Langsung ke konten utama

Jualan Peralatan Rumah Tangga, Bisnis yang Terlihat Biasa tapi Ternyata Menjanjikan

Aplikasi kasir, aplikasi kasir toko, aplikasi kasir murah, aplikasi kasir online, aplikasi kasir mudah, aplikasi kasir gratis, aplikasi kasir post app, cara download aplikasi kasir post app, aplikasi kasir point of sale, aplikasi pos post app,

Siapa sangka berjualan peralatan rumah tangga, bisnis yang terlihat biasa tapi ternyata menjanjikan ini dapat menjadi peluang besar untuk meraih keuntungan. Pasalnya ini bisa menjadi salah satu ide usaha yang dapat kamu geluti. Memang awal mula mencari ide untuk berbisnis, adakalanya seseorang berpikir begitu jauh. Maunya niaga ini, maunya jualan itu, tapi nanti takut begini, takut begitu. Padahal hal-hal familiar yang ada di sekitar kita, kadang bisa jadi ide bisnis yang bagus.

Tidak perlu jauh-jauh, kuliner misalnya. Bisnis olahan pangan ini menjadi alternatif pilihan untuk berbisnis. Atau bila kamu memiliki hobi tertentu, bisa juga dijadikan ide berjualan. Pun begitu dengan hal-hal simple seperti peralatan rumah tangga. Itu bisa juga lho jadi peluang bisnis yang menjanjikan buat kamu.

Alasan mudahnya adalah karena barang-barang peralatan rumah tangga selalu dibutuhkan masyarakat. Bisa dikatakan permintaan dari calon pembeli selalu ada. Disamping jenisnya yang banyak variasi, warna, dan bahannya maka ini bisa menjadi peluang buat kamu mendapatkan untung dari jenis-jenis barang yang berbeda. Bahkan menurut Google (Mesin telusur), beberapa keyword yang mengacu kepada peralatan rumah tangga mendapatkan pencarian yang sangat besar dan cenderung semakin naik. Misalnya untuk pencarian kata bedcover, sprei, kompor gas, peralatan dapur, hingga blender.


[Baca Juga: 8 Peralatan Elektronik Ini Wajib Ada untuk Pengantin Baru]

Aplikasi kasir, aplikasi kasir toko, aplikasi kasir murah, aplikasi kasir online, aplikasi kasir mudah, aplikasi kasir gratis, aplikasi kasir post app, cara download aplikasi kasir post app, aplikasi kasir point of sale, aplikasi pos post app,

Oleh karena itu, peluang berbisnis peralatan rumah tangga bisa dibilang masih cukup luas. Walaupun mungkin sudah dikuasai oleh beberapa toko besar, tapi kamu masih tetap memiliki kesempatan asalkan teliti melihat pasar. Lalu hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan ketika ingin memulai berbisnis di ranah ini? Berikut langkah-langkahnya:

Pilih Konsep Bisnis Daring Atau Luring

Pertama tentu pastikan konsepnya dulu, mau jualan secara offline atau online. Kalau melihat kecenderungan masyarakat belakangan ini (terlebih karena efek pandemi juga ya) berbisnis online lebih menjanjikan, di samping banyak kemudahannya. Namun ada hal lain yang perlu diperhatikan adalah dimana kamu mendapatkan barangnya. Usahakan memiliki koneksi ke beberapa supplier besar agar harganya bisa lebih murah.

[Baca Juga: Cara Membuat Desain Logo Harbolnas]

Teknik Bagaimana Cara Promosi

Kalau sudah memilih berbisnis online, hal penting yang jangan sampai terlewat adalah bagaimana cara menampilkannya atau memasarkannya. Barang-barang yang difoto lalu kamu publish di website atau media sosial dan dikemas secara menarik cenderung disukai oleh calon pembeli.

Kemudian pikirkan juga detail kecil seperti kartu ucapan dalam kemasan atau mungkin voucher dan diskon jika kondisi sudah memungkinkan. Lalu kemudian menambah jenis barang lainnya juga jadi hal bagus untuk meningkatkan jumlah pembeli, misalnya kita bisa sediakan mulai dari perlengkapan mandi sampai peralatan elektronik seperti mesin cuci.

[Baca Juga: Fintech untuk UKM]


Aplikasi kasir, aplikasi kasir toko, aplikasi kasir murah, aplikasi kasir online, aplikasi kasir mudah, aplikasi kasir gratis, aplikasi kasir post app, cara download aplikasi kasir post app, aplikasi kasir point of sale, aplikasi pos post app,

Kelola Pencatatan Setiap Transaksi

Nah, setelah bisnismu berjalan, maka penjualan dan transaksi pembayaran mulai terjadi. Di sini kamu perlu menyiapkan juga sistem pencatatan yang memudahkan. Misalnya dengan menggunakan semacam aplikasi kasir toko. Lewat aplikasi ini kamu bisa mencatat segala hal terkait bisnis, mulai dari barang dan jumlahnya, transaksi jual beli, hingga data customer. Tak hanya itu, beberapa aplikasi kasir juga memiliki fitur laporan di mana ini penting buat kamu untuk menentukan strategi bisnis ke depan.

Dengan memanfaatkan teknologi saat ini yaitu menggunakan aplikasi kasir online tentu akan sangat membantu kamu untuk melaju mantap menjalankan bisnis peralatan rumah tangga. Jangan pernah takut untuk mencoba dan belajar hal yang baru, serta pandai melihat potensi pasar agar usaha kamu tersebut lancar berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Selamat mencoba ya gaess.

Komentar

Tresna Amanah mengatakan…
Banyak bisnis yang terlihat sepele itu karena kita sendiri gak menyadari semua bisnis besar itu dimulai dari yg kecil kecil namun dengan cara pengelolaan yg benar
dhenok hastuti mengatakan…
mbaknya sudah punya lapak apa? aku pengen banget ini punya lapak perlengkapan rumah tangga, tapi ruang dan uang belum memungkinkan hehe.. kalau sudah ada pengalaman berjalan lapaknya, mau dong dibagi tips2 soal permodalan dsb
Agus Warteg mengatakan…
Bisnis peralatan rumah tangga memang terlihat menjanjikan, tapi memang pertama buka toko harus pintar promosi agar orang tertarik.

Yang susah itu kalo ada tetangga ngutang, kalo gampang bayarnya sih malah bagus soalnya ibaratnya ada pelanggan tapi kalo ditagih galak itu susahnya.😂
nurul rahma mengatakan…
Wihh, ini bisa jadi alternatif usaha utamanya buat ibu rumtang atau mungkin yg terdampak pandemik ya.
aplikasinya juga cihuy bin paripurna banget
Moch. Ferry Dwi Cahyono mengatakan…
Bisnis peralatan rumah tangga menjadi salah satu tools penjualan yang masih layak ditekuni
Maria G Soemitro mengatakan…
Setuju banget Mbak Fenni, Karena perlengkapan rumah tangga selalu mengalami kemajuan teknologi yang dibutuhkan sangat dibutuhkan pemakainya
Yang dibutuhkan kemudian adalah strategy bisnis dan aplikasi yang membantu
Triani Retno A mengatakan…
Betul, betul. Selalu ada aja yang membutuhkan perabotan rumah tangga. Meski bukan barang sekali pakai, ada saja kemungkinan barang yang sudah ada sekarang aus, rusak, atau ya kitanya aja yang bosan :D Jadi, nggak ada salahnya berbisnis barang kebutuhan rumah tangga. Apalagi kalau ada aplikasi yang membantu pencatatan keuangan dsb.
Emma Malika mengatakan…
Aplikasi kasir ini memang harus di gunakan bagi yang ingin usahanya berjalan lancar ya recommended banget nih 😊
Mbul Kecil mengatakan…
malah justru ini yang dicari banyak orang yang sudah berumtang loh, sebab memang memiliki barang barang peralatan seperti ini, khususnya alat masak ya memang bisa dikatakan penting, sebab ya sering dipakai kan

btw aku baru tau selain sistim daring ada pula istilah luring loh..

dan sepertinya aps kasir ini meruoakan inovasibterbaru yang lebih mengefisienkan transaksi proses jual beli ya
Nefertite mengatakan…
Baru mikir juga nih, pengin usaha apa gitu. Jalanin usaha sekarang, selama mau ikuti perkembangan teknologi sih enak ya, efisien dan diringankan. Kasis online sangat membantu manajemen usaha tuh.
Penghuni 60 mengatakan…
wah, aplikasi pembantu pedagang online ya.. keren tuh...
Nur Chafshoh Sa'idah mengatakan…
Wah iya ya kak, kenapa jualan peralatan rumah tangga termasuk yang menguntungkan, eh banyak yang butuh.

Apalagi ibu-ibu, selain butuh, hobi juga perbaharui alat dapur. Nah dapur rumah kedua mak-mak.. ☺☺
Akarui Cha mengatakan…
Kelola pencatatan transaksi ini kunci banget ya, biar eungeuh apa usaha yang dijalankan sudah mampu memberi keuntungan atau belum. Bisa jadi juga malah biaya promosi terlalu besar dibanding keuntungan. Aplikasi kasir memang sangat dibutuhkan buat para pebisnis walau sekecil apapun itu jenis bisnisnya.
blogger parenting mengatakan…
Sebenarnya di masa pandemi seperti ini menjual peralatan rumah tangga memang adalah pilihan yang baik. Karena kebanyakan kita akan lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Ibu rumah tangga seperti saya juga lebih banyak turun ke dapur. Makanya kadang kadang saya pun juga suka mencari peralatan dapur yang ingin dipakai ketika eksekusi sebuah menu masakan baru.
Ella Fitria mengatakan…
sepakat banget sih sama langkah2 di atas mbak, soalnya kl nggak punya konsep jualan bakal kalah saing dengan kompetitor ya.. bakal lebih praktis dan enak kalau pakai aplikasi kasir supaya pencatatannya jelas :)
My Naden Milen mengatakan…
terimakasih mbak tipsnya, saya pribadi merupakan orang yang sangat takut berbisnis :(
Sebenarnya dari hati terdalam mau banget bisnis ehhehe tapi saya bingung pembayarannya saya nggak punya atm:(
Deta Rofiatul Badriyah mengatakan…
Aku nih mbak, kebanyakan mikir mau jualan apa haha. Pencacatan keuangan pakai aplikasi memang sangat membantu ya, dinamis, bisa di otak-atik fimana pun berada.
Nathalia Diana Pitaloka mengatakan…
Iya betul, banyak lihat teman-teman yang jualan panci-panci lucu dan peralatan rumah tangga lainnya... Memang bisa menjadi lahan bisnis yang menjanjikan ya...
Arif Rudiantoro mengatakan…
Wah menarik Mbak, Saya juga seneng berjualan bahkan sekarang, dulu jaman kuliah Alhamdulilah bisa sampai wisuda dg hasil jualan n nggak minta biaya ortu.
Andina mengatakan…
Baru tahu ada aplikasi kasir ya. Makin mudah aja berjualan, banyak jasa atau aplikasi yang memudahkan pekerjaan
Intan Daswan mengatakan…
Wah penting banget nih aplikasi ini, biar ketahuan alur uangnya. Karena kalau nggak dicatat dengan baik, hasil penjualan nggak jelas juntrungannya.
Wiwin Pratiwanggini mengatakan…
Nah, penting ini aplikasi kasir. Dengan aplikasi ini selain lebih mudah dalam mengeluarkan nota/kuitansi buat pelanggan, pencatatan keuangan juga menjadi lebih rapi dan terarsip dengan baik.
Yanti Alif mengatakan…
Bisnis peralatan rumah tangga selalu berkembang pesat karena para ibu2 cenderung mengganti perlatan rumah tangganya dengan yang baru contohnya saya hihihi suka gk smngat masak kalo peralatannya dah jadul apalagi masa pandemi begini yang semuanya ada dirumah pasti para ibu masak tiap hari yang penting iklan onlinenya yang gencar buat memperkenalkan produknya
Mutia Erlisa Karamoy mengatakan…
Kadang memulai bisnis bisa dari hal-hal yang kita kuasai dan dekat dengan lingkungan kita ya, yang terlihat sepele belum tentu tidak menjanjikan.
Antin Aprianti mengatakan…
Semenjak pandemi kayanya peralatan masak malah laku ya mbak, secara yang nggak biasa masak sekarang jadi suka masak. Ya kaya aku gini hehe
Lailianayla's blog mengatakan…
Peralatan rumah tangga tu kesukaannya Emak-Emak sih jadi peluang bisnisnya oke.
Baru tau jg ni ada aplikasi kasir
Penting banget ini agar permudah kelola arus transaksi
April Hamsa mengatakan…
Justru peralatan rumah tangga pasti dibutuhkan ya sama masyarakat. Keknya kuncinya satu ya jangan gengsi. Ah aku jd keinget deh sama yg suka jualan pameran keliling di arisan2 ibu2 heuheu
Meli Engku mengatakan…
Jadi pengen jualan produk rumah tangga juga hehe slama ini baru jual makanan aja. Kumpulin modal dulu ah biar bisa buka lapak barang rt :D
Yustrini mengatakan…
Jualan peralatan rumah tangga oke juga tuh. Karena selalu dibutuhkan terus apalagi sekarang ada aplikasi yg memudahkan utk belanja online
Indri Ariadna mengatakan…
Setuju banget mbak, baik bisnis online maupun offline, pencatatan secara digital lebih afdol daripada pencatatan manual.
Tapi ya awal-awal pandemi itu penjualan alat masak naik loh kak, karena aku termasuk yang membeli beberapa peralatan masak efek lihat review dari teman-teman juga. Bahkan seminggu lalu pun aku baru beli pan ukuran besar.
Antung apriana mengatakan…
Jadi ingat dulu ada rekan kerja jualan peralatan dapur awalnya cuma jadi reseller sekarang dia malah jadi distributor resmi dan punya toko sendiri. Kalau menurutku memang bisnis yang berbau perdapuran ini menjanjikan banget soalnya ibu-ibu pasti beli
Nia K. Haryanto mengatakan…
Iya banget deh, bisnis alat-alat rumah tangga mah gak ada musimnya ya. Selalu kapan aja dibutuhn. Mana biasanya ibu-ibu mah gak hanya 1 perlunya. Tiap ada macam, warna, ukuran, pasti aja kepengen punya. Dan iya banget, untuk bisa dagang seperti ini, menggunakan aplikasi kasir online udah kebutuhan kayaknya ya. Praktis dan terjangkau harganya.
lendyagasshi mengatakan…
Mungkin gak yaa...pas pakai aplikasi kasir, ada data yang hilang?
Pasti lebih menghemat waktu dan tenaga kalau segalanya sudah digitalisasi.
Hastin Pratiwi mengatakan…
Kalau bisnis seperti ini insya Allah gak bakal mati ya, Mbak. Mirip dengan bisnis kuliner. Dalam keadaan apa pun orang pasti butuh makan dan juga alat rumah tangga. Jadi bisa terus berkesinambungan.
Rach Alida Bahaweres mengatakan…
Asik banget ada aplikasi kasir online ini jadi memudahkan untuk usaha ya. Memudahkan jadinya :)
Makasih infonya mba
Dwi Puspita mengatakan…
Aplikasi kasir ini sangat membantu sekali ya, apalagi jika para usaha yang nggak mau ribet tapi tetap terkontrol pasti akan memudahkan bagi mereka
estelita zainal mengatakan…
Bisnis peralatan rumah tangga emang nggak ada matinya, karena semua rumah pasti membutuhkan. Sama dengan bisnis kuliner yang tetap bertahan selama orang masih butuh makan. Saya baru tau ada aplikasi kasir ini dan kelihatannya akan sangat membantu. Saya jualan ayam bakar dan kue-kue, kepingin langsung nyoba pakai aplikasi kasir ini.
Sapti nurul hidayati mengatakan…
Bener juga yak. Banyak teman mau usaha makanan. Aku jual alat masaknya kayaknya oke juga ya...bisa dicoba nih
Mei Daema mengatakan…
teman saya ada yang jualan perabot rumah tangga juga dan memang potensial juga buat usaha, menjanjikan banget kak, bisa saya rekomendasikan juga niy aplikasi kasirnya
Iim Rohimah mengatakan…
Pantesan temen saya tuh seneng banget jualan perawalatan rumah tangga. Menguntungkan rupanya. Saya sering mengira dia jualan peralatan kaya panci, toples set yang murah-murah, kirain buat hobi aja. Sampai pas tau fokus ngerjain julannya, dan berhenti kerja, kayaknya emang untung tuh... Soalnya makin rame aja di Story Wa nya..
Rani Retnosari Mantriana mengatakan…
Bisnis peralatan dapur emang gak akan ada matinya ya mbak, dibantu dengan aplikasi kasir tentu akan lebih mudah mengontrol bisnis tersebut
Meilia Wuryantati mengatakan…
Wah aplikasi kasir ini pas banget nih buat ibu2 rumah tangga yang mau memulai bisnis tapi bingung gmn caranya yah. Udah komplit deh di aplikasi kasir ini. Aku jadi mikir juga nih pengen coba bisnis hehehe..
Rahma Y mengatakan…
Jualan perabot memang lumayan prospeknya, saya dulu sebelum pandemi udah ngerasain gimana gampangnya jualan produk ini cuma via FB di grup2 perumahan.

Banyak yg minta cod :) tapi cod diluar marketplace ya ketemuan langsung & tiap hari ada aja yg beli.

Tapi semenjak pandemi, banyak perumahan yg ketat & akhirnya sekarang pilih jual via marketplace, cuma ga bisa semua produk dijual karena yg dimensinya besar seperti oven dll agak2 ngeri rusak kalau kirim via kurir, beda dengan antar langsung.