Langsung ke konten utama

Nostalgia 5 Lagu Avril Lavigne yang Mengesankan

Yuhuu, generasi 90-an kita ngobrol musik lagi kuy, yang kali ini nostalgia 5 lagu Avril Lavigne yang mengesankan. Kemunculan penyanyi kewarganegaraan Kanada ini bisa dikatakan menggebrak sekolah saya. Eh bukan, wkwkwk, maksudnya menggebrak temen-temen saya dengan kemunculan single Complicated dari wanita kelahiran 1984 ini. Soalnya mereka pada nyanyi lagunya dan ada yang mengikuti style-nya doi ini.

Style Avril Lavigne saat itu, ternyata meng-influence temen-temen saya, dari yang demen pakai manset, celana 7/8 hingga gaya rambut yang panjang lurus tapi gak pada diwarnain sih (ya gak boleh lah, lah wong masih anak sekolah, wkwkwk). Tapi khusus pakai dasinya, jadinya bikin kami tuh rapi kok pas menerapkannya pakai dasi sekolah, hehe.

Perjalanan hadirnya penyanyi bernama lengkap Avril Ramona Lavigne ini bermula dari keberhasilannya memenangkan kontes bernyanyi di radio bareng Shania Twain, pada tahun 1999. Dari situlah Cliff Fabri menemukan bakat kerennya Avril. Kiprah penyanyi dan penulis lagu yang mendapat gelar Pop Punk Queen ini, berbarengan pula dengan terdengarnya rumor bahwa Avril Lavigne yang sekarang bukanlah asli, alias pelantun Sk8er Boi ini sudah meninggal dunia semenjak tahun 2003 dan digantikan oleh Melissa Vandella yang sangat mirip dengan Avril.

Baca Juga: Ini Dia 6 Lagu Duo M2M 

Saya tidak akan membahas soal rumor tentangnya karena sudah banyak yang mengulasnya. Meski begitu, memang terasa ada yang berbeda dari segi style dan lagunya Avril bila dibandingkan antara album pertama dan ketiga. Mungkin seiring bertambahnya usia, gaya dan lirik lagu yang ditulis memungkinkan berpengaruh x ya. Yah hanya bisa berkomentar begitu, karena saya hanya penikmat musik (tssaahh), dan berikut kita nostalgia 5 Lagu Avril Lavigne yang mengesankan:

list lagu avril lavigne yang easy listening
Avril Lavigne tahun 2002 (sumber akun IG @avrillavigne)

Complicated

Lagu Complicated dari Avril Lavigne ini dirilis pada tahun 2002 ini bercerita tentang rumitnya suatu hubungan, di mana adanya rasa insecure dari sisi si pria. Berada di album Let Go ini, banyak menaburkan nominasi hingga raihan penghargaan bergengsi, salah satunya adalah ajang Disney Radio Music Awards tahun 2003 kategori Best Original Song. Gimana, apakah kamu se-complicated ini?

Why'd you have to go and make things so complicated?
I see the way you're acting like you're somebody else
Gets me frustrated

When You’re Gone

Pastinya kita akan mengingat dan merindukan seseorang yang kita sayang saat dia telah pergi. Lirik yang mengena di lagu When You’re Gone ini tersampaikan dengan apik. Terlebih bagian intronya yang dibuka dengan piano yang mengesankan.

Lagu yang dirilis di tahun 2007 ini, membawa Avril Lavigne makin sukses lagi. Terlebih tak hanya lagunya saja yang mendapatkan penghargaan, video klip lagu berada di album The Best Damn Thing ini meraih penghargaan Video of The Year tahun 2008 dari ajang Imperio Music Awards.

I’m With You

Salah satu lagu galau ala Avril Lavigne ini bisa dikatakan gereget juga, karena disajikan ala nge-pop rock, sehingga ekspresinya lebih dapat lagi. Jadi bisa dikatakan, ini lagu tuh sedang bimbang tapi disampaikan secara menggebrak, hehe. Mengesankan dari lirik lagu I’m With You pada bagian kata iyeah-nya yang nadanya makin lama makin tinggi.

I'm looking for a place
I'm searching for a face
Is anybody here I know

My Happy Ending

Lagu galau selanjutnya yang disajikan secara nge-pop rock adalah My Happy Ending. Rilis pada tahun 2004 dari album Under My Skin ini bercerita tentang hubungan yang didasarkan kepura-puraan dan berakhir tak seperti yang diharapkan alias not happy ending.

Sama seperti lagu When You’re Gone, lagu My Happy Ending juga meraih penghargaan dari dari ajang Imperio Music Awards untuk kategori yang sama, tetapi pada tahun 2004 saat itu. Unik sih rok yang dikenakan oleh Avril di video klipnya ini, mungkin seperti rok tutu jaman now sepertinya tapi beda diukurannya yang tidak panjang.

Sk8er Boy

Pengisahan lagu Sk8er Boy yang unik tentang seorang pemuda yang gemar bermain skater, ternyata menyukai seorang wanita balerina tetapi beda style dengan dia sehingga wanita tersebut menolaknya. Lagu yang rilis pada tahun 2001 ini dibuka dengan intro yang membuat semangat. Dan menjadi pengenalan pertama saya dengan lagu-lagunya Avril Lavigne. Padahal debut pertama si Pop Punk Queen ini keluar dengan single Complicated, telat ya saya, haha.

daftar lagu avril lavigne yang asik didengar
Avril Lavigne sekarang (sumber akun IG @avrillavigne)

Baca Juga: 10 Lagu Hits Piala Dunia 

Baiklah, kita cukupkan bernostalgia dengan 5 lagu Avril Lavigne yang mengesankan. Saat ini doi masih eksis bernyanyi, menulis lagu dan sebagai aktris juga yang makin matang berkarya. Walau sebenarnya tetep suka dengan style kakak Avril yang dulu sih, hihi. 

Komentar

Suci mengatakan…
Waduuuh nampaknya seangkatan nih sama saya, hahaa
Apalagi ada judul complicated dan duo M2M
fix, lah... :D

Btw, gaya rambut Avril ini pada masa itu sangat2 diikuti sama cewe2 sekolahan saya. panjang tegak lurus dan ga pernah disangkutin di kuping biar rada2 nutupin muka dikit gitu wkwkkw

Tapi emang lagu dia ini enak2, nyanyi skrg aja saya masih hapal liriknya. Dan lgsg tak puter dong ini, mbak :D
Blogger Surabaya mengatakan…
Aku paling suka dengan lagunya yang berjudul Complicated. Beneran bikin semangat walau mungkin liriknya bukan lirik motivasi ya mbak, hehehe. Kadang di kantor suka berulang kali lagu Complicated aku putar di MP3 komputer
Annie Nugraha mengatakan…
Avril Lavigne ini musikalitasnya tinggi. Suaranya pun punya keunikan tersendiri. Jadi tanpa melihat wajahnya, hanya dengan mendengar suaranya saja, kita bisa tahu itu Avril Lavigne. Dan asiknya lagi, dia eksis berkarya hingga saat ini. Keren banget.
http://kakilasak.com/ mengatakan…
Penyanyi idola san hit banget. Dulu saya punya posternya dari majalah Haii. Suka lagu complicated, karena punya kenangan dengan lagu itu. Bernostalgia jadinya nih hehe
Triani Retno A mengatakan…
Karena style Avril yang dulu membawa serta nostalgia masa remaja yang menyenangkan. Hehehe.... Ya nggak sih? Sama kayak kalo aku lihat BSB, Westlife, Bon Jovi.
Maria G Soemitro mengatakan…
dari dengerin cold play di spotify, auto pindah ke Avril deh

Saya mah gitu, suka semua jenis lagu dan penyanyi

baru-baru ini lagi mantengin lagu-lagunya Putri Ariani yang ternyata wow banget
Cindi mengatakan…
Mba Fenn, saya terpanggil nih sebagai generasi 90an wkwkwkwkw..
Baca tulisan ini dari awal berasa diajak nostalgia jaman sekolah, plek kayak gitu juga :-D
Ida Wahyuni mengatakan…
Kalo aku suka "I'm with You", lagu ini dirilis sebagai single kedua dari album debutnya yang berjudul "Let Go" pada tahun 2002. Lirik yang paling ngena adalah:
Isn't anyone trying to find me?
Won't somebody come take me home?
sumiyati sapriasih mengatakan…
Lagu lagu dari Avril Lavigne memang cukup berkesan, orang yang mendengarkan lagu tersebut yang tadinya galau jadi happy.
Deeva Collection mengatakan…
Saat kuliah lagu-lagu Avril menjadi lagu-lagu yang banyak digunakan teman-teman sata main gitar di kos. Memang lagunya enak-enak
Khoirur Rohmah mengatakan…
Woahhh ke-5 daftar lagu tersebut kesukaanku banget banget mbak
When You're Gone salahsatu lagu yang digunakan temenku untuk ujian TIK bikin video
My Happy Ending, favorit banget ini
lendyagasshi mengatakan…
Beneeer..
Celana 7/8 ini WOW siih.. Pada zamannya hits banget dengan dandanan gothic yang tampak aneh pada zaman itu.. sukses mencuri perhatian publik. Suaranya, aliran musiknya dan ditambah lagi kecerdasannya menulis lagu. Keren siih..
Aprillia Ekasari mengatakan…
Duha ku dulu SMA apa kuliah ya pas zamannya si mbak ini heits hehe. Namaku juga suka diganti jd Avril :D
Dia tu bener2 ikon cewek pada masa itu, udah cantik suaranya merdu, karyanya juga bagus2.
Sekarang gimana yaaa kabarnya? Dah lama gak tau kabarnya :D
Yanti Ani mengatakan…
Wahh saya kurang kenal nih penyanyinya, kayaknya saya yang kudet nih. Tapi lagunya ternyata enak-enak yaa.
Windi astuti mengatakan…
aku termasuk pengagum lagu-lagunya avril lavigne pada jamannya. Sampai sekarangpun masih sama, enak aja lagunya, bisa ditirukan dengan mudah
Nurul Mutiara R.A mengatakan…
Dulu suka banget dengerin lagu-lagunya si Avril ini. Bagus-bagua emang dan beberapa lagu punya kenangan tersendiri. Sayangnya, sekarang Avril gak update lagu lagi ya kak
sari widiarti mengatakan…
Sk8er boy sih yg memorable dan langsung suka lagunya sekaligus gaya avril, nyobain makeup emo gitu deh. Seru mengenang jaman dulu
Annisa Tang mengatakan…
Kalau ingat Avril, malah ingat mantan pacar jaman kuliah yang tergila-gila sama Avril sampai koleksi gambar-gambarnya di sebuah buku, hihihiii. Segitu ngefansnya. Cantik dan berkarakter soalnya.
Tukang Jalan Jajan mengatakan…
yaaa ampun, beneran mengingatkan banget lagu lagunya. APalagi aku yang dibesarkan ama hits hitsnya itu, jadi auto nyanyi sekalian ngeliatin video klipnya lagi dong hehehe
Yonal Regen mengatakan…
Ya ampun.. hapal semua lagi lagu-lagunya.. wkwkw.. jadi ketahuan kan kita generasi zaman kapan.
Lagu-lagu April Lavigne memang easy listening, cepet nempel di kupingnya
Putu Felisia mengatakan…
Rumor tentang Avril Lavigne yang digantikan orang lain ini kayaknya seru buat cerita novel fiksi, hihihi. Tapi karya-karya Avril Lavigne ini memang cukup berkesan sih.
Bambang Irwanto mengatakan…
Saya suka Avril Lavigne ini, Mbak. Suaranya sangat khas. Hanya saya tidak terlalu tahu judul-judul lagunya, akrena mungkin berbahasa Inggris hahaha (alasan saja saya).
Tapi saya langsung klik youtube yang Mbak fenni cantumkan di sini. Dan saya suka When You're Gone.
HendraDigital mengatakan…
Oooh seangkatan sama Shania Twain ya. Mereka tenar pada masanya ya. Sekarang kayaknya enggak setenar dulu, tapi masih tetap eksis. Jadi inget waktu dulu sering nonton MTV , hehehe... Ketauan umurnya udah tuaaa
HendraDigital mengatakan…
Oooh seangkatan sama Shania Twain ya. Mereka tenar pada masanya ya. Sekarang kayaknya enggak setenar dulu, tapi masih tetap eksis. Jadi inget waktu dulu sering nonton MTV , hehehe... Ketauan umurnya udah tuaaa
Deeva Collection mengatakan…
Lagu-lagunya banyak disukai, sering dinyanyikan bareng teman-teman juga nih di waktu sore, saat senggang di kosan
M. Rizki Riswandi, S.Kom mengatakan…
Lagu when you're gone itu salah satu lagu favorite saya asli! Tiap kali main warnet, sambilan ngegame dan nyeruput nutrijeruk pastinya mutarin lagu yang satu ini ahahahhaha.
deamerina mengatakan…
yampuuun Avriillll, astaga ini penyanyi solo wanita favorit aku sih jaman SMP haha. sempet dulu pengen cat rambut juga kayak Avril tapi nggak dibolehin haha
ANGGITA RAMANI mengatakan…
When you're gone dong yang hits di masaku wkwk. Kalo ga salah pas SMP atau SMA dulu ya lupa
Didik Purwanto mengatakan…
Lagu hits pada masanya nih. Anak 90an pasti dengerin ini di warnet2 atau di mp3 bajakan. Aku suka When you're gone dan I'm with you. Emang enak buat galau2 manja dan mengenang masa pacaran wkwk.
khairiah mengatakan…
langsung otakku muter lagu-lagu avril secara aku generasi 80 an i love complicatednya avrill tapi nggak tau julukan dia tuh ratu pop rock
Han mengatakan…
ya Allaah Avriiilll, ini beneran yang aku suka sih pas SMA kwwkwk beberapa lagunya sampe hapall dan soksokan rikues lagu itu di radio wkwkw
Okti Li mengatakan…
Saya ingat, masanya buming Avril ini pas saya masih kerja di HK. Wah, penampilan saya Avril banget pokoknya saat itu. Jadi malu sendiri. hehehe
Irra Octaviany mengatakan…
Suka banget sama avril lavigne sampai-sampai zaman SMA dulu gaya dandananku mirip sama dia. lucu kalau inget masa-masa itu.
Shinta Shyntako mengatakan…
avril lavigne nih tuh menemani masa remajaku dulu loh, trs yg suka aneh tuh ada yg bilang soal konspirasi ttg artis satu ini juga menarik buat disimak loh
Erin Herlina mengatakan…
Wah, baru dengan lagi ih nama April Lavigne. Waktu zaman sekolah SMA suka banget dengerin lagu-lagunya.
Witri Prasetyo Aji mengatakan…
Sebagai anak-anak 90-wn, aku tahu sih Avril Lavigne ini, dulu suka juga dengerin lagunya tapi enggak tahu judulnya. Hahah
Lita Lestianti mengatakan…
Hahhaha..ini lagu saya pas masih SMP.. booming banget sampe hafal liriknya meski ga sempurna pronounciationnya..jadi membuka masa lalu nih kaak..wkwkwk
Naqiibatin Nadliriyah mengatakan…
5 lagu yang favorit semuaaaa, aaark. jadi inget dulu di sekolahan tugas listening nglengkapi lirik kosong Avril yang Complicated :D
sari widiarti mengatakan…
Semua sih suka lagunya apalagi sk8r boy karena langsung booming dan aku malah pengin main skeater, biar kayak avril. Complicated bikin nyesek loh
Stefanny Fausiek mengatakan…
Lagu pertama Arvil yg kudengar dan tonton yg sk8r boy. Aq masih inget banget video clip nya yg lagi main sate board. Lagu2 lainnya malah aq gak terlalu tau dan kisah gosip meninggalnya pun aq gak tau hihihi. Kayaknya aq kurang update 😆
Emma Malika mengatakan…
Dengerin musik klo untuk saya sebagai salah satu healing yang murah meriah apalagi dengerin lagu yang menghentak dan energik kayak Avril Lavigne jadi fresh deh
Akarui Cha mengatakan…
Ikon jamannya nge-emo.

Aku inget banget lho sama kakak dari teman sekelasku yang dulu tuh sukaaaa banget sama Avril kan, dan di bet namanya dia bukan nulis nama lengkap dia dengan baik dan benar, melainkan ada unsur 'avril'-nya gitu. Mantapnya, si kakak tiga tahun di sekolahnya nggak pernah ditegur sama guru. Sampai hari ini jadi bahan becandaan tuh kalau lagi main ke rumah temanku dan ketemu sama kakaknya.
Ika Maya Susanti mengatakan…
Aku sukanya My Happy Ending. Sampai sekarang. Lagu yang bikin aku ngerasa selalu jadi pemenang buat orang lain yang udah bikin aku nggak nyaman.
Alfia D. Masyitoh mengatakan…
Kenapa aku kenal semua lagunya? Apakah aku sudah seumur itu? Wkwk. Pertama kali dengar Avril ini pas kelas 2 SD, tahun 2002 kalo gak salah. Kakak sepupuku suka banget nyetel VCD nya di rumah.. Dan yah, paling legend emang si Complicated ini. Dulu sampe ngikutin liriknya dengan bahasa blubuk blubuk karena belum ngerti bahasa Inggris. Wkwkwk...
Aprillia Ekasari mengatakan…
Lagunya enak2 dulu sering jadiin playlist di komputer. Kyknya garap tugas zamann sekolah/ kuliah ditemein lagu-lagunya mbak Avril juga deh. Lirik2nya banyak yang memotivasi.
Latifah Kusuma mengatakan…
When You're Gone nih yang paling sering nongkrong di playlist aku. Terus kalau inget Avril tuh jadi inget parfumnya yg viral itu. Zaman SMP kalau beli parfum isi ulang bilangnya parfum avril lavigne. Soalnya varian avril wangi bangett dan awet. Wkwk.
Raja Lubis mengatakan…
Inget banget, lagu-lagu Avril Lavigne ini jadi salah satu bahasan pas kuliah Bahasa Inggris. Bahkan teman sampai menganalisa semiotika dan grammar di lagu-lagunya.
Dayu Anggoro mengatakan…
Salah satu yang favorit itu ya lagu yg judulnya When You're Gone, musiknya Avril emang enak dan keren-keren si ya.

-Dayu Anggoro
Nurul Dwi Larasati mengatakan…
Itu 5 lagu Avril Lavigne favoritku semua Ketahuan kan pernah hidup di era kapan. Sampai sekarang masih kok dengerin lagu-lagu itu.
Atisatya Arifin mengatakan…
Surprisingly, semua lagu-lagunya Avril Lavigne masih enak didengarkan sampai sekarang lho. Dia pun aku lihat seperti diawetkan karena cantiknya masih sama seperti waktu dia pertama kali dikenal dunia. Kira-kira Avril Lavigne ada rencana comeback atau nggak ya? Yakin deh banyak fans dia yang menanti-nanti.
Fitri | Matchadreamy.com mengatakan…
Duh, Mbak Fen, aku tahu semua lagi lagunya, sebagian besarnya juga aku hafal liriknya. Apakah ini jebakan umur? Wkwk. Terutama yg My Happy Ending, dari judulnya terkesan lagu hepi, pdhl ngenes ya.
lendyagasshi mengatakan…
Nge fans Avril Lavigne pada masanya memang bikin jiwa gairah muda bangkit kembali ketika sekarang mendengarkan kembali lagu-lagu legend seorang Avril Lavigne.
Udah lama enggak denger lagunya lagi
Nanti malam kalau pas nulis tak coba nyetel ah
Siapa tahu nambah inspirasi
Ahmad Dzikrullah mengatakan…
saya kelarihan 90 an, masih asing dengan lagu ini, tapi sekilas juga enak didengar di telinga
Niwanda mengatakan…
Kalau aku paling suka lagu Losing Grip. Suka musiknya sih, dan ternyata liriknya juga bagus ya tentang mengambil sikap buat move on alih-alih berlama-lama galau pada hubungan yang nggak kunjung berkembang. Duh, jadi ingat masa-masa kuliah sih kalau ingat album-album awal Avril Lavigne tuh, hehehe
Mbul Kecil mengatakan…
Mbul suka i'm with you fenni...ini lagi wajib puter pas masih kuliah wkwkkwkw...soalnya pas ngematin mvnya itu serasa kayak ni lagu itu berasa cool banget wkkwkw...apalagi ditambah ku ngerasa posturku sekecil avril dulu eh plaaaakkk...

ama aku suka lagu avril yang judule i love you dan yang jadi ostnya animasi film alice in the wonderland...walaupun didandanin gotik tapi manis itulah makanya aku suka avril wkwkkw
tantiamelia.com mengatakan…
Jadi nostalgia mendadak nih aku!
Avril Lavigne sempat bikin aku semangat lagi waktu down, pas dengar lagunya yang I'm With You, kayak ngerasa ada temen juga... haha padahal rada ngga nyambung sebenernya tapi gara-gara depannya ada b*tch hahahahahaa
Endah Kurnia Wirawati mengatakan…
Gara-gara Avril, saya sampai belajar main skateboard donk.. lumayan 2 minggu biru2 badan karena jatuh mulu. Hahaha..

Tapi lagunya dia memang ikonik semua sih. Beberapa lagunya seperti sk8erboi, I'm with you dan When You're Gone msh nangkring tuh di playlistku.
Priyani Kurniasari mengatakan…
Dulu yang paling populer tu kayaknya yang skaterboy ya mba..sampai sering diputar di MTV sama radio. Lagu jaman-jaman masih smp sma waktu itu..