Langsung ke konten utama

Trik Menghindari 403/404 Saat Berkomentar di Wordpress


Trik menghindari 403/404 saat berkomentar di Wordpress atau ketika blogWalking meninggalkan komentar di Wordpress ini sengaja saya curahkan dengan sepenuh hati (eee, lebay). 

Bila sebelumnya saya mengulas 2 Trik Cepat Atasi Unknown di Platform Blogspot, maka kali ini dengan cerita yang berbeda karena berdasarkan pengalaman sendiri, hihi. 

Pasalnya dua platform blog yaitu Wordpress dan Blogspot acap kali saya temukan di pencarian google, guna membantu saya menemukan sebuah jawaban (bukan menanti sebuah jawabannya ala Band Padi yak, haha).


Cara atasi komentar 403 di wordpress, cara atasi komentar 404 di wordpress, trik menghindari komentar 403 di wordpress, trik menghindari komentar 404 di wordpress,

Nah pengalaman saya saat berkunjung ke blog Wordpress yaitu dengan mengisikan Nama, Email, dan komentar. Ketika itu cukup menyesakkan sih. Sudah komentar dengan sangat cantik karena memang artikel yang saya kunjungi itu kece isinya, eh malah dapat informasi “Forbidden, 403”. Lah ini gimana jadinya? Haruskah saya mengulangi lagi menyatakan perasaan ini? (Ambyar... haha).


[Baca Juga: Ini Filosofi Arti Nama Blog]

 

Ya udahlah, saya ulang lagi berkomentar.

Sayangnya cinta bertepuk sebelah kaki, alias kamu harus coba kembali karena masih “Forbidden, 403” deh hihi.

 

Cara atasi komentar 403 di wordpress, cara atasi komentar 404 di wordpress, trik menghindari komentar 403 di wordpress, trik menghindari komentar 404 di wordpress,

Awalnya saya tanyakan kepada pemilik blog tersebut. Jawaban yang bersangkutan blognya tidak bermasalah. Makin timbul penasaran dong masalahnya kenapa, dan ini bagaimana cara mengatasinya.


[Baca Juga: Tiga Harapan Terbesar untuk Blog]

 

Tak dinyana saat itu ada yang mencoba bantu menjawab dengan “Coba Pakai Laptop mbak, aku bisa pakai laptop,” Tadinya mau bilang, “Wah boleh kalau dibelikan kak hahaha”. 

Cuma menurut saya itu bukan solusi mantul, karena tidak semua orang memiliki perangkat tersebut alias saat BW lebih sering menggunakan ponsel. Jadinya kasihan juga si pemilik blog berarti tidak mobile friendly kan, bila hanya mengkhususkan untuk bisa di komentari melalui laptop saja.

 

Pernah juga ada yang membantu menjawab dengan menitikberatkan pada jaringan internet yang digunakan alias providernya, misalnya provider Ciee

Saya pun langsung menanggapi bahwa tidak menggunakan provider Ciee yang dimaksud. Makin bingung harus bagaimana, karena pernah juga ada hasilnya 404 saat berkunjung ke blog Wordpress. Meski seringnya yang Forbidden-403, kalau yang 404 tidak terlalu.

 

Yang makin membuat penasaran, adalah ketika si pemilik blog wordpress tersebut menyampaikan bahwa blognya baik-baik saja, berarti kan permasalahan bukan berada di blognya, melainkan pada kita yang berkunjung. Logikanya kan gitu ya. 

Saya sendiri memiliki blog wordpress yang belum TLD, tapi tetap saja sih belum mengerti tekniknya seperti apa, hahah. 

Akhirnya saya menggunakan cara blogwalking ke Wordpress seperti layaknya blogwalking ke Blogspot. Inilah serba-serbi uniknya blogwalking, selain dapat ilmu dan silaturrahmi, dapat juga pengalaman untuk mencoba mengatasi kendala dengan bahagia, hihi. 

Berikut rangkuman Trik Menghindari 403/404 Saat Berkomentar di Wordpress, yang bisa dilakukan selain ganti provider internet.

 

Clear Cache dan History

Ini sudah jadi keharusan sebelum menjalankan misi blogwalking. Browser yang akan digunakan untuk BW sudah harus nihil dengan cache maupun riwayat penelusuran apapun. Kamu sudah pasti paham caranya ya.

Cara atasi komentar 403 di wordpress, cara atasi komentar 404 di wordpress, trik menghindari komentar 403 di wordpress, trik menghindari komentar 404 di wordpress,


[Baca Juga: Trik Upload File ke G-drive Tanpa Laptop]

 

Siapkan dan Simpan Komentar Kamu

Maksudnya adalah, ketika kamu berkunjung ke blog wordpress kan lagi asik membaca artikelnya ya, terpikirkan tuh untuk ingin berkomentar. Di sini sebaiknya jangan langsung ke kolom komentarnya. 

Namun komentar yang akan kamu sampaikan hendaknya diketik lebih dulu pada aplikasi notes/Draft Gmail/WA cadangan atau aplikasi apa saja yang nyamannya kamu untuk menyimpan komentar.

Bila sudah siap, baru copaskan ke kolom komentar tersebut. Kalau ternyata saat klik publish komentar hasilnya awaiting moderation berarti Selamat komentar kamu Niscaya masuk dan mendarat dengan bahagia. Namun bila hasilnya adalah Forbidden - 403, maka kamu tidak perlu malas mengetik ulang kalimat komentar lagi kan yak.


Cara atasi komentar 403 di wordpress, cara atasi komentar 404 di wordpress, trik menghindari komentar 403 di wordpress, trik menghindari komentar 404 di wordpress,


Ganti Browser

Bila dengan browser yang satu gagal, maka coba pindah ke browser yang berbeda. Misalnya di awal pertama kamu menggunakan browser Chrome dan hasilnya adalah “Forbidden-403”, maka pindahlah menggunakan peramban lain misalnya Opera Mini atau Mozilla atau peramban apa saja yang ada di perangkat yang kamu punya.

 

Ganti Perangkat

Bila masih juga gagal menemukan cinta sejati, eh, haddeh haha. Maksudnya kalau ternyata saat klik publish komentar hasilnya bukan lagi Forbidden-403 melainkan kalimat “Kami Menemukan aktivitas Tak Biasa dari IP..(IP perangkat kamu)..” maka saatnya ganti perangkat.

Cara atasi komentar 403 di wordpress, cara atasi komentar 404 di wordpress, trik menghindari komentar 403 di wordpress, trik menghindari komentar 404 di wordpress,

 

Diselingi dengan yang lain

Saat berniat BW, gunakan teknik dengan tidak mengumpulkan hanya BW ke blog khusus wordpress saja dalam waktu yang berdekatan, hendaknya di selingi dengan BW ke platform yang berbeda, entah itu Blogspot, Kompasiana, Kumparan, dll.

 

[Baca juga: Komentar Blog Belum Masuk? Enam Ini Alasannya

 

Dahulukan Karena Pengalaman

Terjalinnya silaturrahmi antar blogger melalui blogwalking tentunya akan lebih intens untuk saling berkunjung, Lu BW Ke Gue Begitupun Sebaliknya, sehingga melahirkan kunci agar setelah clear cache dan history pada peramban untuk mendahulukan blog yang sebelumnya ada lambang Forbiden-403 itu.

 

Contohnya begini: Kamu sudah punya list nih mau Blogwalking A, B, C, D, E, F, G, H. Blog yang forbidden-403 itu sebut saja blog E. Kalau dalam urutannya, si E ada di urutan kelima, maka setelah clear cache dan history pada browser untuk mendahulukan BW ke blog E, baru ke A, dan seterusnya. Dengan begitu IP perangkat yang kamu gunakan untuk BW tidak terkena forbidden-403.

Cara atasi komentar 403 di wordpress, cara atasi komentar 404 di wordpress, trik menghindari komentar 403 di wordpress, trik menghindari komentar 404 di wordpress,


Dari pengalaman di atas, ada hal unik pula yang terjadi. Bila untuk komen ke Blogspot dapat menggunakan akun, maka itu pun terjadi untuk komen ke Wordpress yang menggunakan akun. Uniknya adalah saat komen menggunakan akun alias login dengan akun wordpress malah saya belum pernah menemukan Forbidden – 403 maupun 404. Mengapa bisa terjadi seperti itu, kurang paham juga (garuk-garuk telapak tangan sebelah kiri pertanda dapat duit banyak, aamiin, lah). Mungkin teman-teman yang memang pengguna blog Wordpress bisa sharing di kolom komentar ya. 


Cara atasi komentar 403 di wordpress, cara atasi komentar 404 di wordpress, trik menghindari komentar 403 di wordpress, trik menghindari komentar 404 di wordpress,

Semoga informasi ini bermanfaat, sehingga bisa antisipasi lebih dulu sebelum meninggalkan jejak komentar di blog wordpress. Tetap #SemangatCiee Blogwalking. 


Komentar

Dian Restu Agustina mengatakan…
aku sering galau tentang perkomenan 403/404 ini..kezel , kadang BW jadi nyangkut di blog itu huhuhu
Diantara trik ini belum kucoba clear chace &history, juga tulis komen barus sopas ke kolom komen..
wah bisa dicoba nih, trims mbak Fenni
Nurul Sufitri mengatakan…
Wah, iya nih kadang aku juga menemukan hal kayak begini dan jawabannya kita kudu komentar ga pake wifi wkwkwkkwkw :) Kalau pas paket data hp habis, ga lucu kan ya hihihi. Suka bingng..untung sekarang ada jawabannya di tulisan mbak Fenni. TFS ya, bermanfaat banget nih.
Maria G Soemitro mengatakan…
Alhamdulilah belumpernah bermasalah ketika komen di WP, baik menggunakan HP atau laptop

Info yang sangat berguna nih, untuk dipraktikkan ketika tersandung kasus sama
Wahid Priyono mengatakan…
Pengalaman saya pas blog walking ke rekan2 blogger terkadang pas berkunjung ke page/halaman kontennya sering munculnya error 404 padahal di blog lain masih bisa koment. Dan saya setuju jika sebaiknya ganti browser, clear cache di browser supaya bisa lagi. Kadang saya restart komputer/PC/laptop.

Thanks kak fenni sudah berbagai pastinya bermanfaat bagi teman2 blogger yang mengalami masalh error 404/403 seperti di atas.
Rey - reyneraea.com mengatakan…
Hehehe, ini bermanfaat banget, secara sering banget hal ini terjadi. Kalau saya kurang lebih seperti yang di atas. Biasanya yang saya lakukan adalah ganti provider jika tetap tidak membantu, saya ganti browser.

Biasanya juga saya selalu copas dulu komentar saya ya, sebelum di enter.

Tapi, kalau di laptop, saat Di enter terjadi error, biasanya kalau di back, komentar kita tidak akan hilang kok, asalkan jangan sampai langsung di-refresh.
Jalan-Jalan KeNai mengatakan…
Biasanya kalau mau blogwalking, saya duluin yang platform wordpress. Biar saya gak perlu ganti provider. Cara begini biasanya berhasil
lithaetr mengatakan…
Saya setuju dengan mbak Fenni. Bisa jadi kita harus terdaftar terlebih dahulu, baru bisa komentar di blog orang tersebut. Membaca tulisan ini, saya langsung bersihkan cache lo, mbak, hehehehe.
Rani R Tyas mengatakan…
Aku kalau blog Walking kebanyakan udah login dulu di wordpress atau blogspot Mbak jadinya tinggal masukin Komentar aja kecuali memang kayak blognya Mbak Nurul Rahma itu itu harus login dulu kalau nggak masukkan email ngasal mungkin Mbak Feni bisa pakai trik menggunakan email ngasal
YSalma mengatakan…
Sepertinya Wordpress mengingat email yang pernah digunakan untuk berkomentar pertama kali di blog tersebut dgn IP yg digunakan. Begitu ngerubah email atau nama yg disematkan tak sinkron, dia ngasih peringatan. Sepertinya si WP minta diingat detail pertama saat terjalin hubungan, wkwkwk.
diane mengatakan…
Sip nih.. tipsnya.. Kadang emang suka gitu sih ya kalo BW ada aja kendalanya.. Alhamdulillah kalo akhirnya ada solusi yang dishare begini... Happy BW...
Triyatni A. mengatakan…
Soal yang maslaah provider itu sering banget sih sebenarnya
Di grup satunya kan ada tuh rata2 make wp
Nah, kalau komen pake indihome biasanya gak mau
Pake paket data baru mau.
Dan emang katanya lagi sensi hosting sama indihome wkwk
Blogger Surabaya mengatakan…
Nah saya kadang suka begini mbak. Akhirnya bener kata mba fenni sya copy dulu trus paste ke note. Jaga jaga kalau gagal komen masuk. Kalau masih mental jg saya share ke twitter hehehe
nurul rahma mengatakan…
sekarang aku kalo lagi marathon BW, kutandai mana aja yg pakai WordPress, mb
Nah, biasanya aku dahulukan tuh
Komennya aku simpen di WA, jadi kalo error, ga sesek2 amat :D
sumiyati sapriasih mengatakan…
wah baru tahu nih ... terima kasih info ilmunya, tapi aku bukan mengguna wordpress. etapi yang website sahabat blogger pake wordpress jadi aku save ya biar ga lupa
Annie Nugraha mengatakan…
Wah terimakasih untuk tips dan triknya Mbak Fenni. Emang kesel banget sih. Saat sudah bikin komentar panjang eeehh gak taunya gak bisa diposting. Duuhhh rasanya pengen ngeremes handuk basah hahahaha.
Mutia Ramadhani mengatakan…
Iya betul salah satu tipsnya itu mba, siapkan dan simpan komentar kita. Makanya saya paling suka blogwalking pakai laptop karena saya biasanya ngetik dulu komen saya di notes, baru saya copas. Terima kasih banyak tipsnya Mba Fen.
Novri Yanti mengatakan…
Wah ini baru tips yang solutif..

Saya pernah beberapa kali ngalamin eror 403/404 dan tak tau harus berbuat apa. Setelah beberapa kali gagal, saya baru kepikiran untuk simpan draft komentar. Jadi ngga perlu ketik ulang ketika harus mengulang komentar.
Katerina mengatakan…
Nah baru aja nih, sebelum mampir di artikel ini, saya mampir ke blogpost di sebelah, muncul 403. Awalnya ngetik komen di laptop, gagal. Saya pindah ke HP, ganti internet, dari awalnya pakai wifi, ganti pakai mobile data, trus mulai ngetik komen ulang, dan berhasil horeee haha. Soalnya udah hafal, kalau ada kejadian kayak gitu berarti ganti perangkat, dan ganti koneksi internet
Desi Murniati mengatakan…
Aku juga sering nih udah nulis komentar, eh eror! Ya allah capek mau nulis lagi, emang perlu tulis dulu di catatan ya
Dee_Arif mengatakan…
oh ini ya caranya, makasih ya mbak
aku juga kadang kesulitan komen di wordpress
Anis Khoir mengatakan…
Worried banget ya mbak, saat sedang asyik bw sudah komentar panjang kali lebar eh malah ada pemberitahuan 403, hehe
Puspita mengatakan…
Ternyataaa. Aku sering banget begitu. Kesel emang.

Setelah baca artikel Kakak, jadi tau harus bagaimana.
Alya mengatakan…
Saya jarang sih nemuin 403/404 forbidden di wordpress, bisanya kalau saya lagi bw di wordpress.org justru harus login terus ke akun wordpress versi org supaya bisa nulis komentar blog karena blog wordpress saya sendiri masih gratisan.
http://www.inatanaya.com mengatakan…
Terima kasih tipsnya. Saya sendiri gaptek tentang forbidden 403/404. Jadi informasi ini sangat bermanfaat bagi saya untuk bisa menghindarinya.
Ariefpokto mengatakan…
ini sering sekali terjadi , dan kadang bingung kenapa ga bisa ? karena salah satu senang BW itu adalah berkomentar soal tulisan yang sedang dibaca. Kalau error kan males ya
Erly Damayanti mengatakan…
Angka yang paling tidak disukai para blogger saat ini hehee.. 403 dan 404 biasanya nego sama bloggernya untuk di share ke Twitter aja
Siti Nurjanah mengatakan…
Hmmm...aku beberapa kali mengalamdah komen panjang kali lebar pas diklik publish..ga bisa dong
Tapi aku lebih sering terkendala jaringan sih
Klo yg 404 forbiden atau lainnya pas berkunjung ke suatu alamat situs
Mungkin sudah ga aktif lagi
Rella Sha mengatakan…
Wah keren, mbak Fenni... info seperti ini sering saya butuhkan saat mau komen di blog teman, bolak-balik 403, bikin jengkel juga sih karena buntu gak tahu solusinya. Setelah baca ini jadi tahu. Tterima kasih ya.
Siti Mustiani mengatakan…
Oalaaahhh gitu toh cara mengatasinya, aku dulu pernah nih ngalamin tapi udah lama terus minta bantuan orang untuk perbaikinya. Eh tutotialnya ada disini ternyata, thanks mbak
Visya Al Biruni mengatakan…
Aku ngga invet pernah ngalami forbidden 403 atau 404 tapi pastinya pernah. Kupikir salah d jaringanku. Ternyata banyak penyebabnya dan solusi ganti ke laptop bukan satusatunya yak.
bibliofil mengatakan…
Aku beberapa kali mengalami kendala yang sama, Kak, terutama untuk blog berplatform WP. Udah ganti provider masih sama, ganti laptop ke hape ya sama, akhirnya minta tolong teman yang komentarin hehe. Selidik punya selidik katanya kalau BW di blog WP terlalu kerap misalnya dalam beberapa jam saja bakalan nemu masalah itu. Akhirnya sekarang aku akalai blog WP aku dulukan dan BW aku bikin bertahap ga sekaligu sehari. Syukurlah belum ada masalah forbidden lagi.
Bambang Irwanto mengatakan…
Saya paling suka blogwalking di laptop, Mbak. Selain bisa membuka sekalian banyak, karena tulisannya terlihat lebih besar dan jelas hahaha.
Hanya memang, karena sering mengalami kejadian kayak gini, biasanya sebelum kirim, saya copas dulu. Jadi kalau pesan pertama tidak masuk, tidak perlu mengulang mengetik. Atau kalau dicoba berulang tidak bisa, saya tinggalkan dulu.
Tapi kini sudah paham triknya dari Mak Fenni hehehe.
Raja Lubis mengatakan…
Nah ini sering banget kejadian. Saya sendiri sekarang suka copas dulu komentar dan simpan di notes khawatir tidak masuk atau mental. Soalnya suka kesel juga sudah panjang-panjang komentar eh mental.

Bicara wordpress, biasanya yang login akun (khusus yang dihosting di wordpress.com) memang jarang ada masalah. Keseringan yang bermasalah 403/404 ini yang di selfhosted
iidyanie mengatakan…
Sama saya juga pernah ngalamin kayak gini, ada yang bilang klo mau bw utamakan yg wp dulu baru yg blogspot, ternyata gak efek juga jadinya tunggu sejam-2 jam dulu baru bw lagi hihi
HendraDigital mengatakan…
Untuk menghindari nulis artikel ulang, karena komentar nggak tayang, biasanya saya menulis komentar terlebih dulu di note, setelah itu tinggal dicopas saja ke kolom komentar. Dan saya paling enak blog walking lewat laptop, lebih leluasa.

Eri Udiyawati mengatakan…
Bener banget, Mbak. Sering juga aku tu, udah nulis panjang kali lebar, eh pas submit komentar, 403/404. Diulang gagal lagi, gagal lagi. Aku untuk mengatasi masalah ini, ganti perangkat. Pinjem HP suami, dan jadi. Heeheh
Narasi Nia mengatakan…


Wah, akhirnya nemu juga penjelasan mengrnai error 404 atau 403. Makasih sharingnya, kak 😊
Dee_Arif mengatakan…
wah iya, kadang suka mengalami ini pas komen ke wordpress
makasih ya mbak tipsnya
sangat bermanfaat
hani mengatakan…
Iya aku yg beberapa kali mengalami 403 tuh ketemu WP. Ternyata bisa melalui ganti browser ya. Selama ini info di grup-grup ngeblog kan gara-gara provider.
Dee_Arif mengatakan…
iuay kak, beneran
aku juga pernah ngalami ini
aku swich dari hp ke laptop baru bisa blogwalking
Artha Nugraha Jonar mengatakan…
Kalau yang aku alami biasanya provider internetku di blog oleh server/hosting dari blog yang mau aku comment. Solusinya biasanya tinggal comment pakai HP yang pakai internet dari operator HP, dan berhasil comment deh.
Terima kasih tipsnya, Mbak. Saya selama BW alhamdulillah jarang ketemu ini. Dan sebagai pengguna wordpress saya berharap blog saya nggak menyusahkan yang BW karena 403 404 seperti ini.
Renayku mengatakan…
Owalah 403 404 tuh kendala untuk wordpress toh yg dibahas. Aku pikir mau bahas kode rahasia apa gitu haha ciee ketipu
Dan ini masih selalu saja jadi perdebatan di grup Blogwalking
Padahal sudah dijelaskan
Tetap saja tidak paham
Mutia Nurul Rahmah mengatakan…
Nah, akhirnya aku menemukan apa yang selama ini jadi pertanyaanku. Pasalnya jarang pakai WordPress selama ngeblog heheh
Zee Vorte mengatakan…
Triknya sering ku pake sih jika ada yg link eror atau tulisan 404 aku langsung clear cache histroy
Ning! mengatakan…
Kalau aku biasanya setelah ketik komentar di kolom komentar. Nanti kau copy Mbak, jadi kalau gagal gak perlu ketik ulang, tinggal load ulang trus copas komen tadi. Tapi kalau udah berkali-kali nyoba tetep gagal, baru komennya disimpen di note, baru nanti coba lagi lain waktu atau dgn perangkat lain. Hehe
Aku sering banget ngalamin mau komen begini juga, tapi ternyata ada di masalah jaringan juga. Jadi suka komen lagi di hape aja ga di laptop
Evi Sri Rezeki mengatakan…
Aku biasanya suka ditulis terus copas dulu komentar untuk menghindari saat error harus nulis lagi hehe
Anis Khoir mengatakan…
Emang ya bikin kesel kalo udah komen apalagi ngetik panjang terus giliran di send malah error. Terima kasih Kak tipsnya bermanfaat sekali
Antung apriana mengatakan…
Kalau komen di wp ini kadang memang suka nyebelin ya. Aku paling sebel pas mau komen eh dia minta login sementara aku lupa password wp aku apa. Alhasil bolak balik deh buat ngisi password doang
Saya jarang ketemu yg forbidden 403 gitu. Yg sering disuruh masuk ke google atau FB, hehe bikin ribet bin pusing.🙏😊
Ria Kurniasih mengatakan…
Tips bermanfaat banget nih mbak. Semepet nemu kejadian ini sih saat bw
Siska Dwyta mengatakan…
Informasih yang menarik nih Mbak. Saya belum punga pengalaman sih ketemu blog yang forbiden tapi kalau misah menghadapi hal serupa nggak perlu bingung lagi karena sudah tahu caranya seperti yang dijelaskan di atas
Fida mengatakan…
Iya mbak.. aku juga kalo komen di WP pasi copy dulu komentarnya.. khawatir ngilang dan ada masalah.m
Trus setiap komen di wp seringnya harus login terus walaus ebelumnya aku udah login.. etap aja harus login lagi.. ini yg bikin agak lelah hehehe
Mbul Kecil mengatakan…
wkwkwk memang nyesek fenny kalau dah komen panjang lebar kali tinggi...e lha dalah pas dipencet publish hilang ambyar ditelan bumi wkwkkw...uda semangat ninggalin komen e ical wkwkkw...aku juga buat antisipasi selalu takcatat dulu di aplikasi notes abis itu baru deh bergerilya bewe hahahha...dan memang harus sering clear chace biar clear dan cepet kekonek juga hihi...thx for sharing...tapi aku saiki jarang banget ke wp euy...seringe sesama blogspot wkwkwk