Langsung ke konten utama

Apa Menu Makan Siang Hari Ini?

Ayomakan udah jam makan siang, lapar nih!”

apa menu makan siang hari ini

Siapa yang suka seperti itu baik di kantor, sekolah maupun kampus yang ketika siang hari tiba, tepat di jam 12.00 WIB. Eh malah juga sebelum jam 12 teng, mulai dari jam 11 udah bolak-balik lihat jam. Mikir deh, hari ini mau makan apa ya? Menu makan yang asik apa ya?

Saya sih gak mau unjuk tangan, tetapi cukup menuliskannya di blog saja sebagai diary, wkwkwk. Ya mangkesudnya itu adalah, pernah banget kalimat itu terlontar oleh saya maupun teman-teman saya saat itu (bahkan sampai sekarang juga, hhaaha di luar tugas sebagai bloger).

Normalnya Jam Makan Siang

Oleh karenanya, bila dihitung-hitung, makan siang normalnya jam berapa? Jika kita sarapan pada pukul 7 pagi, sekitar lebih pukul 10-12 lapar akan mendera. Kalau kamu sedang rapat di hotel, maka sambil menunggu jam makan siang, biasanya akan disediakan coffee break sekitar jam 10-an guna menangkal lapar tersebut dengan hidangan.

Terus kalau tidak coffee break bagaimana? Apa kantor akan menyediakan? 

Hehe… Ya, pinter-pinter diri saja. Bisa diganti dengan camilan ringan. Atau saya lebih cenderung dengan memperbanyak minum air putih maupun konsumsi buah sambil menunggu jam makan siang. Tujuannya, biar ketika waktu lunch tiba, perut tidak terlalu begah.

kenapa harus makan siang

Kenapa Penting Makan Siang?

Nah ini sih yang penting untuk diingat juga, untuk tepat waktu saat makan khususnya makan siang. Dimaklumi sih ya, karena namanya waktu siang hari setelah melakukan pekerjaan dari pagi, maka perut akan terasa lapar setelah 4-5 jam kemudian. Aktivitas di pagi hari, terutama pasca sarapan, biasanya kita akan mulai bekerja. Lalu fokus dengan pekerjaan hingga ada yang keroncongan pada tubuh.

Kan gak asik juga, udah lelah berkutat di depan komputer/laptop terus ada bunyi, kurucuk-kurucuk. Lalu dilanjutkan kepala keleyengan. Nggak lama kemudian badan pun bergetar tetapi bukan akibat mendengarkan musik. Keringat dingin bercucuran. Lalu..lalu…? Lalu lintas....heheh.

Beli atau Bawa Makan Siang Sendiri?

Saat makan siang, usahakan untuk memilih menu makanan yang lengkap asupan gizinya. Tujuannya selain mendapatkan gizi yang seimbang. Bisa pilih menu yang mengenyangkan, misalnya makan nasi goreng. Menu yang satu ini tidak hanya menghidangkan karbo dari nasi (+ kerupuk), protein & lemak dari telur, ayam suir, potongan bakso maupun seafood. Tersedia pula sayuran seperti salada, irisan tomat, dan acar.

Untuk pilihan nasi putih bisa dipadukan dengan beragam lauk dan sayuran.  Contoh kamu memilih menu masakan jepang dengan kari, bisa dipilih dengan tetap ada nasinya. Sebab nasi sebagai sumber karbohidrat yang dibutuhkan agar ketika bekerja lebih bertenaga. Nanti tinggal ditambah dengan cari buah atau rujak, biar makin segar lagi. Bahkan bisa juga menata makan siang kamu ala food combining.

daftar menu makan siang yang sehat dan murah

Atau dapat pula membawa bekal makan siang sendiri dari rumah. Selain lebih higienis dan hemat, menunya bisa disesuaikan dengan keinginan tanpa perlu galau mau apa dan mencarinya kemana. Hanya saja butuh perjuangan pastinya di waktu pagi. Yups masak dulu gaess pagi-pagi sebelum berangkat kerja atau ngampus, hehe.

Waktu kerja di bilangan Thamrin, saat makan siang suka ada teman yang sharing lauk maupun sayuran. Jadilah kadang bisa gantian juga. Saling nyicip hidangan mereka, terus ngobrolin menunya, karena kerap ada yang membawa kuliner khas daerah. Kalau kamu, urusan makan siang sukanya menu apa dan pilih bawa sendiri atau beli nih? 

Komentar

Rey - reyneraea.com mengatakan…
Duh baca ini, jadi ingat kalau siang ini, menu saya semua karbo, aka nasi goreng huhuhu.

Biasanya saya skip makan siang sih, makannya 2 kali sehari, pagi dan malam.
Soalnya udah kelebihan BB, etapi tetep aja masih suka ngemil hahaha
Annie Nugraha mengatakan…
Selama jadi mbak-mbak kantoran, jadwal makan saya cenderung disiplin dan tepat waktu. Mungkin karena keterbatasan jam yang dialokasikan kantor ya. Semenjak pensiun, mulai dah kacau hahaha. Kadang-kadang makan siang tertumpuk sama tidur. Eeehh makannya jadi sore. Terus terlewat deh makan malam. Akibatnya gak bisa tidur karena kelaparan hahahaha
Erna mengatakan…
Aku paling suka kalo bawa bekal saat makan siang... Ketimbang beli di luar.. karena selain masak sendirienunya tetap rasa makan di rumah
Maria G Soemitro mengatakan…
Jadi inget adikku dan anaknya yang selalu nyiapin makan siang dari rumah

alasannya" "malas turun" katanya, selain itu lebih hemat

toh makanan di luar kantor cuma itu2 aja
Suci mengatakan…
Sebagai tim yang bawa bekal ke kantor
bedanya kalau tim bawa bekal yang dipikirkan adalah akan masak apa buat besok, hahaa
Jadi dari siang udah brosing-brosing segala lauk / menu dan cara memasaknya. Tapi giliran masak yang diolah ya sambel dan tumisan muluuuu
Itu aku sih, hahaaa
lendyagasshi mengatakan…
Makan siang ini sering terlewat apalagi bagi yang sibuk kerja seperti kak Fenni. Senang sekali dengan tips membawa bekal makan siang sendiri begini, menambah semangat untuk menyediakan waktu untuk prepare di pagi hari dan berbagi bekal dengan sahabat saat makan siang.

Good vibes banget...
Utie Adnu mengatakan…
Iya mba ..kadang aku jam 10 juga dah laper nihhh😅 kalau lagi sempet biasanya bawa tapi klo gak belii dikantin kantor... Lumayan enak...klo gak makan siang pasti gk konsen kerja
Nabilla DP mengatakan…
enak juga nih mba kalau bisa sharing lauk yaa.. kalau aku biasanya menu sarapan kalau bisa sekalian ama makan siang. baru deh malamnya bisa beli makanan atau menu yang lain
Farida Pane mengatakan…
Aku enggak kerja di kantor, sih. Tapi misalnya aku pekerja kantoran, kayanya lebih pilih beli menu makan siang selama ada dananya
Bambang Irwanto mengatakan…
Saya waktu masih kerja, makan siang itu teng 12 siang, Mbak. Terus sesuai keadaan saja. Pernah kerja di tempat yang disediakan makan siang, pernah juga tidak, jadi bawa dari rumah.
Nah, pas freelance, jadwal makan siang saya bervariasi. Bisa mulai setengah 10 sudah masuk makan siang. Soalnya saya pagi sarapannya jajanan pasar atau roti. Sesekali saja bikin nasi goreng kalau ada nasi semalam. Makanya makan malam saya maju ke sore hari. Kalau malam, tinggal ngemil hehehe.
Lintang mengatakan…
Aku pun setiap mendekati makan siang selalu mikir lho, wah ntar makan siang apa ya hahaha. Tapi di kantor udah disediain sih alhamdulillah jadi ga bingung. Tapi kadnag2 juga makan di luar sih ama temen2 hehehe.
Eka FL mengatakan…
suasana tempat kerja jadi menarik karena masing-masing bawa bekal makan siang yaa. sayangnya saya gak ngalamin karena tiap makan siang dipacu waktu untuk masuk kerja lagi! wkwkwkwk. jadi makan siang auto beli. kadang gak beneran nasi tapi apa aja seketemunya. ntah batagor ntah baso tahu atau malah cuman bubur kacang doang. hiks. sekarang sih puas makan siang sama menu apa aja, karena kerja nya dirumah! hahahaha
Didik Purwanto mengatakan…
Aku lebih suka makanan warteg sih kalo ga bawa bekel dr rumah. Tapi kalo males kmn2 ya pesen aja di ojok online. Kan pilihannya banyak. Apalagi kalo ada promo diskon. Kalo makan siang tuh ga banyak waktunya. Jd pilih yg praktis aja sih. Kecuali kalo makan after work, bisa lebih leluasa waktunya dan bisa ajak teman utk nongki.
Tukang Jalan Jajan mengatakan…
Tempat kerjaku mayan jauh dari kota jadi biasanya emang bawa makanan sendri dari rumah atau beli sebelum berangkat kekantor. mayan monoton kalo lagi males mau nyari atau waktunya mepet. Terkadang kalo nyonya lagi sempet, disiapkan bekal
Deeva Collection mengatakan…
Makan siang sama pentingnya dengan sarapan agi ya, Kak. Apalagi bagi yang bekerja, waktunya isi asupan biar tetap prima, bisa konsentrasi sehingga kerja bisa maksimal. Menu makan siang salah satunya lalapan
Eri Udiyawati mengatakan…
Setiap hari ini kalau enggak bawa bekal, jam 10 an aja udah ribut nanya makan apa nanti?

Kadang kalau kami gak bawa bekal, sekantor bisa 10 orang-an DO lewat ojek online.
Diah Alsa mengatakan…
jadi ingat waktu kerja di project terakhir kemarin, kalau udah jam 11an gitu, OB udah wara wiri ke tiap ruangan ngelist titipan makan siang, dia yang pergi belanjain gitu kalau pas gak bawa bekal, tapi kami sering juga kompakan bawa bekal dan sharing gitu di pantry :D
kadang masak nasi di kantor juga tinggal beli lauk pauk doang :D
Siska Dwyta mengatakan…
Kalau saya sih tergantung, kalau sempat masak pagi2 dan siapin ya mending bawa bekal aja biar hemat gitu, hehe tapi kalau gak sempat siapan bekal ya gakpapa juga sih sesekali beli makan siang di luar
Yustrini mengatakan…
Kalo aku makan siang itu menunya sama dengan menu sarapan. Seringnya masak sendiri karena di rumah terus. Sedangkan makan malem pasti udah beda menunya. Seringnya beli, pas males masak.
April Hatni mengatakan…
Kalau saya sendiri makan siang memang harus lengkap (nasi, sayur, lauk pauk), karena memang pagi cuma sarapan buah atau oatmeal. Untuk menu, nggak pernah bingung sih...selalu ada plan tiap minggu.
kalau saya jam 10 juga udah mikir mau makan apa yaa untuk makan siang, wkkwkwk
Kalau saya lebih suka belanja di kantin sih karena jarang punya waktu siapin bekal dari rumah
Witri Prasetyo Aji mengatakan…
Aku waktu masih kerja, makan siang seringkali jajan, hehe
Wahyu Eko C mengatakan…
Waktu jaman ngekos, perihal jam makan jadi tidak teratur. Dan lebih suka bawa bekal karena pengen irit
Wiwid Nurwidayati mengatakan…
sebenarnya saya juga ssuka bawa bekal sendiri, selain lebih irit ya gitu, menunya disesuaikan dengan keinginan sendiri. Tetapi adakalanya nggak sempat masak, atau nggak cukup waktunya ntuk masak. Jadi ya terkadang beli lauk di kantin.
lendyagasshi mengatakan…
Penting banget memerhatikan pola makan yang baik termasuk ketika uda masuk jam makan siang, jangan kelewatan untuk makan. Menunya suka yang agak berat ya.. Karena dari siang ke sore ini agak jauh, heheh.. biar ga dikit-dikit ngemil euuii~
sylvianayy mengatakan…
aku tim gak sarapan nasi, tapi kalau makan siang harus makan nasi/mie yang penting karbo. btw jadi ingat besok harus nyiapin bekal apa ya buat suami, di kulkas ada sayur kangkung, lauk telur, tempe dan tahu. bikin cah kangkung aja deh...
Makan siang bisa jadi ajang menjalin keakraban dengan teman kantor. apalagi bisa sampai sharing lauk hehe
Putu Felisia mengatakan…
Saya tim kombinasi aja. Masak tiap hari bosan. Belanja mulu juga bokek yo.
Ainun mengatakan…
aku banget ini hahaha
kalau udah mepet jam 12 atau paginya udah mikir, siangnya mau makan apaan
tapi kalau pas lagi hectic sama kerjaan, kadang sampe lupa kalau aku ga bawa bekal. Jadi ga tau mau makan apaan, dan ujung-ujungnya nyebrang di depan kantor yaitu pujasera yang isian makanannya cuman itu itu aja, palingan juga yang paling sering aku makan, kalau ga soto ayam, ya pecel hahaha