Langsung ke konten utama

Kenapa Gabin Tape Enak?

Kalau ngomongin gabin tape, makanan khas yang cita rasanya menurut saya nggak membosankan ini, bisa bakalan panjang nih, hehe. Soalnya saya suka dengan camilan yang satu ini. Rasanya itu pas manisnya, wangi tapenya terasa, gurih si biskuitnya itu pun klop. 

Gabin tape berasal dari daerah

Teringat sama si camilan ini, dikarenakan waktu hari Sabtu lalu saya berkelana ke salah satu tempat (ya memang pas ada acara juga sih, hehe), di bilangan Palmerah, Jakarta Pusat, saat itu panitia penyelenggaranya menyiapkan camilan gabin tape. Nah, kan.. belum pernah nih saya menemukan hidangan nikmat ini di acara kongkow.

Kenalan Sama Camilan Gabin Tape

Mungkin pembaca blog fennibungsu.com ini udah ada yang familiar dengan gabin tape, atau mungkin juga baru kenalan pas lihat di sini, hehe. Tak mengapa. Kita ngobrolinnya nggak berat. Ya, kalau bisa sambil minum air putih, kopi pahit, atau teh tawar plus ditemani gabin tape juga bakalan seru pastinya.

Ceki-ceki dari berbagai sumber, gabin tape ini acap dikenal dengan sebutan ketan tape, atau sticky rice cake karena bahannya menggunakan tepung ketan. Gabin tape berasal dari daerah mana, adanya itu di negara Asia Tenggara, dapat ditemuinya selain di sini, Thailand dan juga Malaysia. 

Untuk arti dari gabin adalah biskuit yang rasanya tawar tapi gurih. Kalau tape-nya sendiri, pastinya sudah kita ketahui merupakan hasil fermentasi dari singkong yang diberi ragi. Udah kebayang kan aroma khasnya tape yang wanginya kayak apa, hemmm. 

Cara buat gabin tape keju
dok. fennibungsu.com

Rasa Enaknya Gabin Tape Dari Mana?

Namanya camilan ketika sudah menggugah rasa, maka akan terasa nikmat dan bawaannya bolak-balik ambil lagi makanan tersebut. Begitupun rasa enaknya si gabin tape ini ada faktor-faktor yang mempengaruhinya, seperti:

1. Manis dan Gurih

Asal rasa manisnya dipengaruhi karena adanya gula (kerap dijadikan toping di atas gabin), atau dari bahan-bahan pembuatnya seperti santan, dan kental manis. 

2. Tekstur yang Unik

Tesktur unik pada gabin tape, karena ada sensasi lembut dari adonan tapenya dan krenyes dari biskuitnya. Sehingga saat disantap jadi perpaduan klop yang renyah. 

3. Variasi Rasa dan Topping 

Gabin tape juga bisa nih diberikan macam-macam toping (selain gula), seperti coklat, biji wijen, keju parut, dan kacang. Apalagi buat kamu yang suka dengan durian, bisa banget jadinya variasi rasa gabin durian. 

Baca Juga: Trik Hidangan Spesial dengan Seafood 

Ngemilin Gabin Tape

Untuk cara buat gabin tape yang cepat, mudah, dan murah resepnya bisa kamu temui di internet. Intinya sih, minimal bahan-bahan pembuatannya itu ada tepung ketan putih, santan kental, gula pasir, garam secukupnya, serta pembungkus gabin bisa daun pisang atau mika plastik. Lalu dengan cara dipanggang, maupun digoreng.

Resep gabin tape renyah
dok. Resep Koki

Saya amat sering menemukan kue gabin tape ini di warung-warung dekat rumah. Biasanya dibungkus mika plastik Uniknya nih, di dekat rumah saya itu warung terdekatnya ada 3. Ketiga warung tersebut menjual gabin tape dengan kemasan yang berbeda, tapi ukuran dan harga sama yaitu Rp 2000. Dan satu lagi bedanya, bagian isi tapenya itu, ada yang gak penuh. Jadinya kalau mau ngemilin ini hapalnya di 2 warung aja, hehe.

Ada juga yang bentuk gabin tapenya imut, tetapi bukan dijual satuan dengan satu kue gitu, melainkan dijual dalam satu kemasan berisi 12 kue, dengan harga Rp 8000. Hanya saja, toko ini pindah. Jadinya kalau mau beli ke sana, saya harus berjalan kaki sekitar 10 menit-an. 

Baca Juga: Nasi Goreng Nikmat di Kitchenette

Kalau warung di dekat rumah kamu gimana? Ada yang jual gabin tape juga dengan harga yang sama? Atau mungkin kemasannya lebih unik lagi? Atau malah kamu pernah buat gabin tape, bahkan bervariasi rasa gabin tape keju, gabin tape susu? Sini sharing juga, siapa tahu pas saya mampir ke sekitar situ, bisa beli gabin tape juga, hahah. 

Komentar

Suci mengatakan…
Tape nya tau, biskuitnya tau..
tapi di Medan belum nemu biskuit isi tape.
Biasanya diisi sayuran atau srikaya atau isian kue sus gitu.

Ada tukang tape sering lewat depan rumah, tinggal beli biskuitnya dan bikin sendiri.
Btw, tambah resep dong mbk. hihiii
Annie Nugraha mengatakan…
Ini salah satu kudapan favorit saya dan si bungsu. Ada tetangga yang memang suka bikin dan saya selalu nebeng mesan. Enak gak ketulungan. Tapi sayang sekarang dia sudah pindah. Jadi belum nemu tempat baru untuk mesan Gabin Tape ini.
Fanny_dcatqueen mengatakan…
Aku pernah coba ini beberapa kali mba. Tapi rasanya ntah kenapa ga standard 😅. Maksudnya, ada tempat yg jual gabinnya enak, tapenya pas, crackersnya juga masih crispy, tapi ada yg jual dengan rasa so so banget. Nyebelin kalo Nemu yg gini nih 😄. Apalagi kalo dpt yg tapenya asem thok 🤭.

Tapi aku suka kok kalo kebetulan dpt yg enak. Apalagi aku memang penyuka tape . Mungkin memang LBH enak bikin sendiri kali yaa 😁.
Eca mengatakan…
Wah legend nih. Ini enak banget sih. Setuju banget sama poin kakaknya di artikel ini. Nagih dan bikin kangen. Buktinya sekarang aku ngiler nih soalnya udah lama banget gak makan ini.
Maria G Soemitro mengatakan…
baru tau ada gabin tape

tapi kalo saya mungkin lebih pilih keju atau korned

mungkin karena di sini banyak banget tape, jadi ngelihat aja udah kenyang
Utie Adnu mengatakan…
Gabin kakakku serung buat mba .enank ini beneran dimakan sambil bersanding teh atau kopi kalau lagi me time atau kumpul keluarga pas banget
Yuni Bint Saniro mengatakan…
Aku suka gabin. Aku juga suka tape. Kalau keduanya dijadikan satu makanan bernama Gabin Tape. Rasanya aku sudah bisa membayangkan gimana sensasi mencicipi makanan ini. Gabin yang gurih berpadu sama tape yang manis ada kecut-kecutnya dikit. Duh bikin ngiler.
Danie mengatakan…
Saya kok lebih suka rondo royal mak. Kalau gabin, kadang seret di tenggorokan. Bener, harus ada teh atau kopi, baru nikmat
Emma Malika mengatakan…
Ini kue super duper saya suka banget, kadang klo lagi baik hati adikku suka beliin. Yuk mari kita doain supaya dia rezekinya melimpah ya aamiinn
Okti Li mengatakan…
Ah jajanan anak gabin tape ini ada dijual di kantin sekolah anak saya. Tapi saya tahu belanja nya dari pasar setiap Selasa Jum'at. Katanya si penjual itu dari bandung, Ciwidey tepatnya, sama sama Selatan mungkin soalnya hehehe
Yustrini mengatakan…
Baru paham kalo cemilan ini namanya gabin tape. Sering lihat di warung-warung snack. Rasanya unik dan enak
khairiah mengatakan…
belum pernah rasa gabin tape, tapi aku pengemmar tape kayanya enak,apa disemua supermarket ada yaa
HendraDigital mengatakan…
Waktu tinggal di Depok, sering banget beli gabin untuk sarapan atau camilan sore hari. Soalnya tetangga yang jualan, jadi kalo lagi pengen ngemil gabin, tinggal japri aja, pesanan pun dianter ke rumah. Udah gitu ada pilihan varian coklat dan keju, jadi lebih beragam rasanya.
Blogger Surabaya mengatakan…
Ini gabin tapenya bikin sendiri ya mbak? Saya suka tape cuma belum pernah makan gabin tape. Nah kalau saya malah pernah buat gabin isi wortel kentang gitu mbak. Jadi kayak risol. Macem macem ya gabin bisa dikreasikan
Alfida Husna mengatakan…
Ditempatku adanya yang variasi juga mbak, keju, coklat, macam-macam. Kalau tape aku belum coba. Kayanya enak yaa kaya lebih original gitu rasanya. Kalau kemasan juga sama aja sih dibungkus plastik gitu.
lendyagasshi mengatakan…
Sepupuku jualan ini, kak Fen.
Lariiiss maniiss.. Kulakan tapenya sampai kiloan. MashaAllaa~
Memang di Jakarta tuh cepet banget kalau mau usaha asalkan masakannya enak, inovatif dan kemasannya juga cantik.
Lasmicika mengatakan…
Enak memang jajanan satu ini. Katanya juga gampang kalo mau bikin sendiri. Katanya. Toh aku juga nggak bisa lho bikin sendiri walaupun dibilang gampang juga. Wkwkwk. Kalo ada yang dimakan, dinikmati, kalo nggak ada ya beli. Hehe
Akarui Cha mengatakan…
Aku belum pernah lho Kak nyicipin Gabin Tape. Taunya biskuit Gabin-nya aja yang legend banget dari jamanku kecil.
Nabilla DP mengatakan…
wah saya sih kurang suka gabin tape haha biasanya suka yang isinya lain.. kayak isinya pastel gitu mba. mungkin masalah selera aja yaa
Lita Lestianti mengatakan…
Kalau di dekat rumah kayaknya gabin biasa deh yang tengahnya krim manis banget.. kalau tape malah belum tahu dimana jualnya..
Lia Lathifa mengatakan…
Kalo boleh jujur gabin tape ini adalah makanan penyelamat perut saat aku lapar di pesantren. Duit tinggal gopek gitu, aku lupa itu hampir 20 tahun lalu, itu pun nemu di selipan lemari, aku pun jajan Gabin tape yg murah tapi enak banget, wkwk aduh jadi nostalgia
Tukang Jalan Jajan mengatakan…
Waaah mantap sih emang Gabin ini, salah satu biskuit legend yang rasanya enak dan jadi andalan untuk segala suasana. pumya pilihan yang beragam dan ukuran as untuk sekali makan
Yonal Regen mengatakan…
Gabin Tape is one of my favorit food.. hehehe. kalau di Sukabumi ini disebutnya kue dangdut, entahlah apa hubungannya dan kenapa juga disebut kue dangdut, yang jelas rasanya memang ciri khas banget dari tapenya yang manis dan segar
Adi mengatakan…
Gabin tape ya. Unik juga sih mbak Fenny. Rasanya pingin segera beli dan cicipin deh. Terinspirasi banget sama tulisan mbak Fenny
Diah Alsa mengatakan…
saya juga suka kue yang ini Kak, tapi di sini sih biasanya orang pake fla aja gitu tuk isiannya.
makanan simple tapi enak, gurih, cocok banget dijadikan teman ngeteh :)
ginanelwan mengatakan…
kue gabin terakhir saya makan pas jaman sekolah dulu, udah lama banget. Sekarang agak susah dicari klo dideket rumah saya deh. Tapi kue gabi tape ini enak.
Siti Mustiani mengatakan…
Kalau dari bentuknya sering banget liat di jajanan pasar, tapi kayaknya beda karena isinya bukan tepung ketan. Kalau di pikiranku sendiri tapi ketan ini mirip seperti bubur ketan hitam yang difermentasi.
ANGGITA RAMANI mengatakan…
Wah aku baru tahu ada gabin tape. Biasanya isinya kayak isinya rogut gitu. Jadi pengen nih mba
Ranggi's Travel Story mengatakan…
Jadi pengen icip, baru tahu gabin tape setelah membaca ulasan disini, kayaknya disekitar rumahku gak ada yang jual atau saya yang gatau yaa...(gusti yeni)
April Hatni mengatakan…
Aku belum pernah nyobain kue/jajanan yang satu ini, euy. Sebab cari bahannya di sini juga langka. Ntar lah kalau pas mudik dicoba.
Kyndaerim mengatakan…
Aku baru tau gabin tape ya di sini, Mbak Fenn, hehe.. Taunya gabin keju sama gabin susu. Tapi setelah liat gambar²nya, aku pernah beli di kang dagang jajanan kue nih. Tapi nggak ngeh kalo ternyata itu tuh tape yah, wkwk..
Okti Li mengatakan…
Orang Indonesia emang unik dan kreatif. Dipikir pikir, singkong udah enak, susah susah dibuat tape. Mana bikin proses nya lama. Eh tape udah jadi tinggal makan, masih dibuat gabin juga. Halah, banyak kreasi tapi emang bikin cita rasa makanan jadi nambah banyak ya
Didik Purwanto mengatakan…
Oalaaah baru tahu ini namanya gabin toh. Aku kemarin jg dikasih org. Kok enak bgt. Crackers kok ada rasa tapenya. Dan ternyata murah meriah ya harganya. Ntr aku cari tahu jg di sini. Apakah harganya semurah itu.
lendyagasshi mengatakan…
Inovasinya bikin cemilan nikmat tuh adaaa aja yaa...
Jadi tape tuh hits lagi sejak ada gabiin tape. Dan dengan proses pembuatan yang panjang, dan varian rasa yang beragam, modifikasi gabin tape siap dinikmati di waktu-waktu brunch.
Akarui Cha mengatakan…
Aku keingat sama si biskuit Gabin yang emang udah ada dari jamanku kecil. Dulu biasanya dinikmati bareng teh manis hangat buat camilan sore. Kadang ya temannya di piring lain tuh ada pisang goreng. Sejak tahu Kak Fenni bahas Gabin Tape, kan aku penasaran ya. Trus tadi pas ketemu para buibuk sepuh, kutanya lah. Kan pengen icip juga. Eh taunya di sini emang nggak ada yang jual. Mau bikin sendiri, tahu diri kalau masak itu buat bertahan hidup doang hehehe.
GE MAULANI mengatakan…
eh ada nama lainnya gabin tape ini, jadi bisa disebut ketan tape atau sticky rice cake. Wah di Thailand dan Malaysia ternyata ada juga ya kak. Kukira di Indonesia aja. Ini kesukaan saya kak
Manda Dea mengatakan…
wah aku sering nemuin ini dan dulu sering makan enak banget tapi aku baru tau namanya gabin tape hehehe
Meilia Wuryantati mengatakan…
Wah gabun tape, enaaakk.. favorit aku nih mba, sayang jarang nemuin nih di daerahku, aku suka nya ditemani teh pahit hehehe, mantap banget
Diah Woro mengatakan…
Gabin tape enak koq. Aku doyan kalau ada suguhan gabin. Ada rasa krispi gurih sm as mabisnya nagihin hehe
Susi Susindra mengatakan…
Gemes ih sama Mbak Fenni. Aku beneran ngarep sebelum tulisan berakhir ada resepnya lho, secara 3 pekan ini tiap Minggu aku beli 2 wadah besar produk tape dari kecamatan sebelah untuk camilan sampai Kamis, karena beli 1 baskom mateng dan 1 baskom mentah.
Yo wes, googling wae, secara di tetanggaku ada gabin tapi cuma fla gandum yang aku kurang sreg rasanya.
Stafana Charis mengatakan…
Kalo dari gambar sih enak ya.. bikin penasaran pengen nyobain.. kok aku baru tahu makanan ini hehehe
Riri Restiani mengatakan…
Wah ini makanan camilan terenak buatku nih. Dulu sering dibuatin alm nenek, rasanya emang mantul, gak cukup makan cuma satu.hihi
Erin Herlina mengatakan…
Gabin Tape favorit aku banget, nih. Harganya juga ekonomis, sampai sekarang masih 2000 rupiah. Tapi, memang udah jarang ditemukan.