Review Novel Kalung Setengah Hati Ketika Kembalinya Tak Terduga

review buku kalung setengah hati by ramajani sinaga, review novel kalung setengah hati by ramajani sinaga, review buku kalung setengah hati, review novel kalung setengah hati, kekurangan buku kalung setengah hati, kelebihan buku kalung setengah hati, kelebihan novel kalung setengah hati, novel tentang romansa SMA, buku tentang romansa SMA, novel tentang cerita romansa SMA, novel kalung setengah hati dari Buana Sastra, review novel Buana Sastra, review novel penerbit buana sastra,

Judul Buku: Kalung Setengah Hati 

Pengarang: Ramajani Sinaga

Penyunting: Ani Nuraini Syahara

Penerbit: Bhuana Sastra 

Tahun Terbit: 2020

Jumlah Halaman: 126 Halaman 

ISBN: 978-623-216-797-1 

Kategori: Novel (Usia 13+) 

Genre: Romance 

Rating:  3/5 

***

Blurb Novel Kalung Setengah Hati 

Rindu. 

Dan benarlah kalau 

rasa kehilangan itu 

akan ada ketika kamu 

sudah tidak bisa 

menjangkau tangannya 

dengan tanganmu sendiri. 

Dan salahkah aku untuk 

menunggunya kembali. 

Di sini. 

Di sini.

[Baca Juga: Review Buku Basa-basi yang Tak Basi]

review buku kalung setengah hati by ramajani sinaga, review novel kalung setengah hati by ramajani sinaga, review buku kalung setengah hati, review novel kalung setengah hati, kekurangan buku kalung setengah hati, kelebihan buku kalung setengah hati, kelebihan novel kalung setengah hati, novel tentang romansa SMA, buku tentang romansa SMA, novel tentang cerita romansa SMA, novel kalung setengah hati dari Buana Sastra, review novel Buana Sastra, review novel penerbit buana sastra,

Tentang Penulis Ramajani Sinaga

Dengan gaya bahasa yang asik khas remaja SMA, Ramajani Sinaga membawakan kisah Kalung Setengah Hati ini. Apalagi beberapa karya alumnus Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dari Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh ini, sudah pernah dimuat yang beberapa diantaranya di Femina, Kompas Anak, dan Haluan Padang.

[Baca Juga: Resensi Buku Aplikasi Pencari Rezeki]


Sinopsis Novel Kalung Setengah Hati 

Kalung Setengah Hati mengangkat kisah 3 orang remaja SMA. Dua tokoh yaitu Jack dan Panda merupakan teman satu kelas yang sama-sama sedang menjalani masa orientasi sekolah. Sedangkan satu tokoh lainnya adalah Sasha, kakak kelas mereka. 

[Baca Juga: Peluncuran Buku 3 Macan Safari]

review buku ketika dunia tidak berpihak kepadamu


Romantika cinta segitiga yang terjalin, Jack yang menaruh harapan besar agar Sasha menerimanya, padahal mereka sama-sama menyukai seni lukis. Namun, Sasha belum membuka hatinya. Di saat kegamangan hati Jack, dia pun mulai jatuh hati kepada Panda, gadis yang diam-diam memang menyukainya. 

Tak dinyana kisah masa lalu saat Panda dan Jack masih kecil, terkait dengan kalung berbentuk setengah hati. Kisah kelam yang tak ingin diingat Jack, dan selalu dikenang oleh Panda karena ia menanti kepulangan seseorang. Itulah rindu, galau, dan tentang kesalahan menyatu.

review buku kalung setengah hati by ramajani sinaga, review novel kalung setengah hati by ramajani sinaga, review buku kalung setengah hati, review novel kalung setengah hati, kekurangan buku kalung setengah hati, kelebihan buku kalung setengah hati, kelebihan novel kalung setengah hati, novel tentang romansa SMA, buku tentang romansa SMA, novel tentang cerita romansa SMA, novel kalung setengah hati dari Buana Sastra, review novel Buana Sastra, review novel penerbit buana sastra,




Review Buku Ramajani Sinaga Ini Menurut Saya

Siapa yang kangen dengan masa SMA? Ciee langsung deh nostalgia. Eh tapi, kalau ternyata jodoh kamu (iya, kamu yang lagi baca tulisan saya ini) adalah memang ada kaitannya dengan teman  sekolah yah nggak apa-apa. 

Namun bila ternyata, malah bukan? Hayo Kecuali saya yah, yang masih menilik hilal kedatangannya. Doain saja siapa tahu memang teman sekolah, eh.. (hadddeh, udah kita balik ke bahasan saja yak).  

Masa SMA saat orientasi memang sesuatu yang tak terlupakan. Itulah yang terjadi antara sosok Jack dengan Panda. Panda ini gadis manis loh, bukan pasangannya manda alias Panda dan Manda (hiiahh, konyol lagi dah si Fenni Bungsu). 

[Baca Juga: Review Mencari Thinker Bell: Petualangan Never Girls]


Nah keunikan baca Novel Kalung Setengah Hati ala Ramajani Sinaga, kita bisa dengan jelas memahami karakter dan apa yang dipikirkan masing-masing tokoh utamanya. Sebab diterangkan secara eksplisit. 

Terdiri dari 21 bab, pada tiap-tiap bab nya terdapat kata hati dari masing-masing tokoh, sehingga kita sebagai pembaca bisa turut merasakan apa yang sedang terjadi. 

review buku kalung setengah hati by ramajani sinaga, review novel kalung setengah hati by ramajani sinaga, review buku kalung setengah hati, review novel kalung setengah hati, kekurangan buku kalung setengah hati, kelebihan buku kalung setengah hati, kelebihan novel kalung setengah hati, novel tentang romansa SMA, buku tentang romansa SMA, novel tentang cerita romansa SMA, novel kalung setengah hati dari Buana Sastra, review novel Buana Sastra, review novel penerbit buana sastra,


Panda memiliki kalung setengah hati pemberian mendiang ayahnya, dan kalung setengah hati yang lain belum ia ketahui keberadaannya. 

Pada saat diketahuinya kalung tersebut di tangan seseorang, sayangnya pergulatan batin Panda di sini kurang menyita emosi. Meski begitu, novel dengan jumlah 126 halaman ini menarik untuk menjadi teman bacamu. 

Komentar

Ning! mengatakan…
Aku suka baca teenlit begini, ringan menghibur, dan kadang bikin gemes. hehe

Aapalagi cinta segitiga masa SMA tuh suka lucu dan penuh drama.
Ursula Meta Rosarini mengatakan…
Aku suka sih cerita yg ringan kaya begini beb, soalnya kalau baca yg ceritanya berat aku males hahahha.
Hallowulandari mengatakan…
ya ampun berasa de javu ya, baru-baru ini ada orang dari masa lalu yang ngontak lagi, kaya cerita drama teenlit aja yaa hahahaha
Nabilla DP mengatakan…
btw itu modle kalungnya pernah ngehits banget pada zamannya yaa.. kalung2 setengah hati, yang separuh disimpan oleh orang yang kita cintai :D
Sri Al Hidayati mengatakan…
Wah jadi penasaran kira-kira kalungnya satu lagi ada dimana ya. Masa SMA memang paling berkesan ya Mbak. Hehe ... Covernya full ya mungkin ingin nunjukkin dan menegaskan kalungnya itu ya.
dudukpalingdepan mengatakan…
Kisah cinta masa SMA memang selalu menarik untuk dijadikan cerita. Ada saja sudut pandang romantika dan konfliknya. Saya yang sudah ibu-ibu tetap suka cerita remaja biar tetap berasa uwu-uwunya :D
HendraDigital mengatakan…
Wah jadi nget saat pertama kali masa orientasi di SMK tahun 1997. Kenalan sama cewek anak sekertaris yang jadi rebutan para cowok, wkwkwkwk... Novel ini keknya cocok banget dah buat yang ingin bernostalgia di masa SMU, heheheh.
Han mengatakan…
Hwaa berapa lama yaa ngga bacain teenlit. Lets count. Tapi ngga nemu2 juga jwabannya wkwk saking lamanya. jadi kangenn baca novel teenlit kayak gini mba
Nathalia Diana Pitaloka mengatakan…
Udah lama nih enggak baca novel, huhuhu... Seru kayanya... Cuma 100an halaman lagi ya, enggak butuh waktu lama untuk membacanya... Apalagi latarnya masa SMA, ahiy...
ida tahmidah mengatakan…
Ceritanya ringan seperti ini memang ciri khas genre teenlit ya, cocok buat hiburan menenangkan pikiran nih... hehe...
Dyah happydyah[dot]com mengatakan…
masa SMA, masa yang menyenangkan. Dan bacanya juga asyik-asyik aja, buat menghibur hati dan kejenuhan
Sri Wulandari mengatakan…
Langsung masuk list beli novel nihh. Udah lama ga baca novel genre beginii...😁
Iim Rohimah mengatakan…
Lihat kalungnya seperti nostalgia banget. Meskipun belum pernah ada cowok ngasih kalung begini, hehe.. Tapi di masa usia SMP atau SMA kalung ini tuh hits bgt... Eh, apa pernah ada yang ngasih ya? Aku lupa. haha
Mutia Nurul Rahmah mengatakan…
kangen juga baca novel, dulu aku bisa sehari siap kalau baca novel. kalau sekarang sudah berkurang kemampuannya hahaha
jodohku semoga memang doi, temen SMK dulu wkwkwk.
ah jadi salfok kan...

btw endingnya ternyata Panda dan Jack bersaudara yaaa? dengan kepemilikan kalung setengah hati yang sama?
eka fitriani larasati mengatakan…
ceritanya terlihat khas anak sma banget ya, aku pernah ngalamin juga, hehehe. emang berasa recall memory waktu sma jadinya
rizkyrautra mengatakan…
Wah bisa relate banget ya Kak. Hahaha kalau baca teenlit ini bawaannya emang ke masa lalu ya? Berasa udah tua banget kita2 yang komen di sini...
Kanianingsih mengatakan…
Masa SMA memang masa yg menyenangkan. Aih jd teringat masa2 itu. Jd pemasaran nih kalung satunya lagi disimpan siapa ya?
Kata Nieke mengatakan…
Kalung yang matching separuh kayaknya pernah ngetren era 1990-an sampai 2000-an awal. Semua toko aksesoris jual. Sampai sinetron-sinetron, artisnya pakai. Saya pernah punya tuh kalung kayak gitu. Tapi hilang. Wkwkwk.
Dee_Arif mengatakan…
waah kalung model ini dulu hits banget zaman aq SMA
Novel ini bisa membawa kita nostalgia masa masa sma y mbak
Gioveny Astaning Permana mengatakan…
eh aku malah jadi inget lagunya Diva Enzy Storia nih setengah hati eheheh
boleh juga kak rekomendasinya
Dila mengatakan…
Kebanyakan orang suka dengan kenangan masa SMA, tapi bagi saya malah SMA enggak ada yang menarik. Lebih menarik kenangan MTsN (SMP)

Aamiin kak, semoga ketemu sama teman SMA yg mungkin saja jodoh.
Hallowulandari mengatakan…
hahhaha relate dan merasa tertampar aja karena emang bener2 yaa beberapa saat sebelum mampir ke blog mba fenny ini orang dari masa lalu ngontak dan menyampaikan sapa rindu, ya lord tolong, aku tak mau goyang dan balik ke masa lalu hahahahah
Jadi inget zaman putih abu-abu. Model kalung begitu kan hits banget ya. Dulu malahan aku pengen punya, tetapi bingung soalnya setengahnya lagi buat siapa. xixixi... btw, jadi pengen baca novelnya juga.
Antung apriana mengatakan…
wah siapakah yang punya kalung setengah hatinya? jadi ingat drama korea nih biasanya model-model ceritanya begini
Hamimeha mengatakan…
21 bab 126 halaman ini novel yang bisa dibaca sekali duduk ya mbak .. kalo bahas ksah masa sekolah emang bikin nostalgia haha jadi inget kekonyolan diri kala itu
Akhirnya, misteri kalung setengah hati itu ada di siapa, ya mbak? Hehe, jadi tertarik mau tahu endingnya.