Langsung ke konten utama

Antara Musik dan Kisah Waktu Sekolah

Antara Musik dan Kisah Waktu Sekolah,

Coba-coba, siapa di sini yang tidak suka musik? Ada gak ya?

Kalau ternyata ada terus mau diapain?

Ya gak diapa-apain, biar aja kan itu hak pribadi masing-masing. Masa mau diatur harus suka, kan gak ada pasal yang mengatur, wkwkwk.


Genre and Chord Dihapalin

Nah kalau yang suka musik, berarti gak apa-apa juga. Paling tinggal tergantung genre-nya aja mungkin berbeda, karena ada beragam genre musik jadi memungkinkan tiap genre ya ada aja peminatnya. Ragam genre musik itu misalnya ada pop, pop rock, rock metal, rock alternatif, dangdut, R n B, jazz, keroncong, dan lain-lain.

Dari contoh ragam genre di atas ada beberapanya waktu jaman sekolah saya harus ngapalin, soalnya kerap keluar di soal ujian. Eh belum lagi sama belajar soal chord. Kalau misalnya not: do-re-mi-fa-sol-la-si-do ngapalinnya ya ngikutin angkanya 1-8.

Antara Musik dan Kisah Waktu Sekolah,

Lah ini chord bebs (eeeeaaa, bebs), yang jadi pedomannya gitar. Mau gak mau udah menghapalkan jenis musik, kudu ngapalin juga itu chord gitar, kek macam C-Am-Dm ke G, ke C lagi, Am-Dm ke G (awas sambil nyanyi).

Ngapalin chord gitar jadinya membuat saya belajar bergitar ceria, walau alhamdulillahnya soal yang keluar waktu ujian sekolah seringnya A, C dan Dm. Jujur dah, itu soal ujian sampai saya buat muter-muter. Ceritanya ngepasin mana yang chord A sama jari. Jadinya saya puter itu kertas ujian berikut juga badan ikut muter, bikin bingung orang-orang yang ada di sebelah saya.

“Ngapain itu si Fenni, udah soalnya miring, dianya ikut miring-miring, eh untungnya bisa aja lagi naik ke kelas 9, wkwkwk.”


Inget, Pantau Update Lagu Terbaru

Namun itu cerita belum kelar sampe di situ. Ada lagi hal yang harus saya hapalkan tentang pelajaran seni musik waktu sekolah, yaitu kudu mengikuti update lagu terbaru, baik penyanyinya, judul lagunya, negara si penyanyi, dan lirik lagunya.

Lagu Westlife dan BSB pernah keluar tapi di soal Latihan. Mungkin guru seni musik saya suka sama mereka karena lagi hits banget keluar. Sebab teman saya pun juga suka lagu asik backstreetboys, sampe nyimpen lagunya di folder lappinya hihi. 

Boleh dikatakan perkembangan musik jaman sekarang makin beragam. Tidak seperti ketika jaman kita dulu sekolah. Eh, kita, wkwkwk. Baiklah yang generasi 90-an angkat jempolnya, hehe, berarti kita mungkin satu server.

Antara Musik dan Kisah Waktu Sekolah,

Dari jelang akhir 90-an hingga awal tahun 2000-an, menurut saya lagu-lagunya itu asik didengar, tidak muncul hanya dengan single, atau satu album lalu tahun berikutnya tidak lagi mengeluarkan album. Seperti macamnya The Rasmus yang masih eksis sampai sekarang, baru mengeluarkan album terbarunya dengan personil terbarunya, karena  mengundurkan diri diganti dengan 

Sayangnya sih Britney Spears belum ada lagu terbarunya ya. Begitupun dengan Michael Learns to Rock yang temen saya demen banget sama band itu, juga tidak ada album terbarunya lagi.

 

Meski begitu, musik sejatinya tetap asik dinikmati dengan cara masing-masing ala penikmatnya. Sebab ada yang memanfaatkan musik untuk menyemangati diri dengan cara mendengarkan alunannya, ada pula yang menggunakan musik untuk dapat membantu calon dede di rahim ibu menjadi anak yang kreatif dan menstimulus otaknya, dan sebagainya.

Apapun itu, selagi dimanfaatkan secara positif dan baik, semoga juga memberikan dampak yang bagus, ya kan.. kan… Ah, jadi kan nih satu blogpost tentang musik, wkwkwk. Jadi lagu asik apa yang membuat kamu teringat masa sekolah?

Komentar

Priyo Harjiyono mengatakan…
Nah ak klo lagi selo ngajar biasanya juga main gitar mbak manfaatin chord online di internet
Inez Dwijayanti mengatakan…
anak sekolah satu es em a.. belum mengerti begitu begini.
Lagu SMA wkwwkwk
auqri mengatakan…
Waduh emang ada ya yang gak suka musik, padahal musik itu enak banget buat didenger. Apalagi lagu-lagunya yang bisa bikin mood naik dan cerah lagi seperti biasanya..
kalau aku lebih suka jadi penikmat musiknya, hehe
Tukang Jalan Jajan mengatakan…
kalau aku penikmat musik aja deh. Untuk bermain musik masih belom ada keahlian dan belum ada niat belajar juga karena sepertinya minatku ngga disana hehehe. Tapi aku suka berbagai genre musik kok
Lintang mengatakan…
Aku juga pengen belajar gitar tapi ngga kesampaian mulu wkwk. Dulu mah anak 90'an yang pasti Westlife, BSB, LP, duh banyak banget. Udah gitu mah paa apal lagu-lagunya. Bahasa Inggris tapi cepet nyantolnya, giliran suruh ngapalin geografi ke laut aja hahaha.
Didik Purwanto mengatakan…
Fixed kita satu server haha. Dulu juga penggemar Boyband, tapi aku pilih The Moffatts. Soalnya kalo BSB & Westlife udh kebanyakan fansnya haha.

Britney juga suka sih meski di awal2 albumnya. Pas setelah mulai parah hidupnya, ya aku tinggalin sih. Kasihan banget sbnrnya. Gagal nikah ama Justin Timberlake. Pdhl dulu ngeship banget ama mereka.

Trs yang aku suka tuh Celine Dion dan Mariah Carey. Adem aja denger mereka nyanyi. Hehe..
Ika Maya Susanti mengatakan…
Kalau baca tulisan ini, aku tebak, pasti generasi MTV juga ya? Btw, itu pelajaran seni musiknya detail banget ya Mbak, sampai soal chord musik segala euy...
Nurul Fitri Fatkhani mengatakan…
Nah kayaknya kita satu server, deh heheheh. Semua nama grup bandnya kesukaan saya, mulai Westlife, BSB, MLTR, lagu-lagunya saya sukaa.
Kalau soal chord musik kayaknya saya angkat tangan, deh! Gak bisa mainnya, hanya bisa menikmati aja :)
YSalma mengatakan…
Saya hanya penikmat musik. Dulu musik sebagai teman begadang, teman selama perjalanan dari rumah dan ke tempat kerja. Rasanya capek hilang begitu mendengarkan alunan musik, walau nggak bisa nyanyi dan ngapalin liriknya, wkwkwk.
Antung apriana mengatakan…
waktu sekolah dulu aku pernah kayaknya belajar nuli not balok gitu yang not penuh setengah dan sebagainya. tapi asli deh karena nggak bakat ya sudah lupa sama ilmunya. hehe
Wahyu Eko C mengatakan…
waktu belajar gitar aku juga sering tuh mainin lagu C Am Dm ke G ke C lagi Am Dm ke G (sambil nyanyi) wkwkwk
lendyagasshi mengatakan…
Aku juga suka dengerin musik.
Dan memang nostalgia banget yaa..dengerin Westlife, BSB, MLTR, N'Sync.
Serasa kembali ke zaman sekolah dulu yang galau-galau gimanaa gitu.

Kerena kak Fenni, belajar musik. INi hobi yang harus ditekuni.
Akarui Cha mengatakan…
Kalo Westlife sama Backstreet Boys aku agak eungeuh. Inget jaman kecil tuh awal 2000-an (aku gede di masa ini walaupun lahirnya ya 90 sekian 🤭) mulai hits yang namanya MTV. Seru deh jaman itu. Oh, terus aku lebih banyak besar sama lagu pop Jepang semisal Arashi, kalo Indonesia ada J-rock kalo ga salah. Ah iya, ada 1 yang selalu membekas sampe sekarang, lagu lagu Sheila On 7 yang kusuka dari jaman SD. Nah, waktu sekolah, aku paling hobi ikut ekskul musik, walaupun ga pernah sukses bisa mainin alat musik apapun 🤣🤣🤣
Fatimah Aqila mengatakan…
Kalau ingat musik, waktu zaman sekolah kayaknya kebanyakan dengerin lagu galau deh ya. Hahaha apalagi pas hujan-hujan tuh enak banget dengerin musik galau.
Pandu Husna mengatakan…
Apalah dayaku yg belajar main gitar dari semester 1 sampe wisuda ga bisa" main gitar😂😭
Han mengatakan…
Lah iya yaakk, aku dlu juga pas SMA lagi seneng2nya dengerin musik. kayak semua lagu relate banget sama kehidupan zaman itu wkwkwk
Yuni Bint Saniro mengatakan…
Aku pas jaman sekolah masuk asrama. Bisa dengerin musik cuma pas hari srlasa sama jum'at. Pas libur kegiatan doang. Hehehe
Leyla Hana mengatakan…
Britney cuma ngehits sekali ya, abis itu banyak skandal. Padahal lagunya legends, masih teringat sampai sekarang
Hallowulandari mengatakan…
Kita seangkatan banget yaa, lagu hits nya westlife, britney spears sama MLTR hahaha! etapi aku g tau blas sama the rasmus wkwkkwkw
Happy Hawra mengatakan…
wah kalau aku dari jaman dulu emang udah hobi sih ngapalin lagu-lagu baru karena seneng nyanyi walau tau suara fals 🤣

tapi beneran sih musik kadang jadi sahabat baik. dulu aku pernah ada di fase sedih-sedihan tiap hari terus lampiasinnya main gitar dan sedikit melegakan aja walau ga bertahan lama. tapi it's okay :D
Lita Lestianti mengatakan…
Saya paling susah kalo hapalin chord lagu .. paling2 harus lihat chordnya di depan mata pakai kertas..
Heizyi mengatakan…
Hehehehe.... Ngomongin soal musik. Jadi keinget playlistku yang udah lama tak tersentuh di spotify mbak. Ada playlist pas lagi galau, obsessed dan ehmmmm... Pokoknya setiap perubahan mood, pasti bikin playlist wkwk
Qoty Intan Zulnida mengatakan…
kalo aku dari dulu sampe sekarang masioh suka lagunya sheila on 7. kalo musisi jaman sekarang aku suka lagunya vidi dan rizki febian. hihihi
Dian Restu Agustina mengatakan…
Wah beberapa boyband yang disebutkan di sini adalah idolaku masa sekolah dulu.Aku jaman dulu juga suka dengerin musik dan nyanyi (di kamar mandi)
Selain itu dulu aku suka banget cowok yang bisa main alat musik terutama gitar hahaha..tapi kok ya engga pernah dapat yang gitu huhu. Terus ternyata ketemu suami bisa main gamelan dan piano (setelah jadi suamiku baru belajar). Jadi gapapa lah beda tipis kan kwkw
Dee_Arif mengatakan…
Wah ngomongin musik dan kenangan saat sekolah mah banyak mbak
Aku dulu senangnya nonton konser music
Favoritku sih Dewa 19, Padi dan Sheila on 7
Annisa Tang mengatakan…
Bagi aku musik itu hiburan banget, heheheee. Kalau pandemi gini tanpa musik ya hampa banget. Tapi aku nggak bisa main musik, aku penikmat musik dan pelaku karaoke online, hehehehe.
Inez Dwijayanti mengatakan…
Saya buruk membaca not, sampe dapat nilai 4 pas ujian
Tapi saya ikut paduan suara, ikut lomba. Cuma ngapalin aja. Bacanya si gak bisa hahaha
Okti Li mengatakan…
Musik dan lagu jaman saya sekolah itu angkatan Dewi Yull, Broery Marantika, jadul jadul pokoknya. Pas tahun 95-2000an baru deh ngefans sama dewa19, seolah on 7 dll
Nanik nara mengatakan…
wah di pelajaran seni musik sampai ngapalin chord juga ya dulu. Kalau saya dulu praktiknya main seruling aja.

Saya kenalnya juga penyanyi/grup musik jadul, yang ngeluarin album. Jadi puas denger suaranya satu album. Kalau penyanyi sekarang jarang yang punya 1 album ya, ngeluarinnya single aja
Maria G Soemitro mengatakan…
saya salah satu penganut pentingnya musik untuk menyeimbangkan otak kiri dan otak kanan

karena itu, 4 anak saya masukkin kursus musik
Irawati Hamid mengatakan…
britney spears dan westlife sering saya dengarkan saat masih sekolah dan kuliah dulu. kalo musik indonesia, lagu-lagu kd, dewa, sheila on 7, padi, ada band, duh banyak banget hehehe
Annie Nugraha mengatakan…
Dijaman saya rock, metal dan heavy metal menguasai perkembangan musik di Indonesia juga dunia. Saya yang kebetulan hidup dengan 2 saudara lelaki yang menyukai genre musik ini, akhirnya ikut-ikutan suka. Lah, yang diputar dan diperdengarkan di rumah ya musik-musik itu. Jadi telinga sudah terbiasa.
Relinda Puspita mengatakan…
Aku ingat pernah belajar cord musik ini zaman sekolah. Senang ngegambarnya aja, gak paham nadanya. Emang gak bakat, kayaknya.
gemaulani mengatakan…
Saya dulu pas abege gitu banget mesti update soal lagu terus tulisin liriknya di binder, lalu bindernya dipinjam teman 😂 Aku tuh suka inget masa lalu soal sahabat kalau denger lagu ingatlah hari ini dari project pop
Jasmi Bakri mengatakan…
Nostalgia banget nggak sih Westlife dan BSB? Jadi ingat mantan. Eh#
Dulu pas SMP lomba-lomba siapa cepat hafal lirik. Dan ada buku lirik yang ditulis lebih rapi dari buku catatan sekolah. Hahaha..
Meykke Santoso mengatakan…
Alhamdulillah aku suka musik dan sampai sekrang juga suka musik. Bisa buat penghilang stress juga kan ya