[Nussa dan Rara]: Jelajah NUSSA 2020 di Jiexpo International Convention & Theatre


Fenni Bungsu (Wisata) – Komunikasi kerap menjadi salah satu faktor dekatnya hubungan antara satu orang dengan yang lainnya. Begitupula dalam kaitannya di dalam rumah. Sesama anggota keluarga tentunya komunikasi diperlukan pada masing-masing pihak seperti ayah, ibu, kakak, dan adik. Saya pun meski belum berganti status (doakan secepatnya menikah ya, aamiin), melihat komunikasi sebagai jalan terciptanya hubungan yang harmonis. Hal itu pernah saya praktikkan di rumah maupun di tempat saya mengajar.  



Nah apalagi di tempat mengajar, yang notabene komunikasi menjadi jembatan penghubung antara pengajar dan peserta didik. Kebetulan kelas yang saat ini saya hadapi adalah siswa kelas 6. Terkadang apa yang saya sampaikan ada yang nyambung dengan mereka, tapi tak bisa dipungkiri juga ada beberapa anak yang masih belum terkoneksi dengan baik, sehingga butuh pengulangan agar dia paham dengan apa yang saya sampaikan. Dari sinilah, saya pun harus memiliki metode penyampaian yang lebih menarik, misalnya dengan games siapa cepat dia dapat poin, maupun cara tebak-tebakan seperti mendongeng. 


Peluncuran JELAJAH NUSSA di Peringatan Hari Ibu


Cara mendongeng tidak mudah sebenarnya, karena ya tetap harus memikirkan konten apa yang akan disampaikan. Sebagaimana yang diutarakan oleh Ustad Cahyo saat press konferens JELAJAH NUSSA di Gedung Usmar Ismail, Kuningan Jakarta, 22 Desember 2019 lalu, 



"Anak-anak itu terkadang gagal mendengar nasihat, tapi sukses meniru. Oleh karena itu melalui konten yang ditonton dan penyajiannya seperti Nussa dan Rara bisa menjadi alternatif yang bukan hanya sekadar hiburan tetapi juga sebagai pengajaran," terang ustad Cahyo.

Tepat di tanggal 22 Desember 2019, Persembahan Jelajah Nussa spesial Hari Ibu, menghadirkan tayangan yang sangat menyentuh, dimana mama dari Nussa dan Rara jatuh sakit. Namun berkat pengajaran untuk dapat mandiri Nussa dan Rara tetap kuat menjalani hari-hari, meski sambil menemani mamanya berobat di rumah sakit. 



Testimoni Prilly di Acara Nonton Bareng Nussa dan Rara Spesial Hari Ibu


Di acara Spesial Hari Ibu ini, hadir pula artis Prilly Latuconsina yang menceritakan bagaimana perjuangan Mamanya yang menemaninya syuting, hingga pernah kelelahan dan berhenti sejenak di pinggir tol. 

"Setiap Ibu punya sosok yang unik, nggak semua sosok ibu itu sama. Jadi teman setiap saat. Terimakasih telah menjadi mama dengan sosok yang kuat, selalu menasihati dan menguatkan aku hingga menjadi seperti sekarang ini, dan menginspirasi aku untuk kelak menjadi ibu yang kuat nantinya." Terang Prilly. 



Sekilas Tentang NUSSA 

Alhamdulillah NUSSA telah rilis setahun yang lalu, tepatnya di tanggal 20 November 2018. Berada dibawah paying The Little Giantz dan 4Stripe Production, Nussa telah mendapatkan penghargaan bergengsi yaitu Anugerah Syiar Ramadhan 2019.  Hadir dalam tayangan serial animasi di channel Youtube Nussa Official, siapa sangka Nussa telah memiliki lebih dari 4 juta subscriber. 



Insya Allah melalui tayangan Nussa dan Rara dapat membantu orangtua agar anak-anak lebih mudah memahami penyampaian atau membahasakan ilmu agama. Oleh karena itu tepatlah bila Nussa sangat ingin mengajak anak-anak, khususnya di Indonesia agar menjadi generasi cerdas yang berakhlakul karimah dan mandiri karena dididik dengan cara yang menyenangkan. Sebab Nussa tepat untuk menjadi sahabat bagi anak dan keluarga Indonesia.



Sekilas di Acara JELAJAH NUSSA 

28-29 Maret 2020

Dengan tingginya animo masyarakat yang sudah melihat tayangan NUSSA di YouTube, menurut saya memang tepat menghadirkan program Islamic Edutainment Festival. Acaranya insya Allah akan digelar pada tanggal 28-29 Maret 2020 di Jiexpo International Convention & Theatre  Jakarta, dan ini bisa menjadi acara tahunan untuk masyarakat. Di acara Jelajah Nussa mendatang akan ada :


Play Park Area dan Bazaar

Di sini terdapat area bermain yang menyenangkan dan ceria untuk anak-anak. Selain itu ketika perut terasa lapar? Tenang saja, ada Medina Market yang terdapat juga Halal Food Corner sehingga para orangtua dan anak-anak juga dapat bercengkerama sambil menikmati santapan halal bersama.



Menara Nussa

Di sini nanti akan ada menara buatan bernama Menara NUSSA. Nantinya setiap waktu solat akan ada suara azan dan aktivitas akan berhenti sejenak selama 5 menit. Dengan begitu siapapun yang ada di sana tentunya tetap dapat melaksanakan ibadah solat.


Art Installation

Kisah-kisah para nabi yang berbeda setiap harinya akan disampaikan menggunakan art installation yang menarik sehingga bisa menjadi sarana pembelajaran untuk anak-anak.



Parenting Talk

Tak lupa juga akan ada Parenting Talk di sini. Jadi ilmu yang didapatkan tak hanya untuk anak, tetapi orangtuanya pun juga bisa mendapatkan pengetahuan.


Dengan acara JELAJAH NUSSA dapat diambil hikmahnya bahwa masyarakat bisa melakukan kegiatan yang menambah ilmu keagamaan, bersosialisasi, belajar, berbelanja, dan bercengkerama bersama keluarga. Sebab apa yang ada di sana nantinya akan berdasarkan kegiatan islami yang kita lakukan sehari-hari. Oleh karena itu, cepat siapkan waktu untuk berkunjung ikut Jelajah Nussa pada bulan Maret mendatang, tanggal 28-29 Maret 2020 di Jiexpo International Convention & Theatre  Jakarta. Sudah bisa lho dipesan tiketnya sekarang melalui  www.eventholic.id




Artikel Terkait

Komentar

  1. Saya doakan cepet segera berganti status mb fenny, amin

    Nah ini nih pentingnya metode komunikasi anak yang bisa dipraktekkan langsung dengan hal hal yang mudah dipahami, karena sejatinya seperti yang dirimu bilamg anak lebih mudah meniru, contohnya dengan keberadaan cerita anak seperti nussa dan rara, yang anak saya juga seka banget. Tiap dengar lagu nussa langsung deh anak saya seneng banget.

    Wah kudu pantengin bulan maret ni, siap siap meluncur ke jiexpo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih untuk doanya kak Gustya, doa yang terbaik untuk kakak juga

      Siip, jangan lupa pantengin yak πŸ˜‚

      Hapus
  2. Acaranya sangat bermafaat ya mbak..
    Nussa ini tontonan favorit anak anakku..
    Ceritanya sangat mendidik

    BalasHapus
  3. Senang kalau datang ke sebuah lokasi acara ada disediakan play Park area. Saya yang kemanapun selalu bawa anak bisa lebih tenang Jadjnya. Acara yang mengandung nilai pendidikan sangat disukai kami lho....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes, selain nilai pendidikan ada pula nilai keagamaannya Ceu Okti

      Hapus
  4. Ingin sekali meluncur ke Jelajah Nussa

    BalasHapus
  5. Aduuh, saya mupeng banget pengen datang ke acaranya. Sayang, tidak ada roadshow ke Surabaya. Anak-anak favorit banget dengan video Nussa Rara di youtube. apalagi dg suara Rara yang imut lucuu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga akan ada juga ya kak Roadshow nya ke tempat kakak 😘

      Hapus
  6. Kalau saya masih punya anak kecil, yakin banget deh bakal ajak anak-anak ke sini. Acaranya gak hanya menyenangkan, tetapi juga edukatif

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes bener kak Myra, dapat ilmunya dapat pula we time bareng keluarga

      Hapus
  7. Wah, masih lama ya..itu acaranya cuma di Jakarta ya mbak?

    BalasHapus
  8. Anakku suka banget sama Nussa, weekend kemarin lihat beberapa teman sedang main dan mengunjungi Nussa. Harus catet nih tanggalnya, gak boleh kelewatan nanti ah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes, diagendakan ya kak Chichie.. Acaranya di JIEXPO, dan tiket sudah bisa dipesan sekarang

      Hapus
  9. Sebagai pecinta nussa rara, aku seneng bgt ada acara jelajah ini
    Sayangny lagi2 d Jakarta y mb
    Hiksss
    Moga2 ada di youtube juga dan next acarany enggak cm d ibukota
    Anak2 butuh tayangan2 edukasi islami cem gini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk festivalnya sementara memang baru dapat info di Jakarta kak.

      Kalau film tetep dong ada di channel Youtube nya

      Hapus
  10. Saya selalu menyarankan tayangan Nussa ini untuk keponakan. Selain karena karakternya anak-anak, pesan moral yang disampaikan juga diambil dari hal paling mendasar. Jadi, memberi tontonan ini kepada anak-anak, berarti kita sudah ditahap menanamkan budi pekerti sejak dini kepada calon generasi muda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suka dengan cara nya kak Hapudin merekomendasikan Nussa dan Rara pada keponakannya.

      Daku pun demikian. Kuy, untuk generasi masa depan cemerlang

      Hapus
  11. Wah enak ya acara jelajah Nussa ini kita jadi belajar banyak bahwa mengajari anak tidak hanya nilai akademik dunia saja melainkan juga untuk akhirat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener kak, karena hidup kan waddunya wal akhirat

      Hapus
  12. Acara jelajah nussa tidak hanya mengajari anak untuk belajar akademik, tapi buat agama juga mendukung

    BalasHapus
  13. Adek saya juga suka sama animasi Nussa. Dan menurutku metode penyampaian nasehat melalui animasi atau media lain yg lebih menarik bagi anak-anak memang lebih efektif, secara anak masih butuh banyak bermain dan belajar dan bermain itulah yg mungkin bisa mereka terima

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya tayangan melalui animasi lebih mudah ditangkap pesannya oleh anak-anak

      Hapus
  14. Semoga segera berganti status, ya, Mbak. Aamiin... Nussa ini adalah salah satu bagaimana tekhnologi nggak selalu hal yang buruk, tapi juga bisa menjadi media komunikasi dengan anak, asal dengan pendampingan selalu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih doanya kak Inun. Doa yang terbaik untuk kakak.

      Yups, kemajuan teknologi bila dimanfaatkan bijak pasti dampaknya sangat baik

      Hapus
  15. Kak Fenni mau lihat gak tanggal 29 Maret 2020 nanti? Fahmi jika ada kesempatan mau lihat katanya. Semoga aja bisa bareng biar ada teman hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asik, dede Fahmi. insya Allah Ceu Okti.
      Semoga kita selalu dalam keadaan sehat dan mendapat lindungan dari Allah Swt, aamiin

      Hapus
  16. Betul banget tuh :)
    Kalau mau menasehati anak-anak memang sebaiknya mencontohkan, bukan mengomeli hahaha.

    Anak saya juga kalau dikasih tahu, iya-iya saja, abis itu lupa, tapi kalau diajak lakukan bareng dia ingat terus :)

    Btw, asyik banget ya acara Nussa dan Rara nanti, lengkap banget pula

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya juga kak Rey. Walau sih kadang daku suka lupa, tetep aja ngomel ke keponakan kalau dianya gak nurut πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    2. hahahaha, keren nih, udah latihan ama keponakan, besok-besok punya anak sendiri udah nggak kagok lagi.
      Mengasuh anak memang menantang banget.
      Beruntung banget kalau udah terbiasa sejak belum nikah :)

      Hapus
  17. Saya belum pernah nonton Nussa & Rara, bahkan baru dengar sekarang. Tapi untuk pembelajaran bagi anak, ini sangat memadai dan patut ditonton. Waah...buat cucu saya aja Mba klo begitu..

    BalasHapus
  18. Waaw masih lama acaranya. Semoga bisa ajak si bontot datang. Nussa dan Rara jadi tontonan favorit di rumah.

    BalasHapus
  19. Yeay masih ada waktu nih buat tahun depan semoga Allah mudahkan buat datang ke sana ya. Kebetulan anakku ya suka mba

    BalasHapus
  20. Betul banget kak, sebagai guru kita harus bisa menjalin komunikasi yang baik ke siswa. Nussa ini juga banyak banget nilai edukasinya, bagus buat jadi tontonan anak2.

    BalasHapus
  21. kartun kesukaan anak didik berharap banget nussa dan rara ngadaiin acara atau buka show seperti ini di kotaq yaitu surabaya

    BalasHapus
  22. Ini kartun yang disukai semua kalangan usia. Karena menarik dan temanya juga menyenangkan. Suka banget deh. Selain itu juga menginspirasi.

    BalasHapus
  23. Waaah nussa dan rara ini favorite nya Kenzo dong...mau ajak Kenzo kesitu aah

    BalasHapus
  24. Ahh . Nusa dan Rara, ini kartun favorit baru buat anak-anak di rumah. Hampir tiap hari nonton ini, saya sebagai emaknya sampai hapal film-filmnya. Ahaha

    BalasHapus
  25. Ini kartun favorit anakku, tiap jumat langganan buka ini hehe kartunnya mendidik sih

    BalasHapus
  26. wah baru tau channel youtube ini, sungguh bermanfaat bgt buat edukasi anak anak

    BalasHapus
  27. Komunikasi dalam keluarga memang penting ya mba, biar saat ada konflik tidak berkepanjangan. Dan seorang anak itu memang lebih cepat tangkap meniru.
    Acaranya seru juga tuh, mba.

    BalasHapus
  28. Suka banget sama kartun Nussa karena banyak menyiarkan syiar agama dan kebaikan melalui kartun sehingga mengajarkan anak tentang nilai2 agama

    BalasHapus
  29. Semoga sukses ya acaranya nanti di bulan Maret dan bisa bermanfaat bagi banyak keluarga.

    BalasHapus
  30. Kepingin ajak kenzo kesini deh, harga tiketnya berapa sih ka?

    BalasHapus
  31. Nussaaa...
    Sahabat anak masa kini.
    Aku suka banget ada tokoh kartun yang menginspirasi.

    BalasHapus
  32. Semoga disegerakan terganti nya status di tahun 2020 (((aamin)))

    Jelajah Nussa, memang sudah menjadi tempat yang mau aku kunjungi bersama Gendish, semoga gak ada halangan yang datang

    BalasHapus
  33. Pengen banget sekali-kali dateng ke acara nussa official. Tapi apadaya waktu selalu aja ga bersahabat:(. Selalu setuju deh pokonya Jelajah Nussa emang udah tepat banget buat anak-anak, aku aja yang bukan anak-anak pengen dateng:(

    BalasHapus
  34. Kartunnya bagus banget, cocok buat anak-anak. Emang bagusnya sih kartun kek gini buat anak, bukan sinetron gak mutu. Semoga aja kedepannya makin banyak kartun-kartun macam ini biar anak gak salah tontonan.

    BalasHapus
  35. Pertama kali Nussa Rara muncul di youtube, anak-anakku langsung excited. Makin lama berkembang dengan sering mengadakan event offline tentu dengan terjun langsung ke lapangan, makin dicintai oleh masyarakat lebih luas lagi ya. Sukses buat acara jelajah nussa yaaaa

    BalasHapus
  36. Nussa dan Rara uni kartun yg banyak edukasi ttg islam nya.. Suka nontonin ini ke ponakan.. Banyak jg pembelajaran2 ttg hidup yg ditayangkan di sinj.. Pas cocok buat anak2..

    BalasHapus
  37. Nussa dan Rara ini langsung melejit ya Alhamdulillah sejak peluncurannya di Youtube. Klo dlu kita cuma mengenal Upin Ipin dari negara tetangga sekarang ada kartun produksi negara sendiri yang juga patut diapresiasi.

    BalasHapus
  38. Nussa dan Rara ini memang udah harus jadi salah satu tontonan wajib sih, banyak yg bisa dipelajari anak-anak disana. Anak2ku juga selalu kudorong tuk nonton ini, trus bilang coba ikut contoh yg diberikan Nussa dan Rara juga.

    Btw, moga statusnya segera berganti ya Mbak, kali tuh Maret besok udh bisa ke event Nussa Rara bersama pasangan halalnya, Aamiin :)

    BalasHapus
  39. Iyes, anak-anak memang sangat butuh tontonan yang bisa jadi tuntunan, kayak Nusa Rara ini.

    BalasHapus
  40. Anak-anak suka banget sama Nussa dan Rarra, jadinya mereka semangat waktu aku kasih tahu bulan Maret bakalan ada acaranya. Enggak sabar yaa rasanya, pasti bakalan seru banget kalau bisa ikutan.

    BalasHapus
  41. Q udah jadi subriber tetapnya nussa mau beli buku dvd bahkan liat di youtube

    BalasHapus
  42. Wah catat nih tanggalnya semoga ada kesempatan bawa anak ke sana sekalian buat belajar agama dan ortunya juga menyimak parenting talknya ya mbak. TFS infonya.

    BalasHapus
  43. Nussa dan Rara itu karttun favorit anakku banget mba, selain seru kartunnya juga dapat megedukasi anak. Hebat banget lah pokoknya

    BalasHapus
  44. Penasaran sama Menara Nussa. Walau anakku belum ngerti, ibunya join bisa ga yah? Btw pas tgl 22 kemarin temen Kantor suami kasih lihat anakku video Nussa Rara elaaah ternyata dilaunch juga kemarin toh, Aku udah nonton Dan baper huhu baguus

    BalasHapus
  45. Anakku suka banget niiih Nussa Rara. Suka yang lagu kalau makan ucapkan bismillah itu hahaha. Jadi ga sabar bakal ada di JIEXPO.

    BalasHapus
  46. emang nusa rara ini juara...
    Anak kecil sesibuk apa kalau udah denger nusa rara langsung diem nonton. Bagus banget kontennyaa..

    Btw quotesnya bener juga ya, kadang kaadng mereka susah nerima nasihat tapi kalau soal meniru memang jagonya. Makanya harus dikasih asupan konten dan pelajaran yang baik, serta menarik tentunya seperti yang disampaikan lewat nusa rara

    BalasHapus
  47. Nusa rara emang paling the best ya mbak Feni. Saya juga ke Jiexpo tapi blm sempat mampir kesini

    BalasHapus
  48. Menarik banget ini acaranya. Nussa dan Rara ini bener-bener konten yang bagus untuk anak-anak ya. Bisa dijadikan panutan untuk anak.

    BalasHapus
  49. Animasi kesukaan anak-anak aku. Konten yang bagus buat anak-anak. Orang dewasa juga ding, jadi belajar gimana nerangin ini itu ke anak. haha

    BalasHapus
  50. event jelajah nussa esok bakalan keren dan berbobot banget nih... kemarin aku dan anak-anak nonton live streaming launchingnya di yutub... dan mereka minta datang ke jelajah nussa donk

    BalasHapus
  51. Aku gak sabar nunggu event ini, bukan anak-anak aja yang keranjingan Nusa dan Rara tapi emak-emak juga. Efek dari sering nemenin anak nonton

    BalasHapus
  52. Kak doain yaa biar aku dikasih waktu dan bisa dateng ngehadirin acara nussa official ini. Hihi bagus banget inimah abisannn

    BalasHapus
  53. Favorit anakku banget, pasti happy nih diajak kesini, secara ini karakter kartun yang positif buat pengaruh ke anak.

    BalasHapus
  54. Asik banget acara Jelajah Nussa ini mbak. Anak2 pasti suka dan gak mau pulang ya hehe. Btw, setuju bnget bahwa anak gak akan pernah salah meniru karena anak adalah mesin foto copy tercanggih :)

    BalasHapus
  55. Wah keren dan inspiratif banget nih.
    Semoga semakin banyak tayangan seperti Nussa dan Rara ini ya

    BalasHapus
  56. Iya benar sekali, jangankan anak-anak, ornag dewasa pun sebenarnya suka bebal kalau dinasehati (dari pengalaman sendiri hoho) mungkin karena merasa diri kita sudah besar dan bisa memilih jalan sendiri. Nah, kalau kita lihat orang lain itu baik, tanpa dia bicara pun kita berusaha ngikutin dia. Jadi, kalau orang dewasa aja butuh sosok, apalagi anak-anak. Nussa adalah tontonan bagus utk anak-anak yg skrg ini makin susah mencari tokoh anak kecil di media yg memberikan contoh akhlak yang baik.

    BalasHapus
  57. anak2 kadang gagal dengar nasihat, tapi sukses meniru.

    INI BENER BANGEETTT
    Dan aku bangga dgn Rara Jelajah Nussa ini karena jadi tontonan yg bagus buat kids jaman now

    BalasHapus
  58. Serial Nussa salah satu serial terbaik untuk anak, karena mengandung nilai postif untuk membentuk karakter anak dengan baik

    BalasHapus
  59. Semoga segera berganti status ya, Mbak. Aamiin ya Rabb. Saya pun sebagai emak-emak suka banget nonton Nussa dan Rara ini. Gemas sekali sama suaranya si Rara, apa lagi setiap episode selalu menyuguhkan pelajaran yang dapat kita ambil.

    Semoga kelak Jelajah Nussa bisa ke kota lain seperti Surabaya atau Gresik supaya saya juga dapat menghadiri acara keren ini.

    BalasHapus
  60. Anak saya seneng nonton Nussa Rara ini, emang bagus sih ada nilai - nilai positifnya jadi anak gak sekedar nonton yah.

    BalasHapus
  61. Saya inget-inget apa ini pas baca judulnya, sekarang ingat ini TV serial yang pagi2 itu yaa,....
    Anak-anak itu emang peniru ulung dih klw cuma nasehat bukan contoh susah nangkap.

    BalasHapus
  62. Nusa itu tontonan favorit anak ku mbak, banyak pesan edukasi dan moral. Saya juga anteng kalo anak lagi nonton nusa

    BalasHapus
  63. Setujuuu, anak-anak itu tuh suka meniru perilaku orang dewasa di sekitarnya. Maka, sebagai orangtua, jangan deh cuma capek menasehati sampai gigi kering, harus ikut memberi contoh juga. Sering lho anak berkata begini, "Aku harus mandi? Mama aja belum mandi."

    Nah kaaan ... Senjata makan tuan jadinya. Jelajah Nussa Rara ini sudah kusounding ke anak-anak dan mereka langsung ngajak pergi bareng kesana, Yuhuy!

    BalasHapus
  64. Semoga mbak nya disegerakan bertemu jodoh terbaik, Aamiin πŸ˜„❤️
    Nusa ini salah satu media belajar yg menyenangkan buat anak2.. mereka pasti suka dan ceritanya bagus banget untuk anak, sangat mendidik 😊

    BalasHapus
  65. Kartun kesukaan anak-anakku nih Nussa dan Rara, melalui kartun ini saya bisa mensoundingkan perbuatan baik ke duo AuRa dengan cara yang menyenangkan.

    BalasHapus
  66. Lingkari kalender ah, mumpung masih lama,28-29 Maret ke JIEXPO ada acara Jelajah Nussa. Banyak acara keren nih , enggak boleh dilewatkan ini

    BalasHapus
  67. Kalau tinggal di sana, saya pasti langsung cuss pergi nih. Soalnya dua anak saya tuh suka banget sama tokoh Nussa dan Rara. Videonya di Youtube ditonton berkali-kali.

    BalasHapus
  68. Aku lagi ngarahin anakku agar mau diajak nonton Nusa Rara nih. Masih suka nontonobilan mulu, padahal cewek.

    BalasHapus
  69. Suka banget sama karakternya Nusa Rara yang imut dan mengajarkan nilai nilai dasar yang bagus ke anak sejak usia dini.
    Belajar berdoa juga.

    BalasHapus

Posting Komentar

Salam SemangatCiee, bertamulah yang santun, sebagaimana kamu datang berkunjung ke rumah sahabatmuπŸ™

Postingan populer dari blog ini

Review Wardah C-Defense Sleeping Mask

Review Wardah Lightening Day Niacinamide (Kemasan Baru)

Resensi Buku: The Autobiography of Valentino Rossi

Review Wardah Lightening Micellar Gentle Wash

Review Wardah Hydra Rose Gel to Foam Cleanser