Ide Liburan Sekolah di Jakarta Naik Transportasi Umum

Ide Liburan Sekolah di Jakarta Naik Transportasi Umum, Mengapa Tidak? -- Hai adik kecil dan kamu remaja yang akan menghadapi liburan sekolah, selamat berbahagia. Tak terasa tahun ajaran 2021/2022 sebentar lagi akan berakhir. Masa-masa belajar kombinasi yang dilalui yaitu daring lalu bisa kembali luring, tentunya jadi hal yang menantang. Namun berkat kesabaran dan perjuangan, kalian dapat menghadapinya dengan baik.

Eh, eh,.. Fenni Bungsu udah ngomongin liburan sekolah aja? Memangnya udah pada kelar apa PAT-nya?

Mungkin masih ada yang menjalani PAT atau Penilaian Akhir Tahun, ada pula yang sudah kelar, sehingga pembicaraan libur sekolah kan sudah boleh dong dibahas dari sekarang, hahah.

ide liburan sekolah untuk anak, ide liburan sekolah untuk guru, ide liburan untuk mahasiswa,

Soalnya ponakan daku yang pada masih SD (beda sekolah sih mereka), sudah berangsur-angsur menjalani PAT. Begitu juga untuk kategori SMP berbarengan dengan SD waktu PAT nya di minggu ini. Sedangkan SMU sederajat ada yang memulai PAT dari akhir Mei 2022 lalu dan awal Juni kemarin.

Oleh karenanya, berlibur jadi salah satu cara untuk melepas rasa penat pasca ujian sekolah. Serta sekalian juga sih bila keluarga yang mendampingi untuk ikut liburan juga, ๐Ÿ˜Itu mah saya, hahaha. 

Maklum adakalanya diteror ponakan…tapi yang neror malah ponakan yang belum sekolah alias masih 3 tahun umurnya, “Ayuk onty naik kereta,” apalagi kalau dia lagi lihat kartun Thomas and friends, hihihi.

Bisa dikatakan transportasi publik kita di Jakarta selain menyenangkan juga makin beragam (di luar transportasi daring), misalnya ada Transjakarta, KRL (Kereta Rel Listrik) Commuterline, LRT (Light Rail Transit), MRT (Moda Raya Terpadu), dan Jaklingko (mikrotrans).

Pasalnya kemajuan konektivitas transportasi kita bisa dikatakan, terus berkembang dengan terintegerasinya antara satu moda transportasi dengan yang lainnya, sehingga makin memudahkan masyarakat untuk bepergian.

ide liburan sekolah minim biaya, ide liburan sekolah biaya hemat, ide liburan sekolah hemat bujet, ide liburan sekolah gratis, ide liburan sekolah tidak mahal,

Misalnya yang sering saya lakukan ketika akan berangkat kerja adalah menggunakan Jaklingko untuk menuju halte Transjakarta. Adakalanya juga saya berangkat naik angkutan umum (konvensional) menuju stasiun KRL Commuterline (karena efek demi mencari toilet hehe), lalu disambung dengan Transjakarta.

Tentunya untuk kamu yang ingin berwisata di sekitaran Jakarta, juga makin seru menggunakan transportasi umum yang saya sebutkan di atas, karena lokasinya masih terjangkau, contohnya adalah:

Perpustakaan Nasional Medan Merdeka

Pasti kamu familiar mendengar nama Perpustakaan Nasional yang lokasinya di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat ini. Tempatnya yang strategis dekat dengan gedung pemerintahan seperti Balai Kota DKI Jakarta dan Kementerian BUMN, serta dekat dengan Kantor Dubes Amerika Serikat. Apalagi sangat cocok buat mengisi waktu liburan di sini, dan bisa di jangkau dengan transportasi seperti:

  • KRL Commuterline turun di stasiun Gondangdia lalu berjalan kaki sekitar 18 menit, atau bisa dengan Transjakarta 2Q (Gondangdia-Balaikota) turun di halte Balai Kota.
  • KRL Commuterline turun di stasiun Juanda lalu lanjut naik Transjakarta 2 (Harmoni – Pulogadung), turun di halte Balai Kota.
  • Transjakarta koridor 1 (Blok M-Kota) turun di Halte Busway Bank Indonesia, lalu jalan kaki sekitar 11 menit menuju Perpustakaan Nasional.

ide liburan sekolah di jakarta, ide liburan sekolah di bandung, ide liburan sekolah di depok, ide liburan sekolah di jakarta timur, ide liburan sekolah di jakarta barat, ide liburan sekolah di jakarta selatan, ide liburan sekolah di jakarta pusat, ide liburan sekolah di jakarta barat, ide liburan sekolah di surabaya, ide liburan sekolah di malang, ide liburan sekolah di lembang, ide liburan sekolah di sulawesi, ide liburan sekolah di makassar, ide liburan sekolah di kalimantan, ide liburan sekolah di papua, ide liburan sekolah di labuan bajo, ide liburan sekolah di maluku, ide liburan sekolah di bali, ide liburan sekolah di padang, ide liburan sekolah di medan, ide liburan sekolah di lampung, ide liburan sekolah di jambi, ide liburan sekolah di bengkulu, ide liburan sekolah di aceh, ide liburan sekolah di medan, ide liburan sekolah di brastagi, ide liburan sekolah di pariaman,

Khusus yang pilihan jalan kaki, nggak apa-apa lah ya, biar makin sehat karena banyak gerak sambil menikmati pemandangan Jakarta, hehe๐Ÿ˜Ž. Namun bila lelah, kamu juga bisa mengandalkan transportasi daring maupun konvensional seperti Bajaj BBG dan taksi☺️.


Kota Tua

Kota Tua menjadi salah satu lokasi liburan yang asik menurut saya, karena di sini terdapat gedung peninggalan masa penjajahan Belanda dan museum yang akan menambah wawasan, seperti Museum Sejarah Jakarta, Museum Mandiri, Museum Bank Indonesia, Museum Fatahillah, Museum Seni Rupa dan Keramik. 

Untuk menuju Kota Tua juga mudah, bisa menggunakan:

ide liburan sekolah dengan transportasi umum, ide liburan sekolah naik kereta, ide liburan sekolah naik busway, ide liburan sekolah naik transjakarta, ide liburan sekolah naik commuterline, ide liburan sekolah naik LRT, ide liburan sekolah naik MRT,

  • Transjakarta koridor 1 (Blok M-Kota) turun di halte terakhir, Kota.
  • KRL Commuterline relasi Jakarta Kota – Depok/Bogor/Nambo. Namun untuk kamu yang datang bukan dari arah Depok/Bogor/Nambo, bisa dengan cara: transit di Stasiun Manggarai atau stasiun Kampung Bandan menuju stasiun Jakarta Kota.

Jalan-jalan asik di momen liburan sekolah menggunakan transportasi umum, bisa kamu manfaatkan sebaik mungkin, sehingga saat nanti memasuki tahun ajaran baru 2022/2023 pikiran lebih fresh dan ceria. 

Liburannya dapat, edukasinya pun juga. Bahkan bila kamu sedang edisi “malas” dengan naik turun angkutan umum, juga bisa memanfaatkan kendaraan rental, yang penting kan happy hehe.

[Baca Juga: Bagusnya Liburan Sebelum atau Sesudah Ramadhan, ya?

Kemanapun liburannya, persiapannya juga harus matang. Terlebih bila kamu ingin keliling kota di Indonesia dengan persiapan tiket dan akomodasi, karena wonderfull pariwisata Indonesia banyak ragamnya sehingga memang patut masuk wishlist untuk dikunjungi saat berlibur. Tetap hati-hati dalam bepergian, dan #SemangatCiee selalu.

Komentar

Gita Siwi mengatakan…
Setuju kak, Liburan itu mau jalan kaki sekalipun ya butuh prepare ya, alhamdulillah dua tempat ini udah aku kunjungi, enak tempatnya akses transportasi umum juga gamoang.
Nufa Zee mengatakan…
ikuuut naik kereta, dulu anakku ikut program liburan dari PT KAI, jadi ada sesi nyuci kereta api wkwkw seruuu
Indri mengatakan…
Memang ya anak-anak udah heboh pas tau mau libur panjang, mereka udah ngajakin kesana kesini buat ngisi liburan. Udah lama jg ga ke Perpus, boleh lah di coba
April Hamsa mengatakan…
Mantul nih idenya, aku juga berencana mau ajakin anak2ku naik KRL dan MRT haha mereka belum pernah naik MRT. Ada rencana juga mau ngajakin ke perpusnas soalnya sejak gedungnya baru kami blm pernah ke sana, mau ke sana eh keburu pandemi. Anak2 pasti hepi diajakin :D
Cicajoli mengatakan…
Jaklingko ini pernah saya pakai mba, ada rutenya ya, kalau gak salah turunnya di Kota tua waktu itu, aduh sudah lama tidak ke ibukota, btw :)
Ursula Meta Rosarini mengatakan…
Aku pengen bgt ngajak anakku ngalor ngidul naik KRL, tp buat anak dibawah 6th waktunya masih dibatasi bgt, cuma jm 10 ampe jm 14 doang, mepet bgt kalau mau kmn, padahal pengen ngajak ke Bogor atau Kota Tua gitu
Akarui Cha mengatakan…
Ahahaha aku kebayang betapa galaunya Kak Feni pas diteror sama ponakan yang masih balita buat diajakin keliling naik kereta. Hmm Kota Tua memang tujuan wisata sejuta umat yang murah meriah dan gampang dijangkau pakai transportasi umum sih ya Kak.
Yonal Regen mengatakan…
Waktu tinggal di jakarta, senang banget jalan-jalan murah pakai transjakarta. Ke kota tua cuma 300rb doang pas tahun 2000 awalan. Cuma sayang belum kesampaian ke perpustakaan nasionalnya. harus masuk list nih kalau nanti ke ibu kota lagi
Mei Daema mengatakan…
saya suka ke Kota Tua mba Fen, asik aja ngelihat orang lalu lalang, para penjual berseliweran, melihat orang-orang naik sepeda, bahagia aja gitu lihatnya
Marfa Umi mengatakan…
Di JKT memang tempat2 itu mudah ya diakses dengan transportasi umum, jadi lebih murah juga jatohnya. Belum keturutan aku ke Kota Lama sama Perpusnas ya ampun. Semoga kapan-kapan bisa main ke sini pun :D
Wah seru yaa liburannya naik transportasi umum gitu, aku juga di sini pernah ngelakuin itu kak. Nama bus di sini itu "Trans Koetaradja" milik pemerintah dan kita gratis naik itu. BTW Penggunaan transportasi umum sebenernya banyak banget manfaatnya, salah satunya mencegah kemacetan dan mengurangi polusi udara.
trlitha11 (lithaetr) mengatakan…
Anak-anak belum naik kereta bawah tanah nih, mungkin nanti bisa dijadwalkan biar ada pengalaman. Untuk liburan kali ini belum ada rencana jadwal apa-apa, baca catatan ini jadi nabung ide, deh.
Okti Li mengatakan…
Aduh jadi inget acara kota waktu nginap di TMII. Pulangnya dari Pulau Baru itu saya dan blogger Sigit, kan diajak Bunda Elisa Koraag naik KRL dll tuh keliling dulu Jakarta. Ah jadi pengen juga nih apalagi ppkm pandemi mulai longgar ya?
Triani Retno A mengatakan…
Memang seruuu ngajak krucil jalan-jalan keliling kota naik kendaraan umum. Dengan syarat kendaraan umumnya bersih dan aman.
Wahyu Eko C mengatakan…
pernah ke jakarta tapi belum pernah naik transportasi umum, soalnya selalu dijemput sodara disana.. Pengen banget cobain KRL sih kalau ke jakarta lagi
Erny Note mengatakan…
Aku juga pengen ajak jalan2 nih anak2 pas liburan sekolah. Pengen juga ngajak ke Jakarta naik transportasi umum buat ngenalin mereka naik kereta, bus dll...kyke seru yaa....makasih infonya bermanfaat mba ..
Tukang Jalan Jajan mengatakan…
Banyak titik seru yang bisa dikunjungi dan menyenangkan banget sih menurutku untuk dikunjungi. Apalagi sejarah dibalik tiap tempat juga asik untuk diulik. Kalau transportasi umum menyenangkan pasti juga bikin happy
YSalma mengatakan…
Membaca ini jadi ingat pernah ngajak anak memperkenalkan moda transportasi umum dengan naik bus dari rumah, nyambung bus lagi yang ke Kota trus baliknya naik kereta. Jadi ingin ngulang lagi seklian main di Kota Tua Jakarta.
Yuks kita liburan ke Jakarte.
Eri Udiyawati mengatakan…
Jakarta udah banyak banget perubahan. Kangen jalan-jalan di sana. Sekarang transportasi umumnya udah canggih dan keren.
atiq - catatanatiqoh mengatakan…
Alhamdulillah ya, situasi udh bisa kondusif buat ajak anak naik transportasi umum lagi :) baru bulan kemarin juga berani lagi ajakin anak naik KRL hihi
Han mengatakan…
Wah di malang juga ada lhoo ini, skrg namanya macito hihi, dan harus antri juga nih naiknyaaa. aahh jadi pengeenn juga cobain
Siska Dwyta mengatakan…
Asyik ya kalau tinggal di Jakarta. Banyak transportasi menarik yang bisa dinaiki. Nah, benar juga tuh, bisa jadi ide liburan yang menyenangkan. Apalagi namanya anak-anak ya pasti senang diajak jalan2 keliling kota dengan bus parawisata
Siska Dwyta mengatakan…
Asyik ya kalau tinggal di Jakarta. Banyak transportasi menarik yang bisa dinaiki. Nah, benar juga tuh, bisa jadi ide liburan yang menyenangkan. Apalagi namanya anak-anak ya pasti senang diajak jalan2 keliling kota dengan bus parawisata
Lita Lestianti mengatakan…
Saya jadi kepikiran liburan yang edukatif bareng aanak-anak. Di surabaya mungkin ke museum2 sih..
Happy mengatakan…
sama Museum Nasional, mbak. aku rencana dalam waktu dekat pengin ke situ. eh tapi libur anak sekolah bentar lagi ya mbak? haduh, siap-siap tempat-tempat wisata ramai nih hahaha.
Melalak Cantik mengatakan…
Kota tua memang asik sih untuk belajar sejarah dan melihat bangunan-bangunan menarik pada masa lalu. Beberapa kali berkunjung kesana memang cocok dijadikan tempat liburan bersama keluarga.
Hallowulandari mengatakan…
dulu aku pernah tuh city tour jakarta pake bus city tour, terus duduk di lantai 2, uhhh rasanya seru dan bisa sightseeing jakarta
Marita Ningtyas mengatakan…
Seru ya memang ngajak anak-anak naik angkutan umum. Aku juga pernah tuh... sayangnya kalau di Semarang tuh jam2 sampainya si bus masih jauh dari prediksi, jadi suka jenuh nunggu bisnya, karena mayan lama. Tapi kalau acara jalan-jalannya sih, anak-anak seneng.
lendyagasshi mengatakan…
Suka merasa norak kalau ke Jakarta karena transportasinya super keren, terutama MRT-nya yang sangat cepat, gak berisik dan tepat waktu.
Nama stasiunnya juga unik-unik.
Super bahagia liburan naik kendaraan umum.
lendyagasshi mengatakan…
Asik yah..
Jalan-jalan keliling Jekarda menggunakan transportasi umum. Karena kalau liburan, mungkin transportasi umum pun gak seberapa padat kali yaa..?
Erin Herlina mengatakan…
Aku tuh suka banget jalan-jalan di Jakarta karena transportasi umumnya lengkap dan lebih murah. Bahkan cuma keliling doang itu udah happy banget. Yang masih takjub itu kalau lihat gedung pencakar langit. Padahal bukan hal baru, tapi selalu kagum lihatnya.
www.faradiladputri.com mengatakan…
Nah ini idenya seru banget! Low budget, tapi anak senang dan juga bisa belajar banyak dengan naik transportasi umum di Jakarta. Nanti mau coba juga ahh hihi
iyan'blogs mengatakan…
menarik banget buat keliling jakarta dengan transportasi umum, selain seru sekaligus bisa mengisi waktu bareng anak saat liburan sekolah
Susi Susindra mengatakan…
Tiap sudut Jakarta harus dikunjungi karena sangat menarik. Kalau ke sana saya juga ke sana ke mari naik transportasi umum. Sangat mudah dan memudahkan bagi pelancong seperti saya yang beberapa tahun sekali ke sana.
Dan biasanya antar museum yang jadi tujuan saya.
http://www.inatanaya.com mengatakan…
Ide bagus dan sederhana, harus dimatangkan sebelum direalisasikan. Yang penting anak happy dan perjalanan lancar.
Aisyah Dian mengatakan…
Liburan di Jakarta ini memang lebih seru Dan menantang ya mbak kalau memakai Moda transportasi umum.nggak macet Dan seru dong
sarrahgita mengatakan…
wah saya jadi kangen nih ngajak keponakan jalan-jalan. Selama ini saya ngajak mereka jalan-jalan seputaran kot Bandung. Kayaknya seru juga kalo sekali-kali ngajakin mereka ke kota tua atau ke perpusnas.
Marantina mengatakan…
Anakku paling senang kalau diajak naik transportasi umum, tapi memang aku harus cari waktu yang tidak ramai karena capek juga ya jalan kaki, jadi belum bisa sering :)))
Maria G Soemitro mengatakan…
ide bagus nih

bisa dipraktekan di Bandung juga

gak pakai KRL sih, tapi naik bus pakai aplikasi #temanbus yang sedang gratis

terus jalan2 ke museum atau heritage kota Bandung
Ririn Erviana mengatakan…
Waaaahh aku yang dari Lampung ini pengen banget ke perpusnas tapi belum juga kesampaian. Kayaknya seru banget deh bisa naik transportasi umum di jakarta nih. Semoga segera terwujudlah, makin termotivasi setelah membaca artikel ini.
Sagita nur pratiwi mengatakan…
Rute yang seru banget buat dikunjungin bersama anak anak. Pas anak anak liburan sekolah jadi bisa ngajak mereka jalan-jalan sekalian belajar sejarah
@blogger_eksis mengatakan…
TransJakarta yang depan PerPusNas itu haltenya masih direvitalisasi kan?

Pengen deh main seharian ke sana lagi kalau sudah selesai.
Visya Al Biruni mengatakan…
Pasti ponakannya Tante Fenni pada seneng diajak jalan jalan sama Tante Fenni nih :D anak anak emang ngga peduli mau kemana yang penting sama siapa dan yang penting jalan jalan, hehe.
nchie hanie mengatakan…
Aahhh, libur telah tiba..libur telah tiba..
Asiknya yang keliling2 kota pake transportasi Trans Jakarta yang nyaman.
Aku mau juga diajakin donk Tante Feni.
Mau ke Kota Tua juga kita ootedean, eeaaa..
rahma mengatakan…
Ajak nyobain bus listrik mbaak. Kmrn aku ajak ponakan naik bus listrik ke perpusnas, seru. Masih gratis selama mas uji coba.

Sama ajak ke Museum Nasional, suka ada workshop membatik buat anak-anak..pasti pada suka deh

Iva C Wicha mengatakan…
Seru juga nih kyaknya ngajak anak2 naik transportasi umum. Belum prnah krna 2thn kmren pandemi, smoga aja pas mulai libur sekolah ga begitu padat ya
Aku sih suka banget naik transportasi umum tapi suamiku gak mau, lebih seneng naik motor katanya haha. Kalau kita kadang bosan di rumah, larinya ke Kota Tua atau Ancol yang dekat dengan rumah. Anak-anak udah seneng banget tuhh
Marita Ningtyas mengatakan…
Pengen juga ngajak anak-anak naik KRL. Sayangnya di Semarang nggak ada. Kalau naik bus umum sudah pernah sih ngajakin anak-anak. Nyaman sih, tapi yang bikin malas adalah nunggu kedatangannya tetap lama.

Meski sudah tertera jadwal di halte, ternyata kedatangan dan keberangkatan bus nggak sesuai dengan jadwalnya. Alhasil malah jadi bete karena lama nungguin, hehe.
Pas ke Jakarta kemarin, aku juga anak jalan pakai ktransportasi umum, seneng banget. Dulu juga gitu kalau pas liburan ke Jakarta diajak naik MRT