimulasi perkembangan otak anak perlu dilakukan agar pertumbuhannya dapat optimal misalnya m…

Cek Tempat Makan Favoritmu, Ada di Aplikasi GermasPAS Belum?

Gambar
Ayo, siapa yang suka makan di luar? Ambigu yah, haha.  Atau sudah unduh aplikasi GermasPAS belum? Ada kaitannya nih maksud makan di luar adalah tidak makan di rumah, melainkan makan di restoran atau warung makan. Sebab penting nih untuk diketahui bahwa pangan yang kamu konsumsi itu adalah pangan yang sehat dan aman baik dari tempatnya, bahan-bahannya, pengolahannya, dan orang yang mengolah bahan pangan tersebut. Hal ini untuk mengantisipasi timbulnya kejadian keracunan makanan.





Data yang saya dapatkan dari Kementerian Kesehatan, bahwa kasus Kejadian Luar Biasa (KLB) keracunan makanan di tahun 2018 terdapat 122 kejadian. Meski tidak tinggi seperti di tahun 2017, tetapi kasus keracunan makanan ini tidak dapat dianggap remeh. Sebagai informasi KLB ini terjadi usai mengonsumsi pangan yang berdasarkan analisis epidemiologi pangan tersebut terbukti sebagai sumber keracunan makanan terhadap dua orang korban atau lebih yang menderita.
Oleh karena itu, Kementerian Kesehatan membuat inovasi denga…

Wajah Baru Website Sekretariat Kabinet

Gambar
FenniBungsu (Tekno) – Pasti kita pernah bertemu dengan yang namanya ‘kebingungan saat mendapatkan pertanyaan atau bertanya akan sesuatu’. Kemudian cari bahan sebagai referensi untuk menyelesaikan tugas tersebut maupun mendapatkan jawaban yang tepat dan benar, biasanya akan dilakukan dengan menggunakan buku, bertanya kepada yang dianggap bisa memberikan jawabannya, dan menelusuri laman melalui internet. Ketiga solusi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Akhirnya, kolaborasi ketiganya disatukan sehingga kita pun dapat memahami lebih mudah.



Nah membicarakan laman yang sering kita telusuri melalui jaringan internet, baik itu melalui media smartphone, tablet, laptop maupun komputer banyak pengalaman menarik yang diperoleh sehingga bisa membuat kita betah berlama-lama membaca di sana, bahkan dapat pula langsung menekan tanda X karena banyak faktor. Contoh yang pernah saya alami adalah sebagai berikut:
Tampilan WarnaMungkin tingkat kecerahan bisa diatur melalui gawai yang …

Jadikan Sawit Kuat Untuk Indonesia Hebat

Gambar
Dengan menjadikan sawit kuat untuk Indonesia hebat, tentu bukan tanpa alasan. Kita pastinya sudah sangat akrab dengan Sawit atau kelapa sawit. Salah satu hasil dari sumber daya alam memiliki banyak manfaat untuk dapat kita kelola dengan baik. Maka wajar saja kekayaan alam Indonesia yang beragam memiliki potensi luar biasa untuk dikembangkan dan berdampak positif pada perekonomian bangsa. Salah satunya adalah melalui kelapa sawit yang menjadi penyumbang devisa Negara melalui ekspor, sebagaimana data yang saya peroleh dari laman GAPKI yaitu mencapai 2,79 juta ton pada bulan Mei lalu. 



Dari situlah dapat menjadi bahasan yang manis di blog ini, karena olahan sawit memiliki ragam manfaat untuk kehidupan kita sebagai berikut:  Dijadikan sebagai minyak goreng. Kalau membuat jenis makanan yang diolah dengan cara digoreng, maka sawit yang menghasilkan minyak goreng tentu menjadi konsumsi kita. Namun tetap mengonsumsinya tidak berlebihan, karena sesuatu yang berlebihan kan tidak baik. Sebagai ba…

Hanya 5 Hari Kriya Nusa 2019 di Balai Kartini

Gambar
Fenni Bungsu (Sumber Daya Alam)– Bumi dan segala isinya merupakan anugerah terindah yang diberikan oleh ﷲ kepada kita. Salah satu contohnya berupa keanekaragaman hayati yang memberikan manfaat kehidupan. Di sinilah peran kita sebagai manusia yang diberikan kelebihan akal dan pikiran untuk dapat mengelola, menjaga dan melestarikan apa yang ada di bumi ini. Oleh karena itulah buah dari akal dan pikiran akan melahirkan budaya yang terus berkembang dari masa ke masa dan dapat diwariskan kepada anak cucu kita.



Dari budaya pula akan tercipta ragam hal, misalnya adalah kerajinan tangan atau kriya. Berbicara mengenai kriya, saya pun harus memberikan kabar baik kepada kamu sekalian bahwa mulai kemarin, 11 September hingga 15 September 2019 sedang berlangsung perhelatan kerajinan tangan nusantara, yaitu Kriya Nusa 2019. Pada dua hari sebelum berlangsungnya acara tersebut di Balai Kartini, saya pun berkesempatan menghadiri Temu Netizen Kriya Nusa 2019 pada 9 September 2019 lalu agar perhelatan t…

Siapkan Wishlist di HARBOLNAS Blibli.com

Gambar
Fenni Bungsu (Bisnis) – Sekarang udah tanggal berapa ya? Waduh ternyata sudah tanggal 6 September. Ada yang harus saya persiapkan nih untuk merayakan ulang tahun keponakan saya pada tanggal 11 September nanti. Maklum sebagai aunty-nya yang paling cantik (narsis kan nggak apa-apa, haha) ingin memberikan kejutan berkesan untuknya. Oh iya milad ponakan saya ini bertepatan diusianya yang ke 6 tahun. Jadinya harus membuat wishlist apa saja yang dibutuhkan. 


Syukurlah untuk mencari barang yang dibutuhkan di masa kini, makin lebih mudah dengan mengandalkan internet. Nyalakan saja koneksi jaringan kamu, lalu sediakan perangkat seperti pc komputer, smartphone, laptop, maupun tablet. Lalu meluncur ke kolom pencarian google dengan mengetikkan kata kunci yang diinginkan. Hasilnya, akan keluar beragam website yang akan menjadi pilihan disertai pula dengan foto.


Mudahnya hal tersebut kerap saya lakukan saat mencari barang yang diperlukan. Biasanya saya akan klik beberapa website yang berada di hala…