Antara Kebahagiaan Keluarga dan Saluran Cerna




FenniBungsu (Kesehatan) -- Jelang akhir bulan September ini ada yang mau daku ceritakan nih, tapi bukan soal curcol sih, meski ada kaitannya juga nantinya. Pasalnya dengan curcol ternyata tidak hanya bisa mengetahui apa yang sedang dirasakan, sekaligus juga bisa menjalin kedekatan apalagi bila yang melakukannya adalah antara orang tua dengan anaknya. Sebab dari, dan melalui orangtuanya lah si anak dapat tumbuh, berkembang, berani bersosialisasi, dan berprestasi sehingga kebahagiaan dalam keluarga dapat tercipta. Hal tersebut dikarenakan:


kebahagiaan saluran cerna anak, susu lactogrow anak,


Keterlibatan Orangtua

Orangtua dapat memberikan perhatian dengan terlibat terhadap apa yang dilakukan oleh anaknya, misalnya nonton film terbaru bersama, rekreasi ke taman bermain, dan sebagainya. Dari situ rekatnya hubungan membuat si anak dapat terbuka atau mudah untuk bercerita dan orangtua dapat mendengarkan sebagaimana layaknya seorang sahabat.

Stimulasi

Menstimulasi perkembangan otak anak perlu dilakukan agar pertumbuhannya dapat optimal misalnya melalui permainan yang dapat dilakukan bersama. Hal tersebut merangsang saraf pada bagian otak anak seperti motorik dan sensoriknya.

Nutrisi yang Mendukung Kesehatan Saluran Cerna

Saluran cerna atau pencernaan mulai dari mulut, kerongkongan, lambung, usus hingga haruslah dalam keadaan sehat, terutama usus. Sebab ketahanan tubuh kita berakar dari usus.


kebahagiaan saluran cerna anak, susu lactogrow anak,
sumber slide presentasi Dr.dr.Ariani Dewi Widodo

 
Hal ini disampaikan oleh Dr.dr.Ariani Dewi Widodo, Sp.A(K), Dokter Spesialis Anak saat workshop Grow Happy Parenting: Happy from the Inside Out yang berlangsung di Pand’Or, Jakarta yang mengatakan, “Kesehatan saluran cerna mendukung tumbuh kembang anak agar optimal”.  


Maka dari itu asupan nutrisi anak perlu diperhatikan dengan makanan yang bergizi dan mengandung probiotik, seperti Lactobacillus Reuteri yang telah teruji klinis aman dan bermanfaat bagi tubuh, yaitu dapat menurunkan pelepasan kortisol karena stress, mengurangi rasa cemas dan perilaku depresi. Salah satu jenis probiotik ini bisa diberikan melalui susu, dan makanan fermentasi seperti tempe, dan yoghurt.



kebahagiaan saluran cerna anak, susu lactogrow anak,
sumber slide presentasi Pramudita Sarastri



Oleh karena itu Nestlé Lactogrow hadir dengan happynutri yang mengandung Lactobacillus Reuteri, omega 6, omega 3, minyak ikan, 12 vitamin dan 7 mineral. Ada 3 varian rasa yaitu plain, vanila, dan madu.  Manfaat dari bakteri Lactobacillus Reuteri untuk tubuh seperti mempersingkat waktu diare akut, dapat membantu mengatasi konstipasi, sangat baik untuk kolik (menangis terus menerus) pada bayi.


Seperti yang dungkapkan oleh Pramudita Sarastri, Brand Executive Nestle Lactogrow, bahwa Nestlé Lactogrow mengajak orangtua untuk mendukung anak tumbuh bahagia melalui tema workshop “Grow Happy Parenting: Happy from the Inside Out”. Tema tersebut menjadi alasan orangtua perlu memenuhi kebutuhan gizi dan membantu mengembangkan emosi anak.


[Baca Juga]: 



kebahagiaan saluran cerna anak, susu lactogrow anak,
(Ki-Ka) : Dr.dr.Ariani Dewi Widodo - Pramudita Sarastri - Elizabeth Santosa



“Kematangan emosi dan kebahagiaan anak dapat dibantu dengan mempraktikkan perilaku positif, misalnya dengan mengajarkan bersyukur. Orangtua pun ada baiknya menghabiskan waktu bersama anak, sebab membiasakan lifestyle yang baik dapat meningkatkan kesehatan psikologis dan fisik,” terang Psikolog Elizabeth Santosa, M.Psi, Psi, SFP, ACC yang kerap dipanggil Miss Lizi.

Cara bersyukur ini, disampaikan oleh Miss Lizi melalui games kepada saya dan peserta workshop dengan cara menanyakan, “Ada kabar baik apa selama seminggu ini?”


kebahagiaan saluran cerna anak, susu lactogrow anak,
sumber - Slide Presentasi Psikolog Elizabeth Santosa, M.Psi, Psi, SFP, ACC


Permainan tersebut sangat mudah bila diaplikasikan di rumah, karena menurut saya:
  • Dapat melatih diri untuk saling terbuka dengan bercerita, sehingga anak dan orangtua mengetahui apa yang telah dilakukan. 
  • Menambah keakraban satu sama lain, sehingga makin saling mengenal karakter dan kepribadian diri.


kebahagiaan saluran cerna anak, susu lactogrow anak,
sumber slide presentasi Pramudita Sarastri


Keterkaitan antara nutrisi dari makanan yang dikonsumsi dengan kebahagiaan di dalam keluarga sangat erat. Bila pertahanan tubuh anak kurang baik, maka akan mengakibatkan tumbuh kembang anak terhambat, sehingga kehilangan kesempatan emas untuk belajar, dan pastinya tidak bahagia. Sebab kesehatan saluran cerna akan terkait pula dengan kebahagiaan dan masa depannya.  Jadi kuy para orangtua, oom, aunty, dan kakak, bahagiakan si kecil untuk keluarga yang bahagia. 



Artikel Terkait

Komentar

  1. Halo mbak Fenni :) Wah, seru banget acaranya. Orangtua bisa menambah ilmu parenting dan wawasan tentang membesarkan anak agar tumbuh bahagia. Ada permainan2 juga yang dapat mempererat hubungan emosional anak dengan orangtuanya. Setuju sih dengan bersyukur berarti kita bahagia dengan apa yg sudah dimiliki dalam keluarga. Kalau anak pulang sekolah jangan langsung ditanya nilai ulangan atau PR nya apa hihihihi.... Kasih senyum dan pelukan, siapin makan siang dan ngubrul2 deh :)

    BalasHapus
  2. Setuju banget nih, untuk membuat buah hati bahagia itu harus luar dalam ya, Mbak. Memperhatikan asupan nutrisi baik itu buat tubuh dan juga jiwanya juga.

    BalasHapus
  3. Bersyukur jadi salah satu indikator kebahagiaan ya. Beruntung sebagai Muslim karena dalam ajaran dasarnya syukur dan sabar itu selalu ditekankan. Malah dikatakan semakin banyak bersyukur maka nikmat akan makin ditambah. Alhamdulillah...

    BalasHapus
  4. Membicarakan hal-hal yang baik akan membuat mindset anak menjadi baik dan positif ya, mbaj

    BalasHapus
  5. Setuju banget nih. Ortu memang sudah seharusnya berusaha menciptakan bonding dengan anak. Apalagi di era gadget seperti sekarang

    BalasHapus
  6. Sebagai orang tua memang perlu sekali menciptakan kedekatan dengan anak dan juga memberikan asupan nutrisi yang cukup untuk anak :D

    BalasHapus
  7. Anak memang harus tumbuh dengan bahagia dan sehat agar tumbuh kembang saat dewasa nanti bisa baik mental dan jiwanya ya mba fen

    BalasHapus
  8. yap saluran cerna anak kudu sehat agar dia aktif dan bahagia. kalau anak bahagia, orang tua pun demikian. indahnya keluarga yg penuh kebahagiaan

    BalasHapus
  9. Kemarin acara seminar lactogrow ini juga mampir ke kotaku. Tapi sayang aku nggak bisa datang. Memang setuju banget nih sama dokter Arini dan miss Lizzy soal pentingnya menjaga kesehatan pencernaan anak dan menjaga kedekatan dengan anak

    BalasHapus
  10. waah ini susunya anakku mbak Fen, hehehe. memang ada banyak faktor yaa yang dapat mendukung tumbuh kembang anak supaya anak merasa bahagia. Buat aku, setiap hari jadi tantangan tersendiri deh, karena secara ga langsung orangtua nya juga jadi belajar untuk selalu merasa bahagia. Happy Parents, Happy Kids InsyaAllah :)

    BalasHapus
  11. Betul
    Anak bahagia tidak terlepas dari sehat tidaknya "tummy" yang mencerna setiap makanan/minuman yang masuk

    BalasHapus
  12. Berarti istilah "Happy tummy Happy Kids" bener banget ya mba, saluran cerna yang sehat bikin anak bahagia dan cerdas

    BalasHapus
  13. Bentuk dari cinta ibu adalah memberikan nutrisi terbaik untuk buah hati ya

    Kalau saya juga akan kasih sayur dan buah untuk menjaga saluran pencernaan

    BalasHapus
  14. Aku suka envy nih ada acara keren macam begini mba jadi makin tahu yah tentang salur cerna untuk anak dan bagaimana cara jaga asupannya

    BalasHapus
  15. Setuju mbak bahwa kebahagiaan keluarga akan terkait dengan nutrisi yang dikonsum keluarga pada khususnya anak-anak. Dulu waktu awal selesai menyusui saya kenalkan Lactogrow mbak.

    BalasHapus
  16. Lactogrow susu khusus anak anak untuk asupan nutrisi gizi agar cepat tumbuh kembang si kecil

    BalasHapus
  17. Paling penting nih saluran cerna buat anak. Karena kalau anak-anak terganggu pencernaannya akan mengganggu asupan nutrisinya.

    BalasHapus
  18. Aku kalau soal milih makanan untuk anakku menjadi prioritas banget, karena gak mau saluran cernanya terganggu. Apalagi kalau pas lagi jajan diluar rumah, ini menjadi perhatian ekstra banget.

    BalasHapus

Posting Komentar

Salam SemangatCiee, bertamulah yang santun, sebagaimana kamu datang berkunjung ke rumah sahabatmu🙏

Postingan populer dari blog ini

The Mask Singer Indonesia 27 Desember

Resensi Buku: The Autobiography of Valentino Rossi

Review Wardah C-Defense Sleeping Mask

Juara The Mask Singer Indonesia Season 2

Juara The Cuts Indonesia